Rabu, 28 November 2018

Tanya Jawab (PP Darul Qur'an Cipondoh Tangerang, 30.9.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

09 30-9-2018 - Tanya Jawab (PP Darul Qur'an Cipondoh Tangerang, 30.9.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA




Pertanyaan :
Ustadz, tolong jelaskan makna dari khusuk

Jawaban :
Khusuk itu bagaimana.. ada orang katanya kalau sudah khusuk, dia tidak lagi di dunia.. "Allahu Akbar.." "rasanya dunia ini hilang pak ustadz, dan aku pindah ke alam yang lain.." "Alam ghoib lah.." sekarang kita lihat sahabat nabi waktu sholat, apakah dia pindah ke alam lain ataukah tetap bertempat yang sama.. ketika itu Nabi sakit, imamnya Abu Bakar.. Abu Bakar imam, sahabatnya dibelakang.. "Allahu Akbar.." Ketika mereka sedang sholat, nabi datang dari samping.. maka sahabat yang dibelakang memukul tangan.. dia mau ngasih tau ke Abu Bakar (kalau) nabi datang.. kan ga boleh ngomong (nepuk-nepuk bahu) "Abu Bakar, nabi datang tu.." apa pelajaran dari sini, kira-kira sahabat yang sholat itu sadar atau nggak sadar? Sadar.. dia sadar bahwa nabi datang.. bukan kehilangan kesadaran.. Jadi kalau ada orang mengatakan, "saya waktu sholat kehilangan kesadaran.. saya nggak sadar keliling yang terjadi apa.." berarti ente diculik Jin.. kidnap.. kita tetap sadar.. Nabi.. sahabat.. bukan tidak sadar

Pelajaran kedua, ketika sedang sholat.. apa kata nabi, "bunuhlah dua yang hitam ketika sedang sholat" "Allahu Akbar.." tiba-tiba ada dua yang hitam, dua yang hitam itu ular dan kalajengking.. kira-kira orang yang disuruh nabi membunuh ular dan kalajengking saat dia sholat itu sadar atau nggak sadar? Sadar.. ada ular di depan.. kalau tak sadar, pejam (mata) tiba-tiba buka (sudah ada) Anaconda.

Tiga, ketika sedang sholat tidak ada orang boleh lewat di depan.. kalau ada orang lewat di depan kasih peringatan (halangi dengan tangan).. "lebih baik menunggu 40 tahun menunggu selesai sholat dari pada dia lewat" maka kalau ada yang lewat.. ginikan (halangi dengan tangan).. kira-kira orang yang sholat, ada orang lalu didepannya, dia sadar atau nggak sadar ada orang lewat? Sadar.. maka di ulurkan (tangannya) kalau dia ngaji, di paham.. tapi kalau ini nggak ngerti, begitu kita ulurkan.. "sehat ustadz.." siapa yang ngajak salaman?

Kesimpulannya, bahwa orang yang sedang sholat itu sadar.. hanya saja dia pikirannya tidak kemana-mana.. bagaimana cara khusuk itu pak ustadz? Lima langkah.. kata Syeh  Ali Qordowi.. 
Yang pertama dari mulai mendengar adzan jangan ngomong.. (cukup berdoa dengan doa mendengar adzan).. jangan ngomong, makanya nanti kalau ada kawan sebelah ngomong.. "bro bagaimana kabarnya.." (jawab saja) "Allahu Akbar.." "kabarnya kemarin di internet itu.."  (jawab saja) "Laa haula wala kuata illa billa" "Shuut!!" Daah.. lalu kemudian tutup dengan doa wasiah. 

Dua ketika wudhu nggak boleh ngobrol.. ambil air.. ambil air.. jangan ngomong.. nggak boleh, nggak boleh ngomong.. makanya hadits riwayat Ibnu Majjah. "ketika air kau masukkan ke mulut, saat itu keluar dosa-dosamu.. ketika air menyiram muka, keluar dosa dari kelopak mata.. ketika air menyiram tangan, keluar dosa dari celah jemari.. ketika air mengusap kepala, keluar dosa sampai lubang telinga.. ketika air menyiram kaki, keluar dosa dari celah-celah jemari kaki.. maka kau khusuk, lalu kau tutup dengan doa wudhu. 

Yang ketiga, dari tempat wudhu ketempat sholat nggak boleh tasbik, tasbik itu menjalin jari jemari..kletak-kletak.. nggak boleh tasbik.. tangan dia sudah nggak bunyi, tangan kawan dia bunyikan.. Jangan tasbik yang boleh tasbih.. "subhanallah..subhanallah..subhanallah.." Adzan belum berkumandang atau sudah adzan dia qamat, "subhanallah..subhanallah..subhanallah.." "gimana jadi kita pergi besok pergi seminar acara.." "subhanallah..subhanallah..subhanallah.." 

Yang Keempat, pahami bacaan.. saya tidak nyuruh menterjemahkan.. jangan diterjemahkan.. "inna sholati.. my pray.. wama yahya.. my life.. wama mati.. my died.. lillahita'ala.. for you my God.." bukan diterjemahkan, bukan nanti ada yang menterjemahkan.. "Bismillahirahmanirohim.. ln the Name of Allah the Most Beneficent the Most Merciful.." tidak perlu kau terjemahkan, yang penting kau paham konek saja maknanya.. sama seperti ngomong bahasa Jawa.. saya bukan orang Jawa, saya orang Melayu dari Sumatera.. ketika saya bahasa Jawa, saya tak perlu menterjemahkan.. "pripun kabare pak, wes pirang-pirang dino rak tekan kene?" tak perlu diterjemahkan.. kenapa di terjemahkan? yang penting paham.. jangan terjemahkan, "Allahu Akbar Kabiro, Walhamdulillahi Katsiro.. Wasubhanallohi Bukrotaw Wa'ashila.. (dst)" mata melihat tempat sujud.. maka jangan mata, apalagi dimesjid ini mata jelalatan (lihat keatas) "wah rapi.. mahal ini.." apalagi nanti sholat dhuhur, ini (banner tulisan acara pengajian) belum dibuka.."wah ustadz somad sama ustadz.. wah ada paytrend.." maka kalau sholat ke mesjid jangan pakai baju yang ada tulisan-tulisan.. ini sudah terlambat datang, hari jumat, khatib naik.. pakai baju tulisan.. tulis ini "emang masalah buat elo?" macam mana orang mau sholat.. nah jangan pakai tulisan.. Ibu kalau pakai mukena jangan yang telalu rame, ini mukenanya semua bunga.. bunga matahari, bunga kenanga, bunga kemboja, bunga tai ayam semua ada disini.. yang sholat dibelakang liat.. "wah dimana ini belinya.. kira-kira harganya berapa.. ini benangnya katun jepang atau korea.."

Lalu kemudian, dimana sebenarnya letak kata (Khusuk) itu dimana.."letak kata-kata itu di dalam hati, tak berbunyi tak bersuara tak berhuruf tak bertinta.. tapi kemudian di ciptakan lidah untuk mewakili konekkan lidahmu dengan hatimu, "Allah.." makanya dalam mahzab Syafi'i.. mulut menyebut "Allah" hati mengisi.. Sholatnya sholat apa? sholat dhudur.. berapa raka'at? empat rakaat.. jadi imam atau jadi makmum? jadi makmum.. adda atau qodho? adda.. "Allahu Akbar.." mulutnya menyebut Allahu Akbar, tapi hatinya menyatakan ini sholat dhuhur, empat rakaat, jadi makmum, adda'an lillahi ta'ala.. "Allahu Akbar.." mulut menyebut bismillah, hati juga konek.. "bismillahirahmani rohim.." makanya Nabi kalau sholat itu mulutnya bergerak.. "Ya khabab.. Khabab.. Nabi kalau sholat mulutnya bergerak atau diam saja?" kata Khabab, Nabi waktu sholat mulutnya bergerak.. "darimana kamu tahu mulutnya bergerak?" "saya lihat jenggotnya (Nabi) bergerak" ini sekarang ada orang yang sholat mulutnya diam.. apa ini.. Berdoa juga bersuara.. bersuara lirih.. mulut bergerak.. "Ya Allah.. tolong aku Ya Allah.." ini ada orang berdoa mulutnya diam (dalam hati) "rasanya tidak perlu kusebutkan karena ku yakin Kau tau yang kumau"

HUKUM MUSIK DALAM SYARIAT ISLAM

Pertanyaan :
Apa hukum musik

Jawaban :
Buka.. pertama syaratnya beli 4GB setelah itu tulis www youtube dot com, "kau mau tanya tentang apa?" "kredit" (tulis) "somad kredit" "tanya tentang apa?" "tentang musik?" (tulis) "somad musik" "tanya tentang apa?" "politik" (tulis) "somad politik" "contohnya tentang apa saja, kau tulis disitu.. somad LGBT.. somad narkoba.. enter.. dapat video-video nya insya Allah" "sudah saya enter kok nggak nyala videonya pak ustadz?" "paket abiss.." "
Naah.. tapi karena kau tanya, saya jawab juga.. apa hukum musik dalam syariat islam?" Musik yang boleh musik syalawat.. "Barakallah hula kuma..(dst)" Boleh.. itukan doa untuk orang meninggal.. nggak salah atau lagu yang mengingatkan orang mati.."Maa..tii.. na..na..na.." untuk anak-anak muda, untuk yang emak-emak.. "bila Izroil datang memanggil.. jasad terbujur di pembaringan.. tapi lagu itu jangan dinyanyikan pas pesta nikah.." "Berikut ini mari kita dengarkan satu lagu yang disampaikan ibu-ibu dari Majelis Pengajian.." ".. sekujur tubuh akan menggigil.. seluruh badan kedinginan.." Pengantennya (jadi nangis) huuuu..." 
Lagunya mengingatkan pada Nabi, apa salahnya? "Yaa Ashiqal Mustafa.. amsir binailil muna.." "Yaa Ashiqal Mustafa..wahai engkau yang merindukan Mustofa Nabi Muhammad Salallahu Alaihis wasalam .. amsir binailil muna.. engkau mendapatkan kabar gembira karena segala yang kau inginkan akan dikabulkan oleh Allah Subhana Wata'ala" apa salahnya? ibu-ibu yang sedang hamil sambil baca shalawat.. anaknya tenang, suaminya tenang.. ini nggak, sambil masak.. (nyanyi) "hem..hem..hemm.." suaminya bilang, "aaah...aaah.." lahir anak, siapa namanya? Amitha Bachan..

SHOLAT SUNNAH DENGAN DUA NIAT

Pertanyaan :
Kalau puasa sunnah kan boleh dua niat, kalau sholat sunnah apakah boleh juga ustadz dua niat?

Jawaban :
Niatnya satu saja.. bapak niat sholat sunnat qobliyah.. kebetulan tertulis di dinding.. dua menit..dua menit..dua menit..dua menit.. Dua menit lagi iqomat.. kalau tahyatal mesjid tak dapat qobliyah.. tapi kalau qobliyah automaticly otomatis dapat tahyatal mesjid.. dua menit..dua menit..dua menit.. sholat qobliyah.. selesai qobliyah, lho kok iqomat.. tanya pengurus.."pak pengurus kok gak iqomat?" "Jamnya rusak pak.." makanya tanya dulu..

HUKUM MENEMUKAN UANG

Pertanyaan :
Bagaimana jika kita menemukan uang.. Wah ini enak ini.. uang itu kita masukkan dalam kotak amal langsung tanpa kita umumkan

Jawaban :
Namanya Luqotoh.. Luqotoh harus di umumkan selama satu tahun.. kalau selama satu tahun tidak ada pemiliknya, itu milik ibu.. makanya selama tahun itu kau berdoa supaya tidak datang pemiliknya.. pas hari yang ke 359.. "Ya Allah.. jangan sampai datang dia.." Pagi (hari) ke 360 diapun datang.. kiamat sudah terjadi saudaraku..

INGIN NIKAH MUDA TAPI ORANG TUA TIDAK SETUJU

Pertanyaan :
Saya ingin nikah muda pak ustadz.. "Mantaff.." agar terhindar dari zinah.. "saya setuju.." tapi orang tua saya tak setuju, karena saya belum sukses

Jawaban :
Orang tua mu itu punya hati, sentuhlah tepat di hatinya.. dia akan jadi milikmu selamanya.. Jangan engkau sendiri.. anak muda, kau mau nikah? jangan sendiri kau menghadap orang tua.. "Assalamualaikum bapak.. bapak mamah duduk.. Ya ayuhal ladzi ya amanu.. Haii orang-orang yang beriman.. nikahkan lah anakmu yang masih muda.." Bukan begitu caranya, jangan kau yang menceramahi orang tuamu.. cari orang lain yang kira-kira orang tuamu tunduk patuh pada ucapannya.. kira-kira papah sama mamahmu dengar omongan siapa? siapa yang paling dia dengar di Indonesia ini? "dia selalu dengar ceramah ustadz Yusuf Mansur.." "aaah minta (tolong) sama ustadz Yusuf.. nanti yang ngomong ustadz, ngomong ke dia.. "Beh.. masak anak lu mau bangun ..  Looh orang bangunnya malam tahajud, subuh mau sahur dibangunkan suaminye.. dibangunkan istrinya.. ini anakmu bangun pakai mercon.. Nikah.. Nikahin tu anak elu.." 

Maka Insya Allah dibuka.. tapi jangan lupa ad-dua silahul mukmin..berdoa. doa.. sholat hajat.. "ushali sunatal hajat.." hajatnya nggak usah disebutkan nanti di dengar kawan sebelah.. "ushali sunatal hajat aku mau nikah muda Ya Allah.." dalam hati hajatnya "ushali sunatan hajat raka'ataini lillahita'ala.." Doa yang paling kabul ketika sujud.. disujud terakhir itu kau doa sepanjang-panjangnya.. tapi jangan bahasa Indonesia.. kalau kau pakai bahasa Indonesia doanya batal sholatnya batal.. jangan diucapkan di mulut.. "Subhana rabbiyal a'la wabihamdih.. Subhana rabbiyal a'la wabihamdih .. Subhana rabbiyal a'la wabihamdih.. Ya Allah, nikah muda.." (doanya) dalam hati boleh.. dalam hati boleh.. minta.. doa itu nggak usah terlalu detail.. ini detail, "Ya Allah, aku mau nikah, namanya si anu, lahir tahun.. pendidikannya S1 S2 anak pak ini..rumahnya dijalan ini.." Minta kepada Allah Subhana Wata'la.. "Ya Allah lembutkan hati kedua orang tuaku, lembutkan hati calon mertuaku.. lembutkan pula calon anak gadis ini.. tolong kau tiupkan angin kesabaran keindahan dalam hatinya sehingga dia bisa menerima aku.. tapi kalau tidak diterimanya tiupkan angin puting beliung ratakan saja.." Jangan.. tidak boleh mendoakan yang tidak baik.. doakan yang baik-baik saja

BAGAIMANA CARA MENGGANTIKAN IMAM YANG BATAL SAAT SUJUD

Pertanyaan :
Ustadz bagaimana cara menggantikan imam yang batal saat sujud

Jawaban :
"pak Imam kalau mau batal jangan lah pas sujud.. pas bangun lah.." Makanya ada standar sujud.. Kata imam al Hasan al Basri, sependek-pendek tasbih tiga.. Subhana rabbiyal a'la wabihamdih.. Subhana rabbiyal a'la wabihamdih.. Subhana rabbiyal a'la wabihamdih.. Yang agak sedang lima Subhana rabbiyal a'la wabihamdih.. Subhana rabbiyal a'la wabihamdih.. Yang paling panjang tujuh.. kalau lewat dari tujuh, dua belas.. lewat dari itu dia tetap tidak bangun berarti terjadi sesuatu.. maka yang dibelakang imam, kalau kita sholat di mesjid Kuala Lumpur Malaysia maka ada imam satu di depan, ada imam dua dibelakang.. imam yang belakang mulai curiga.. ini jangan-jangan sudah terjadi something wrong.. maka dia tegak, dia maju ke depan.. dia menggantikan, dia bangun.. "Allahu Akbar.." tapi biasanya jarang-jarang terjadi.. kalaupun imam mau mati dia bangkit dulu.. Allahu Akbar..(gubrak) baru mati..

Mana tau terjadi, itulah makanya jangan sembarangan kalau masuk mesjid ente nyelonong di belakang imam.. orang yang dibelakang imam itu harus siap maju jadi imam.. namanya apa, imam cadangan.. harus maju.. ini saya lihat anak-anak muda, banyak dimesjid.. dia sholat sudah mantap tapi dia terlalu kepedean dibelakang imam.. pakai baju kaos, pakai celana jean.. begitu maju kedepan, pantatnya kelihatan.. nekat maju kedepan.. "itu sholatmu batal anakku.. panjangkan bajumu.." disini Alhamdulilah selama di komplek ini saya tidak melihat ada satupun anak-anak yang pakai celana jean.. tengok rapi mereka pakai baju koko.. rapi.. insya Allah anak-anak kita, sejuk mata kita melihat-lihat.. melihat kita dia sejuk, melihat wali-wali muridnya kita sejuk juga.. senang hati kita..

HUKUMNYA MELIHAT DAN BERKOMUNIKASI DENGAN PEREMPUAN YANG BUKAN MAHRAM

Pertanyaan :
Apa hukumnya melihat dan berkomunikasi dengan perempuan yang bukan mahram

Jawaban :
Tidak ada hubungan pertemanan.. "teman pak ustadz, tapi mesra.." tak ada.. "tapi pacaran syariah pak ustadz.. kalau ketemu.. asalamualaikum ya akhi.." bulan pertama "Ya Akhi Ya ukhti.." bulan ke dua "Ya Abi Ya Ummi.." bulan kelima "almarhum almarhumah.." tidak ada yang namanya pertemanan.. makanya kalau dia di pondok pesantren ini Insya Allah selamat.. di pondok pesantren tidak mengenal pacaran" Saya 4 tahun di Kairo Mesir nggak pernah yang namanya pacaran-pacaran.. Nggak ada.. "kenapa ustadz nggak pacaran?" karena saingan ketaat.. Laki-laki (nya ada) 2100 (orang).. perempuan (cuma) 300 (orang) .. saya termasuk yang tereliminasi..

Oleh sebab itu maka di pondok pesantren nggak ada pacaran.. sampai kuliahpun nggak ada.. setelah kuliah, lihat.. nanti mana yang sesuai.. kalian yang alumni-alumni tamat dari sini, laki-laki hafal Quran cari perempuan yang hafal Quran.. kalian pulang mendirikan pondok-pondok Sejuta Darul Quran tersebar di seluruh dunia.. Aamiin.. Dari mulai Inggris, Jerman, Prancis, Amerika, Jepang akan berdiri.. siapa dia? kalian.. Insinyur.. teknik mesin.. teknik sipil.. sastra Inggris.. tapi penghafal Quran makanya dia akan mendirikan.. istrinya hafal Quran, suaminya hafal Quran.. anaknya hafal Quran.. do re mi fa sol la si do sol fa mi re do.. hafal Quran semuanya, itu yang di inginkan cita-cita barulah Bangsa Indonesia ini turun rahmad dan barokah..
"Seandainya penduduk negeri ini beriman dan bertakwa, Kami bukakan barokah-barokah dari langit dari bumi" dengan syarat apa.. Al Quran..Al Quran..Al Quran.. ketika Sultan Hasanah Bolkiah Brunai Darussalam membuka pondok Tahfiz Quran, menerapkan syariat Islam.. terbuka sumur-sumur minyak yang baru.. siapakah yang membukakan itu.. Allah membukakan pintu barokah.. Janji-Nya.. "tapi kalau mereka menginjak-injak Al Quran.. mereka menyia-nyiakan Al Quran.. kami cabut nikmat rahmad barokah" Jangan kalian pacaran-pacaran anak-anakku.. Insya Allah santri-santri Darul Quran selamat.. adapun yang dari luar datang kemari sudah terlanjur pacaran.. keluar dari sini, buanglah mantan pada tempatnya.. ambil nomornya, delete.. buka FB, unfriend.. kalau dia tanya, "kenapa kau putuskan aku?" "kan kupinang kau dengan Bismillah.." "kapan?" "tahunnya belum jelas.."

HUKUM MENGATAI (MENGHINA) TEMAN KITA

Pertanyaan :
Apa hukumnya kita mengatai teman kita

Jawaban :
(maksudnya) menghina teman kita? "kata-kata yang baik, pemberian maaf lebih baik dari pada buat baik tapi menyakiti hatinya.." nyelekit.. "bro ini ada makanan, makan ya.. kalau tak mau, makan lah.." lebih baik kau lembut kata-kata yang baik.. ramah.. beberapa banyak orang masuk neraka karena lisan lidah yang kasar.. "galah patah boleh disambung, kaca retak boleh direkat, hati yang sakit kemana obat akan dicari.." Oleh sebab itu jangan kau sakiti hati saudaramu.. selama saya menyampaikan tausiah ini.. adakah bapak-ibu yang tersakiti? tentu ada.. maka saya sebagai hamba Allah yang dhoif, yang fakir, yang hina, yang rendah.. saya menjari sepuluh jari saya angkat, mohon maaf kepada bapak-ibu.. adik-adik ku semua.. alim ulama.. maukah bapak-ibu memaafkan segala silap dan salah saya? "mauu.." "dah kan selesai.." dari pada kita cari di akhirat nanti mending kita minta maaf disini

Alhamdulilah

IG @sabyanmedia

#ustadzabdulsomad 
#ceramahustadsomad
#ceramahustadsomadMP3
#downloadceramahustadsomad
#ceramahustadzabdulsomadMP3

#ustadsomad #sabyanmedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar