Rabu, 31 Oktober 2018

Tanya Jawab (Masjid Ikhlas Jl. Nangka, 4.9.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA





HUKUM MEMBACAKAN AYAT TOLAK BALA PADA KENDARAAN

Pertanyaan :
Kemarin orang minta tolong sama saya membacakan ayat tolak bala karena ibu itu baru membeli motor, saya menolaknya karena takut

Jawaban :
Mendoakan air pakai doa, ni air.. dibacakan al Fatehah.. dibacakan.. ni air dibacakan Al Fatehah, abis itu ditiupkan.. setelah di teliti di Jepang.. molukel-molukul air indah bercahaya.. itu menunjukan ada efek pengaruh doa terhadap air. Dalilnya mana? Abdulah bin Abbar, tengok buku 37 Masalah Populer.. Abdulah bin Abbas mengatakan kalau ada sesuatu kesulitan dibacakan ayat-ayat, ditiupkan ke air. Kalau ada orang kerasukan setan.. baca qul huwallah 3x, qul auzubillah bil falaq 1x, qul auzubillahi nas 1x, al fatehah 1x, ayat kursi 1x, dibacakan ke air.. diminumkan.. dimandikan.. air yang sudah dibacakan ayat tak boleh dipakai untuk cebok, nanti bongkak.. dimandikan, diminum.. kalau sudah minum disiramkan ke bunga.. aah begitu..
Ini pula lain, dibacakan disiramkan ke motor.. owh.. takut dia motor itu diganggu jin, ada juga jin itu mau mengganggu motor? Yaa.. mau jin itu masuk kemesin.. nah ini maunya laju aja (kencang).. kalau nampak laju, aah itu kemasukan jin itu.. Jadi nanti kalau antum diminta orang, minta bacakan.. aah bacakanlah..
Biasaya ustadz-ustadz itu diundang dalam kesulitan.. sulit melahirkan.. bacakan "Izaa zul zilatil ardu zil zaalaha, Wa akh rajatil ardu athqaalaha..Ketika bumi diguncangkan keluarlah isi-isinya" aah.. bacakan.. mudah-mudahan berguncang keluar isinya.. 
Ada dalilnya, mendoakan air itu ada dalilnya.. Yang tak boleh itu dibacakan pakai mantra-mantra.. datang anak gadis, "ustadz.." datang anak lajang, "ustadz ditolaknya cinta saya tolong bacakan mantra.." aah itu tak boleh, menganiaya orang tak boleh

ORTU TAK PEDULI ANAKNYA TIDAK BERHIJAB

Pertanyaan :
Ustadz, saya dan istri saya Alhamdulilah sudah hijrah.. "kemana?" Tapi adik perempuan saya tak ada yang memakai hijab, sudah saya nasehati sementara kedua orang tua saya tak mempermasalahkannya

Jawaban :
Kita sama-sama berdoa mudah-mudahan keluarga kita yang belum hijrah, belum berhijab dibukakan Allah pintu hidayah.. "Haii bapak-bapak yang belum juga menyuruh anak perempuannya berhijab, walaupun kau rajin puasa sunnat, tahajud qiyamul lail, ke Mekah bolak balik.. tapi kalau kau biarkan anak gadismu tidak berhijab.. tak masuk surga dayus.. siapa itu dayus? Yang tak ada rasa cemburu terhadap mahromnya" nanti share video itu pula.. hidup kameranya ya? awak asal tunjuk aja, nanti.."Ustadz bisa buat sekali lagi? kameranya tak hidup ustadz, abis batere.."

TANDA DOSA DIAMPUNI
BEDA SUARA HATI DAN SUARA SETAN

Pertanyaan :
Apa tanda dosa diampuni?

Jawaban :
Ada perubahan, dulu sebelum pengajian orangnya sombong.. setelah pengajian rendah hati. Dulu sebelum pengajian orangnya pelit.. setelah pengajian asal lewat kotak dua ribu perak..

Pertanyaan :
Apa Beda suara hati dan suara setan?

Jawaban :
Suara setan selalu mengajak kepada yang tak baik.. "ayoo berzinah, ayoo makan haram, ayoo mencuri.. ayo mengganggu.." Sedangkan suara hati, "kami berikan dia jalan jujur dan jalan taqwa

Pertanyaan :
Ustadz mohon doa agar saya dan suami segera diberikan keturunan anak-anak yang sholeh dan sholehah

Jawaban :
Nanti diakhir Majelis kita berdoa, mudah-mudahan yang belum menikah di dapatkan jodohnya.. yang sudah menikah diberikan anak yang baik-baik para penghafal Quran

APA BOLEH MENIKAH MENURUT PERHITUNGAN HARI BAIK

Pertanyaan :
Apa boleh merencanakan pernikahan dengan perhitungan tanggalan Jawa, contoh nikah pada kamis manis, jumat kliwon?

Jawaban :
"Kazabal muna jimun walla sodaku.. Pembohong orang yang percaya ilmu perbintangan astrology.. jangan lagi percaya pada astrology, perputaran planet Merkurius, Neptunus, Mars.. tidak boleh menikah antara Taurus dengan Pisces.. Taurus kambing, Pisces ikan.. kambing kalau nikah sama ikan masuk angin.. percaya pula pada perhitungan-perhitungan..
Asal sudah ta'aruf, cocok.. nikah.. tawakal

BAGAIMANA MENGHADAPI MERTUA YANG PILIH KASIH

Pertanyaan :
Bagaimana bersabar menghadapi mertua yang tak memperdulikan saya dan suami saya, tapi kalau sudah susah baru ke kami.. senang-senang kami dilupakan dan pilih kasih dengan anak-anaknya pak ustadz..

Jawaban :
"Haii..  ibu-ibu.. bapak-bapak yang sudah tua-tua," kata Nabi.."Takutlah kalian kepada Allah, bersikap adillah kalian diantara anak-anak kalian karena kalian akan dituntut dihadapan Allah.. pendengaran, penglihatan, hati dan pikiran.. semua akan diminta tanggung jawab dihadapan Allah Subhana Wata'ala"

Pertanyaan :
Bagaimana cara saya memberitahu kepada ibu saya suka minjam duit di bank yang sudah sangat jelas riba.. sudah sering saya bilang ustadz, tapi ujung-ujungnya malah bertengkar, saya takut menjadi anak durhaka

Jawaban :
"Haii.. ibu yang masih juga minjam di bank, berhentilah bu.. makan haram kau bu.. neraka jahanam tempat mu bu.."

HARUSKAH BERSABAR MENUNGGU JODOH DATANG

Pertanyaan :
Saya laki-laki 25 tahun, saya pengen cepat menikah supaya terhindar dari banyak dosa.. tapi mungkin Allah lagi nyiapin jodoh buat saya.. "Haa ini husnuzzan  tingkat tinggi ni.." yang spesial banget jadi saya hanya bisa bersabar menunggu

Jawaban :
Jangan ditunggu, minta carikan sama Prof. Ilyas.. banyak mahasiswi beliau.. pasca sarjana.. saya karena tak minta carikan saja.. mendapatkan.. jangan kalian datang sendiri petentang-petenteng, datang kerumah calon mertua pakai celana kuya.. mana diterimanya.. "Pak, izinkan aku meminang anak gadismu, akan kubawa segenggam cinta dan masa depan.." "Makan wa'ang cinta tu.." tentu bawalah, bawa rekom ustadz-ustadz.. minta, rajin-rajin kemesjid

APAKAH KREDIT MOBIL RIBA?

Pertanyaan :
Apakah kredit mobil itu riba? saya pernah baca artikel ustadz di somad maroco kredit uang dengan barang tak riba, cuma yang saya ragu apabila kita telat bayar kan kena denda pak ustadz..

Jawaban :
Jangan telat.. pokoknya sebelum sampai, bayar..sebelum sampai, bayar..sebelum sampai, bayar.. sampai lunas

MENIKAH DENGAN WALI SAUDARA SEIBU

Pertanyaan :
Ada keluarga kami sudah 11 tahun menikah punya anak tiga, ternyata baru tau kalau walinya abang kandung satu ibu, mana bisa nikah wali pakai saudara seibu.. anaknya bagaimana ustadz? kandung apa tidak? kalau meninggal orang tuanya itu sampai tak doanya?

Jawaban :
"Laa nikah ha illa bi waliyin.. Tidak sah nikah kecuali dengan wali, (ini pendapat) Mahsab Syafi'i.. tapi kalau mahzab Hanafi.. Sah.. boleh nikah tak pakai wali.. Sah.. Nah ini tak tau.. bagaimana tak tau ini, maka kita tinggal di Negara Kesatuan Republik Indonesia, pak KUA tu bukan bodoh.. pak KUA pasti bertanya walinya mana? ini bagaimana? kenapa bisa sampai tak tau?
Doa sampai tak? Doa bukan musti anak kandung, anak tiri, anak angkat, walaupun tak ada hubungan.. saya dengan bapak ibu tak ada hubungan, kalau mati saya.. bapak ibu berdoa untuk saya, sampai atau tak sampai? Sampai.. doa tak musti anak kandung

APA HUKUM SEDEKAH PADA GEREJA

Pertanyaan :
Apa hukum sedekah pada gereja dengan maksud berprilaku toleransi terhadap agama

Jawaban :
Banyak mesjid yang perlu lagi.. nantilah kalau sudah habis mesjid-mesjid ini semua.. mesjid begitu banyak, malah kadang orang kristen itu pula yang menyumbang mesjid, kita yang tak selesai-selesai.. kita belum selesai sudah dibangun, jarak-jarak lima meter gereja..
Seluruh keluarga ayah saya kristen.. kecuali ayah saya, apakah akan berdampak pada keluarga yang islam apabila kristen meninggal dalam keadaan kafir walaupun telah di bujuk?
Kita mengajak islam sampai sakratul maut, baru setelah itu tak ada urusan lagi.. tapi tentu tidak dengan kekerasan, dengan baik-baik.. dengan dialog.. "Ajak orang ke jalan Allah dengan kata-kata yang santun suri tauladan yang baik" Kalau sudah.. "Allah tidak membebani kita

Alhamdulilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar