Rabu, 31 Oktober 2018

Tanya Jawab Kuliah Subuh (Masjid Waisai Raja Ampat, 23.9.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA







PENJELASAN ISLAM NUSANTARA

Pertanyaan :
Tolong jelaskan Islam Nusantara

Jawaban :
Tak ada beda.. Nusa artinya Pulau, Antara.. yang ada disekeliling Jawa.. Nusa Antara.. Nusantara pulau-pulau yang ada disekitar Jawa.. Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan, Pulau.. dulu disebut Irian Jaya, sekarang Papua.. maka pulau-pulau yang ada disekitar Jawa itulah yang disebut dengan Indonesia.. Indo artinya Hindu.. India.. Nesia artinya pulau.. Indonesia.. pulau-pulau yang ada dibalik India, karena diatas kita itu India.. Mahabrata..  Kuch Kuch Hota Hai.. Kabhi Khushi Kabhie Gham.. dibawahnya ada pulau..pulau..pulau..pulauuu... banyak sekali.. maka pulau-pulau, ini pulau Raja Ampat.. kami disana ada pulau Riau, ada Propinsi Kepulauan Riau.. pulau..pulau..pulau.. maka pulau-pulau yang kecil dibawah disebut dengan Indonesia

Jadi apa makna dari Islam Nusantara, menurut Ketua NU dulu KH Hasyim Musadi, menurut Imam Mesjid Istiqlal Prof DR Ali Mustofa Yakub.. Islam di Nusantara.. Jadi saya amat sangat setuju dengan ini, tapi dengan kata "di" .. Islam "di" Nusantara.. kalau perlu buatkan satu jurusan, namanya jurusan Islam di Nusantara.. bagaimana ceritanya islam bisa sampai ke Raja Ampat.. bagaimana ceritanya islam bisa sampai ke Fak Fak.. bisa ada Quran besar.. ada disana kitab dari kulit kayu, ada tulisan Arab.. "ustadz pernah melihat?" "Pernah" "ustadz sudah sampai ke Fak-Fak?" "belum.." "melihat dimana?" "Internet.." kok bisa.. apa agama yang pertama kali sampai ke Papua.. maka itu akan diteliti, dari mana.. dengan mengkaji Islam di Nusantara.. ulama-ulamanya, tokoh-tokohnya, kitabnya.. tulisan-tulisannya.. 
Disana ada ulama besar.. namanya Abdul Somad Al Falembani.. Falembani nama kampung.. Falembani.. Palembang.. Palembang Sumatera Selatan.. 
Disana ada ulama besar namanya Syeh Arsyad Al Banjari.. Al Banjari.. Banjar Kalimantan Selatan.. 
Disana ada ulama besar, makamnya di Afrika Selatan Cape Town namanya Yusuf Al Makasari.. Al Makasari.. Makasar Ujung Pandang.. 
Disana ada ulama besar namanya Namawi Al Bantani.. Al Bantani berarti dia berasal dari Banten..
Aaah.. ini ulama-ulama Nusantara, tidak ada beda dengan di Arab.. tapi kalau ada orang mengatakan ada Islam Nusantara.. kain kafannya dari batik.. aah ini sudah keluar dari syariat Islam.. Yang saya pahami adalah Islam di Nusantara, bukan.. berbeda dengan yang ada di Timur Tengah

BAGAIMANA SHOLAT YANG AFDHOL

Pertanyaan :
Gimana tentang sholat yang Afdhol pak Ustadz?

Jawaban :
sholat yang Afdhol sholat berjamaah, sholat sendiri.. sholat berjamaah 27 derajat lebih utama. Laki-laki yang sholeh sholat berjamaah.. laki-laki yang sholat dirumah laki-laki sholehah.. suami ibu kalau masih sholat di rumah.. laki-laki sholehah, pulang dari sini belikan telekung mukena kasih sama dia, "bang ada kirim salam dari ustadz untuk laki-laki sholehah.." sholat ke mesjid, Nabi selesai sholat.. "asalamualaikum warahmatullah.. asalamualaikum warahmatullah.." Nabi miring ke kanan, makanya tadi saya miring ke kanan.. miring ke kanan itu sunnah karena sahabat ingin dapat barokah sebelah kanan.. tapi ada versi kedua, selesai sholat Nabi menghadap ke jamaah.. ini tidak pernah saya amalkan, makanya tadi saya tidak menghadap ke jamaah.. kenapa ustadz tidak menghadap ke jamaah? karena saya tidak berani bertanya.. Nabi dulu menghadap jamaah bertanya. "mana si fulan..mana si fulan..mana si fulan.. kenapa tidak datang sholat berjamaah?" ini tidak pernah saya amalkan, belum pernah saya nanya makmum. "mana si anu.. mana si anu.. kenapa tidak datang sholat berjamah?" "kenapa ustadz tak nanya?" "saya tak ada kekuasaan.." kalau saya nanya, kata jamaah.. "emang urusanmu apa?" tapi kalau kita ada kekuasaan bisa.. "mana Kepala Dinas..mana Kepala Badan..mana Kepala Kantor.. kenapa tak datang berjamaah?"

Bapak ibu yang dimuliakan Allah.. begitu hebatnya, jadi sholat berjamah.. Kedua, bacaannya dibetulkan. Jangan sampai bacaannya, "Au..ju.." bukan "ju" letakkan ujung lidah di gigi atas.. "permisi pak ustadz." "kemana?" " jemput gigi tinggal.." "audzu.. La.. dza.. ja.. tho.. empat.. tak sama.. Za..tho..gho..ja.. Sodaqollahul Ajiim.. Sodaqollahul Adzim.. i ja dza.." oleh sebab itu datang lagi ngaji, tajwid.. magrib isya TV mati.. internet mati.. Hape stop.. Ngaji.. perbaiki lagi tahsin tajwid.. Mesjid besar cantik indah, anak harus ngaji.. disudut sana ngaji iqro.."anak-anak bagaimana?" "Oke ustadz.." "sudah lima? lima juz?" "Ndak iqro lima"
Yang disana.. Ar Rahman.. allamal quran.. khalaqal insan.. allamahul bayan..
Yang disana.. amma yatasaa-aluun..‘anin naba-il ‘adziim..alladzii humfiihi mukhtalifuun..kallaa saya’lamuun.. Anaknya diantar oleh bapaknya, bapaknya ikut sholat.. ini banyak juga yang antar anak.. anak turun dia pulang, nganter anak pakai celana pendek lagi.. Gimana ini.. tidak benar.. anaknya ngantar, diantar.. bapaknya ikut sholat berjamaah.. anak-anak ngaji disana, bapak-bapak ngaji disana, tutup pakai tirai.. kenapa? rupanya anak sudah iqro lima, bapaknya iqro dua

BILA STAF SAYA PINJAM UANG DI BANK, APAKAH SAYA KEBAGIAN DOSA RIBANYA

Pertanyaan :
Bagaimana bila staf saya pinjam uang di bank, apakah saya kebagian dosanya karena riba itu kan haram

Jawaban :
Bapak ibu beralihlah ke bank syariah.. kalau belum ada buka cabang bank syariah, minta ke BSM Bank Syariah Mandiri supaya buka cabang syariah.. kalau perlu bank-bank daerah itu berubah menjadi bank syariah.. Alhamdulillah tiga yang sudah dijamin pasti, pertama Bank Aceh berubah menjadi Bank Aceh Syariah, dua Bank NTB menjadi Bank NTB Syariah, tiga Bank Sumatera Barat menjadi Bank Nagari Syariah.. aah ini perlu.. maka beralihlah ke bank syariah.. maka kalau ke bank syariah minjam itu dia akadnya permodalan namanya Murobohah.. bagi hasil namanya Mudhorobah.. tidak riba..

Tapi kalau yang tidak juga, masih bank konvensional.. berhentilah.. riba ini Nauzubillah.. "Allah membinasakan Riba.. dipakai duit riba, dibelikan lontong sayur, dimakan satu piring.. lontong menjadi darah.. darahnya masuk kejantung.. dari jantung disemprot naik ke otak.. otak jadi hitam kotor "Otak hitam kotor gara-gara makan riba.."

"Heran saya, anak saya ini pak ustadz.. otaknya hitam kotor terus.." "Yaa.. yang ngasih riba kita.. duit riba dibawa ke Mekah pergi haji.. Labaik Allahuma labaik.. Labaik Allah.." Haji tidak memberikan perubahan.. gara=gara pakai duit riba.. "Heran saya lihat pak Haji itu pak ustadz.. dulu sebelum haji pakai celana pendek, sekarang nggak pakai celana sama sekali.." Tak ada perubahan gara-gara riba.. "dimakan riba, lidah.. lidah makan riba tidak dikabulkan Allah doa.." "Allahuma fiman hadait.." tidak dikabulkan.. kenapa? Karena lidahmu makan riba.. berubah..
"Gimana ini pak ustadz, kemarin anak buah saya.." "kan semuanya tanda tangan bapak.. bapak sebagai atasan.. semuanya tanda tangan bapak.. mau pinjam, tanda tangan.. mau beli motor, tanda tangan.. mau kredit rumah, tanda tangan.. mau kawin lagipun tanda tangan.. kan harus ada Surat Ijin Atasan" "Kalau tidak?" "Darurat tingkat tinggi.. satu-satunya peluang mau nolong anak dia sekolah, istri dia sakit.. riba.. kalau tidak mati.. bapak tanda tangan.. ini darurat.. tapi kita dalam posisi aman tenang, maka kita Nauzubillah.. jangan sampai terjebak riba

BAGAIMANA JIKA BAWAHAN SAYA MINTA IJIN BERCERAI

Pertanyaan :
Bagaimana bila dia (staf saya) minta ijin bercerai..

Jawaban :
Bapak sebagai atasan, ini bawahan mau cerai.. mesti ijin atasan, mau nikah lagi.. ijin atasan, semua posisinya tidak enak.. dia yang enak.. bapak tidak.. dia mau nikah lagi.. ijin.. istri tua nya mengamuk.. bapak yang kena.. nanti setelah dua bulan, balik lagi ke istri tuanya.. istri mudanya mengamuk.. bapak kena jjuga..Oleh sebab itu, bapak sebagai atasan memberikan advice.. nasehat.. kamu ini begini..begini.. setelah itu, itu sebagai kerja bapak tanda tangan.. sign.. setelah itu, kerja dia.. itu tanggu jawab dia dihadapan Allah Subhana Wata'ala..

Ini Juklak SOP Standar Operational kerja yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia, Perusahaan, BUMN, ASN, PNS.. Persetujuan Atasan.. tapi kita sudah kasih tau dia.. ini perbuatan kamu ini tidak betul.. ini..ini..udah.. terserah dia.. setelah itu urusan dia dihadapan Allah Subhana Wata'ala.. saya sebagai atasan..

BAGAIMANA JIKA BAWAHAN SAYA MINTA IJIN MENIKAH LAGI

Pertanyaan :
Bagaimana bila dia (staf saya) minta ijin menikah lagi..

Jawaban :
kan sudah curiga saya dari awal.. Bapak ibu yang di muliakan Allah, Negara Kesatuan Republik Indonesia mengeluarkan aturan.. tidak boleh seorang laki-laki menikah kedua kali sebelum ada surat ijin dari istri pertama.. bagi yang punya atasan.. surat ijin atasan.. makanya rata-rata atasan itu marah kalau ada bawahannya minta nikah lagi, kenapa? waktu dia mau tanda tangan.. "aku aja belum, kau sudah duluan.." tapi ini tidak terelakkan ini aturan negara, maka setelah ditanya-tanya.. "kamu ini kenapa.. mampu sudah bersikap adil.. dalam islam diajarkan kau musti bersikap adil" "saya adil pak.." aah tanda tanganilah.. 

Tapi ini mendzolimi istri pertama.. Islam ini agama yang mengikuti halal haram, boleh tidak boleh, hitam putih, bengkok lurus.. bukan masalah PERASAAN.. kalau diikutkan perasaan.. orang yang biasa sholat dhuhur 4 rakaat, dibuat dhuhur dua rakaat (Qoshor) itu rasa tak sholat, orang yang biasa sholat wudhu pakai air, tiba-tiba sholat pakai tanah karena tayamum.. itu merasa tidak sholat.. maka islam ni buka RASA-RASA.. yang rasa-rasa tu extra joss.. kalau sudah benar menurut aturan, bersikap adil, layak.. maka bapak tanda tangani bapak tidak berdosa karena sudah menurut aturan..

Jangan dia berbuat curang, "siapa yang curang bukan umat kami" itu urusan dia kepada Allah.. kita melihat zhohirnya saja.. tengok zhohirnya, laporan gajinya.. betul.. maka kita laksanakan

SEDEKAH 20% UNTUK MEMANCING KEBERKAHAN ALLAH

Pertanyaan :
Bolehkan bersedekah bukan 2,5% tapi mungkin 20% untuk memancing keberkahan Allah..

Jawaban :
Zakat gaji 2,5% "berapa pendapatan bapak?" "Lima juta pak ustadz" "2,5% 1 juta 25 ribu.. 25 ribu ,25 ribu, 25 ribu, 25 ribu.. maka kalau bapak punya uang lima juta.. zakatnya 125 ribu.. Ada orang ketemu sama saya, dia keluarkan zakatnya 100 juta.. saya tanya, "berapa kau keluarkan zakat?" "Seratus juta"  seratus juta, berarti 4 M.. karena kalau 1 M (itu zakatnya) 25 juta, 2M (itu zakatnya) 50 juta, 3M (itu zakatnya) 75 juta.. berarti.. kenapa banyak betul kau keluarkan.. kata dia, "ustadz.. sebetulnya pendapatan saya 1 M" "kalau 1 M berarti duapuluh lima juta, kenapa kau keluarkan sampai seratus juta?" "Saya mau mancing rejeki dari Allah, mudah-mudahan saya keluarkan seratus juta, tahun depan saya dikasih-Nya 4 M" Lah ini sudah lain logika berpikirnya.. maka kalau dia keluarkan seratus juta, yang wajib itu cuma duapuluh lima juta, yang tujuhpuluh lima juta itu terhitung sebagai shodakoh.. jadi kalau ada model.. memang saya lama saya berjalan banyak berjumpa orang unik-unik.. aneh-aneh.. ini mahluk-mahluk unik seperti ini musti di budi dayakan.. unik.. 

Yang banyak itu justru berkelit, berkilah supaya bagaimana tidak berzakat.. itu yang dicarinya dalil.. "ustadz Somad, boleh nanya?" "boleh.." "gimana caranya supaya nggak berzakat?" saya kasih tau juga.. "Kamu baru wajib berzakat kalau pendapatanmu 85 gram emas.. 85 gram kali 500 ribu (harga emas) 42,5 juta.. 42,5 juta.. gimana caranya supaya tidak berzakat, setiap uangmu sampai 42 juta.. beli tanah.. 42 juta.. beli mobil.. Seumur hidup tidak berzakat.. "Sudah berapa tabungan?" "42 juta pak ustadz" "beli tanah.." "Bayar zakat.." "nggak ada, sudah saya belikan tanah.." Nanti nabung-nabung lagi, sudah 42 juta.. beli mobil.. "bayar zakat" "ngak ada, nih saldo.. baru beli mobil" Bisa.. tapi ingat, ada yang Maha Tahu tidak bisa kau dustai.. "laa ta khuzdu sinatuw wala naum" tiba-tiba nggak ada angin ga ada hujan, sakit lutut.. pergi kerumah sakit, datang dokter.. dipukul pakai martil kecil.. "Aaii.. lapuk lutut lama pakai.."
"Berapa uang yang kamu simpan?" "Seratus juta" ternyata apa kata dokter, ini lutut mesti diganti tempurung batok kelapanya.. harganya berapa.. sebelah kanan 40, sebelah kiri 40, ongkos pasang 20.. pas 100.. saya bukan nakut-nakuti, tapi coba-coba ajalah..

HARTA DUNIA DIBAWA MATI

Pertanyaan :
Boleh ndak harta dunia ini dibawa mati

Jawaban :
Harta dunia tidak bisa dibawa mati.. yang punya mobil, nggak ada orang mati bawa mobil.. tapi kalau mobil itu kau cat putih, itu mobil hitam kau cat putih.. setelah itu tulis dibelakangnya.. "Ambulance - Wakaf untuk masjid" mobil ini silahkan dipakai untuk mesjid, siapa yang mau melahirkan tidak ada angkutan, siapa yang meninggal dunia jenazahnya berat tidak tau bagaimana dipikul orang tak sanggup patah bahu.. pakailah.. maka mobil itu bisa mengalir pahalanya.. maka rumah bisa dibawa mati.. gimana bawa rumah (kalau) mati? "Rumah Tahfiz Quran" "berapa (punya) rumah?" "ada tiga.." "cukup dua, satu untuk engkau, satu untuk anakmu.." yang satu ini wakafkan.. wakaf rumah tahfiz quran.. anak-anak menghafal quran disana.. itu bisa, rumah bisa diwakafkan.

"Kamu wakaf apa?" "saya wakaf rumah pak ustadz" "Kamu wakaf apa?" "saya wakaf mobil pak ustadz" "kamu?" "sepeda motor ini untuk guru ngaji.. kemana dia ngajar dia pakai" "Kamu?" "saya, istri saya saya wakafkan pak ustadz.." Tak bisa.. tak bisa.. Yang diwakafkan itu adalah benda, manusia tak bisa.. Jadi jangan semua mau diwakafkannya.. Anak.. datang perempuan sholehah namanya Ummu Sulaen, "Ya Rasulullah, dia mewakafkan tanahnya.. dia mewakafkan.. aku miskin.. tapi ini anakku umur 10 tahun aku berikan kepada engkau.. mengambilkan sendal Nabi, mengambilkan wudhu Nabi, membantu Nabi.. menjadi pelayan Nabi.." Nama anak laki-laki itu Anaz bin Malik.. umur 10 tahun menjadi pembantu Nabi.. di doakan Nabi.. "banyakkan anaknya, banyakkan rejekinya.." Anaz bin Malik menjadi sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan Hadits Nabi.. tujuh diantara sahabat Nabi termasuk Anaz bin Malik. Anaz Bin Malik punya kebun qurma.. yang lain panen setahun sekali, panen kebunnya setahun dua kali.. Anas bin Malik sebelum meninggal Nabi, sebelum meninggal mati.. dihitung anak cucunya lebih seratus orang.. berkah.. 

Jadi kalau punya anak wakafkan untuk agama Allah.. saya termasuk anak yang diwakafkan.. mbah saya, kakek saya.. cucunya banyak lebih 40 orang.. dipesannya ke emak saya, "cucuku yang ini jangan sekolah Belanda" sekolah Belanda maksudnya sekolah umum SMP SMA.. "Cucuku yang ini tidak boleh sekolah umum harus sekolah agama." Maka saya tak pernah sekolah umum.. itidaiyah, sanawiyah, aliyah, kuliah.. "biayanya dari mana?" "Itu ada kebun kelapa dua hektar untuk kuliah dia.. nanti kalau umurku panjang.. Aku membiayai dia, tapi kalau aku mati.. itu kebun untuk sekolah dia.." Alhamdulillah.. begitu kakek saya meninggal, kebun kelapa itu pun mati.. tapi Allah Ta'ala membalas niat baiknya, saya dapat bea siswa 4 tahun di Al Azhar Kairo, 2 tahun di Maroko.. saya mengambil pelajaran, akupun nanti musti mewakafkan salah satu dari anakku harus sekolah agama.. kalau ada anak bapak lima, yang satu ini kuwakafkan harus sekolah hafal quran.. aku wakaf salah satu anakku musti nanti menolong agama Allah.. "anak ustadz berapa?" "cuma satu pula.." wakafkan untuk agama Allah Subhana Wata'ala

Alhamdulilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar