Rabu, 31 Oktober 2018

Tanya Jawab (Masjid At-Taufiq, 12.9.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA




HUKUM PUASA 1 - 10 MUHARAM

Pertanyaan :
Apa hukum puasa di bulan 1 sd 10 Muharam

Jawaban :
Puasa Muharam itu dari 1 sampai 30, siapa yang mau puasa 1-30 Mantaff.. 1-10 kereen.. tak bisa? tiga hari 9,10,11.. tak bisa tiga hari, dua hari 9,10.. tak bisa dua hari, (tanggal) 10 saja.. 10 juga tak bisa, mati sajalah.. Ibu-ibu yang punya hutang puasa kemarin 7 hari.. nanti puasa, niatnya puasa qodho'.. aku niat qodho besok pagi karena Allah Ta'la.. 9,10,11 dapat pahala.. qodhonya lunas dan tiga hari dapat puasa sunnat.. tapi niatnya niat qodho' .. ustadz suruh orang puasa kenapa sebut ibu? karena ibu yang tinggal puasanya kemarin 7 hari.. bapak? 17 hari.. ganti pak!! jangan mentang-mentang dulu banyak tinggal puasa sekarang tobat.. Astagfirullah robbal baroyah.. hutang tak lunas..

Pertanyaan :
Hutang sebelum cerai, terus cerai.. apakah hutang itu jadi tanggung jawab istri atau mantan? "Yang hutang siapa?" hutang sebelum cerai.. terus cerai.. hutang itu jadi tanggung jawab istri atau mantan?

Jawaban :
"Yang hutang siapa?" kalau yang hutang suami, tanggung jawab suami.. yang hutang bini tanggung jawab bini.. jangan yang hutang bini, pas ditagih orang.. "Bayaar.." "Mantan.." itu tak betul

TAHAJUD BERJAMAAH DENGAN PENGERAS SUARA

Pertanyaan :
Bagaimana pendapat pak ustadz mengenai sholat tahajud yang dilakukan secara rutin sekali seminggu menggunakan pengeras suara diluar mesjid, sementara ada orang yang melakukan sholat tahajud dirumah berusaha khusuk dalam ketenangan malam

Jawaban :
Sholat tahajud berjamaah sekali-sekali diluar ramadhan boleh.. didalam bulan ramadhan sunnah.. diluar ramadhan sekali-sekali boleh.. seminggu sekali, apa salahnya.. panggil anak-anak muda, kami pun melaksanakan sholat tahajud sebulan sekali bersama DR Mustafa Umar di Mesjid An Nur, lampu diredupkan, delapan rakaat tambah 3 rakaat witir.. lampu diredupkan supaya terasa khusuk.. "Ya Allah, dosa kami begitu banyak Ya Allah.." begitu hidup lampu, menangis.. "bapak kenapa menangis?" "kutengok sebelah kanan menangis, kiri menangis.. tak enak pula (jadi ikut menangis)"
Kenapa suaranya dibuat keluar? mengajak supaya yang lain ikut tahajud bersama-sama.. Yang tahajud dirumah, kenapa tak ikut berjamaah? bukan tiap malam, kalau tiap malam dia buat.. itu tak baik.. ini syiar.. sedangkan gotong royong saja di hidupkan.. gotong royong dibeberapa tempat itu, saya ketempat saudara saya hari ahad.. saya dengar lagu dari mikrofon.. "Ya Asmar latin sani..Ya Asmar latin sani.." jangan putar lagu itu dimesjid karena latin sani itu artinya Ya asmar oh my black sweet, latin sani dont forget me.. Wahai kau yang hitam manis jangan lupakan aku.. itu bukan lagu agama, lagu cinta itu.. kenapa pula diputar di mesjid? orang kita ni asal lagu Arab (dikira) lagu agama..  lagu Arab lagu agama, tak taunya lagu cinta.. Lagu seputar lagu Opick, lagu Ungu, lagu Bila Izroil biar orang ingat mati, "M a t i i... hem.hem..hem.." nyanyi lagu itu..

BOLEHKAN WANITA MENGAJI DIMESJID PAKAI MIKROFON SEBELUM MASUK WAKTU SHOLAT 

Pertanyaan :
Ustadz, bolehkan wanita mengaji menggunakan mikrofon sebelum waktu sholat tiba? karena selama ini di mesjid sekitar tempat tinggal saya ngajinya paka MP3 kaset

Jawaban :
Suara perempuan (itu) aurat.. jadi ngaji tak boleh? Suara yang mendayu-dayu, mendesah-desah.. kira-kira kalau ibu ngaji disitu ada ngak bapak yang bersahwat mendengarnya? kalau ada, ikat.. biar saya bawa ke Kilometer 11.. gilaa itu.. Auzubillah himinasyaiton nirojim.. Bismillah hirohmani rohim.. tiba-tiba datang bapak-bapak, "Stop bernafsu aku mendengarnya.. itu sudah melintang otaknya itu..

Apakah suara wanita yang ngaji termasuk aurat? karena nampaknya laki-laki tak ada yang punya ide keberanian untuk memulainya.. Yang bagusnya yang mengaji itu laki-laki.. tunjukkan laki-lakimu dengan mengaji.. bukan dengan mengeluarkan kemaluan..

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN UNTUK SUAMI YANG TAK MAU SHOLAT

Pertanyaan :
Apa yang harus saya lakukan untuk suami saya yang tak mau sholat.. 

Jawaban :
"Kenapa mau nikah sama dia?" "Itulah pak ustadz, saya salah pilih pak ustadz.." "Kenapa Ibu mau nikah sama dia?" "dulu saya setan, dia iblis.. tapi tak baik, sekarang sudah taubat.. saya selalu dengar pengajian ustadz.. laki saya ini tak sembayang" "Yang menasehati laki bukan ibu, tapi Ibu punya wali.. wali ibu ada enam.. Ayah, atuk, abang, adik, pakcik abang ayah, adik ayah.. panggil enam wali ini, panggil suamimu, "Sinii.. Setan sini sebentar.. kau kenapa tak sembayang? kau tak sembayang kami campakkan kau ke sungai Siak" Apa kata dia.."Bapakpun tak sembayang juga.." "itu duluu.. sekarang kami sudah sembayangkan"
Jadi bukan ibu yang menasehati, jangan pulang nanti kemari, "Bang sini sebentar.. Asalamualaikum.." bukan ibu menasehati tapi wali ibu.. panggil dia, kau sebagai laki-laki punya adik perempuan, punya anak perempuan, punya cucu perempuan, punya keponakan perempuan.. panggil suaminya, panggil suaminya, panggil menantu, panggil.. duduk.. Judulnya buat baleho besar-besar, "Mau dibawa kemana hubungan ini?"
"Dulu saya sangka pak ustadz kalau nikah sama dia bahagia, mobilnya mahal, gajinya banyak, gayanya mantap.. ternyata setelah nikah rasa tidur sama babi hutan" tak sembayang.. walaupun hidup seribu tahun kalau tak sembahyang apa gunanya? saya bisa nyanyi itu.. kalau mau saya sudah tiga rekaman keluar

DOA SUPAYA SUAMI MAU SEMBAYANG

Pertanyaan :
Adakah doanya atau ayatnya ustadz biar saya bacakan.. minta doa supaya laki sembayang.. 

Jawaban :
"Yaa Allah, laki ku ini yang macam fir'aun ini bukakkanlah pintu hatinya Ya Allah.. tiupkanlah angin hidayah ke hatinya Ya Allah.. kalau dia tak berubah juga, tiupkanlah angin puting beliung.. biar rata dia dengan tanah.." "Afaaa.. sampai hati kau.." "Tak sembayang abang.." Ibu doa sholat hajat.. "ushali sunatal hajat.." hajatnya supaya laki ini mau sembayang, tapi jangan kuat-kuat .. apalagi pas sholat dimesjid jangan kuat-kuat.. "ushali sunatal hajat laki ku tak sembayang.." sebelahnya, "Eh laki kau tak sembayang ya.."

Sampai kadang saya bosan pak ustadz.. ah tak boleh bosan sama suami, kalau ibu bosan apalagi kami.. jangan bosan, itu sengaja bapak tu dikirim Allah kepada ibu supaya ibu berdakwah.. ibu bukan ustadzah, ibu bukan Lc Ma.. tapi ibu dapat pahala lebih hebat dari pada ustadz yang hebat-hebat itu, kenapa? karena ibu sudah mendakwahi satu orang..
Saya ketemu dengan bapak-bapak pakai jaket kulit, pakai celana jean, baju hantu.. saya tanya, "bapak suka pengajian?" "Yaa" "tak pernah tinggal pengajian pak ustadz.." "gimana ceritanya?" "bini saya pengajian di (Mesjid) An Nur, minta jemput.. "Mas jemput ya?" "Aku nggak mau.." "nanti kalau aku dilarikan supir taxi?" "aa iyalah.." Dijemputnya lah bininya.. lama.. akhirnya dia emosi, marah, di datanginya pintu mesjid mau marah.. di dengarnya ceramah.."Mantaff.." "Saya dengar pak ustadz, penceramahnya hebat.." dalam hati saya, "pasti saya ini.." terus pura-pura saya tanya, "siapa penceramahnya?" "DR Mustafa Umar.." "Ehmm..." "Sejak itu pak ustadz.." Kenapa bapak itu dapat hidayah? karena ISTRI.. makanya betul, "dunia kenikmatan.. sebaik-baik kenikmatan adalah Perempuan yang Sholehah.. "hanya istri sholehah.. hem..hem..hem"

ANAK SAYA DIKASIH UANG OLEH SEPUPU SAYA YANG KERJA DI BANK

Pertanyaan :
Anak saya di kasih uang oleh sepupu saya.. Mantaf tu.. sedang saya tau di bekerja di bank.. aah ini tak mantap? Jadi uang yang dikasihnya tadi bagaimana pak ustadz?

Jawaban :
Ambil balik duit itu, serahkan ke mesjid At Taufiq beli semen.. itu namanya mengembalikan bunga uang umat kepada umat.. "anak saya nangis lah pak ustadz?"  "kasih duitmu gantinya.." "dapat pahala sedekah?" "tak pahala sedekah.. tapi pahala melawan diri dari uang riba" Bapak Ibu beralihlah ke bank syariah. Tiga bank syariah sudah dibangun di Indonesia.. Provinsi.. Bank Aceh syariah, Bank NTB Syariah, tak lama lagi Bank Nagari Syariah kampuang awak nan jaoh di mato Sumatera Barat. Riau.. entahlah? Mudah-mudahan Gubernur baru berani membuat berubah nanti menjadi bank syariah.. Allahu Akbar..

BAGAIMANA CARA PAK USTADZ MENGHAFAL QURAN

Pertanyaan :
Kasih tau caranya pak ustadz menghafal Quran

Jawaban :
Saya tak hafal quran.. yang hafal quran itu adalah qori kita tadi.. hafal quran dia, saya kalau sudah mendengar dia baca quran di RRI.. saya termasuk fans.. suka saya, hafal quran.. suaranya mantap, cuma sayangnya belum nikah.. itu pula dia, beruntunglah bapak ibu yang bisa jadi mertuanya, dia kalau dipejamkannya mata.. nampaknya 30 juz.. kita kalau pejam mata nampak lontong sayur.. hebat hafal quran, 30 juz di kepalanya.. kita juz 30 pun ilang-ilang timbul

KERJA DI MALL SERING LIHAT PEREMPUAN BERPAKAIAN MINIMALIS

Pertanyaan :
Ustadz, saya bekerja di salah satu mall.. setiap hari saya melihat perempuan berpakaian minimalis dan kadang sholat jumat saya kadang tinggal, beri saya nasehat pak ustadz..

Jawaban :
keluar dari situ.. "ustadz ga pernah ke mall?" "Pernah.." "tak kenal orang sama ustadz?" "mana dia kenal, saya pakai topi hitam, kaca mata hitam.. mana dia kenal.." "jadi nampaklah ustadz sama perempuan yang bercelana pendek?" "tak nampak, saya kan pakai kaca mata hitam.. nampak pahanya hitam.." "Di mall itu kadang orang tinggi 170 yang dipakai kain 100 centi, naik keatas, buka bawah.. turun kebawah, buka atas.. rok panjang, resleting belum kepasang.." "ustadz nampak?" "saya tak nengok.. tertampak aja sikit.." 
"Makanya jangan jalan ke mall, cari tempat kerja lain.. tapi kalau tak ada tempat lain, dari pada mati.. aah kerjalah situ, puasa sunnat.. kalau puasa sunnat tak ada syahwat.. nengok itu, tak nampak.. rabun.." "Bro-bro, ada paha.." "tak nampak, aku mau mati aja udah.." puasa sunnat.. Mudah-mudahan kita di tahun 1440 lebih qona'ah, lebih bersyukur pada nikmat Allah.. dijadikan segala kebaikan-kebaikan, ditolak Riau ini dari segala malapetaka, bencana, narkoba, zinah, yang buruk-buruk

Alhamdulilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar