Rabu, 28 November 2018

Tanya Jawab Tabligh Akbar (Masjid Raya An Nur Pekan Baru, 2.10.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

10 2-10-2018 - Tanya Jawab Tabligh Akbar (Masjid Raya An Nur Pekan Baru, 2.10.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA




Pertanyaan :
Apa pendapat ustadz tentang Islam Nusantara

Jawaban :
Ngabis-ngabiskan energi saja, isu-isu itu akan habis dengan sendirinya dengan habisnya duit.. isu radikalisme dulu, sekarang sudah sunyi.. dulu setiap hotel, acara di hotel ini radikalisme.. acara radikalisme.. acara.. ingat ndak? saya berapa kali dapat undangan seminar radikalisme.. radikalisme.. radikalisme.. sekarang mana? hilang.. Duit.. Proyek.. jadi tak usah dibahas, lama-lama hilang sendiri.. Yang perlu kita hidupkan ini ekonomi umat ini.. bagaimana bulan depan sudah ada odol gigi syariah, sudah ada orang Pekan Baru yang bisa buat peci khas.. sehingga kita.. Air minum aja lah.. air minum.. saya ceramah di Sidogiri, air minumnya tertulis "Santri" .. kita air minumpun kita masih belum, padahal mata air Riau.. mata air, bagus sekali.. kenapa tak ada umat islam.. "ustadz lah.." "nanti kalau saya urus air itu siapa yang ceramah?" "bisa saja saya urus air minum itu, insya Allah selesai itu.. tapi gantian pula, bapak ibu ceramah"

Ada diantara kita ini yang cerdas otaknya, hebat dalam masalah air.. uruslah air, sehingga kalau kemana-mana bapak yang membuat, saya ceramah, "Jamaah seluruhnya di Pekan Baru, pakai air produk kita.." modalnya dari mana? Ajukanlah ke Bank RIau Kepri.. Yang menceramahnya saya, duitnya modalnya dari Bank Riau Kepri. Ustadz Mustafa Umar menceramahinya nanti.. hukum halal haramnya Doktor Mawardi Muhammad Salim.. kalau hati terasa curang, datang Doktor Saiful Amir.. Kita udah bagi-bagi tugas tentang itu.. lalulah kita pakai, airnya dari Riau.. dimana-mana mesjid, seluruh mesjid di Riau wajib pakai air ini.. siapa yang tak pakai air ini masuk neraka.. fatwa nya kita mintakan ke MUI.. selesai itu insya Allah.. Islam Nusantara.. Islam Nusantara.. menghabiskan energy

BEDANYA RIBA DENGAN MUDHOROBAH

Pertanyaan :
Kalau minjam dana melalui Bank Konvensional dengan bank syariah, yang mana menyangkut riba.. karena kalau pengembalian nya lebih besar

Jawaban :
Berdirilah nanti air Riau.. sudah air Riau.. misal.. ini sampel contoh.. bedanya riba dengan mudhorobah itu dimana letak perbedaannya.. "Pak, saya pinjam uang bapak 100 juta.. Nanti saya balikkan 110 juta" "Riba" "sama saja dengan mudarobah, pak ustadz? mudarobah kan dibalikan juga" "Tidak.. dia balikan nanti dengan ada persyaratan.. kalau untung sama kita bagi, kalau rugi sama kita rasa sama kita tanggung" Saya orang kaya, misal.. yang tak percaya tak papa.. saya orang kaya ni, punya duit 100 milyar.. tiba-tiba datanglah anak muda, "ustadz Somad, pinjamlah aku duit pak ustadz.." "kau mau apa?" "saya mau ternak ayam pak ustadz" "Sistem yang kita pakai?" "Bagi hasil pak ustadz.." "Nih kau kukasih 100 juta, kau ternak ayam lah.." "Yaa" "Kalau untung kita bagi, kalau rugi sama kita tanggung" maka setelah saya pinjamkan duit saya tadi, otomatis saya makin khusuk berdoa.. selama ini saya berdoa nyantai aja karena duit saya sudah banyak, "Ya Allah kabulkanlah doaku.." Sejak duit dipakainya tadi.. makin khusuk.." Yaa Allah.. berhasillah ayam itu kalau tidak duitku tak balik.." otomatis setiap saya pergi ke Jakarta, saya akan berjumpa dengan pakar-pakar ayam.. "Bapak tau siapa pakar ayam di Jakarta, tolong buatkan seminar di Pekan Baru" "kenapa?" "saya mau yang pinjam duit saya ini ikut seminar ayam, supaya duit saya balik.." Dan setiap jumpa, bangkit andrenalin semangat jumpa.. begitu jumpa, "apa kabar anak muda.. sehat? sehatkan.. ayam-ayam kita sehat?"

Disitulah beda ekonomi syariah dengan konvensional, kalau konvensional dia tak mau tau.. kukasih kau duit yang penting duitku balik, kau mau rugi, kau mau untung, kau mau mati.. balik (duitnya). Setiap saya dapat ilmu, saya share ke dia.. "Asalamualaikum anak muda.." "Walaikumsalam.." "Sehat? tolong ternak ayamnya jangan di dekat airport" "karena di dekat airport, suara pesawat.. ayam tak boleh dengar pesawat, stress.. Stress tak bertelur.. mati.. kalau rugi duit tak balik.. itu bedanya ekonomi syariah.. ada perhatian, ada ketakutan.. bangkit semangat.. sekarang orang pensiun.. dapat duit banyak.. duit diletakkan di bank.. membungakan duit, dia tak mau tau yang penting duit berhasil terus.. apa kerja dia? dia tidak berdoa, dia tidak punya andrenalin semangat hidup.. kerjanya nonton tv, tidur.. nonton tv, tidur.. nonton tv, tidur.. mati pas nonton tv..

Coba pinjamkan duit itu ke anak-anak muda, panggil anak-anak muda.. undangkan seminar.. enterpreneur muslim.. maka ada akhlak disana, ada semangat untuk menolong orang lain

ARTI MAKNA KAPAK TIDAK TAJAM JIKA DIPOTONGKAN KE KAIN

Pertanyaan :
Makna "Jangan katakan kampak tidak tajam jika dipotongkan ke kain" apa maksudnya pak ustadz

Jawaban :
Jangan katakan kampak tidak tajam karena tidak bisa memotong kumis, jangan katakan silet tumpul karena tidak bisa memotong batang kelapa.. saya ulang sekali lagi.. Jangan kau katakan kampak tak tajam karena tidak bisa mencukur kumis, jangan kau katakan pisau silet tumpul karena tidak bisa memotong batang kelapa.. kita punya keahlian masing-masing..

Saya.. Alhamdulillah ceramah di depan Bapak Ibu bisa, tapi ketika di undang saya ceramah di Siak.. dihadapan anak-anak TK.. Berikut ini mari kita panggil Al Mukaromah Haji Abdul Somad Lc Ma, S1 dari Al Azhar, S2 dari Maroko, anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Propinsi Riau.. Sayapun maju kedepan, "Assalamualaikum warah matullah wabarakatu.. " satupun anak-anak itu tidak ada yang peduli.. bingung saya, saya kuatkan suara saya.. kuat suara dia lagi.. Akhirnya saya ingat ini pasti ada pawangnya..saya cari.. "mana ibu kepala MDA?" datanglah ibu.. "Bu tolong tenangkan dulu ini.." kecik ibu itu, tegak ibu itu.. "anak-anaak.." "iyaa ibu.." "dengarkan ustadz Somad ya.." "Ya buu.." baru saya paham.. sebenarnya Allah ingin menasehati Abdul Somad.. kau sangka hebat betul kau tablig akbar.. beloom.. baru dalam satu aspek yang sama..Pengajian.. jangan katakan.. kira-kira dengar penjelasan ini paham? tak juga paham, tumpul betul lah itu..

NIAT UMROH HANYA UNTUK BERBAKTI KEPADA ORTU

Pertanyaan :
Bagaimana niat umroh awalnya berniat menemani dan membahagiakan ibu

Jawaban :
Niat itu letaknya di hati, isi niat itu adalah muhlisina lahudin.. contoh, saya masuk kerumah makan.. panas ini.. di rumah makan itu ada wastafel, ada wc, ada toilet, karena panas saya ambil air saya masukkan (basuh) muka ke tangan, ke kepala, ketelinga, ke kaki.. itu tidak bernilai ibadah.. jangan tak ada niat.. tapi begitu saya niatkan ”Nawaitu raf'al hadatsil aksari itisba sholatu fardhu alaiya lillahi ta'ala” maka berubah dia menjadi ibadah..

Pergi ke Mekah menemani ibu, niatnya hanya sebagai berbakti tapi kalau diniatkan, "Labaik Allahuma umroh" aku niatkan untuk umroh menyambut panggilan Allah.. maka dia berubah menjadi ibadah.. Oleh sebab itu maka niatnya tetap.. "Kamu pergi umrah?" "Yaa menemani ibu saya.." Niat umrohnya untuk saya, berbakti kepada Ibu.. membawa tangan ibu, kalau ibu tak bisa di dorong pakai kursi (roda), melemparkan jumroh kalau pergi haji.. ibunya tak bisa melontar, bisa diwakilkan.. melempar jumroh itu bisa diwakilkan.. wukuf yang tak bisa diwakilkan.. maka dua-duanya dia dapat, hajinya dapat umrohnya dapat dan berbakti pada ibu dapat

NAFKAH UNTUK ISTRI ITU SEBETULNYA SEPERTI APA?

Pertanyaan :
Ada seorang istri bersuamikan orang berada, orang kaya.. tapi dia tak dikasih uang, kecuali makan jalan sekali-kali dan tinggal dirumah, jadi sebetulnya yang nafkah untuk istri seperti  apa sebetulnya pak ustadz?

Jawaban :
Makan.. Ibu punya hak lima terhadap bapak.. Bapak punya kewajiban lima terhadap ibu.. Makan, pakaian, pendidikan, perhatian, tempat tinggal.. "makan sudah?" "sudah" tak mungkin ibu berdiri sama dengar pengajian sejam kalau tak makan.. pasti meleleh.. "Pakaian?" "sudah.." ibu-ibu yang hadir ini semua pasti suaminya sudah beli pakaian, diluar sana banyak suami yang tak sanggup kasih pakaian.. bini tingginya 160, dikasihnya 100 centi, nah tu kalau nampak nanti termasuk laki-lakinya fakir miskin itu.. rok panjang resleting belum kepasang

Ibu makan sudah, pakaian sudah.. tempat tinggal.. tanda nyaman ibu tidur tadi malam di tempat tinggal itu.. makanya bisa dengar pengajian, saya yakin dan percaya tiga ini sudah.. makan, pakaian, tempat tinggal.. pendidikan? Bapak itu tak bisa mendidik, "aku bodoh Yang.. aku tak bisa mendidik engkau.." kata istrinya, "karena kau bodoh itulah aku mau nikah sama engkau bang.." Karena dia tak bisa mendidik ibu, makanya dibawanya pengajian, dibawanya pengajian fikih dengan Doktor Mawardi, dibawanya pengajian qalbu dengan Doktor Syaiful Amin, dibawanya pengajian tafsir.. karena dia tak sanggup mendidik.. begitu cara dia..

Makan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan.. Perhatian.. perhatian.. perempuan itu perlu diperhatikan.. perempuan yang pasang bedak dua inchi sebenarnya dia pengen diperhatikan.. perempuan yang memasang tumit.. tumit sepatu sampai 10 cm, apa tujuan dia.. padahal kalau dia terpeleset dia terkilir.. dia ingin diperhatikan.. itu saja.. perempuan yang memasang punuk onta, apa yang sebenarnya? Ingin diperhatikan.. perempuan yang memasang gelang kaki.. ketika dia berjalan.. "krincing..krincing..krincing..krincing.." dia ingin diperhatikan.. saya termasuk laki-laki pemperhati perempuan.. karena kalau sampai laki-laki memperhatikan  laki-laki, LGBT itu..

RASULULLAH ORANG YANG KAYA TAPI KENAPA KEHIDUPAN SERBA KEKURANGAN

Pertanyaan :
Rasulullah seorang yang kaya tapi mengapa umatnya tau bahwa kehidupan beliau kekurangan dan.. aa.. kurang.. dan.. apa maksudnya? Nabi Muhammad itu kaya, tapi umatnya itu tau bahwa beliau itu kekurangan, rumahnya kecil..

Jawaban :
Ceramah ustadz Somad itu kontradiktif, katanya Nabi Muhammad itu kaya.. tapi rumahnya kecil.. Nah sekarang saya tanya, kalau ada orang kaya rumahnya kecil.. apa kesimpulannya? Dia orang yang bersahaja.. sederhana.. kalau bahasa kampungnya low profile.. Sebaliknya, orang miskin tapi hidupnya mewah.. apa namanya itu? Kredit.. Mewah.. bunyi klaksonnya.. "kredit..kredit.."

Jadi Nabi Muhammad itu tidak kontradiktif dengan yang saya ceritakan, dia hidup bersahaja.. sekarang saya sebutkan cerita bagaimana kehidupan dia bersahaja, tahun kedua Hijrah dari Mekah pindah ke Medinah.. miskin.. susah.. perang Badar.. terjadi perang Badar hari Jumat 17 Ramadhan, berapa dapat harta rampasan perang? 50.000 keping uang dinar.. dihitung sekarang 2,5 milyar.. 2,5 Milyar duit ditangan, datanglah.. datanglah anak.. 50.000 keping.. 50.000 keping.. 1 keping 4,25 gram 2,5 juta x 50.000 keping = 100 Milyar.. Nabi dapat jatah 1/5 yaitu 20%.. Nabi punya jatah 20 Milyar.. 20M punya Nabi, malam itu datang Fatimah, "Ya Rasulullah.. suamiku Ali susah.. anakku kecil-kecil.. aku tidak bisa mengaduk tepung gandum.. kasihlah aku pembantu Ya Rasulullah.." apa kata Nabi, "sebelum tidur kau baca Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahu Akbar 33x" bersahaja.. tak diberikannya anaknya kelebihan, karena dia ingin mendidik.. Jadi jangan katakan Nabi miskin.. jangan katakan Nabi kaya raya dengan penuh kemewahan, katakan dia.. Nabi yang bersahaja..

Piring emas haram, gelas emas haram.. kita di (mesjid) An Nur ini termasuk yang bersahaja.. gelas tak ada, teh manis tak ada.. bukan berarti An Nur miskin.. Ndak.. bersahaja.. kaya An Nur.. tapi kita bersahaja.. sanggup An Nur.. bukan tak sanggup.. ustadz ni nyindir-nyindir.. ndak saya ini termasuk penceramah yang tak pandai menyindir, kalau selama saya ceramah ada bapak ibu yang tersinggung saya tidak menyindir, dan hati-hati dibeberapa tempat saya ceramah ada yang tersinggung.. selesai itu mati dia langsung..

BAGAIMANA KITA TAHU KITA  JODOH YANG BAIK

Pertanyaan :
Ustadz, bagaimana kita tahu kita jodoh yang baik

Jawaban :
Dulu saya waktu belum menikah, saya tanya bapak-bapak.. "Pak.." "Yaa" bapak-bapak dekat rumah saya, "Pak.. bagaimana kita tau dia jodoh kita?" kata dia, kalau kita tengok hati kita bergetar aah itu jodoh kita.. setelah itu tak beberapa lama saya jumpa.. "cemana?" kata dia.. "asal nampak saya bergetar semua.."

Nabi Musa menikah dengan istrinya, pertemuannya tak lama.. "Yahh.." kata si anak gadis.. "kalau ayah mau cari orang yang kuat dan amanah, ini orangnya" Ayahnya nanya.. nama ayahnya Syuaib.. "dari mana kau tau dia kuat, sudah lama kau kenalan sama dia?" "baru tadi.. waktu aku ngantri mau ambil air di sumur, pas mau ambil air disumur.. ketemu sama dia, langsung kubawa kerumah.. inilah orangnya" "dari mana kau tau dia kuat?" "Tiga puluh orang tadi ngantri Yah, mau ambil air sumur.. tiba-tiba dia datang maju ke depan.. di sorongnya.. di dorongnya, ada batu besar.. setelah di dorongnya, perempuan ngantri dibelakang.. lalu dia panggil perempuan.. Ladies first.." "maka ku tahu dia kuat, karena di dorongnya (batu)" "Dari mana kau tahu dia amanah?" "waktu dalam perjalanan pulang tadi, aku di depan.. dia dibelakang.. tiba-tiba dia maju ke depan, disuruhnya aku ke belakang" kenapa dia tak mau di belakang, karena kalau perempuan di depan, di gurun pasir.. bertiup angin nampak lekuk tubuhnya.. maka dia amanah tak mau lihat lekuk tubuh.. Perempuan jaman dulu begitu, bertiup angin baru nampak lekuk tubuh.. sekarang tak beranginpun nampak.. "ustadz kok tau?" "saya juga tengok kadang-kadang.."

Naah.. jadi tidak perlu kenal lama-lama untuk tau orang, tanya sama sahabatnya.. tanya, tanya sama dia.. Ibu-ibu dulu jamaah mau cari anak menantu.. "anak saya pak ustadz, dokter.. mau mantu yang baik.. dia sholat apa tidak.. gimana cara ngetesnya pak ustadz?" "Jangan tanya dia.. kau sholat nggak? tentu dia bilang sholat.." ajak dia jumpa hari jumat.. "dek, bisa kita jumpa hari jumat jam 12" "oke kita ketemu.." Jangan terima, tak sembayang dia.." tapi soal ini tak bisa dipakai lagi, sudah bocor..

MENDIDIK ANAK SUPAYA MANDIRI

Pertanyaan :
Mohon penjelasan bagaimana penerapan pendidikan anak mandiri disetujui suami istri sejalan sepaham, mohon doa juga pak ustadz agar usaha yang kami jalani berhasil

Jawaban :
Nanti di akhir majelis, Ibu Bapak musti satu pendapat karena kalau tidak dia akan menjadi korban.. tentang sekolah, Bapak berprinsip dia musti masuk pesantren karena menurut bapak.. sayang itu adalah membuatnya mandiri di pesantren.. ibu berpendapat, sayang itu musti tidur ditemani tiap malam.. Aah ini harus sependapat.. makanya sebelum ngomong sama dia, bapak sama ibu harus duduk dulu.. judulnya, "mau dibawa kemana anak ini?" kalau tidak, bahaya.. menurut ibu, sayang sama dia.. kasih aja dia.. kasih dia.. menurut bapak.. Ndak.. tidak kita harus protek, kalau ada anak lajang mau ngajak dia jalan-jalan.. "jangaan" sedangkan ibu takut, "kasihanlah dia Bang.. nanti dia tak laku" Berapa banyak ibu-ibu.. yang ngadu anaknya sendiri ke saya,  "ustadz..emak saya melarang saya pakai jilbab panjang, katanya nanti ndak laku.. pacaran aja, pacaran aja.. nanti Mamah yang nanggung dosanya.." aah itukan emak kurang ajar tu.. harus satu pendapat karena ini menyelamatkan dia dunia dan akhirat

SUAMI INGIN KEMBALI SETELAH PERGI DUA TAHUN

Pertanyaan :
Bagaimana hukum suami yang sudah dua tahun tidak mau keistrinya.. ada wanita lain, jika mau balik apa yang harus dilakukan?

Jawaban :
"Seribu tahun kau tinggalkan Pak.. kalau tak jatuh talak maka tidak ada perceraian.." "mana mungkin seribu tahun pak ustadz?" makna "seribu" itu lama.. selama apapun.. nikah.. abis nikah pergi dia jadi TKI ke Malaysia 10 tahun.. balik dia, tak jatuh talak.. 
Republik Indonesia mau melindungi perempuan, jangan sampai perempuan ini tak kabe nda batali.. maka laki-laki di ikat dengan sighat taklik.. ingat Bapak-bapak sighat taklik? Pembacaan sighat taklik.. "jika saya meninggalkan tiga bulan lamanya lalu dia mengadu ke Pengadilan Agama, lalu Hakim menjatuhkan talaq satu kepadanya.. maka jatuhlah talaq satu kepada nya dengan membayar ikhwan sepuluh ribu rupiah.. 

Ini banyak perempuan tak ingat kapan suaminya baca sighat taklik.. dari mana ustadz tau? dari WA-nya.. dia tak tau, dari pertanyaannya tu saya paham dia tak tau.. kenapa dia tak tau? waktu suami baca sighat taklik, dia asik berfoto.. Dengar baik-baik sighat taklik.. Perempuan yang ditinggal suami lebih 3-6 bulan, maka dia pergi ke Pengadilan Agama.. Hakim menjatuhkan talak.. Habis Selesai.. Selama dia tak mengadu, suami tidak menjatuhkan.. maka tidak putus hubungan.. "ini sudah dua tahun pak ustadz?" "Dia tinggal pulang saja.. I back to you my dear" Selesai..

TIPS UNTUK MOVE ON DARI MASA LALU

Pertanyaan :
Minta tips untuk move on dari masa lalu, bagaimana hijrah serta menemukan jodoh pak ustadz?

Jawaban :
Daftarkan diri anda ke IRMA Ikatan Remaja Mesjid An Nur, daftarkan diri anda ke FSRMM Forum Silahturahim Remaja Mesjid Mutmainah, daftarkan diri ke Fodamara.. sudah.. "ini bukan komunitas saya pak ustads.." aah cari komunitas yang lain.. artinya harus berjamaah.. paket move on harus berjamaah.. lalu kemudian setelah itu ikut ngaji.. ini bukan teori-teori, pertama masuk komunitas supaya selamat, karena srigala akan menerkam kambing yang sendirian, kambing sendirian habis diterkam srigala.. setelah ikut komunitas buat daftar nama, nanti kawan mengabsen.. kenapa nggak datang kemarin..itu buat kita semakin semangat, ngaji.. Ngaji fikih sama ustadz Mawardi, ngaji masalah qolbu dengan ustadz Syaidul Amin, ngaji tafsir dengan ustadz Mustafa Umar.. maka insya Allah akan bangkit semangat.

APAKAH DOORPRICE/BONUS TERMASUK RIKAZ YANG WAJIB KELUAR ZAKATNYA

Pertanyaan :
Apakah doorprice bonus yang kita terima termasuk riba, termasuk rikaz yang wajib dikeluarkan zakatnya 20%

Jawaban :
Ndaak.. Rikaz harta temuan dalam tanah, adapun bonus termasuk ati atayah termasuk income pendapatan masuknya ke gaji, ibu bapak kalau mau keluarkan zakat kalau sebulan 4 juta, 25ribu.. 25ribu.. 25ribu.. 25ribu.. 100 (ribu) tapi kalau mau total semua.. gaji 4 juta, SPPD, uang tunjangan, uang tunjang, uang sipak, uang sundul.. total semua, termasuk uang bonus tadi.. masukkan semua.. berapa dapat bulan ini.. 10 juta.. 25ribu.. 25ribu.. 25ribu.. 25ribu.. 25ribu.. berarti keluar 250 ribu

Pertanyaan :
Motor saya dibeli dengan cara kredit, apakah saya harus menjualnya.. saya cuma punya satu motor

Jawaban :
Beda-beda tipis antara orang mau bertanya sama orang mau menawar hukum, kau termasuk darurat tingkat tinggi.. inilah bahan satu-satunya untuk bahan cari makan, kalau tidak mati.. maka terus sajalah abis itu lunas mudah-mudahan dibuka Allah pintu rejeki

Pertanyaan :
Ustadz bagaimana cara mengenal Allah lebih dalam

Jawaban :
Ikuti kajian mengenal Allah melalui Asmaul Husna setiap Sabtu jam 10, selama ini kemana aja mas bro.. bersama Doktor Mustafa Umar.. Asmaul Husna yang seratus ini dikaji oleh Doktor Mustafa Umar.. Ya Rohman Ya Rohim Ya Malik Ya Quddus Ya Salam dst.. dibahas oleh Doktor Mustafa Umar.. mengenal Allah melalui Asmaul Husna.. bagus..

PANTASKAN MANTAN LGBT DAPAT ISTRI SHOLEHAH

Pertanyaan :
Pantaskan mantan LGBT mendapatkan pasangan hidup yang sholehah?

Jawaban :
"orang yang berdosa, bertaubat.. seperti orang yang bersih tak berdosa" wahai engkau yang lesbi, wahai engkau yang homo, wahai engkau yang transgender.. mandi taubat, sholat sunnat taubat, istigfar, taubat nashuha, banyak bersedekah, berinfak, ikut komunitas muslim taubat.. maka engkau seperti orang yang tak berdosa.. Makanya kita JANGAN LAGI USIK-USIK MASA LALU.. siapa yang tak punya masa lalu? 

Ini dulu preman, bertato.. sekarang sholat.. suaranya bagus.. "Bismillahirohmanirohim.. Alhamdulillahirobil alamin.." setelah sholat, makmumnya nyindir.. "kira-kira sholat kita tadi sah nggak ya kalau imamnya bertato? Sholat Sah.. dia bersih tak ada dosanya sama sekali.. Allah mengampuni dosa.. jangan-jangan kita yang merasa diri amal banyak ini yang dosa kita banyak, tak boleh kita merasa lebih baik dari pada dia.. makanya saya kalau sudah nampak ada orang bertato tapi kemudian dia nampak raut wajahnya tawadhu rendah hati.. Saudaraku mungkin kau lebih dulu masuk surga 100 ribu tahun cahaya daripada aku.. Nanti masuk kita ke surga, tiba-tiba di surga itu cuma kita sendiri saja, mana LGBT yang taubat kemarin.. mana imam yang bertato kemarin.. di neraka semua mereka.. "Mohon maaf.." kata Malaikat.. "mereka di VVIP" rupanya kita yang dikelas ekonomi.. Jangan pernah merasa lebih hebat dari orang lain

KATA "MALAIKAT" DALAM ALQURAN DIBUAT JAMAK,  APAKAH MALAIKAT ITU PEREMPUAN?

Pertanyaan :
Dalam Al Quran, kata "Malaikat" itu dibuat jamak, apakah menunjukkan malaikat itu perempuan? Jamak muanassalim

Jawaban :
Jamak muanassalim tidak digunakan untuk muanas saja, digunakan untuk benda.. digunakan untuk orang.. digunakan untuk.. jadi tidak selamanya jamak muanassalim.. jamak muzakarsalim, jamak muanassalim, jamak taksir.. maka kalau aad mal ud ada digunakan disana sifat mausuf jamak muanassalim itu tidak automaticly serta merta bahwa dia untuk perempuan.. menurut tata bahasa Arab.. 
Malaikat tidak perempuan, yang mengatakan malaikat perempuan itu orang musrik Jahiliyah.. Tuhan dua, ada Tuhan laki-laki, (ada) Tuhan perempuan.. Latta, Uzza, Manad, Ubal.. Latta perempuan, laki-lakinya Allah.. Uzza perempuan, laki-lakinya Aziz.. Manad perempuan, laki-lakinya Manna.. kata mereka ada Tuhan laki-laki, Tuhan perempuan.. nikah Tuhan laki-laki sama perempuan, lahir Malaikat.. itulah anak-anak perempuan, anak laki-lakinya Nabi.. anak perempuannya Malaikat.. Bathil.. Maka turun ayat, "Qul huwallahu Ahad, Allahu Somad, Lam Yalid walam yulad.." membantah argumen musrik.. kata mereka, malaikat itu anak-anak perempuan Allah.. Tak betul..

SAH KAH MUALAF PEREMPUAN MENIKAH DENGAN WALI HAKIM

Pertanyaan :
Jika ada seorang mualaf janda, tidak dapat restu menikah dengan seorang pemuda muslim oleh karena orang tuanya masih berbeda agama, akan tetapi wanita tsb tetap menikah dan dinikahkan oleh wali hakim. Pertanyaannya apakah sah wanita tsb menikah?

Jawaban :
Menikahnya sah karena perempuan yang tidak punya wali, karena ayahnya tidak bisa jadi wali.. syarat wali muslim.. adil.. maka walinya wali hakim.. apa dalilnya, "wali hakim menjadi wali bagi perempuan yang tak punya wali..

Lalu nama orang tuanya diganti dengan nama Abdullah.. kalau orang tuanya non muslim, maka nama orang tua dalam akte.. dalam akad tidak perlu diganti Abdullah.. yang buat (pakai nama) Abdullah kalau bapaknya tak ketahuan.. Anak ketemu dalam kardus, lalu disebut namanya binti kardus.. nggak boleh.. (harus disebut) binti Abdillah.. binti kresek tak boleh.. binti Abdillah.. Tapi kalau bapaknya non muslim.. Tetap! tak boleh diganti nama.. makanya di sebut Ikrimah binti Abi Jahal.. Fulan binti Abi Lahab, tidak boleh diganti nama bapaknya.. nama bapaknya tetap.. siapa namanya islam sekarang? Fatimah.. "aku nikahkan engkau dengan Fatimah binti Bruce Lee.. Binti Ong Tay Kim.. tetap tak boleh diganti yang lain

HARTA WARISAN DIBERIKAN KEPADA PEREMPUAN KARENA MENGIKUTI ADAT

Pertanyaan :
Ustadz, saya mau tanya soal pembagian harta warisan, kami bersaudara kakak perempuan dan saya adik laki-laki.. Oke kakaknya perempuan, adiknya laki-laki.. ada dua.. kakak perempuan, adik laki-laki.. kedua orang tua kami sudah meninggal, meninggalkan warisan satu unit rumah.. setahu saya dalam ajaran islam laki-laki mendapat dua pertiga bagian.. tapi kakak saya minta harta tersebut untuk anak perempuan karena mengikut aturan adat salah satu di Provinsi Indonesia, saya pernah berdebat dengan para Ninik Mamak mengenai ini.. saya berpendapat harus mengikuti ajaran hukum islam, mereka marah pada saya..

Jawaban :
Yang dibagi kepada anak perempuan itu harato tinggi.. bukan hak  milik tapi hak pakai, itu semacam wakaf usro.. wakaf keluarga.. saya mewakafkan tanah, sawit dua hektar.. saya takut anak perempuan nanti susah dapat suami tak baik.. Nauzubillah.. maka saya wakafkan tanah.. "ini tanah sawit dua hektar ku wakafkan untuk anak cucuku yang perempuan" ketika saya meninggal.. anak perempuan saya.. tapi bukan hak milik, dia hanya hak pakai.. setelah anak perempuan meninggal, ke cucu perempuan.. cucu perempuan meninggal, ke cicit perempuan.. cicit perempuan meninggal, ke cicit.. itu namanya Harato tinggi, orang yang tak mengerti bahwa orang Minang Kabau hanya membagi pada perempuan saja, dia tak mengerti.. bukan begitu.. 

Tapi kalau harta warisan.. Harta warisan.. Saya orang Minang Kabau merantau ke Pekan Baru.. bisnis saya.. bisnis, bisnis, bisnis, bisnis, bisnis.. meninggal saya, maka harta warisan saya tetap dibagi menurut hukum faraidh.. anak laki-laki dapat harta perempuan, tapi anak perempuan saya dapat sawah di Pariaman, di Payahkumbuh, di Sijunjung.. itu yang tadi wakaf nenek dan nenek mamak dulu.. musti dipahami, jadi orang Minang Kabau tu hartanya dua.. satu harta pencaharian dia yang tetap dibagi menurut hukum Islam.. satu lagi Harato Tinggi, posisinya sebagai wakaf keluarga untuk anak cucu yang perempuan-perempuan saja.. untuk menjaga harkat martabat perempuan.. pahami dengan baik..


Alhamdulillah

IG @sabyanmedia

#ustadzabdulsomad 
#ceramahustadsomad
#ceramahustadsomadMP3
#downloadceramahustadsomad
#ceramahustadzabdulsomadMP3

#ustadsomad #sabyanmedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar