Jumat, 17 Agustus 2018

Tanya Jawab (PT. THIP - INHIL, 28.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Tanya Jawab (PT. THIP - INHIL, 28.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA



Pertanyaan :

Pak Ustadz saya seorang mualaf

Jawaban :.  

Mantap! mualaf harus di daftarkan di mualaf center karena dulu orang asal sudah masuk Islam kasih kain sarung pergi, kasih kain sarung pergi makanya saya katakan harus buat mualaf center, makanya di mesjid An Nur Pekan Baru ada mualaf center, saya pernah diminta kasih materi, "Saudaraku-saudaraku mualaf kalian jauh lebih mulia daripada aku, aku Abdul Somad (sudah berumur) 40 tahun, sudah bergelimang dosa tapi kalian ketika kalian mualaf masuk Islam, maka kalian bersih diulang dari Nol. 

Di dunia ini yang diulang dari nol ada dua, yang pertama mualaf, yang kedua pegawai Pertamina, "dari nol ya pak.."
Ustadz Somad saya mau nikah tapi belum ada modal, bisakah pak Ustadz carikan perempuan yang siap dari nol? pergi kau ke pom bensin..


Pertanyaan :

Mau tanya apakah saya tidak boleh berdoa untuk orang tua saya yang masih nasrani?

Jawaban :.  

Boleh.. apa doanya? Allahuma dihkaumi fa inahum layalamun.. "berikan keluargaku hidayah karena mereka tak tau" kasihkan mereka buku, belikan mereka buku sejarah orang-orang yang dapat hidayah. Ustadz Yahya Waloni dapat hidayah, ustads Nababan dapat hidayah, ustadz Felix Siaw dapat hidayah, ustadz Fulan ada bukunya berikan sebagai hadiah.

Kau sebagai anak.. jangan mentang-mentang kau sudah mualaf lalu kau pulang kerumah kau panggil emakmu kau panggil ayahmu, "papa mamah sini.. hai orang-orang.." bukan begitu.. kau sentuh dia dengan ahlakmu, kau sentuh dia dengan budi pekertimu, kau bawakan makanan, kau bawakan pakaian sampai dia berkata dalam hati, "dulu anakku tak selembut ini, dulu anakku tidak sebaik ini.." kau sentuh dia tepat dihatinya dia akan jadi milikmu untuk selamanya.. so sweet begitu jawabannya


Pertanyaan :

Boleh atau tidak saya melaksanakan sholat dirumah orang tua saya (yang non muslim)

Jawaban :.  

Sholat disemua tempat yang suci tak ada najis bersih, bawa kain sarung bawa sajadah bentang tutup pintu takut dia tersinggung.. tutup kalau ada ornamen-ornamen beda agama tutup, makanya di Amerika itu tempat sholat jumat itu adalah convention hall, hari ahad orang kristen, hari sabtu hari sabath orang Yahudi, hari Jumat orang islam.. tinggal tutup saja gambar Yesus, gambar Budha tutup abis itu tempat itu bersih selama tak ada najis tak ada kotoran. Bertamu, menginap boleh, tapi masalah makanan mesti dijaga karena kita ada perbedaan dalam masalah makanan


Pertanyaan :

Bagaimana cara membuat anak kita yang ABG agar sadar untuk sholat?  

Jawaban :.

Dari kecil terlonjak-lonjak sudah besar terbawa-bawa sudah tua terobah tidak.. begitu kata orang Melayu, maka dari kecil lah anak tu di bawa.. suruh anak kamu sholat umur enam tahun. Kenapa umur enam tahun sholat? karena umur dibagi tiga.. dua tahun, empat tahun, enam tahun. Dua tahun lari-lari lompat-lompat, ibunya sambil masak (sambil membaca surah al quran) anaknya (jadi ikut) mendengarkan (atau) bersholawat. Empat tahun mulai membaca surat-surat pendek (dalam Al Quran) lama-lama dia hapal surat pendek.. akan hapal.. dia belum bisa baca tapi dia hapal, kenapa? karena tiap hari emaknya membacakan itu..

lbu pernah gak baca Al Fatehah, menghapal al Fatehah pake ayat pake kertas? Nggak pernah.. Bapak pernah ga menghapal qul huwallah pake kertas? Tak pernah.. kenapa bisa kita hapal? karena sering mendengar.. maka dengarkan pada dia yang baik-baik, makanya sambil duduk sambil makan dengarkan yang baik-baik.. maka dia mendengar.. anak-anak tu tajam.

Bagaimana cara membuat anak kita yang ABG agar sadar untuk sholat padahal kita sudah mengajarnya dengan lembut juga kasar bahkan memberi contoh? jangan pernah berhenti berdoa, ibu.. dia menumpang di perut ibu sembilan bulan sepuluh hari, mengalir aliran darahnya dalam darah oleh sebab itu ibu jangan pernah berhenti berdoa malam sujud terakhir, tak pernah berhenti, terus.. Tunjuk ajar Melayu, tangan menunjuk mulut mengajar.. sholat..sholat.. (sambil tangan menunjuk).. kau dimana, sama siapa, pulang jam berapa, kunci motor mana, duit yang kukirim kemana saja.. jangan pernah berhenti (untuk memperhatikan anak) kalaulah sampailah ibu berhenti merepet (cerewet/bawel) dunia sudah kiamat, sedangkan bapak tu ibu repeti apalagi anak?


Pertanyaan :

Terlanjur marah pelakor (penggangu laki orang) sudahpun terlanjur selingkuh untuk mengatasi menghentikan dan bertobat apa langkah jitu yang harus dilakukan pak ustadz?

Jawaban :.

Gilingkan sambal belacan.. gosokkan baru tau dia.. Tentukan kita kan negara hukum, ada hukum berlaku, ada nini mamak, ada tokoh adat, ada tokoh masyarakat, ada alim ulama.. panggil dia..

lbu, jangan anggap ibu sebatang kara.. lbu ada enam wali, ni anak-anakku kalian.. jangan mau kalian dibodoh-bodohi laki kalian, nanti kalian nikah lalu apa kata laki kalian? "Oh istriku sejak kau nikah sama aku maka surgamu dibawah tapak kakiku, semua surat-surat tanahmu, semua cincin-cincinmu untuk aku, adapun aku kalau mau selingkuh jangan kau lawan-lawan, kalau kau lawan masuk neraka jahanam kau nanti.. ltu pembodohan luar biasa, jangan kalian mau ya.. ingat itu.

Kalian dibela oleh enam wali, pertama ayah kalian, yang kedua atuk/mbah kalian, yang ketiga abang kalian, yang keempat adik kalian, yang kelima pakcik (abang ayah) kalian, yang keenam adik ayah.. Macam-macam laki kalian kudoakan semua laki-laki kalian sholeh-sholeh semua insya Allah, tapi mana tau malang tak dapat ditolak untung tak dapat diraih, dapat kalian misalnya fir'aun maka jangan kalian diam saja.

"Ustadz Somad, ini suami saya pulang malam mulutnya bau hantu narkoba, bawa psk dirumah, gimana nih pak ustadz?"
“Kau laporlah ke wali..
katanya nanti kalau saya melapor masuk neraka jahanam?
“Siapa yang bilang?
“Ustadz saya.. 
“Ustadz hantu tu, kau punya hak perempuan, enak aja dia ngomong gitu, lni ngomongnya begitu dianggapnya perempuan sebagai objek.. “Perempuan adalah adikmu, perempuan adalah anakmu, perempuan adalah saudaramu kenapa kau biarkan dia dianiaya orang..
Lalu boleh saya lapor? Lapor!
Boleh saya gugat? Gugat!

Nasehat dulu jangan sikit-sikit gugat, sikit-sikit gugat.. Nasehat dulu, kalau tak mempan nasehat nah kau gugat dia, tapi katanya kalau saya gugat nanti berguncang tiang Arsy Allah marah..”

“Kalau dia laki-laki sholeh, orangnya baik tiba-tiba kau gugat.. Bang kalau tidak ada kijang Inova Luxury bulan depan awas kau.." ltu tak boleh.. tapi kalau dia macam tadi kau gugat, jangankan tiang Arsy, tiang listrikpun tak guncang.. jangan mau kalian dibodoh-bodohi, kalian adalah anak-anakku.


Pertanyaan :

Apa boleh anak laki-laki aqiqah satu kambing?

Jawaban :.

Saya mengikut mahzab Syafi'i.. Mahzab itu apa pak Ustadz? Mahzab itu pendapat ulama, yang paling tua Hanafi, nomor dua Maliki, nomor tiga Syafi'i, nomor empat Hambali. Menurut Mahzab Syafi'i anak laki-laki dua ekor kambing, anak perempuan satu ekor kambing.

”Tapi ustadz, kami kemarin ceramah katanya cukup satu ekor kambing..
buku apa yang dia baca? "Fiqih Sunnah" buku ini ditulis oleh Syeikh Sayyid Sabiq dari Al Ashar Mesir, mahzabnya Hanafi, maka boleh satu ekor kambing, dua ekor kambing afdol.. kapan motongnya? "Potongkan kambing hari ketujuh cukurkan rambutnya kasih nama yang bagus-bagus" Nama yang bagus adalah nama yang disandingkan dengan nama Allah, Abdulrohman, Abdul Rochim,  Abdullah, Abdul Somad..

Kalau tidak ada duit dihari ketujuh, (boleh) hari ke empat belas, tak ada duit di hari ke empat belas.. Hari ke duapuluh satu, hari keduapuluh satupun tak bisa.. tak usah tengok kalender lagi.. dua bulan, tiga bulan, empat bulan, lima bulan (pas ada rejeki) potongkan saja.
Ustadz bolehkah aqiqahnya pas nanti anaknya sunatan saja? Oh tanggung sekalian saja aqiqah, sunat, nikah .. lni kitakan beribadah Allah cuma minta dua ekor kambing (harganya) empat juta. Kau sudah dikasih anak, empat juta pun tak mau keluar duit? Orang sekarang yang tak punya anak pergi ke Singapura bayi tabung seratus juta, itu paling murah, itupun tabung-tabung second lagi.. entah tabung bekas gas 9 kg, bukan mudah.. ini dikasih anak sama Allah, berapa banyak orang menikah sembilan tahun tak ada anak, engkau dua kali batuk lahir anak.. Syukur lah kepada Allah.. “lainsyakartum laaziidannakum” kalau kau bersyukur maka akan Ku tambah..

Pak ustadz dulu kami susah dikampung tak ada duit, tapi sekarang setelah bekerja di PT THIP ini banyak duit, umur dah 40 boleh kami aqiqah sekarang? Boleh.. yang umur 40, 50, 35 yang kemarin belum aqiqah habis dari sini cari kambing, besok pagi habis sholat subuh saya datang insya Allah.. tapi kalau sudah umur 40-50 aqiqah saja jangan minta cukur rambut, jangan pula minta balik nama KTP payah merubahnya, jangan pula minta ayun pakai marhaban..


Pertanyaan :

Bagaimana saya berbakti kepada orang tua saya beda agama?

Jawaban :.

 “Kalau orang tuamu yang beda agama itu memaksakan untuk mempersekutukan Aku, menyirikkan Aku jangan kau patuh sama dia, tapi ayat itu belum titik masih koma ujung ayatnya, kau tetap bergaul berbakti pada dia.

Kau belikan baju yang cantik, kau belikan makanan, apa yang dia suka? Suka dia makanan bawakan dia makanan, cium tangannya peluk dia, teteskan air mata, doakan dia..
Dulu aku sebelum anakku masuk islam rasa-rasa hilang, tapi sekarang dia ada.. tersentuh hatinya, puncaknya apa kata dia, "saksikanlah nak belum pernah aku punya anak macam kau dan aku yang melahirkan engkau.. ini agama merubah kau menjadi lembut baik.. Ashadualla Ilahailallah wa Ashadu anna muhammadar rasulullah, bukan kau bawakan parang panjang, "masuk islam ga kalau nggak kupancung kau?" ini bukan ajaran islam.. islam apa ini?

Bagaimana kalau mengasih hadiah? Datang Asma, "Ya Rasulullah emakku datang dia ingin jumpa aku, tapi dia non muslim tak seagama dengan aku" apa kata Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,sambung silahturahim dengan dia" "Boleh aku beri hadiah?" "kasih dia hadiah" maka kata syeikh Athiyah syukur boleh memberi daging kurban kepada non muslim, buka kitab Fatawa Al Ashar, tapi dengan syarat qurban Sunnah, (kalau) qurban wajib tak boleh.. qurban wajib tu macam mana? Qurban Nazar.. "Ya Allah kalau anakku lulus PNS aku berqurban tapi kalau tak lulus sampai mati aku tak berqurban.." nah itu tak boleh.

Cara mendoakan kalau ortu sudah Almarhum? Nabi Ibrahim Alaihis Salam dilarang mendoakan ayahnya Azzar setelah mati, waktu masih hidup boleh, "berikan hidayah Ya Allah.." yang sudah meninggal dunia serahkan pada Allah, "Ini hambamu Ya Allah kuserahkan dia kepada Engkau Ya Allah" adapun mintakan ampun, Nabi Ibrahim Alaihis Salam dilarang Allah karena itu hak preoregatif Allah Subhanahu Wa Ta’ala


Pertanyaan :

Imam yang sombong ilmu apa hukumnya pak Ustadz?

Jawaban :.

Ini menyindir saya nampaknya.. sakit juga hati saya, "tak masuk surga  siapa dalam hatinya ada sombong sebesar biji Sawi " Tak masuk surga, jangan sombong..
Ustadz Somad kalau banyak jama'ah mencium tangan engkau waktu salaman, jangan kau anggap kau lebih mulia.. Yang mencium tanganmu itu jauh lebih mulia dari pada engkau.. Mereka lebih dulu masuk surga daripada engkau. Somad sekarang kau ceramah diatas, jangan kau sangka ini lebih hina.. kau lebih hina dihadapan Allah, hinakan dirimu pada Allah.. kau tempelkan keningmu kelantai tempat tapak kaki tempat di injak saat itu kau katakan, "Subhana rabbiyal a'la wabihamdih Maha suci Dia, Dia yang layak dipuja puji..
Siapa kita sombong? 

Jadi kalau ada orang sikit-sikit ngomong, "Saya".. Pak-pak.. yang selalu menyebut saya-saya tu empat pak.. pertama Setan, yang kedua Fir'aun, yang ketiga Qorun, yang keempat Bapaklah.. sikit-sikit saya, kalau bukan karena saya.. nanti memangnya kalau mati yang menutupkan biji mata tu sapa? keluar roh dari mulut terbuka biji mata, nanti kalau kita mati yang menutupkan mata ini orang lain, padahal tiap hari membukakan kelopak biji mata (berkedip) tapi ketika kita mati orang lain yang menutupkan, setelah ditutupkannya yang memandikan siapa? Saya bisa mandi sendiri? yang mengantar siapa? orang lain yang mengantar, orang lain yang menimbun kita.. jangan sombong jangan angkuh


Pertanyaan :

Apa hukumnya bagi kaum hawa yang pakai jilbab tapi dia pakai baju pendek sehingga lengan tangannya dapat dilihat?

Jawaban :.

Perempuan pakai baju tapi telanjang, Kenapa pakai baju tapi telanjang? Bentuknya kelihatan.. memang pakai jilbab tapi kelihatan, menjerit paha tu (karena celana ketat), "toloong..toloong.." saya seumur-umur naik pesawat baru sekali inilah yang tidak ada pramugarinya.. mantap.. luar biasa..

Ya Asmaa Sesungguhnya perempuan kalau sudah sampai usia menstuasi tak boleh nampak kecuali dua saja, Mana yang boleh nampak itu? Wajah dan telapak tangan.. tengoklah jilbab anak-anak kita dari SMK dari ujung ke ujung macam anak pesantren Modern Gontor Mantingan, mereka akan menjadi ibu yang solehah-solehah insya Allah Aamiin..

Tak boleh kita usir orang, datanglah orang kepengajian Buya Hamka tidak pakai jilbab, kuteknya panjang, Buya Hamka tak ada marah.. setelah pengajian datang dia, "Buya.. aku tak pakai jilbab, kutekku tebal, kukuku panjang" Buya Hamka senyum, apa kata Buya? "anakku nanti kalau imanmu menebal kutekmu menipis" Tengok lembutnya Buya Hamka. jangan nanti datang orang tak pakai jilbab, "masuk neraka..masuk neraka" lalu yang ikut pengajian sapa? semua orang masuk neraka, surga tu isinya dia, bininya, anaknya.. sepi sekali surga tu..

Sampai saya kewarung di jalan Pelajar datang Bapak-bapak malu-malu, saya heran kenapa bapak ini malu, rupanya datang bininya tak pakai jilbab. "ga papa saya bilang, berproses.. nggak papa jangan kau malu dengan saya, kau sudah ngaji bagus.. ini berproses"
"jadi pak ustadz?"
"terus saja.."
"kalau dia tak juga berjilbab?"
"cari yang berjilbab.." banyak yang setuju nampaknya.. Maka pakailah panjang, usahakan jilbab itu begitu tangan turun kebawah tertutup sampai tangan, jangan jilbab tu yang model dililitkan dileher..


Pertanyaan :

Bagaimana cara menciptakan generasi yang Qur'ani, langkah apa yang paling efektif untuk mewujudkan masyarakat untuk cinta kepada mesjid dan memakmurkannya?

Jawaban :.

Dimulai dari.. Mendidik anak tu sejak kapan pak Ustadz? mendidik anak dimulai dari mencarikan ibunya, benih yang baik diletakkan ditanah yang kering kerontang maka yang tumbuh bukan bunga mawar tapi yang tumbuh adalah bunga kaktus, ditengok tak sedap dicium hidung awak bengkak.. itulah nasib bunga kaktus.
Nama anaknya sapa? Kan'an.. siapa yang bernasib seperti itu? (Nabi) Nuh Alaihis Salam gara-gara bininya durhaka.. oleh sebab itu maka pilihlah ibunya yang baik-baik. Mana contoh ibu yang baik? Semua ibu-ibu yang datang ini baik-baik semua.

Kalian anak-anakku, ini yang sudah terjadi tak saya ceramahi lagi, yang sudah nikah jaga lah yang ada itu, jaga-jaga ajalah.. jangan sampai balik dari sini saling menyalahkan, "patutlah anak kita tak baik karena kau tak baik" "abangpun hantu" katanya. "abangkan baru 2-3 kali ini dengar pengajian itupun karena aku yang membukakan youtube" jangan saling menyalahkan karena kalian sepakatlah anak itu lahir.

Tapi bagi kalian anak-anakku yang belum nikah, habis tamat SMK ini kalian kuliah, setelah kuliah nanti kalian cari balik ini yang berjilbab-jilbab. Karena kalau kalian dapat nanti yang sundel bolong tentu kalian jadi drakula. Maka kalian cari yang baik-baik insya Allah.
Ustadz Somad masing ingat dengan saya pak Ustadz? “lngat-ingat lupa..
“Saya mahasiswa bapak loh pak..
“Mana kuingat banyak mahasiswa..
“Dulu kata ustadz kalau nikah itu perempuan sifatnya empat.. kaya, cantik, taat beragama, keturunan orang baik-baik.. bisa pak ustadz carikan yang ada empat-empatnya pak ustadz?
“Kalau ada ngapain ku kasih ke kau?

Jangan kau cari perempuan yang sempurna, siapa yang mencari perempuan sempurna maka seumur hidup takkan berumah tangga. Jangan kau cari yang terlalu cantik, nanti jadi fitnah.. apa kata orang, "pake pelet ya?" Jangan pula kau cari yang buruk.. kenapa? Kemana-mana sendiri takut bawa keundangan malu.. yang sedang-sedang saja lah cantik itukan relatif, semua orang mengatakan jelek tapi kita katakan cantik.. tunggulpun lama-lama ditengok cantik. Setelah kau dapatkan perempuan baik, yang solehah-solehah ini lalu kalianpun menikah.

“Saya sudah datang kerumah bapaknya ditolaknya pak ustadz gimana ini?
“Jangan kau datang sendiri, kau bawalah ustadz.. bawalah ustadz.. ada dua pilihan, ustadz sebelah kanan atau ustadz sebelah kiri? kau bawa kesana.. calon mertua kau itu sukunya apa?
“Suku jawa pak ustadz..
kau cari ustadz jawa tentu dia akan ngomong jawa kan?” “Calon mertua kau orang apa?
“Orang Minang..
“Carilah (ustadz) orang Minang.. jangan ajak saya, saya takutnya saya kalian ajak, saya pula yang dapat?

Jangan kalian pacaran-pacaran, kalian merusak yang baik dengan pacaran.. bonceng sana bonceng sini masuk angin kembung perut.. kalian jaga, pacaran itu penuh dengan kepalsuan.. bohong..
Oh adinda kau lah bulan kaulah bintang setengah nafasku pergi.. preet.. Dulu sebelum nikah iyalah, "hati-hati ya" setelah nikah, "mana mata kau tadi?" maka kalian cerita yang pahit-pahitnya saja, dari awal tu cerita yang pahit-pahit, "adinda aku memang tak kaya tak bisa kubawakan sebongkah berlian, aku hanya ingin kau menemani aku sampai kematian tiba, nanti kalau kita nikah hanya beralasan koran?”
"Tak papa bang.."
“Makan hanya sekali sehari..”
"Tak papa bang tapi jangan lama-lama bang.. agak dua tiga minggu okelah, kalau habis itu parah tu bang..

Setelah kalian punya anak, kalian didiklah dia.. dua tahun pertama susukan peluk cium, dua tahun kedua (umur) empat tahun lari-lari lompat-lompat, dua tahun ketiga hafalkan surat pendek, tujuh tahun mulai agak keras sedikit, pukul dia tapi pukulnya jangan pukul mengamuk, ini sampai hilang telinga anak tu sebelah, nanti ditanya kawannya sekolah, "kemana telinga sebelah?"
"ltulah dulu emakku memang begitu ditariknya lepas langsung.."

Tapi yang paling ampuh adalah memberikan contoh suri tauladan yang baik.. mendidik anak bukan macam memandikan beruk, tapi macam memandikan kuda.. Macam mana memandikan kuda? Bawa kuda tu masuk kesungai, dia basah kitapun basah.. kalau beruk tak begitu, ikat dia pakai rantai campakkan dia, tonton dari atas.. Anak tak bisa begitu, kita pergi ke mesjid sama dia, bawa dia ke mesjid, ini tidak (cuma nyuruh) "ke mesjid..ke mesjid.." "ayah?" "ayah sudah dewasa" tak bisa begitu.. "baca quran..baca quran.." Tak bisa.. Habis magrib matikan TV, matikan hp.. “Nah duduk kau sini.. duduk.. ayo baca surah quran.."

Walaupun tak pandai ngaji tapi diam-diam datang ke imam qori tadi, "pak imam aku sudah suruh biniku mengaji tapi aku malu kalau cuma menyuruh saja, nanti mana tau disuruh mereka gimana ni? ini waktu sudah mendesak pak imam.. tolong pak imam ajari aku ya?"
"iyalah"
"tapi janji pak Imam empat mata kita mengaji.."
Kata pak imam, "jangankan empat.. tiga mata pun bisa.. Tak masalah.. pak imam hapal al Quran. Akhirnya belajarlah mereka empat mata, tiba-tiba sampai pulang kerumah ibu tu senyum-senyum.. "kenapa kau senyum?" "abang ngaji ya?" "dari mana kau tau?" mesjid itu kan ada cctv nya bang.. ternyata pak imam tak bisa juga diajak kompak..


Pertanyaan :

Pak ustadz lahirnya dimana? berdomisili besarnya desa apa? kecamatan apa? kabupaten apa?

Jawaban :.

Nanti saya kasih nomer WA


Pertanyaan :

Beberapa orang ustadz pernah mengatakan bahwa sholat yang ditinggalkan baik secara sengaja maupun tidak sengaja bisa diganti atau dibayar pada waktu.. dst .. wah panjang ni..

Jawaban :.

Pokoknya (sholat) yang tinggal-tinggal dimasa lalu dulu diganti! Cara menggantinya bagaimana? Habis sholat isya tadi langsung sholat Qodho.. usalli fardal isyai arba'a raka'atain qodho'an lilahi ta'ala.. Qodho'an artinya mengganti, (kalau) kobokan cuci tangan.. Besok subuh qodho tapi jangan dimesjid karena abis subuh tak ada ba'diyah, kalau habis subuh qodhonya di mesjid ditengoknya kawan, kawan berbisik, "apa tu?" "ISIS" Karena itu di qodho di rumah.
Berapa lama pak ustadz?
“Berapa lama kau tinggalkan?”
“Aku tinggalkan 10 tahun pak ustadz”
“Aah qodho 2018 lunas 2028.. kecuali mualaf, kalau mualaf diulang dari nol, kadang-kadang enak ya mualaf.. kalau preman ndak.”


Pertanyaan :

Apa hukum baca qur'an tak pakai tajwid?

Jawaban :.  

Berapa banyak orang baca qur'an dilaknat oleh qur'an” Kenapa? Karena tak betul tajwid harakat hurufnya.. Alhamdulillah pak ustadz, saya tak pernah salah.. kenapa? Tak pernah kubaca.. Belajarlah baca. Janganlah jadikan rumah kamu kuburan. Kenapa rumah tu kuburan? karena tak pernah dibacakan qur'an di dalamnya.
Maka sebelum tidur malam baca surah qur'an, qul huwallah 3x, al falaq 1x, an naas 1x, al fatehah 1x, ayat kursi 1x hembuskan ke tapak tangan disapukan kemuka kepala kebadan, bismikallahumma ahya wa amutu.. Mimpi nampak setan hantu jembalang tanah baca Ta'awudz. Baca qur'an.. belajar.. tidak ada kata-kata terlambat belajar baca Al Quran.

Ada orang masuk islam di Prancis Paris umur 60 tahun belajar baca al quran. Kawan saya pulang dari Kairo, "Mad aku waktu pulang Kairo dapat kerja"
"Apa kerja kau?"
"Mengajar ngaji"
"Siapa yang kau ajar?"
"Pendeta"
"Hah kenapa kau ajar pendeta?"
“Rupanya dia mau S2 ke Vatikan, syarat S2 Vatikan harus bisa baca Al Quran.. kebetulan aku dapat jadi gurunya” "Berapa lama kau ajar dia?"
Sebulan ku ajar, bisa baca qur'an”
Sekarang mana dia?
sudah S2 di Vatikan..
“Aah dapat dosalah kau..
“Itulah ku pusing sekarang.
Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Oleh sebab itu belajar Al Quran


Pertanyaan :

Lebih utama mana pak ustadz baca surah Al Kahfi atau Yasin malam Jumat?

Jawaban :.

Siapa yang baca surah Al kahfi petang jumat malam jumat siang jumat sore jumat diberikan dia cahaya bisa membedakan mana hak mana batil, mana bengkok mana lurus Sampai kapan? Sampai jumat berikutnya. Bagus baca surah al Kahfi. Kalau baca Yasin.. “Siapa yang baca yasin suatu malam, pada waktu subuhnya dia sudah dapat ampunan Allah. Dua-duanya baik. Malam jumat baca al Kahfi, baca surah Yasin, malam yang lain baca surah Yasin


Pertanyaan :

Apabila ada dua orang susah, mana yang kita dulukan? yang pertama ada dekat dengan kita tapi tak seiman, yang kedua berada jauh dari kita namun seiman..

Jawaban :.

Tetangga tapi ada hubungan kerabat, tetangga tapi tak kerabat.. Tetangga kerabat seiman ini ring satu. Tetangga tidak kerabat seiman ini ring dua. Tidak tetangga tetapi kita ukuwah insaniah.. ada namanya ukuwah imaniah sama-sama mukmin, ada ukuwah insaniah sama-sama manusia.. maka kita tolong dia.

Seekor anjing diambil PSK slop sepatu bootnya diambilnya air dari dalam sumur diberikannya ke seekor anjing, lalu Allah Subhanahu Wa Ta’ala  mengampunkan dosanya .. ini bukan umat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dulu (tapi umat) bani Israil, waktu itu anjing tak jadi masalah.. ini cerita bukan saya nyuruh ternak anjing.. bukan saya suruh jaga anjing.. ini musti dipahami dengan baik.. “Siapa yang memelihara anjing maka satu hari pahalanya dikurangi sebesar bukit Uhud” Bukit Uhud itu panjangnya tujuh kilometer, sementara amalnya sebesar bisul.. jadi tiap hari min..min..min..

Cerita ini tentang kelembutan, seekor anjing menjulurkan lidah haus dan WTS memberikan air minum, maka Allah ampunkan dosanya, Allah masukkan dia ke surga. Apa pelajaran dari sini, setiap mahluk hidup kau tolong bernilai shodaqoh. Sedangkan anjing binatang haram bisa mendatangkan kekebaikan apalagi manusia.. maka tetap kau tolong, prosentase tetap kau tolong..
Inilah yang saya bingung pak ustadz, mana yang duluan ditolong?
“Terus..
“Memang tak ada duit saya mau nolong
apa (maksud) yang kau tanya (ni)?

Alhamdulillah..

Tanya Jawab lengkap ada dalam video yang telah di upload ke Youtube oleh channel Tafaqquh dengan judul : “Tanya Jawab (PT. THIP - INHIL, 28.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA



IG @sabyanmedia
Copy Paste gratis Artikel Tanya Jawab Ustadz Abdul Somad
Blog https://bit.ly/sabyanmedia

#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad  
#MP3UstadzAbdulSomad #sabyanMedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar