Jumat, 17 Agustus 2018

Tanya Jawab (Kecamatan Lirik INHU, 25.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Tanya Jawab (Kecamatan Lirik INHU, 25.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA



Pertanyaan :

Ustadz apa sih arti ihtilad itu ?

Jawaban :.

Ihtilad (artinya) campur aduk laki-laki (dan) perempuan, tapi kalau Ihtilaf artinya berbeda pendapat, contohnya perbedaan pendapat antara mahzab Syafi'i dan mahzab Hambali. Mahzab Syafi'i bismillahnya jahr (diucapkan dengan keras) sedangkan (mahzab) Hambali bismillahnya Sirr (diucapkan lirih/pelan). ltu namanya ihtilaf.. 

Jadi kami ikut yang mana pak ustadz? saya ikut yang bismillah jahr, maka kalau (sholat) saya jadi imam, saya baca jahr.. tapi kalau saya sholat di Masjidil Haram imamnya baca Sirr karena Saudi Arabia mahzabnya Hambali. Sudah tau orang Melayu Renggat Indragiri Hulu Lirik Air Molek bermahzab Syafi'i.. Kerajaan Indragiri dulu bermahzab Syafi'i, maka kita ikut mahzab Syafi'i.. ikut saja, yang paling enak jadi makmum diam saja


Pertanyaan :

Apa hukumnya Isbal pak ustadz?

Jawaban :.

Isbal itu artinya kaki celana menutupi mata kaki, sarung.. kaki celana.. jubah menutup mata kaki, maka kalau dibawah mata kaki masuk neraka.. siapa yang pakai celana kain dibawah mata kaki masuk neraka. 

Makanya memahami hadits jangan satu saja, ada hadits lain mengatakan kalau dibawah mata kaki sombong baru masuk neraka, 
- kalau tidak sombong tidak apa-apa kata imam syafi'i, 
- kalau ga sombong ga apa-apa kata imam Nawawi dalam kitab Riyadhus shalihin
kalau ga sombong ga apa-apa kata Imam Ash-Shan'ani dalam kitab Subulus Salam
- kalau ga sombong ga apa-apa kata Imam asy Syaukani dalam kitab Nailul Authar
- kalau ga sombong ga apa-apa kata syekh athiyah syukur dalam kitab fatawa azhar
- kalau ga sombong ga apa-apa kata syekh Qardhawi dalam kitab Kayfa Nata’amal ma’a al-Sunnah.. 

Maka saya pakai pendapat ulama kalau ga sombong ngggak apa-apa.. Bagi kawan-kawan yang sudah motong kaki celana jangan disambung lagi.. biarkan saja, jangan kelahi antara yang sudah motong dengan yang belum motong, kalau antara yang sudah motong dengan yang belum motong kelahi.. kalau antara yang sudah motong kaki celana dengan yang belum motong kaki celana kelahi yang ketawa yang ga pakai celana.. ini masalah khilafiyah tidak usah kelahi


Pertanyaan :

Pak Ustadz, suami saya ikut pengajian yang suka pindah-pindah mesjid dan jarang pulang, berarti namanya bang Toyib.. Sementara dirumah saya punya anak kecil saya mau sholat nunggu anak saya tidur, pekerjaan suami saya tukang nakik.. setelah ikut pengajian suami saya jarang nakik karena jarang pulang.. Apakah benar yang dilakukan suami saya ini pak Ustadz? 

Apa hukumnya nakik dikasih tatal (kulit kayu agar bertambah berat timbangannya)

Jawaban :.

Yang setahu saya ini kulit kayu terlampau ringan yang mantap itu batu bata..  Nabi Sallallahu alaihi wasallam masuk ke dalam pasar, lalu Nabi melihat ada makanan (kemudian) Nabi memasukan tangannya kedalam (dan berkata), "Hai penjual makanan, apa ini.. yang didalam ini apa, kenapa yang diluar kering yang didalam basah?"  
Lalu pedagangnya ngomong, "kena hujan ya Rasulullah"
Apa kata Nabi, "siapa yang nipu bukan golongan kami" 

Siapa yang mencampur gotah karetnya dengan kulit kayu, dengan batu kerikil, dengan batu bata maka diakhirat dia akan cari orang yang dia tipu di padang Mashyar.. di Padangpanjang saja payah ketemu? 

Siapa yang curang dia akan membawa kecurangannya di hari kiamat, siapa yang curang dia akan memikul kecurangannya dihari kiamat.. nanti di akhirat akan ada orang yang mikul kambing karena dia curang ngitung kambing zakat, nanti di akhirat akan ada orang yang mikul karet gotah pakai tatal tadi, nanti di akhirat akan ada orang yang mikul salalahua bakwan karena makan tiga bayar satu..

Bagaimana ini pak Ustadz ada orang yang datang kerumah-rumah, pindah ke mesjid ini.. pindah ke mesjid ini.. lni jama'ah At Tablig dari India, kalau diharapkan di India,Tablig Akbar seperti ini ga bisa.. di India ga bisa Tablig Akbar seperti ini karena kalau Tablig Akbar seperti ini akan datang Sanjay Dutt, Amitabh Bachchan, Mithun Chakraborty, Hema Malini, Kabhi Khushi Kabhie Gham, Kuch Kuch Hota Hai.. lalu mereka pun datang bawa acha-acha, maka sebab itu dakwahnya dari pintu kepintu.. 

Yang membuat dakwah ini namanya Maulana Ilyas.. Maulana Zakariya Al Kandahlawi mengetuk dari pintu kepintu (untuk dakwah) lalu mereka mengajak ke mesjid.. (dikatakan pada jama'ahnya) kamu mampu? ada uang?” “lya.. ayo kita keluar 3 hari.. kamu kaya? “lya.. ayo kita keluar 40 hari.. ada Amirnya.. 

Makanya jangan hitung kasuistik atau kasus per kasus.. Abdul Somad menceramahi orang yang sudah baik, tapi ada orang yang.. preman-preman yang belum ke Mesjid, yang dirumah saja, yang main bilyard, yang berzina.. yang menceramahi mereka siapa? ltulah Jama'ah Tablig.. Mereka tidak pernah menyebut dirinya jama'ah tablig, (tapi) orang yang mengejek (mereka).. Jadi jangan karena beli jam Rolex palsu satu kali lalu mengatakan semua jam Rolex palsu.. kasus tidak bisa dihukum generalisir.. ini gerakan di India


Pertanyaan :

Sebagai suami apakah wajib memberitahu istri jika kita ingin membantu orang tua atau keluarga atau saudara kita?

Jawaban :.

Wajib kalau dia anggota Ikatan Suami Takut Istri.. Kewajiban suami adalah hak istri ada lima yaitu makan, pakaian, pendidikan, tempat tinggal dan perhatian. Kalau itu sudah kau kasihkan, full penuh maka tidak perlu lagi kau lapor.. jangan lapor.. ini komandan atau bini? 

Oleh sebab itu maka berikan hak istrimu tapi kalau tidak kau berikan hak itu, ingat kau sudah baca sighat taklik ketika sudah selesai akad nikah, kalau saya meninggalkan istri saya 3 bulan lamanya..dst.. Hati-hati jangan Bapak macam-macam karena ibu sudah dijaga oleh Negara


Pertanyaan :

Ustadz benarkah yang tidak buat dan tidak disuruh Nabi itu 
adalah Bid'ah?

Jawaban :.

Kalau tidak dibuat Nabi Bid'ah, lni defenisi siapa yang buat? lni saya kasih contoh ya.. Abu Hurairah sebelum tidur malam berzikir 2000 kali tasbih, gimana cara menghitung 2000, dibuat simpul tali 2000 diikatnya 2000 kali.. (lalu berzikir) subhanallah.. subhanallah.. subhanallah.. 

sekarang saya tanya, adakah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  pernah mengajarkan, "hai orang beriman sebelum kau tidur malam ambillah tali buat 2000 simpul tali" Ga ada itu.. itu murni perbuatan Abu Hurairah, maka kalau pake tadi defenisi “kalau tidak dilakukan Nabi Bid'ah, berarti Abu Hurairah masuk neraka, karena berani-berani membuat zikir sebelum tidur.. Maka defenisi ini tidak bener..

Abdurrahman Bin Auf kalau dia pulang dia baca ayat kursi di pojok rumahnya, (dan) itu tidak pernah dilakukan Nabi, kalau pakai kaedah “kalau tidak dilakukan Nabi Bid'ah, berarti Abdurrahman Bin Auf melakukan bid'ah..

Maka Imam Syafi'i membagi dua, perbuatan yang tidak dilakukan Nabi tapi masih bisa dipayungi dalil Quran dan Sunnah maka dia tidak bid'ah.. maka bukan bid'ah.. Oleh sebab itu (defenisi sebenarnya) bid'ah adalah Perbuatan yang tidak ada dalilnya.. selama ada dalilnya maka kita tidak boleh membid'ahkan sembarangan


Pertanyaan :

Apa hukumnya anak yang dinikahkan bukan bin orang tua kandungnya karena yang menikahkan anak ini adalah wali dengan orang tuanya yang sudah meninggal

Jawaban :.

Kalau ada unsur tipu di dalamnya maka tipu, bohong, dusta bisa tidak sah oleh sebab itu maka sesuaikanlah, nikahkanlah menurut nama bapaknya.. (pada jaman Nabi) Zaid bin Muhammad.. Zaid bin Muhammad.. (lalu) turunlah ayat, "kau katakan Zaid anak Muhammad tapi sebutlah nama bapak kandungnya Zaid bin Haritha karena bapak kandungnya (Zaid adalah Haritha bukan Muhammad)..

Bapak kandungnya kami tidak tau pak Ustadz.. (sebut saja) bin Abdillah, Abdillah artinya hamba Allah


Pertanyaan :

Pak Ustadz, berapakah jumlah rukun sholat.. apakah khusuk dan tuma'ninah termasuk dalam rukun sholat?

Jawaban :.  

(Pertanyaan ini) menurut Mahzab apa? Mahzab yang paling tua Maliki, kemudian Hanafi, kemudian Syafi'i dan Hambali.. maka menurut mahzab Syafi'i rukun sholat itu ada 13, yang bingung tentang fikih beli (buku) Fikih Mahzab Syafi'i bahasa Indonesia, ditulis alumni Al-Ahzar, namanya Fikih Islam Sulaiman Rasyid, tamat Al Ahzar tahun 1935, harga bukunya Rp.40.000,- kalau naik saya nggak tanggung jawab..

Ada orang sholat yang terburu-buru dengan cepat, apa kata Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam? "sholatmu ulang" sampai 3x, kenapa Nabi sampai menyuruh ulang sholat? Karena tidak ada tuma'ninah.. kenapa orang bisa sholat tidak ada tuma'ninah? Karena orang itu sholat mulutnya tidak membaca.. 

Apakah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  itu kalau sholat itu mulutnya membaca? Ya.. karena Nabi mulutnya bergerak.. “Dari mana kamu tau kalau Nabi sholat itu mulutnya bergerak? karena saya lihat jenggotnya bergoyang.. Jenggot Nabi bergoyang karena dagu Nabi bergoyang, maka kalau sholat jangan diam saja..


Pertanyaan :

Imam baca suratnya lupa lalu makmum baca tasbih

Jawaban :.

Kalau Imam baca suratnya lupa disambung bacaannya. Sholat kalau ada dua suku kata bukan bahasa arab bisa batal sholatnya.

(Untuk kasus) makmum baca tasbih.. jadi yang kurang paham yang mana pak Ustadz? (lni) imamnya kurang hapal dan makumumnya kurang paham, lalu apa sikap imam? wes baca qulhu saja..


Pertanyaan :

Insya Allah pak Ustadz selalu dalam lindungan Allah.. Aamiin.. saya nak bertanye, di desa tetangga kami banyak bencong dengan kedok salon dan sangat miris sekali kebanyakan masyarakat disana cuek dan perangkat-perangkat serta ulama setempatpun tak ada penegasan. Bagaimana pak Ustadz?

Jawaban :.

Allah melaknat laki-laki yang menyerupai perempuan, makanya Nabi ketika melihat ada seorang laki-laki dihiasnya tangannya pakai inai, maka kata Nabi, "asingkan dia ke Naqi, tempat makam (namanya) Baqi, tempat pengasingan (namanya) Naqi.. 

Maka yang punya bibit seperti ini harus direlokasi, harus dibuatkan programnya, pak Camat buat program "be a Man" Bagaimana kalau di (maaf) melakukan perbuatan hubungan kelamin sejenis? kalau kamu menangkap orang sampai melakukan hubungan kelamin perbuatan umat Nabi Luth Alaihis Salam (yaitu) homosexual kaum Sodom, yang menjadi korban dan yang melakukan sama-sama dihukum pancung.. ojo dikeplai pateni ae..

Karena kami orang kecil tidak punya wewenang, saya sudah sampaikan.. kalau nanti di akhirat saya ditanya malaikat. "Hai Abdul Somad sudahkah kau sampaikan tentang LGBT?" "Sudah Ya Allah.. tu videonya ada.."


Pertanyaan :

Apa kewajiban anak menantu sama dengan kewajiban anak kepada orang tuanya? apalagi mertuanya seorang janda..

Jawaban :.

Kau laki-laki menikah sama seorang perempuan, perempuan yang kau jumpa itu bukan di tong sampah, di tepi jalan, di kandung perempuan 9 bulan 10 hari meregang nyawa dia melahirkan anak itu, tiba-tiba kau pinang dia dengan hanya seperangkat alat sholat dan kitab suci Al Quran, kenapa dia mau menikahkan anaknya kepada engkau? karena Allah menyuruh.. 

Maka kalau kau dibesarkan orang tua mu karena memang itu orang tuamu, tapi sekarang dia adalah mertuamu yang ikhlas memberi anak gadisnya kepada engkau padahal engkaupun susahnya minta ampun, oleh sebab itu kau muliakan lah dia, kau hormati dia


Pertanyaan :

Saya sudah bernadzar kalau saya punya uang akan menunaikan umroh, tapi ketika ada uang tersebut rumah ibu saya butuh renovasi, harus pilih yang mana pak Ustadz?

Jawaban :.

Maka rumahnya itu tengok dulu, kalau rumahnya itu kira-kira masih layak maka kau umroh, tapi kalau rumahnya itu sudah miring tiangnya, sudah hampir sujud sahwi.. maka yang lebih cepat (kebutuhannya) kau pakai utk renovasi dulu, lnsya Allah kalau kau muliakan orang tuamu langsung dibalas Allah Subhanahu wa Ta’ala cash n carry.

Kau bahagiakan orang tuamu, kau senangkan orang tuamu maka kau akan menjadi raja.. siapa yang ingin rejeki melimpah ruah maka senangkan hati orang tuanya.. Allahu Akbar!


Pertanyaan :

Bagaimana cara kita melanjutkan sholat jumat yang batal? sedangkan kita untuk melanjutkan waktu sholat jumat sudah selesai?

Jawaban :.

Ya sholat Dhuhur lah.. imam sedang sholat, tiba-tiba datang angin puting beliung, ditahan sudah biru mukanya akhirnya duut.. (kentut).. tempat wudhu jauh pula, diputar keran satu keluar tanah liat.. akhirnya pindah ke satu sumur lalu barulah dia berwudhu, begitu sampai ke mesjid imam sudah selesai sholatnya.. lalu sholat apa dia, sholat dhuhur 4 rakaat.


Pertanyaan :

Pak Ustadz tolong jelaskan kepada kami tentang peringatan hari besar islam maulid Nabi, apakah itu bid'ah?

Jawaban :.

Ketika Nabi Musa Alaihis Salam selamat sampai ke Palestina, tenggelamlah Fir'aun di laut Merah, maka Nabi Musa Alaihis Salam berpuasa.. puasanya itu disebut puasa Ashura.. maka Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun puasa Ashura, kitapun puasa Ashura diulang tiap tahun.. kenapa diulang tiap tahun? karena bersyukur atas selamatnya Musa dan tenggelamnya Fir'aun.. 

Kalau selamatnya Musa Alaihis Salam disyukuri, ada nikmat yang lebih besar dari selamatnya Musa Alaihis Salam, apa dia? Selamatnya lahir Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Maka Maulid bukan hanya 12 Rabiul Awal, orang-orang Melayu Indragiri Hulu saat mengayun anak aqiqah maulid.. dibacakan marhaban.. marhaban artinya selamat datang, dulu orang marhaba menyambut kedatatang Nabi.. Marhaba ya Muhammad.. Maulid itu isinya apa itu pak Ustadz? lsi maulid itu dua, yang pertama shalawat Nabi muji-muji Nabi, yang kedua sejarah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam..  

Hadirilah tablig akbar mengenang Syeikh Bani.. (Kalau) mengenang Syeikh Al Bani boleh.. mengenang Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kenapa tak boleh? Mengenang wali-wali Allah kenapa tak boleh? selama didalamnya tidak ada perbuatan maksiat..

Maka kata Imam An Nawawi, maka kata Imam Ibnu Hajar al-'Asqalani, maka kata Imam Jalaluddin Abdul Rahman as-Suyuthi dalam al-Hawi li al-Fatawa hukum Maulid Nabi itu mubah.. boleh.. “lsinya apa? Baca quran, kata sambutan, baca maulid sejarah Nabi, ceramah, makan kalau ada.. kalau tak ada makan angin lah..


Pertanyaan :

Bagaimana hukumnya setelah tahyat akhir membaca membuka tangan kanan salam kiri membuka tangan kiri

Jawaban :.

Saya kalau ada tiga pendapat saya sebut tiga, kalau ada enam saya sebut enam. Ada yang tiga pendapat.. contoh Bismillah, pendapat pertama Syafi'i Jahr (diucapkan keras), pendapat kedua Hamnali Sirr (diucapkan pelan), pendapat ketiga Maliki tidak pake Bismillah sama sekali pada waktu membaca Al Fatehah dalam sholat.

Tapi ada yang enam, yang mana yang enam (yaitu) letak tangan (dalam sholat).. Mahzab Syafi'i dibawah dada diatas pusat, Mahzab kedua mahzab Syafi'i diatas jantung, mahzab Maliki diatas pusat, mahzab Maliki versi dua lepas saja, mahzab Hanafi dan Hambali dibawah pusat, Mahzab Syeik Al Bani diatas dada.. Tapi untuk masalah buka tangan hanya satu mahzab


Pertanyaan :

Alhamdulillah bisa mendengar ceramah ustadz, semoga UAS selalu dalam lindungan-Nya Aamiin.. Ayah saya seorang perokok aktif, sebelum saya lahir beliau sudah merokok, sekarang saya umur 30 tahun.. artinya ayah saya sudah merokok selama 30 tahun, saya ingin sekali jika ayah saya berhenti merokok bagaimana caranya pak Ustadz?

Jawaban :.

Nanti kalau dia meninggal berhenti.. jangan menasehati ayah, jangan mentang-mentang sudah ngaji pulang dari sini, panggil ayahnya. "Yah sini sebentar.. Assalamualaikum.." 

“Jangan.. bukan begitu caranya.. "ayah mau dengar ceramah ustad Abdul Somad gak?" "lni.. coba dengar Yah..".. Pak ustadz bagaimana caranya agar ayah saya berhenti merokok? tenang aja nanti ayah kau mati berhenti itu.. dengarkan ceramah-ceramah ustadz yang ada di internet itu..


Pertanyaan :

Saya tidak menanyakan kenapa UAS tidak berjenggot tapi yang mau saya tanyakan benarkah Aisyah berkata jika orang memiliki jenggot lebih tampan, karena saya pernah dengar ada hadits seperti itu?

Jawaban :.

Tak tau saya (hadits tentang itu..) Yang jelas menurut mahzab sebagian mahzab Syafi'i jenggot itu hukumnya Sunnah tidak wajib, 

Maka siapa yang berjenggot silahkan, jangan mengejek yang berjenggot tak berjenggot, yang sudah berjenggot jangan mengejek yang tak berjenggot.. “Aku tengok kau berjenggot ni macam kambing.. datang yang berjenggot.. (katanya) aku wedus sampeyan anjing.. Jangan berkelahi gara-gara jenggot..


Pertanyaan :

Apa hukumnya membaca bacaan quran di HP Smartphone, terkadang hp tsb terbawa ke kamar mandi?

Jawaban :.  

Kalau Quran ini dibawa ke kamar mandi tak boleh karena  shohir nyata ada dia nampak, tapi kalau HP itu muncul tulisannya quran digital hidup, dia dalam keadaan hidup dibawa ke kamar mandi tak boleh, tapi kalau dalam keadaan off mati  boleh.. off gelap tak ada dia (bacaan quran) boleh..

Mana dalilnya? ada dalam fatwa ulama Saudi Arabia.. Boleh.. Lalu ada orang yang bertahan, ga boleh bawa, kan didalamnya ada quran.. di dalam kepala ini kan ada quran, walaupun tidak 30 juz.. dan saya kalau mau ke wc apa saya keluarkan otak saya? Dia boleh dibawa kedalam wc karena dia tak nampak.. Yang tak boleh itu di dalam wc (membaca) Bismillah.


Pertanyaan :

Saya ingin tanya, apa benar mencuci, masak dan sebagainya tidak termasuk kewajiban istri? melainkan kewajiban suami.. jadi apa saja hak-hak istri dan kewajibannya pak ustadz?

Jawaban :.  

Ketika anak Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam (yang bernama) Fatimah datang menghadap Nabi, "Ya Rasullullah kasihlah aku pembantu, itukan banyak budak-budak hasil rampasan perang Badar untuk menimba air, untuk membuat adonan tepung gandum karena tanganku capek.." Kira-kira waktu itu Fatimah menimba air atau tidak? (Ya) yang menimba air Fatimah, yang membuat tepung adonan gandum Fatimah..

Jadi istri itu tetap bekerja membantu suami, tapi kalau suami itu kaya dibuatkanlah pembantu untuk membantu pekerjaan rumah.. maka pikirlah baik-baik.. sedangkan anak Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam saja pun menimba air dan membuat adonan tepung gandum, maka apalagi kita.. Tapi kalau bapak kaya, duit banyak maka carilah pembantu untuk memasak untuk macam-macam,

Itu kadang bapak-bapak ditengoknya istrinya susah dibilangnya sama istrinya, "istriku mau bebanmu ringan?" "mau bang.." "kucari satu lagi ya.." Janganlah marah bu.. piece..


Pertanyaan :

Berdosakah kita memarahi ayah?

Jawaban :.

Tak boleh ayah kalian marah-marahi.. "kalau ayahmu itu mengajak engkau untuk mensyirikkkan AKU, jangan kau patuh sama dia, tapi kau tetap bergaul dengan baik" Marah-marah tak boleh.. 
"Yahh.. Ayah mau dengar ceramah nggak?" "mau.." “lni ceramahnya.. apa isi ceramahnya? “Tunggu sebentar kuhidupkan ya.. (Terdengar isi ceramahnya) "Hai kalian yang tua-tua tobatlah neraka jahanam tempat kalian..”

“Eiit.. siapa ini? “Ustadz Somad Yah.. “lni kutengok ustadz kau ini sesat ni.. Tak apa dia marah sama saya.. tunjukan saja video saya..


Pertanyaan :

Bagaimana hukum dosa memberi makan anak istri, santunan anak yatim, memberi bantuan mesjid tapi hasilnya dari tuyul?

Jawaban :.

Jadi kalau ada orang punya pesugihan, babi ngepet, tuyul, hantu, Nyi Blorong, suster ngesot maka duitnya banyak, dia pake pergi haji umroh, "labaik ala huma labaik.." apa kata malaikat. "kau tidak dapat haji mabrur karena kau berangkat dengan uang haram. Allah Subhanahu Wa Ta’ala Maha Suci. Allah tidak menerima kecuali yang suci-suci saja. Toyib artinya suci.. sekarang dirubah orang (jadi) toyib tak pulang-pulang..


Pertanyaan :

Berkata talak dalam hati apakah nikah yang dijalani sah? dan talak sudah diucapkan lebih dari tiga kali apakah harus nikah ulang dengan tiga orang saksi?

Jawaban :.

Talak dalam hati tidak keluar dari mulutnya, ditengoknya bininya sedang merengut.. tapi tak keluar dimulut (ucapan talak) itu tak jatuh (talaknya).. Yang jatuh talak itu kalau diucapkan "Talak" atau disuruhnya "pulanglah engkau" Kalau perempuan, kalian yang baru-baru nikah atau yang sudah lama nikah dan suami kalian berkata, "pulang kau sana.." itu namanya talak sighatnya sighat kinayah.. (talak dengan) kata-kata kiasan.. 

kalau suami berkata, "pulang kau sana.." jangan pulang, tanya dulu, "maksud elo?" Kalau niat dia niat cerai maka jatuh talak satu, tapi kalau tidak ada niat cerai (berarti tidak jatuh talak) makanya kalian perempuan harus mengerti fikih nikah.. Pulang kau sana.. maksud abang apa, talak satu atau nyuruh pulang.. enggak maksud abang pulang saja kau..

Itu gunanya kalian ngaji, siapapun ustadznya yang datang.. Ngaji, masukan anak-anak sekolah biar paham.
Bagaimana pak Ustadz kalau talak tiga, apakah harus mengucapkan nikah ulang? Istrimu yang sudah kau jatuhkan talak tiga lalu kau mau balik lagi, maka tak boleh sebelum dia nikah dengan orang lain.. Makanya jangan sembarangan.. yang laki-laki jangan emosi


Pertanyaan :

Bagaimana sebelum adzan berkumandang kalau kami mengaji dulu? Mantap! Kemudian adzan telah dikumandangkan tapi jamaah tak ada satu pun, apakah qomat dikumandangkan dan bagaimana yang adzan tadi menjadi imam dan gimana nanti niatnya imam ada'an atau imam qada'an?

Jawaban :.

kalau kau sudah adzan kasih waktu, itu buat jam..
15 menit setelah adzan iqamat, kalau di Masjidil Haram setengah jam, buatlah 15 menit mana tau ada yang sedang nakik gotah belum kering lagi karet yang dicampurnya batu bata tadi? Nanti setelah dia sampai barulah qamat.. 

Kalau sampai mesjid itu kosong tak ada orang sholat berjamaah satu kampung itu diganggu setan, maka jangan heran kadesnya kesetanan, RW-nya kesetanan, RT-nya kesetanan.. Kenapa? (karena) meniggalkan sholat berjamaah, jangan sampai tinggal sholat berjamaah.. Allahu Akbar..


Pertanyaan :

Bagaimana menjadi Imam tapi bacaannya tak fasih, hurufnya "fa" kadang dibacanya "wa"

Jawaban :.  

Makanya sekolahkanlah anak sekolah agama.. maka belajarlah.. kadang saya sedang musafir sholat di pinggir jalan, sholatnya di mesjid bukan dipinggir jalan.. sholat di mesjid pinggir jalan begitu selesai sholat, "kenapa dia yang maju pak?" "masih syukur dia mau maju pak ustadz, kalau dia tak ada, tak ada orang sholat disini..

Makanya diangkatlah imam.. mana bisa kami angkat imam dari CPNS?Tak usah pakai CPNS dari Honda (atau) honor daerah, angkatlah dia..”


Pertanyaan :

Bagaimana kalau kita mau mandi wajib, apakah kita wudhu terlebih dahulu?

Jawaban :.

Begitu sampai kedalam kamar mandi, kalau kamu bangun tidur jangan masukkan tanganmu kedalam ember bejana karena kau tak tahu tanganmu tadi nginap dihotel mana? Cuci dulu, habis kau cuci tangan, ini yang dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,  setelah cuci tangan basuh kemaluan.

Setelah itu barulah berwudhu, basuh muka, kumur-kumur keluar hidung intisab makwado, setelah itu barulah basuh muka, setelah itu basuh tangan, setelah itu kepala.. Kepala agak basah-basahkan sikit supaya jangan sampai terkejut kulit kepala waktu disiram air nanti, setelah itu telinga, habis itu kaki siram dari bawah..

Tadi pagi waktu kami mandi disungai Batang Gangsal, ada pula inilah kawan-kawan saya pada ngetes-ngetes saya.. "ustadz Somad kaki duluan atau mana duluan?"  “Ya illa ha illallah.. kalau ditepi sungai terserahlah mau saltopun (tak apa-apa).. kawan-kawan tu mau ngetes-ngetes saya saja.. itulah indahnya berkawan.. Masya Allah


Pertanyaan :

Bagaimana saudara kita meninggal dunia kalau dingajikan yasinkan 7 hari, 10 hari, 40 hari, 100 hari bahkan 1000 hari, apakah kami berdosa pak Ustadz?

Jawaban :.

Kalau orang mati maka dia diuji dikuburnya 7 sampai 40 hari (itu) kata Imam Atho.. (urutannya) Nabi, sahabat, tabi'in.. Yang ngomong ini tabi'in namanya Imam Atho, Riwayat Imam Ahmad bin Hambal.. Maka dianjurkan bersedekah makanan dan berkirim doa.

ltulah yang dilakukan orang 7 hari. Yang mau buat silahkan, yang tidak mau buat tidak apa-apa.. tidak wajib, tidak Sunnah.. tidak Sunnah muakad.. bersedekah hukumnya bagus.. bersedekah makanan.. “Sampai ga makanan ini pak Ustadz?

Ya Rasullah Emakku mati kalau aku bersedekah pahalanya sampai apa tidak? Kata Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "bersedekahlah engkau" "apa sedekah yang paling afdhol?" "mengasih air minum." Paling bagus sedekah air minum.. “Kau pernah bersedekah air minum untuk emakmu? “Tak pernah pak ustadz..” “Tak pernah kau berikan air minum botol? “Tak pernah pak ustadz..Lalu apa kau kasih? “Sumur bor pak ustadz.. Mantap! Bisa orang mandi disitu.. 

Nah ini bagus, jadi mengenang-mengenang terserah mau kapan saja.. Bersedekah baca quran (juga bisa).. “Saya pak ustadz, istri saya sudah meninggal, asalkan terkenang saya bacakan quran.. asalkan terkenang saya sedekah.. tapi dulu pak ustadz setelah nikah lagi tak ingat saya lagi..


Pertanyaan :

Ustadz, kalau pemimpin dholim sama rakyat diam saja, tapi jika rakyat dholim sama pimpinan cepat di tindak, apa hukumnya pak Ustadz?

Jawaban :.  

Orang-orang sebelum kamu dulu dibinasakan oleh Allah, kalau yang mencuri itu orang lemah maka dihukum langsung, tapi kalau yang mencuri itu orang mulia maka mereka tinggalkan.. Maka jangan sampai ini terjadi karena (kalau tidak) hancurlah umat ini


Pertanyaan :

Mana yang ada tuntunannya untuk sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pakai sayyidina atau tidak?

Jawaban :.

“Berikut ini mari kita panggilkan penceramah kita malam ini.. Somad! Kira-kita bapak ibu menengok pembawa acara itu.. “ini (jangan-jangan) orang gila? Paling tidak walaupun benci betul, (panggillah) Bapak Somad.. andai tak diakuinya saya ustadz.. lni ustadz KW ni kata dia.. Tak papa saya dipanggil Bapak terserah saja, panggil bro pun tak papa.. 

Begitu juga dengan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.. Jangan kau panggil Nabi macam dengan kawanmu saja.. Ada adabnya maka yang paling bagus sayyidina Pernah tak Nabi menyebut dirinya sayyid? Dia sendiri yang ngomong.. apa kata dia? "Ana sayyidu waladi Adam" ana = aku, sayyid = pemimpin, waladi Adam = seluruh anak-anak Adam, dari sejak Nabi Adam Alaihis Salam sampai Adam Smith akulah pemimpinnya, maka kita menyebutnya Alla huma sholi ala sayyidina Muhammad. 

Saya tidak fanatik, yang bersholawat pakai ala sayyidina silahkan.. yang gak pakai sayyidina nggak apa-apa. Tapi yang ga pakai sayyidina menyalahkan sayyidina, yang sayyidina menyalahkan yang nggak sayyidina, akhirnya kelahi gara-gara sayyidina bagus tak usah..


Pertanyaan :

Assalamualaikum ustadz, nama saya Habib Wildan, saya seorang santri dari pesantren Darul Rohman Jakarta, saya mau nanya bagaimana mempertahankan istiqomah?

Jawaban :.

Yang sulit itu mempertahankan istri qomah..
-  Yang pertama tengok orang cacat, mohon maaf kawan-kawan yang kebetulan kurang fisiknya, saya sholat dimesjid, saya tengok maaf-maaf tangannya terbakar hilang jari-jarinya.. lama dia berdoa.. disaat itu seperti ada teguran di dalam hati saya, “Hai Abdul Somad, kau kukasih tangan sempurna kenapa doamu cepat? dia tangannya cacat tapi doanya lama dan tangannya tinggi, Kadang tangan kita utuh doa diatas paha.. padahal tangan sempurna.. orang kalau berdoa diatas paha itu artinya, “Terserah ya Allah kau kasih, tidakpun tak papa.. “Tengok orang cacat..

Saya sedang duduk di Masjidil Haram berzikir.. tiba-tiba datang anak muda berdua disamping (kemudian mereka saling) cerita kik..kik..kik.. Saya sudah mau marah, ganggu zikir saja ini.. Pas saya tengok, (yang satu) duduk dikursi roda, saya tengok kakinya mohon maaf lumpuh, kawan disebelahnya dia ngobrol.. saya tetap marah dalam hati.. ini sudahlah cacat kenapa ngobrol? Saya tengok kawan sebelah dia yang mendorong dia (ternyata) buta.. Dia duduk lumpuh, yang mendorongnya buta.. 

Menangis saya sejak melihat itu sampai sholat qobliyah, sampai sholat isya, sampai sholat ba'diyah, sampai kehotel.. Kenapa kau tak bersyukur Hai Abdul Somad.. Dia cacat masih bisa berkawan masih bisa bersahabat masih bisa sholat masih bisa bercengkrama.. Kau kenapa tak bersyukur? ternyata menengok orang cacat itu membangkitkan istiqomah.

- Yang kedua datang kerumah sakit. Besok.. sekarang jangan.. besok pergi kerumah sakit tanya.. kalau datang security nanya, "bapak mau kemana?" "mau nengok orang sakit" "ruangan berapa?" "semua orang yang disini mau kutengok" 

  Nanti menengok orang sakit itu barulah kita bersyukur, disampingnya ada mesin besar pencuci buah pinggang darah tak berfungsi.. Waktu itu bersyukur Yaa Allah.. tapi nengok orang sakit jangan pula bersyukur.. "Alhamdulillah.." nengok orang sakit gak boleh jujur, ini terlalu jujur.. “Aah kutengok dua jumat lagi gol ni.. Jangan..

- Yang ketiga tengok orang mati. Makanya kalau ada bendera putih ada orang mati mampir tengok, buka penutup wajahnya, cium.. (tapi harus) sesama laki-laki.. (kalua) perempuan jangan.. walaupun bini orang, sudah matipun mengamuk dia (suaminya)..

- Yang ke empat hadiri pengajian. Hendaklah kalian berjamaah, (seperti) ini berjamaah.. Singa akan menerkam srigala yang memisahkan diri dari jamaahnya, maka jangan kalian memisahkan diri.


Pertanyaan :

Apa yang harus kita lakukan agar hijrah kita sempurna, saya takut seperti kawan saya yang gagal hijrah, lalu apa saja yang harus kita persiapkan agar terhindar dari fitnah akhir zaman Dajjal?

Jawaban :.

Pertama malam jumat baca surah al Kahfi, ibu bapak baca surah Al Kahfi? “Yaa” “Alhamdulillah dari bunyinya sikit (yang baca) nampaknya, Yang kedua hapal 10 ayat pangkal surah al kahfi, yang ketiga sebelum salam baca Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal." supaya kita bisa membedakan mana hak, mana batil, mana bengkok, mana lurus..


Pertanyaan :

Bagaimana hukum menikah kalau waktu akad nikah membaca sahadat atau surah pendek?

Jawaban :.

ltu bukan rukun nikah, rukun nikah itu.. (akad) “kunikahkan engkau dengan mahar al quran.. aku terima .. sah! Cukup.. Tapi tentu sahadat betul lah.. latihan lah agak dua tiga hari.. maka itu lah cari.. Yang belum nikah ni carilah yang santri-santri pesantren-pesantren yang baik-baik


Pertanyaan :

Ustadz, sah atau tidak nikah siri jikalau saksinya perempuan dari si wanita yang dinikahi dan saksi nikah itu beragama kristen

Jawaban :.  

Mana pula saksi bisa (beragama) kristen? Syarat nikah itu saksi muslim.. Jadi gimana ni pak ustadz? Ulang balik.. Tapi perempuannya (tetap yang) itu juga, jangan diulang (tapi) dengan perempuan lain..

Tidak sah nikah kecuali dengan wali, dua orang saksi yang adil.. Saksi yang adil itu sifatnya muslim, baligh, berakal tidak fasik.. Jangan non muslim, sedangkan orang muslim yang fasik saja bisa tidak sah?


Pertanyaan :

Saya ingin tanya apakah termasuk riba jika kita pinjam duit dari koperasi sebuah pengajian jika kita bayar ada sedikit bunga untuk mengisi uang kas

Jawaban :.   

Mau seperak di belah tujuh kalau berlebih (tetap) riba, pinjam seratus bayar seratus sepuluh riba, walaupun yang mengelola namanya syariah, walaupun yang mengelola namanya Majlis Taklim, walau yang mengelola namanya ustadz maka riba.. jangan kau makan riba, orang yang makan riba bangkit dari kubur seperti orang yang bangkit dari kerasukan setan.


Pertanyaan :

Pak Ustadz saya mau tanya, bagaimana hukum anak angkat dalam islam?

Jawaban :.  

Mantap.. kalau bapak mau mengangkat anak angkat cari keponakan bapak yang perempuan, supaya nanti waktu dia aqil baligh dia mahrom bapak, kalau ibu mau mencari anak angkat laki-laki cari keponakan (yang laki-laki) ibu, kalau dia lajang nanti dia mahrom sama ibu.

Jangan ibu kasih keponakan (dari pihak ibu) perempuan, nanti awalnya, "kau sudah macam anakku.." Lama-lama macam biniku.. Berawal dari macam berakhir dengan macam-macam.. Oleh sebab itu ini penting. Mengangkat anak angkat bagus, tapi kalau dia tak ada hubungan mahrom nanti setelah dia dewasa, ibu tidak bisa buka jilbab karena tak mahram? ibu tak bisa berdua-dua nonton karena tak mahram.. maka mesti jaga dengan baik.. yang sudah terlanjur bagaimana? Maka jaga tutup aurat jangan didepan dia pakai celana sempit, celana jin, celana hantu, celana setan.. jangan tak pakai jilbab, jangan pakai daster saja.. pakai kaos kaki..


Pertanyaan :

saya berencana mengangkat anak, mana lebih baik yang tak ada hubungan darah atau lebih baik ada hubungan?

Jawaban :.

Yang ada hubungan darah lah..


Alhamdulillah..

Tanya Jawab lengkap ada dalam video yang telah di upload ke Youtube oleh channel Tafaqquh dengan judul "Tanya Jawab (Kecamatan Lirik INHU, 25.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA "


#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar