Minggu, 14 Oktober 2018

Tanya Jawab (Universitas Baiturrahmah Padang, 20.9.2018)

09 20.09.2018 - Ceramah Ustadz Abdul Somad - Tanya Jawab (Universitas Baiturrahmah Padang, 20.9.2018) 





APA PENYEBAB SHOLAT TIDAK DITERIMA OLEH ALLAH?

Pertanyaan :
Ustadz, apa yang menyebabkan sholat seorang hamba tidak diterima oleh Allah?

Jawab :
"Ulangi sholatmu karena sholatmu batal.." diulanginya lagi.. "Ulangi sholatmu lagi karena sholatmu batal.." diulanginya lagi.. "Ulangi sholatmu lagi karena sholatmu batal.." tiga kali ulang.. kenapa sholatnya sampai disuruh ulang sampai tiga kali?  karena tidak ada tuma'nina.. kalau tegak.. Tegak.. kalau ruku' "subhanallah robbi al adzim.. subhanallah robbi al adzim.. subhanallah robbi al adzim.. wabihamdi.." kalau sujud sampai tuma'nina.. kalau sholat di Mesjid  Baiturrahmah, pasti tuma'ninah.. karena imamnya tuma'nina, yang biasa orang tak tuma'nina sholat sendiri.. macam bambu dihembus angin.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. wuuss.. maka sholat berjamaah.. Alhamdulillah adik-adik Mahasiswa Mahasiswi Baiturrahmah pasti sholatnya ada tuma'nina karena sholat berjamah bersama imam..

Dua yang menyebabkan sholat batal.. "tidak sah sholat, Al Fatehahnya tak betul.. Al Fatehah rukun sholat, luruskan.. bismillahir-rahmanir-rahim alhamdu lillahi rabbil-'alamin ar-rahmanir-rahim 
maliki yaumid-din iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in ihdinah-siratal-mustaqim sirathallazina an'amta 'alaihim gairil-maghtbi 'alaihim wa lad-hallin Aamiin.. betulkan Al Fatehah.. Ngaji, Iqro.. Seandainya tak ada ulama dari Minang Kabau, mungkin saya tak pandai membaca Quran.. Jadi ustadz dulu ngaji sama siapa? sama ulama-ulama Minang Kabau yang mengajarkan mengaji.. alif diatas A, alif dibawah i alif di depan u.. A I U.. dihate itukan dari Minang Kabau, alif duo dihate an, alif duo dibawah in, alif duo didepan un.. an in un.. Yang tau berarti sudah tua.. anak-anak kini tak tau.. guru mengaji nang kini bukan dari Minang Kabau, tapi dari Yogyakarta, jenenge sopo? Kyai Haji Asnan Umam A'a bata ba bata ta bata tsa bata ba.. yang dulu, hampir seluruh Sumatera itu guru dari Minang Kabau.. alif duo dihate an, alif duo dibawah in.. mengalir pahalanya.. Jangan Sampai Al Fatehah tak betul..

KIAT HIJRAH AGAR TETAP ISTIQOMAH

Pertanyaan :
Apa kiat Hijrah, bagaimana agar kita tetap istiqomah

Jawaban :
Yang pertama selalu pergi kerumah sakit, balik dari sini jangan pulang kerumah.. pergi ke rumah sakit, nanti kalau security nanya, "mau kemana mbak?" "mau nengok orang sakit di rumah sakit.." "di ruangan berapa?" "sadonang di siko ingin ambo caliak" Saya kalau diajak jamaah, ustadz ayo kita keruang ICU.. datang.. tertulis diatas ICU.. nampak disana orang cuci darah, keluar darah dari dalam badan, masuk ke selang, masuk ke mesin, dicuci.. lima jam, masuk lagi.. sakitnya berapa, duitnya berapa.. maka kita yang sehat bersyukur nikmat sehat dengan banyak-banyak beribadah .. tak juga bersyukur lihat orang sakit? (Yang kedua) Pergi ke kubur menengok orang mati.. tengok.. bagaimana.. apa yang akan dibawa? Tinggal.. dan yang akan dibawa sholat..sholat.. "yang pertama kali di hisab, dihitung hari kiamat (adalah) sholat. Yang ketiga buat komunitas.. komunitas Alumni Baiturrahmah.. buat satu contoh sekolah percontohan.. Madrasah Tahfiz Quran Alumni Baiturrahmah.. anak yatim, uang sekolahnya tanggung.. guru-gurunya, kalau sudah ada .. yang sudah ada itu saja dijaga.. 
Alumni-alumni pulang dari sini, buat ikatan Alumni.. pergi.. cari  mana sekolah, "pak kepala sekolah.." "Yaa" "Berapa guru yang belum digaji.. berapa anak yatim yang belum bayar sekolah.. berapa kursi yang patah.. berapa whiteboard yang rusak.. berapa papan tulis yang bolong.. berapa atap yang perlu diganti?" "Bapak mau ganti?" "Nggak bertanyo saja pak.. Bantulah.." itu yang akan membuat kita istiqomah, insya Allah.. 
Saya sebelum datang ke kota Padang.. kami tidak dari Payahkumbuh, padahal kalau dekat dari Pekanbaru dekat Payahkumbuh.. tapi kami mutar ke Indragiri dulu, masuk ke Kuantansingingi.. kenapa? karena menyalurkan dana untuk mendirikan Madrasah Iftidaiyah di Suku terasing di dalam hutan, itulah yang akan menolong di hadapan Allah Subhana Wata'ala.. aah jadi adik-adik, kawan-kawan, sahabat-sahabat buat komunitas.. saya banyak ceramah ketempat-tempat bertemu dengan komunitas, "Ustadz Somad, kami dari komunitas.." "apa namanya?" "Komunitas Jomblowan Sejati" "Owh.." "Ustadz Somad, kami dari komunitas.." "apa namanya?" "Komunitas Pensiunan Perusahaan Minyak" "Owh.." "Ini apa?" "Komunitas Mantan Tato-tato" isinya orang nan bertato saja.. tatonya ular cobra, setelah tuo.. ketek..jadi (tato) cacing pita.. Mantap.."Ustadz, kami komunitas.." "ano namo komunitasnyo?" "Komunitas Pejuang Subuh" tertulis di bajunya, "Pejuang Subuh" Dhuhur nda tidur? Komunitas Pejuang Subuh, dhuhur kemana, tak tau dhuhur?" "Mesjid lain pak ustadz".. Oowh.."

BAGAIMANA SUPAYA TIDAK TERGOLONG ISTIDROJ?

Pertanyaan :
Bagaimana caranya supaya kita tidak tergolong ke istidroj?

Jawaban :
Owh.. istidroj iko bahaso singkatnya.. tasase di jalan nan lurui.. bnayak orang sesat di jalan berbelok, tapi ini ndak.. sesat di jalan yang lurus.. nampaknya dia lurus tapi sebenarnya sedang sesat, Nauzubillah.. Banyak hartanya, mewah hidupnya tapi ternyata sedang dimainkan Allah Ta'ala dengan istidroj.. kita banyak salah sangka, "ustadz, saya dulu sebelum pengajian dulu hidup saya enak pak ustadz, tapi setelah dengar pengajian ustadz.. begitu pulang, helm basah.. begitu pulang motor ilang.. begitu pulang anak sakit.. sesunggunya Allah sedah sayang kepada engkau, dihapusnya dosa-dosamu.. Aamiin. Yang paling mengerikan adalah sholat tak pernah, puasa tak pernah, sedekah tak pernah.. tapi hidupnya lancar-lancar saja.. itu namanya istidroj.
"Tetangga saya pak ustadz, tak pakai jilbab, sholat tak pernah, puasa tak pernah.. hidupnya lancar, rumahnya besar, mobilnya besar, bininya besar" itu namanya istidroj, "Kami mainkan mereka dengan istidroj.." Kami mainkan mereka karena mereka mempermainkan Allah, mereka sangka Allah lalai, mereka sangka Allah lupa.. Tidak.. Allah sendang memainkan engkau dengan istidroj.. jadi caranya biar sadar? Introspeksi diri.. mengapa aku begini, kalau terasa salah.. istigfar mohon ampun kepada Allah Subhana wa ta'ala

SEMOGA KITA DIPERTEMUKAN DI SURGA

Pertanyaan :
Semoga Allah mempertemukan kita semua di surga nanti bersama para Nabi dan orang sholeh

Jawaban :
Aamiin.. sampai saya kesurga, saya tengok surga kosong.. hembus urang? bertanya malaikat, "mana jamaah Baiturrahmah?" "Mereka VVIP" ruponyo ambo (surga) kelas ekonomi.. apa ndak VVIP.. sholat tarawihnya 1 juz, sholat berjamaahnya ndak tinggal.. di dalam mesajidnya khusuk.. saking kan khusuknya sampai talalo.. mesjid lain orang kepanasan.. sini tenang, sejuk.. khotib berapi-api, dia berair-air.. mimbarnya tinggi, mesjid Baiturrahmah Padang.. naik keatas.. hanya saja saya sarankan kalau sholat di mesjid Baiturrahmah.. tolong tatapan matanya tetap di tempat sujud, jangan menengok keatas karena sini kaligrafi banyak.. hemm rancak banak kaligrafinya.. khusuk dijaga

HUKUMNYA ISTRI TAAT IBADAH RAJIN PUASA TAPI BICARANYA KERAS PADA SUAMI

Pertanyaan :
Apa hukumnya seorang istri yang taat beribadah, rajin puasa.. tapi bicara pada suaminya suaranya keras?

Jawaban :
Memang style-lan nya begitu.. memang kare suaro, cuma periksakan mungkin jowonya pakah, mungkin ni orang gunung.. orang gunung itu keras, beda dengan orang Sunda.. kalau orang sunda. "Maas.. hujan.." orang Sunda kalau ngasih tau suaminya hujan, "Hujaan.." Lah basah kain lah tu.. tapi sampe lain tak, "HUJAN!..HUJAN!..HUJAN!.." Aaah jadi jangan serta merta kare melawan, ternyata dia tidak peka, ternyata dia bukan orang gunung.. tapi dia melawan? Maka mengatasi istri melawan ada lima langkah.. Yang pertama kasih nasehat, "adinda come here seko sebenta, janganlah kare' kare' bersuara.. sakit hati denai.." kasih nasehat tak sempat, kasih nasehat tak mempan? "Kalau tidak berubah apa boleh buat.. pisah tempat tidur" karena kamu juga tak berubah, kita pisah tempat tidur sebulan.." "Memang itulah den ditunggu-tunggu"
Nasehat ndak nyedana, ancaman pisah tempat tidur malah ia berkata itulah yang kutunggu.. Nang katigo, ada jenis perempuan dipukul baru dia berubah.. "karena tak juga berubah.." begitu mau ditempeleng, difotonya.. cekrek.. di uploadnya ke instagram.. "teganya..teganya..teganya.." tak bisa, pukul sekarang tidak bisa. KDRT kekerasan dalam rumah tangga.. tak bisa juga, yang kelima.. maka jatuh, ada satu surat dalam Quran namanya talaq.. mediasi dulu bukan langsung.. jadi bukan mentang-mentang kasar .. ni banyak laki-laki sikit-sikit, "talaq seratus.." enak aja.. ingat, laki-laki yang pemarah langsung lewat talaq seratus, talaq seribu.. jatuhnya (talaq) tiga.. kalau sudah jatuh talaq tiga, tidak bisa menikah (lagi) sebelum istri itu menikah lagi dengan laki-laki lain.. dan jangan lupa, orang yang sudah menjatuhkan talaq tiga.. tidak ada yang lebih cantik daripada Jlo.. apa tu Jlo? Jada lamo.. waspadalah.. maka hati-hati.. langkah yang keempat, "panggil keluarga laki-laki, panggil keluarga perempuan.. ninik mamak panggil semua, panggil pula wali.. "Duduk" ini harus mediasi.. apa judul tema mediasinya? "Mau Dibawa Kemana Hubungan Ini.." tak juga mempan, barulah yang kelima, itu langkah sudah mentok tak ada lagi.. puncak.. barulah talaq. Karena kau tak juga berubah, kau melawan, kau emosi.. akhirnya jatuhlah talaq satu.. Pun masih bisa rujuk tiga bulan.. "Gimana sudah jatuh?" "Halaah.. macam itu sepuluh aku dapat" bulan satu.. "gimana bulan kedua?" "lima aku dapat.." mulai turun harga.. bulan terakhir, "aku mau rujuk.." masih bisa rujuk.. kalau sampai tiga bulan tidak rujuk, habis putus.. Setelah bulan keempat baru mau rujuk, bisa lagi rujuk tapi pakai akad baru.. Mempelai laki-laki, mempelai perempuan, ada mahar, ada ijab, ada kobul, ada wali, ada saksi dua orang.. "aku nikahkan engkau dengan anakku dengan mahar sebentuk cincin emas tunai.. Sah.. itulah namanya penganten baru stok lamo..

HUKUM ANAK MEMARAHI IBUNYA

Pertanyaan :
Apa hukum bagi anak yang memarahi ibunya karena melarang agar melawan, apa hukumnya bagi anak yang memarahi ibunya karena melarang ibunya agar jangan melawan bapaknya?

Jawaban :
Ibu bapak musti berpikir baik-baik, anak tu ada karena hubungan ibu bapak baik dulukan? kalau tak baik mana mungkin dia ada? sekarang setelah dia ada, kenapa dia yang jadi korban? ibu marah, otomatis dia marah.. anak ni melawan, dan kalian sebagai anak tak boleh kalian melawan ibu ayah.. tak boleh, walaupun dia kafir.. tak boleh.."Kalau bapak ibumu memaksamu mempersekutukan Allah, jangan kau ikuti" tapi untuk melawan, tak boleh.. "tetaplah berbakti pada orang tua.." jangan mentang-mentang sudah ngaji, balik dari sini panggil emak.."Mak sini.. Assalamualaikum.. " bukan begitu caranya tapi dengan cara yang santun.. "tapi dia menyuruh saya melawan ayah saya pak ustadz?" cari ninik mamak, cari alim ulama.. ibu kamu tu suka ngajinya sama siapa? "Owh dia sama.. ngaji sama ustadz Jel Fathullah.. aah kasih tau,  "ustadz Jel tolong ceramahi.." ustadz Somad menyabi ustadz Jel, apa hubugan ustadz? itu kakak kelas saya.. kakak kelas saya, banyak orang yang tersentuh hati mendengar ceramah ustadz Jel.. Owh dengan ustadz Jel dia tak mau, sama siapa? dia maunya dengan Doktor Eka Putra Wirman.. aa itu kakak kelas saya juga dulu di Maroko.. dengan ustadz Eka, dengan Doktor pak Rektor UIM.. Owh maunya dengan ustadz Fulan.. dia dengan ustadz tak mau, maunya  dengan ninik mamak.. dengan tokoh adat, dengan tokoh masyarakat.. pokoknya cakap siapa yang dia dengar.. aa insya Allah.. begitu.. bukan kita yang melawan.. karena melawan orang tua ini luar biasa, mudah-mudahan kita termasuk anak-anak yang berbakti pada orang tua.. insya Allah.. aamiin..

BAGAIMANA WANITA YANG MENGGUNAKAN BULU MATA TEMPEL?

Pertanyaan :
Ustadz, kan jaman sekarang banyak wanita yang menggunakan bulu mata tempel

Jawaban :
Yang bulu mata ni yang mana? Ini? (alis).. ini..ini.. (bulu mata).. yaa.. "Allah melaknat tukang buat tato, minta buatkan tato, mencabut.. mencukur.. merubah (alis), mengotak-atik gigi.. kalau giginya memang tak layak boleh.. ada, kalau senyum dia.. tiga hari kita tak bisa tidur, nah itu boleh.. dia bawa ke dentist.. boleh.. tapi yang sudah layak, banyak sekarang orang sudah layak bagus diotak-atik, dipakai.. dulu kawat jemuran sekarang untuk gigi, pakai warna warni lagi.. senin hijau, rabu ungu, kamis pink.. kalau jumpa.. hee (smile).. mengotak-atik tak boleh.. plastik semua.. sampai ini bulu plastik (bulu mata) lentik plastik.. ada orang bakar sampah.. layuu.. tak usah.. kau cantik bukan karena plastik itu, tapi kau cantik karena kecantikan dari dalam.. bahasa awaknya inner beauty.. karena cahaya tahajudmu.. karena munajatmu kepada Allah Subhana Wata'ala.. 
"Menyambung rambut pak ustadz?" Allah melaknat orang yang menyambung rambut.. "tapi saya kena penyakit pak ustadz.. gugur semua gundul.." kan saya tak nampak.. "suami saya melihat pak ustadz.." kasih tau dia, "bang ini takdir dari Allah, walaupun aku gundul.. kau terimalah apa adanya.. aku tak pernah request (begini)" kata suami, "apapun adanya dirimu kuterima engkau adinda.. karena yang berambut sudah ada satu lagi.." Ndaak bergurau.. jangan berang.. insya Allah bapak itu bisa menerima ibu apa adanya.. kita doakan hati bapak tidak berpindah kelain hati.. insya Allah ..aamiin.. tak lah banyak yang mengaminkan..

HUKUM WANITA YANG HAMIL DILUAR NIKAH MENIKAH

Pertanyaan :
Menurut syariat wanita hamil diluar nikah tak boleh nikah sampai wanita itu melahirkan.. tapi disaat sekarang banyak wanita hamil diluar nikah langsung dinikahkan, bagaimana solusinya pak ustadz?

Jawaban :
Baca kitab al-Fiqh al-Islami Wa Adillatuhu Syeh Wahbah Az-Zuhaili.. nama kitabnya al-Fiqh al-Islami Wa Adillatuhu.. dicetak oleh Gema Insani Press Jakarta, sudah terjemah ke bahasa Indonesia.. panjangnya satu meter, harganya 1,8 juta.. disana disebutkan perempuan kalau hamil menikah, nikahnya sah dengan syarat memang laki-laki itu yang menghamilinya.. maka nikahnya sah, maka kalau ada pak KUA menikahkan perempuan hamil.. nikahnya sah.. maka pak KUA tak perlu tanya.. "sudah berapa bulan?" yang bertanya itu dokter.. pak KUA tak perlu tanya.. nanti cirinya yang model  perempuan hamil itu, mertuanya dari cara manggil nya sudah lain.. kalau yang belum hamil itu nanya, "Hai menantuku.." gitu dia.. (kalau keras) "HAAII.." nah itu tando-tando tu.. "aku terima nikahnya..." Nikahnya sah tidak perlu diulang, anak lahir tidak perlu diulang.. tapi efek akibat dari pernikahan itu muncul empat masalah, yang pertama anak itu nanti kalau lahir tidak bisa bin bapaknya.. jadi pakai bin apa? terserahlah.. bin kardus.. bin botol.. Dua, kalau anak pertama lahir laki-laki.. lahir anak nan kaduo padusi perempuan.. perempuan.. nanti anak nan pertamo iko indak bisa mewalikan nikah adik anyo.. de apo.. de inyo basuda sodara se emak.. sodara se emak tak bisa jadi wali.. Tiga, kalau si bapak mati, si anak ndak dape harta warisan .. de ndak ada hubungan nasab.. Nang ke Ampe, kalau si anak nan pertama anak gadis cantik jelita di pinang oleh laki-laki, si bapak tidak bisa menjadi wali karena tak ada hubungan nasab.. walinya siapa? Walinya wali Hakim.. pak KUA.. "Apa salah saya pak ustadz? ini anak saya.. rambutnya, darahnya, DNA sudah periksa di Singapura.. ini anak saya.." "DNA nggak laku mas bro.." "salah saya apa?" "kamu mencoblos sebelum hari H"

APAKAH MEMPERINGATI HARI BESAR ISLAM ITU BID'AH?

Pertanyaan :
Apakah memperingati hari Besar Islam itu bid'ah.. Muharram, Maulid Nabi, Isra Miraj, Nuzul Quran..

Jawaban :
Kalau memperingati Muharram ini bid'ah, maka yang mengundang masuk neraka.. yang diundang masuk neraka.. yang paling panas nerakanya yang ceramah.. "kalau tidak dibuat Nabi bid'ah" urang mengaji berpuluh tahun di Makah, iyak canduang, inyak jaho, syekh Sulaiman Ar Rasuli, Syek Ahmad Khatib Al Mingkabawi.. berpuluh tahun mengaji di Mekah.. jurusnya limo saja.. "kalau tidak dibuek Nabi Bid'ah" Maulid Nabi bid'ah, isra miraj bid'ah, nuzurul bid'ah, marhaban bid'ah, barzanji bid'ah, syaidina bid'ah, yasin bid'ah, tahlil bid'ah.. maka kalo bersuojo orang.. bid'ah, haram, neraka..bid'ah, haram, neraka..bid'ah, haram, neraka.. ndak sesimpel itu saudaraku..
Bid'ah itu perbuatan yang tidak ada dalilnya.. itu bid'ah, adapun perbuatan menyambut muharam, itu ngaji.. ngaji.. kita ni pengajian.. isinya tidak ada yang mungkar, mengingatkan lagi umat tentang bagaimana menyambut satu muharam, bahwa kita punya kalender hijrah, kita harus betul-betul pindah.. membangkitkan semangat, membangun mesjid, menyekolahkan anak ke sekolah lembaga yang peduli pada sholat berjamaah, mengingatkan tentang yang ulang tahun jangan membuat perbuatan mungkar.. tapi dengan berbagi bersedekah dengan fakir miskin anak yatim.. maka dalam rangka "watawaashoubil haqqi watawaashoubis shobr (saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.)" maka akan datang, mesjid-mesjid, surau langgar mushola.. buat.. ini habis satu muharam.. muharam, safar, rabiul awal.. acara rabiul awal.. buat.. maulid nabi, dengan cara peringatan maulid nabi.. puncaknya tanggal sekian, seminggu sebelum (tanggal) itu adakan lomba jadi imam, lomba muazin, lomba barzanji, lomba marhaban.. sehingga malam itu nanti hadirkan ustadz mubaligh.. penceramah.. supaya dicucia lagi akidah, bersihkan daripada kemungkaran
Bagaimana pengertian bid'ah itu pak ustadz, karena di mesjid kami tak pernah mengadakan memperingati hari-hari besar islam?
Peringati hari besar islam, undang alim ulama.. adakan pengajian.. adapun definisi bid'ah (adalah) "kalau tidak ada dalil" maka bid'ah.. selama ada dalil umum, selama masih dipayungi oleh tausiah, isi kajiannya adalah tausiah.. nanti maulid nabi, tausiahnya tentang akhlak-akhlak nabi, tentang sejarah nabi.. nanti habis maulid nabi.. muharam, safar, rabbiul awal, rabbiul akhir, jumadil awal, jumadil akhir, rajab.. isra miraj. Isra Miraj kita tausiah lagi.. isinya tentang cara sholat nabi.. karena isra miraj adalah peristiwa pengambil sholat. Habis rajab.. sakban menyambut ramadhan.. ramadhan nuzul quran, syawal halal bihalal.. itu moment-moment persatuan umat. Pokoknya mesjid yang belum membuat.. buat susun kepanitiaan.. ramai.. dengan ramai begini, yang selama ini imannya down.. lemah menengok ramai.. hee rupanya ramai juga umat islam, ternyata sholat subuh saja yang sunyi, kalau tabliq akbar ramai juga.. itu makanya idul adha itu disuruh istri ikut menengok pemotongan, anak gadis dibawa.. untuk apa? karena ada orang menengok orang ramai, bangkit semangatnya, hidup jiwanya.. makanya idul adha suruh anak istri ikut datang memotong menengok pemotongan.. owh orang islam ternyata ramai juga kalau bagi-bagi daging kambing.. untuk apa itu? Show.. show menunjukkan, force kekuatan.. orang luar melihat kita.. ini kalau video di share.. tunjukkan bagaimana yang diluar sana menonton lewat layar, share keseluruh Indonesia, share keseluruh dunia.. orang berpikir dua kali, jangan usir ustadz somad.. itu nanti datang pasukannya dari bumi Minang Kabau, jangan macam-macam dengan orang Minang.. kemana bumi dipijak disitu awak buka rumah makan.. disetiap penjuru negeri ini ada rumah makan Minang Kabau, macam-macam mereka? Saya ceramah di Sydney, di Australia.. diajak makan di rumah makan Urang Awak, Minang Kabau.. gebu Minang di Sydney nya.. aah duduk saya, "ustadz somad.." "Ya" "Ambo dah lama di Australia" "dah berapa tahun pak?" "Tigopuluh lima tahun disiko ustadz" orang kita dimana-mana berada, oleh sebab itu maka ini adalah syiar.. kekuatan, bangkitkan semangat.. saya sudah ceramah satu jam tiga pulu menit, sembilan puluh menit anak-anak muda dari tadi tetap tegak berdiri.. bayangkan itu, pahalanya mudah-mudahan berlipat ganda insya Allah.. aamiin.. yang tegak berdiri pahalanya dua kali lipat dari pada yang duduk.. begitu cara menyenangkan hati orang yang berdiri-berdiri

APAKAH MERTUA DAPAT HARTA WARISAN?

Pertanyaan :
Saya hamba Allah.. Alhamdulillah.. karena sekarang banyak hamba setan.. Bagaimana pembagian warisan kalau suami meninggal tapi meninggalkan sebuah rumah dan anak enam orang, lima perempuan, satu laki-laki.. apakah mertua juga mendapat? 

Jawaban :
Mertua tak dapat.. Mertua tak dapat.. saya sampaikan bapak mertua jangan sedih jangan sakit darah tinggi bapak tak dapat.. tapi kalau menantu bapak baik, nanti bapak dibaginya insya Allah.. dah jelas ya mertua tak dapat.. harta warisan yang mau menjadi ahli waris tinggal lima ini saja, tak ada ahli waris yang lain.. tinggal lima ini saja.. rumah mau dijual, berapa harga rumah itu? biar mudah membaginya (anggap) satu milyar.. lima orang perempuan (dan) satu laki-laki.. laki-laki itu dianggap dua tambah lima perempuan, lima tambah dua sama dengan tujuh.. maka duit satu milyar dibagi tujuh.. bagilah.. satu milyar di bagi tujuh, yang laki-laki dua bagian yang perempuan satu..satu..satu..satu..satu.. lima.. selesai, mudah cara membaginya.. kalau laki-laki dapat seratus, perempuan dapat lima puluh, "laki-laki dapat bagian dua kali perempuan

BAGAIMANA CARA MEMINTA MAAF KEPADA ORANG YANG SUDAH MENINGGAL?

Pertanyaan :
Ustadz bagaimana cara meminta maaf kepada orang yang sudah meninggal dunia?

Jawaban :
Cari ahli warisnya.. "saya mau haji, ustadz Somad..gimana mau minta maaf?" "Cari ahli warisnya" "sudah saya cari tempat tak ada" "Kamu ngotot betul utangnya apa?" "Malu saya menceritakannya pak ustadz.." "kalau malu cemana saya mau jawab?" "gini pak ustadz, waktu SMP dulu, makan bakwan tiga bayar satu.." "carilah tukan bakwan itu.." cari tempat SMP dulu rupanya sudah jadi ruko.. "keluarganya tak ada?" "tak ada" "Ahli warisnya tak ada?" "tak ada.." "hitung berapa hutangmu, bayarkan ke fakir miskin, anak yatim, masjid.. masoli amma.. begitu cara membayar hutang orang yang sudah meninggal dunia.. hitunglah berapa dulu bakwan yang kamu makan? "aah.. yang libur cuma sabtu ahad aja ustads.." "senin, selasa, rabu, kamis.. memang kelas bakwan luar biasa.." "aah hitunglah.. kelas berapa kamu makan?" "dari kelas satu SMP sampai kelas tigo SMA.." "Tampenya samo?" "pindah-pindah beberapa tampe.." "aah hitung surang.. hitung surang.. kan ada rumah makan, ambil surang.. aah hitung surang.. ah hitung, sudah dapat nanti, serahkan ke fakir miskin, panti jompo.. abis itu doakan dia, boleh pakai bahasa awak.. mintakan ampun dia kepada Allah, jadikan kuburnya sebagai taman surgamu, jangan jadikan lubang kuburnya sebagai lubang nerakamu..

Karena saya menorehkan luka kepada Nenek saya, saya belum sempat minta maaf kepada Almarhumah.. bacakan al Fatehah untuk almarhumah.. bacakan al Fatehah, "kalau sanggup membaca sekhatam Quran, nan seelok-eloknya sekhatam quran.. tak sanggup membaca sekhatam quran? Membaca ummul Quran.. membaca qolbul Quran, hatinya Quran.. Yasin.. tak sanggup membaca hatinya Quran? maka baca Ummul Quran.. Al Fatehah.. Cari pembangunan mesjid, serahkan satu sak semen pahalanya untuk Almarhumah Nenek.. untuk almarhum datuk.. sampai atau tidak ini pak ustadz? yang ragu bahwa bacaan quran tak sampai, tolong kasih namanya lengkap.. nanti kalau dia meninggal, saya bacakan dari Riau.. kalau tak sampai cepat-cepat kasih kabar.. Nabi membelah pelepah qurma ditusukkannya ke makam, sahabat bertanya.. "untuk apa kau tusukkan ini Ya Rasulullah?" kata Rasulullah, pelepah qurma ini bertasbih.. tasbihnya sampai.. kalau tasbih pelepah qurma saja sampai apalagi bacaan quran orang yang beriman? Itu bukan akal-akalan Abdul Somad, itu pendapat Imam An Namawi.. Imam terbesar Mahzab Syafi'i dalam kitab Al-Minhaj Fi Syarhi Shohih Muslim bin Al-Hajjaj.. Sedekah semen, keramik, nasi bungkus.. sampai.. mana dalilnya? datang Sa'ad menjumpai emaknya, "Ummi Mataj.. emakku mati meninggal dunia.. kalau aku bersedekah pahalanya sampai apa tidak?" kata Nabi, "bersedekahlah, pahalanya sampai" "sedekah apa yang paling afdhol?" kata Nabi, "sedekah yang paling afdhol memberikan air minum" apa maknanya? sedangkan memberikan sedekah air minum saja sampai ke makam ayah emakku.. apalagilah sate padang.. apalagi gulai.. sampailah semuanya..
Oleh sebab itu maka buat baik.. puasa sampai.. "Siapa mati meninggal dunia punya hutang puasa, ahli warisnya.. anaknya melaksanakan puasa" Nenekmu dulu punya hutang puasa, engkau berpuasa.. (maka) puasamu sampai untuk dia.. tapi yang paling mustajab adalah doa.. Doa, setiap selesai sholat kau doakan nenekmu.. Saya tidak ada hubungan dengan nenekmu, tapi setiap saya lewat di depan makamnya, saya tetap doakan dia.. "ini makam nenekmu?" "iyaa" (doakan dia doa ziarah kubur) "tak hafal kami pak ustadz?" Buatkan nanti baleho.. masyarakat Padang buatkan baleho besar.. Doa Ziarah Kubur.. tempel di seluruh kuburan dikota Padang.. Doa Ziarah kubur.. disudutnya buat, "coblos nomor.." lebih bermanfaat.. dari pada dibuatkan baju kaos, kain sarung.. ustadz kok tau? saya pernah dapat.. tapi sarungnya tak saya pakai.. karena mengganggu orang sholat.. "Allahu Akbar.." nampak di ujung (tulisan) coblos nomor.. 
Nah.. maka pahalanya sampai.. salam dibagi tiga, salam yang pertama wajib dijawab.. salam saya tadi yang pertama, salam yang kedua tak boleh dijawab.. salam imam waktu sholat.. "assalamualaikum warah matullah.. assalamualaikum warah matullah.. " jangan punya dijawab, "walaikumsalam imam.. salam yang ketiga, salam kita untuk orang mati.. salam itu doa, assalamualaikum ya ahlal kubur.. itu menunjukkan sampai.. Maka jangan lupa kau doakan nenekmu, maka Allah mengampuninya dan mengampuni engkau


Alhamdulillah


IG @sabyanmedia

#ustadzabdulsomad 
#ceramahustadsomad
#ceramahustadsomadMP3
#downloadceramahustadsomad
#ceramahustadzabdulsomadMP3
#ustadsomad #sabyanmedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar