Rabu, 31 Oktober 2018

Tanya Jawab (Kunto Darussalam, 13.9.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA






HUKUMNYA MEMAKAN HARTA ANAK YATIM

Pertanyaan :
Apa hukum memakan Hak anak Yatim?

Jawaban
"Fazalikal ladzi yadu'ul yatim" orang yang mendustakan agama itu siapa.. orang yang menyia-nyiakan anak yatim, "orang yang memakan harta anak yatim maka mereka memakan api neraka" hati-hati, bapak yang mendapat wasiat menjaga harta anak yatim hati-hati.. "pak ustadz, saya ini orang nya miskin tak ada kerja lain, menjaga kebun sawit anak yatim.. boleh saya ambil?" "Yang kaya-kaya jangan kalian ambil harta anak yatim, tapi kalau kalian pakai susah boleh kalian ambil untuk makan.." kira-kira kalau menjaga kebun sawit 2 hektar, berapa cocoknya dikasih sebulan?" "500 ribu" "kalian ambil 500 ribu, boleh.. lebih dari itu, diluar tanggung jawab.."
Jelas? kalau tak jelas, kasih tau.. saya ulang sekali lagi.. tak juga jelas, saya ulang tiga kali.. tak juga jelas, turun saya.. pulang..

SALAHKAN MENTELANTARKAN AYAH YANG SUDAH MENTELANTARKAN ANAKNYA DARI KECIL

Pertanyaan :
Apakah salah jika kita mentelantarkan ayah yang telah mentelantarkan anaknya dari kecil?

Jawaban
Owwh.. kalau engkau dilempar orang pakai batu.. apakah kau balas pakai batu? Tidaak.. dilemparnya kau pakai batu, balas pakai bunga.. dilemparnya lagi pake batu.. kasih bunga.. dah tiga kali pak ustadz? lemparkan pakai bunga yakinkan potnya ikut sekalian.. dia kurang ajar.. kalau bisa jangan pot yang plastik, yang kayu yang batu..
Tak boleh membalas yang tak baik dengan yang tak baik, walaupun dia mentelantarkan engkau, walaupun dia menyia-nyiakan engkau.. dihari tuanya kau jaga dia dengan baik.. Insya Allah, Allah akan membalas lebih baik.. kau buat baik bukan karena dia, kau buat baik bukan karena orang , kau buat baik karena Lillahi Ta'ala.. "tapi hati saya panas pak ustadz.." "kepala panas hati tetap sejuk, minum teh botol.."

MENOLAK LAMARAN KARENA BELUM SIAP MENIKAH

Pertanyaan :
Salahkah jika menolak lamaran seorang laki-laki yang baik karena belum siap menikah?

Jawaban
Kalau kau tak suka, cakap baik-baik.. jangan beri dia harapan palsu.. "bang, aku ni masih mau kuliah.. kuliahku 4 tahun lagi, nanti abang dah tunggu-tunggu.. abang kutengok sudah tua, diintai malaikat maut.. jadi abang carilah yang lain.." Jangan kasih dia harapan.. hadiahnya diambil, Hapenya diambil, pulsa dikirimnya diambil.. tiba-tiba nolak.. nanti disantetnya? Haah baru tau.. apalagi ngejek, "adinda, boleh kau kupinang?" "Apaaa.. kau mau minang aku? Cuiih.." diambilnya air ludah dibawanya ke dukun, dibacakannya (mantra/jampi-jampi) baru kau tau..
Jangan kalian senyum, yang gadis-gadis jangan suka senyum.. asal nampak.. "he-eh.. *smile" tidak semua laki-laki melihat senyuman kalian itu sebagai senyuman biasa, disangkanya kalian mau.. padahal kalian mau muntah.. Jangan beri orang harapan palsu..

APA BOLEH DAGING AQIQAH UNTUK PESTA PERNIKAHAN?

Pertanyaan :
Bolehkah daging aqiqah dijadikan juga untuk hidangan pada pesta pernikahan?

Jawaban
Ini nama mahzabnya, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.. Ustadz, boleh nggak aqiqah sekaligus sunat anak saya? Tanggung bu.. aqiqah, sunat, nikah sekalian.. orang susah mau punya anak, sampai-sampai bayi tabung di Singapura.. bayi tabung paling murah 100 juta, itupun tabung-tabung second.. Orang mau punya anak payah (susah).. nikah januari.. februari, maret, april, mei, juni, juli, agustus, september, oktober, november, desember baru punya anak.. kau begitu mudahnya, nikah januari.. april lahir.. Allah tak minta banyak, Allah hanya minta seekor kambing dua juta setengah.. dua juta cukup, anak laki-laki dua ekor.. empat juta (untuk) kambing.. empat juta cukup.. jangan lah dibagi juga untuk kenduri, untuk pesta walimah.. walimah sedekah.. ini anak lahir undang.. pak ustadz, dulu waktu kecil tak ada duit pak ustadz.. Bapak sekarang, yang dulu kecil belum aqiqah.. sekarang ada duit.. kebun sawit banyak.. gotahnya subur, balik dari sini hubungi kambing.. www kambing dot com.. beli kambing, besok pagi undang kawan-kawan, tapi bagi yang sudah 40 tahun aqiqah saja.. jangan minta ayun pakai marhaban.. awak sangka yang diayun itu cucu, rupanya nenek tu duduk?
Aqiqah saja, jangan dipakai untuk walimah.. yang pelit, yang kedekut, yang bakhil nanti diambil Allah rejeki itu baru tau.. tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba sakit lutut.. dikusuk makin sakit.. dipukul pakai dokter, datang dokter China pukul.. "haiyaa lapuk lah lama pakai.."

Sekarang banyak orang yang menggabungkan antara aqiqah sekaligus pernikahan.. Jangan lagi dibuat.. untuk nikah.. Nikah! sedekah.. sedekah! untuk aqiqah.. banyak-banyak bersedekah.. banyak-banyak bersedekah.. jangan pelit.. jangan bakhil.. itu duit dari Allah Ta'ala, nanti diambilnya baru tau, jangan bermain-main.. "Kami tau apa yang berbisik-bisik dalam hatimu" ada yang lebih parah lagi dari pada ini, ada yang lebih parah lagi.. Zakatnya dia kasih ke bininya, "Adinda ini uang tiga juta, zakat abang sekaligus belanja bulan ini tunai.." ini kalau ada orang begini, berkudis otaknya.. sungsang

JIKA PUNYA REJEKI TAPI BELUM DAFTAR HAJI, APAKAH AMAL KITA TIDAK DITERIMA?

Pertanyaan :
Apa betul pak ustadz, kalau kita punya rejeki tapi kita belum daftar haji maka segala amal kebaikan kita tak diterima?

Jawaban
Tak Betul.. bapak ibu yang sudah ada duit setor ONH, saya tak tahu Rokan Hulu.. kalau di Pekan Baru setor 2017 berangkat 2031, malaikat maut datang 2030.. Ustadz Somad, kabupaten kami kabupaten paling miskin.. pendapatan paling sikit.. tapi jamaah haji terbanyak.. itu kata pak Bupati di satu daerah, tak boleh menyebut nama menjaga kode etik jurnalistik.. kenapa bisa disini bisa paling banyak jamaah hajinya pak ustadz? karena orang kami kalau menanam padi dibaginya dua.. ini padi untuk makan, ini padi untuk haji.. ini sawit untuk makan, ini sawit untuk pergi haji.. makanya dia menanam.. pergi haji..pergi haji..pergi haji..pergi haji.. orang kita ndak, bini lagi..bini lagi..bini lagi..bini lagi.. "Innamal A'malu Binniat" Allah sampaikan niat.. 

True story kisah nyata.. datanglah sahabat saya penawarkan umroh pada ibu-ibu, "Bu berangkat umroh ya.." "saya nggak punya uang mas.." "itukan ada kebun sawit di belakang?" "panennya cuma dua ratus ribu" "ada uang dua ratus ribu sekarang?" "Yaa" Setor.. dibayarkannya dua ratus ribu untuk berangkat umroh.. umroh 24 juta.. Allah berfirman, "Inama Amruhu Idza Arada Sya'ian An Yaqula Lahu Kun Fayakun" Panen.. tiba-tiba dapat 8 juta, dua kali panen 16 juta, sekali panen (lagi) 24 juta.. berangkat dia umroh dari 200 ribu.. padahal sebelumnya tak ada.. yang menanamnya dia, tapi yang menumbuhkannya Allah.. Allah kalau mau berkuasa, menunjukkan kuasanya.. tak sulit bagi Allah Subhana Wata'ala.. oleh sebab itu berniat! jangan sampai tak niat.."kau tak ada niat haji?" "itulah tampak rasa-rasanya tak mungkin pak ustadz.." Tak ada yang tak mungkin bagi Allah Subhana Wata'ala . Bayar ONH, daftarkan.. Allah bukakan pintu rejeki.. Andai tak berangkat.. mati.. tetap dapat niat pahala "Innamal A'malu Binniat Wa Innama Likullimriin Ma Nawa" tapi setor.. "kau sudah niat?" "saya sudah niat sejak lama.." "kenapa tak berangkat?" "saya belum setor juga lagi.."

SAHKAH SHOLAT SUBUH TANPA QUNUT

Pertanyaan :
Sah atau tidak kalau sholat subuh kita lupa baca qunut?

Jawaban
(Mahzab) paling tua Hanafi, nomor dua Maliki, nomor tiga Syafi'i, nomor empat Hambali.. saya ulang.. paling tua Hanafi, nomor dua Maliki, nomor tiga Syafi'i, nomor empat Hambali.. Yang tak pakai Qunut yang paling tua dan yang paling kecil.. Hanafi.. Hambali.. mudah mengingatnya.. H-H.. Hanafi.. Hambali.. tak pakai qunut. Yang pakai qunut dua.. Syafi'i.. Maliki.. Syafi'i.. Maliki.. Mekah Madinah waktu ibu pergi haji umrah ada tak pakai qunut? Tidak.. kenapa Mekah tak pakai Qunut? karena Mekah pakai Mahzab Hambali.. sedangkan kita pakai mahzab Syafi'i.. maka kalau saya jadi imam di mesjid, pakai qunut.. "allahumma dina fiman hadait.." makmum mengaminkan.."allahumma dina fiman hadait.." aamiin.. "Wa'a fini fiman 'afait.". aamiin.. "Watawallani fiman tawalait..." aamiin.. "Wabarik lana fimaa a'tait..". aamiin.. "Waqinii birohmatika syarramaa qadhait"..... aamiin.. sisanya tak di aamiinkan.. sisanya dibaca sendiri.. "Fainnaka taqdhi wala yuqdha ‘alaik. Waiinahu layadziluman walait. Walaa ya’izzuman ‘adait. Tabaa rakta rabbana wata’alait. Falakalhamdu ‘ala maaqadhait. Astaghfiruka wa atubu ilaik. Wasallallahu ‘ala Saidina Muhammad. Wa’ala alihi wasahbihi Wasallam." kalau hafal.. kalau tak hafal gerak-gerakan saja mulut..
Jadi ustadz Somad kalau jadi makmum? Ikut imam.. imam berqunut, ikut qunut.. jangan imam dilawan, sekarang banyak ni makmum melawan imam "allahumma dina fiman hadait.." "Nggak mau.." "Wa'a fini fiman 'afait." "kau ajalah sendiri.." Imam itu diangkat untuk di ikuti, bukan untuk dilawan

SEBERAPA BESAR DOSA ISTRI YANG MENDUAKAN SUAMI

Pertanyaan :
Seberapa besar dosa kalau istri menduakan suami?

Jawaban
"Haah?" Pelakor itu.. mengganggu laki orang.. "ibu.. kalau sudah rasa-rasanya tak cinta lagi sama bapak itu jangan ibu paksakan.."bang, aku tengok abang ni sudah macam sup tunjang aja" dulu waktu pertama waktu nikah berotot tegap perkasa, rupanya kena diabetes meletus.. akhirnya kering.. pistolpun tak keluar lagi air.. Jadi jangan kita mendua, maka perempuan punya hak.. laki-laki yang menceraikan namanya tholaq.. perempuan yang menggugat namanya khuluq.. hakim yang memisah namanya fasah.. laki-laki yang melepas namanya tholaq.. tholaq itu lepas, bukan tolaknya ke sungai, perempuan namanya khuluq, sedangkan hakim namanya fasah.. jadi jangan dibiarkan suami, abis itu cari lagi.. jangan begitu.. nanti suami itu tau begitu, owh sakitnya bisa-bisa mati mendadak dia.. "Alhamdulillah pak ustadz.." pun lah alhamdulillah?

HUKUMNYA MENGAMBIL BALIK BARANG YANG SUDAH DIBERIKAN

Pertanyaan :
Apa hukumnya sesuatu benda sebidang tanah sudah diserahkan kepada orang untuk dimanfaatkan kemudian diambil balik.. ditengah tersebut sedang dimanfaatkan..

Jawaban
"Siapa yang mengambil barang yang sudah dia kasih, diambilnya balik maka sama macam anjing yang menjilat muntahnya" membayangkan anjing.. jijik.. membayangkan anjing muntah.. hadeew menjijikkan.. Saya termasuk ustadz yang tak pandai ceramah menyindir-nyindir orang.. tak pandai.. saya pernah di request sama pengurus mesjid, "ustadz, tolong uztadz ceramah karena ada orang yang sedekah diambilnya balik.." saya pun ceramah.. "Siapa yang bersedekah, diambilnya balik.. macam anjing yang menjilat muntahnya" selesai acara, "mohon maaf ustadz, yang disindir tak datang.." awak sudah capek-capek dia tak datang.. makanya saya menjawab pertanyaan saja..

HUKUMNYA PELAKOR MEMAKAI DUKUN DAN DIDUKUNG OLEH ORTUNYA

Pertanyaan :
Apa hukumnya merebut suami orang? Tadi menduakan, ini merebut.. orang macam-macam lah masalah.. ini pasti bukan orang Kunto Darussalam.. pasti orang luar ni yang mengirim pertanyaan.. Sedangkan orang tersebut punya istri dan anak.. dengan cara menjampi-jampi atau ke dukun

Jawaban
"siapa yang datang ke dukun, percaya pada cakap dukun, minta jampi-jampi dukun.. tak diterima sembayangnya 40 hari 40 malam.. kafirlah dia tidak dapat apa yang diturunkan oleh Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasalam.." Makanya judul kita tadi Hijrih taubat.. berhenti.. yang datang ke dukun berhenti.. Haaii.. dukun-dukun berhentilah kalian dukun nanti neraka Jahanam tempat kalian

Orang tua pelakor itu mendukung pernikahan anaknya.. Ini orang tua Dayus.. "tak masuk surga Dayus" mustinya kau orang tua panggil anakmu, "Sinii.. kau sudah berbuat yang tak baik, kau sudah berdukun.. kalau kau tetap lakukan .. tak kuakui kau anakku.. sembilan bulan sepuluh hari kau kukandung, dua tahun kau kususukan.. ternyata ini saja kerjamu.. BERHENTI!" Bukan disokong berbuat dosa.. Dayus tak masuk surga, siapa itu? "Yang tak ada cemburu anaknya berbuat dosa anaknya berbuat dosa didiamkan saja"

Siapa yang berdosa? anak atau orang tuanya? Dua-duanya neraka jahanam tempat mereka..
Jadi bagaimana cara kami pak ustadz? Mandi taubat, sholat sunat taubat, istigfar minta ampun kepada Allah..  mudah-mudahan kita betul-betul hijrah tahun 1440

MATI MENINGGALKAN HUTANG SEMENTARA KELUARGA TAK SANGGUP BAYAR

Pertanyaan :
Seandainya kita mati meninggalkan hutang, keluarga tak sanggup membayar.. sementara orang yang mengutangkan tidak mau memaafkan.. apa hukumnya pak ustadz?

Jawaban
Orang yang mati syahid.. tidak merasakan sakaratul maut, tidak merasakan azab kubur, tidak merasakan hisab.. langsung masuk surga.. kecuali (punya) hutang.. makanya ayat yang paling panjang dalam Al Quran surah al Baqarah ayat 282.. ayat tentang hutang! maka bayarlah hutang, tapi yang paling bagus.. wahai bapak ibu yang dipinjami orang, kadang-kadang kita menagih ini macam pula kita yang berhutang, menolong orang zaman sekarang seperti melepas anjing terjepit.. dilepas kaki kita di gigit.. paling bagus sedekahkan, "bang kau sudah bolak balik kutagih tak juga aku sedekahkan, ambillah.. ambil..ambil.. ""wa-an tashaddaquu khayrun lakum.. Kalau kau sedekahkan lebih baik" ayat itu untuk yang memberi pinjaman, bukan yang meminjam.. sekarang banyak yang menghafal ayat itu yang meminjam.. waktu kita tagih, "kapan kau bayar? bayar" (jawabnya) "wa-an tashaddaquu khayrun lakum.. kau sedekahkan lebih baik.." "ambillah.. ambil.. kalau kuturutkan naik darah tinggiku.."

Bagaimana dengan orang yang sengaja minjam duit orang, minjam duit orang tak bayar.. malah dia merasa senang makan duit orang.. "ada orang dihari kiamat nanti membawa sholatnya banyak, puasanya banyak, zakatnya banyak, banyak ibadahnya.. tapi ternyata memakan harta orang lain dengan cara bathil.. maka dia akan membayarnya di akhirat dengan amal-amal" Ibu yang dipinjami hutang orang sampai sekarang tak bayar.. sabar.. tagih.. tak juga bayar.. sabar.. nanti di akhirat dia akan mencari.. sedangkan di tanah lapang sepak bola Kunto Darussalam Kota Lama payah kita mau mencari orang.. di Padang Panjang saja payah jumpa apalagi di Padang Masyar.. bayar hutang.. bayar hutang.. bayar.. Pisang emas bawa berlayar, masak sebiji di dalam peti, hutang emas dapat dibayar, hutang kepada tetangga di bawa mati

SAMPAI BATAS BERAPA TANGGUNG JAWAB ORANG TUA KEPADA  ANAK?

Pertanyaan :
Saya mau nanya ustadz, sampai batas berapa tanggung jawab orang tua kepada anak?

Jawaban
Sampai ke liang lahat! "siapa yang membesarkan tiga anak perempuan.. kasih makan, kasih pakaian, masukkan ke pesantren sekolah, nikahkan dengan orang baik-baik.. buat baik sampai mati" Tengok empat, besarkan, kasih makan, kasih pakaian.. sekolahkan.. nikahkan.. buat baik sampai mati" Ini banyak orang sekarang salah sangka.."Bu.. Pak.. kenapa anak Bapak itu Bapak biarkan?" "Aah.. dia kan sudah nikah pak ustadz.." Tak bisa.. dapat suami anak Metal.. dulu anak itu baik.. "Emak sehat..? (cium tangan) .. ayah sehat ..? (cium tangan)" sejak nikah sama hantu satu ini.. Asal balik.."Metaall !" Tak bisa.. wali.. kalian wali laki-laki.. wali itu ada enam.. Ayah, atuk (kakek), abang, adik, abang ayah, adik ayah.. panggil.. menantu yang kurang ajar tadi.. kurang asam, kasih dia asam garam.. panggil.."sini.. dulu anak kami tu kami kasih ke engkau, kami sangka engkau baik.. kau dulukan waktu minang pakai peci, rupanya isi peci kau itu setan semua.. " baik akhak.. berubah.. berubah.. jangan biarkan anak gadis kita tersiksa, wali pura-pura tak tau mendiamkan saja.. Hai.. anak-anak perempuan.. hai para perempuan.. jangan diam, jangan tahankan, kalian menderita, kalian tertindas.. maka ada wali, panggil wali menasehati.. sampai mati kita tetap bertanggung jawab, dunia akhirat kita akan ditanya.. selangkah lagi mau masuk surga, kalau kau biarkan anak perempuanmu ini teraniaya, maka nanti dia akan menarik, tak jadi kau masuk surga.. semua akan dituntut di hadapan Allah.. "Setiap kalian adalah pemimpin, kalian akan ditanya di hadapan Allah Subhana Wata'ala.. Hai para suami, hai laki-laki jaga dirimu, istri dan anakmu dari api neraka jahanam"

MEMBUAT AKTA KELAHIRAN ANAK ANGKAT DENGAN BIN ATAU BINTI NAMA SAYA DAN ISTRI

Pertanyaan :
Saya punya anak angkat, saya ambil sejak bayi.. iyalah bayi musti diangkat.. kami membuat akta kelahirannya atas nama saya dan istri.. 

Jawaban
Salah total.. karena Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam punya anak angkat namanya Zaid.. dipanggil orang Zaid anak Muhammad.. Zaid anak Muhammad.. Zaid anak Muhammad.. Allah marah! sama Nabi pun Allah kasih tau.. turun ayat.. "Muhammad bukan bapak kalian, bukan ayah kalian.. dia Rasul utusan Allah.." akhirnya dipanggil nama aslinya Zaid Bin Haritsa.. jangan pakai bin.. ibu bapak yang punya anak angkat, yang sudah berlalu sudah ditulis di akta kelahiran apa boleh buat.. kambing..ee.. tai kambing bulat-bulat.. nasi sudah jadi tai ayam..

Apakah kami berdosa pak ustadz?
Dosa! jangan ditanya jangan diulang lagi.. buat nama bapak aslinya..
Apakah sah setiap kali kami mengqurbankan anak tersebut memakai binti nama saya?
Rubah.. kasih tau sama dia, sampai nanti usianya sudah cukup.. duduk sama dia, dia masa.. duduk sama dia, "Nak kau jangan sakit hati ya nak.. dulu kami tak punya anak, kami ingin punya anak.. walaupun kau tidak lahir dari rahimku nak.. kau tidak lahir dari rahimku, tapi kau lahir dari hatiku, doa kepada Allah.. mudah-mudahan hatinya bisa menerima.. "Wahai Engkau Yang Membolak-balikan Hati.." mudah-mudahan menerima, adapun punya anak angkat.. Baik.. bapak nikah sama ibu tak ada anak, ingin anak perempuan.. maka ambil keponakan bapak.. kalau ingin punya anak perempuan ambil keponakan bapak, supaya nanti dia jadi mahram.. dia pakai baju, dia tidak pakai kerudung dirumah boleh karena mahram dengan bapak.. kalau ingin punya anak laki-laki ambil keponakan ibu, nanti setelah dewasa dia mahram sama ibu! Ini pula diambil.. berapa banyak anak angkat berubah menjadi bini angkat.. ingat kejahatan terjadi  bukan hanya ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.. waspadalah..

Alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar