Sabtu, 06 Oktober 2018

Tanya Jawab (Pesantren At Tasniim, Yogyakarta, 22.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Ceramah Ustadz Abdul Somad pada Sesi Tanya Jawab di Pesantren At Tasniim, Yogyakarta, 22.2.2018 - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA





BAGAIMANA AGAR IPTEK  KEMBALI DIKUASAI 
DAN DIKEMBANGKAN UMAT ISLAM

Pertanyaan :
Tokoh-tokoh penemu pengembang teknologi zaman dulu adalah muslim, misalnya matematik Al Jabar, kedokteran Abi Saena.. mohon saran ustadz bagaimana agar iptek dapat kembali dikuasai dan dikembangkan lagi oleh umat islam terutama pada saat ini dalam persaingan global yang semakin terbuka

Jawaban :
Ada dokter hebat ilmu kedokteran tapi nggak pandai baca Al Quran, satu lagi hebat baca Quran tapi nggak paham kedokteran.. dua-duanya masih baik, yang lebih parah sudah nggak dokter nggak bisa baca Quran.. tapi yang paling baik adalah dokter yang pandai baca Quran ngerti sehingga dia yang menjelaskan nanti.. "Kami ciptakan manusia dari sperma yang bercampur dengan sel ovum sel telur.. Kami uji.. Kami jadikan bayi itu bisa mendengar dan bisa melihat.." dia bisa menjelaskan laki-laki itu dicipta dari sel ovum sel telur bersatu dalam rahim, dijadikan Allah pendengaran.. maka diapun mengajarkan ibu-ibu kalau sedang hamil banyak-banyak baca Quran, banyak-banyak sholawatan, banyak-banyak zikir.. karena anak di dalam sudah mendengarkan apa yang ibu baca.. sehingga kalau dokter yang ngomong, ibu-ibu yang hamil jadi yakin. Siapa yang ngomong kultum tadi? Dokter.. Dokternya siapa? Hafal Quran.. maka salah satu cita-cita Tasniim adalah lahirlah kawan-kawan yang hafal Quran sesuai bakatnya.. kalau bakatnya ke agama kirim ke Mesir, nanti ke Madinah, ke Mekah, ke Suriah, Damaskus, negeri Syam.. kalau dia tidak tertarik jadi ustadz, dia maunya jadi medis kirim dia ke Fakultas Kedokteran.. salah satu usaha yang dilakukan Universitas Indonesia.. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.. bagi yang hafal Quran diberikan bea siswa full penuh.. bahkan ada bonus tambahan.. nah itu salah satu memotivasi.. jadi jangan bayangkan untuk apa anak saya hafal Quran.. paling-paling jadi Imam sholat tarawih.. bukan itu maknanya, akan lahir Doktor hafal Quran, akan lahir Insinyur hafal Quran, akan lahir Pengacara hafal Quran.. kalau Pilotnya hafal Quran.. tentu musiknya tak ada musik-musik.. kita naik di pesawat.. bismillahirahmanirohim.. arohman.. rupanya pilotnya perempuan.. sekarang ndak, lagu barat.. dia nggak paham kitapun nggak paham, semua ngangguk.. 

Insya Allah apa yang disampaikan ustadz Somad bukan mimpi.. orang yang tidak pernah bermimpi dia tidak pernah menemukan mimpi menjadi kenyataan.. semua mimpi indah ini akan terwujud 20 tahun lagi, alumni-alumni Tasniim tahfiz Quran akan menjadi pemimpin-pemimpin, menjadi para sarjana-sarjana, akan menjadi Pengacara Lembaga Bantuan Hukum hafal Quran, anggota Legislatif hafal Quran, Bupati hafal Quran.. apa kata ananda kita tadi, "Bapak Ibu tidak usah pikirkan karena ini berat, biarkan kami saja yang melaksanakannya.." Masya  Allah mereka menganggap kita tidak sanggup.. bangga kita, anak-anak kita mengasa mereka lebih sanggup dari kita..

HUKUM PACARAN DALAM ISLAM

Pertanyaan :
Saya mau tanya ustadz, apakah pacaran dalam islam itu boleh? ada tanda senyum "smile" walaupun tidak melakukan apa-apa.. sebaiknya pendekatan berapa lama menyelami untuk tujuan ke jenjang menikah itu pak ustadz?

Jawaban :
Laki-laki sama perempuan berdua-duaan, "kamu duduk di ruang tamu ya, papah sama mamah ada yang mau dibicarakan.." berzinah.. berdua.. zinah mata.. zinah mulut.. zinah hati.. zinah pikiran.. nauzubillah.. oleh sebab itu jangan sampai.. "Jadi gimana pak ustadz?" "ya duduk disitu ibu sama bapak.. laki-laki, perempuan, ibu duduk situ.. Eh ngomong laki-lakinya, "bu kalau ada dua orang yang tidak mahrom, yang ketiga itu setan" Oleh sebab itu musti dipahami yang baik.. Ada seorang psikolog tapi di islami.. bagus.. psikolog islam, psikolog muslim.. apa kata dia? ngomong di radio, saya dengar.. pacaran-pacaran itu bullshit.. omong kosong.. berapa banyak artis-artis lebih banyak pacaran dari pada nikah? Pacaran 5 tahun, nikah cuma 5 bulan.. bohong saja itu semua..

Nabi Musa Alaihis salam ketemu istrinya cuma berapa hari, ga sampai sekian hari.. tapi tau perempuan itu  bahwa ini orang yang amanah, "Oh Ayah, orang yang paling layak kau jadikan pekerjamu adalah orang yang kuat, orang yang amanah.." Apa Syuaib? "Mana orangnya?" "Inilah orang yang kuat dan amanah.." "Kau sudah lama kenal dengan dia?" "Tidak.. baru tadi dari sumur ke rumah.." Perjalanan dari sumur ke rumah dia sudah tau orang ini kuat.. "dari mana kau tau dia kuat?" "tadi kami mau ambil air, sumur itu tertutup batu besar.. bergelinding dari atas bukit.. 30 orang menggeser tidak bisa.. tapi Musa sendirian bisa.. akhirnya ketika itu dia panggil kami dari belakang, "Ladies first.." "Disitu aku tau dia kuat.." "Bagus.. dari mana kau tau dia jujur dan amanah?" "Selesai kami dapat air lalu kamipun berjalan.. aku di depan, musa di belakang. Ketika aku berjalan di depan, datang angin bertiup kencang.. tiba-tiba lekuk tubuhku kelihatan dari belakang.." Musa berkata.."kau ke belakang, aku yang ke depan" "Aku tahu dia amanah.." Begitu perempuan jaman dulu, bertiup angin baru nampak lekuk tubuhnya.. yang sekarang, nggak ada anginpun nampak.. 

Jadi nggak perlu lama-lama kenal orang itu baik atau tidak.. Naah.. nanti Ibu-ibu yang punya anak gadis, kasih tau anaknya.. kalau kau mau menguji calon mantuku.. bawalah dia ke sumur yang ditimpa batu besar.. suruh dia geser.. abis itu kau jalan, ada angin kencang.. kalau di kedepan kau kebelakang, nah itu insya Allah calon mantu.. Ustadz Somad ini anak saya dokter loh ustadz, gadis belum menikah.. Alhamdulillah.. saya mau cari mantu yang sholeh bagaimana caranya pak ustadz? Ajak ketemuan calon mantu itu jam 12 siang hari Jumat.. "Mas.. Mas.. bisa ketemu hari Jumat jam 12?" kalau dia datang nggak usah terima, berarti dia nggak sholat jumat. Akhirnya apa kata calon mantunya..Mohon maaf adinda, aku bisa datang jam 14 setelah sholat jumat.. tapi tes ini sudah tidak bisa dipakai lagi, karena soal sudah bocor.. 

Jangan pacaran-pacaran.. laki-laki.. laki-laki.. kalian adalah durian, perempuan..perempuan..perempuan.. kalian adalah timun.. timun berteman dengan durian nggak pernah untung, diatas sobek dibawah bonyok ancuur.. oleh sebab itu jangan sampai kalian rugi.. Nauzubillah.. pacaran..pacaran..pacaran..pacaran.. masuk angin, yang muntah-muntah siapa? Perempuan.. yang melahirkan siapa? Perempuan.. yang menyusukan anak siapa? Perempuan.. laki-laki mana? carinya yang lain..

LAYAKKAH KITA MENDENGAR CERAMAH
DARI USTADZ MANTAN LGBT?

Pertanyaan :
Ustadz bagaimana hukumnya jika seorang dari LGBT memberikan ceramah karena dia sudah hijrah? terutama dengan jamaah yang belum tau ustadznya LGBT.. jika sudah tau, layak kah kita mendengar ceramahnya?

Jawaban :
Orang yang sudah hijrah.. hijrah itu istilah keren kita sekarang, istilah agamanya taubat.. "tak ada lagi hijrah setelah fathul Mekah" Pembebasan Mekah tahun 8 Hijrah.. tak ada lagi hijrah, maksudnya hijrah tempat nggak ada.. yang dimaksud hijrah ini adalah hijrah dari zinah kepada afaff menjaga diri, hijrah dari LGBT kepada laki-laki perempuan yang normal.. itu maksudnya, bahwa dia punya masa lalu? Yaa.. Apakah LGBT bisa disembuhkan? Bisaa.. Artis Malaysia umur 25 tahun pernah menjadi perempuan, balik lagi menjadi laki-laki.. bisaa.. Oleh sebab itu siapa bilang nggak bisa? Dia mantan narkoba.. bagus.. justru dia yang akan menjadi duta narkoba, karena dia pernah mengalami sakauw, pernah mengalami sakitnya.. maka baik sekali..

Begitu juga dengan mantan LGBT.. bagus.. dia sudah taubat.. lalu dia cerita bagaimana ceritanya dia bisa taubat, bagaimana jihadnya dia.. ini amat sangat baik.. Nah yang sudah taubat.. "Orang yang sudah taubat seperti tak ada dosa sama sekali" Jangan kita ungkit-ungkit lagi masa lalu dia.. siapa yang tak pernah punya masa lalu? Sedangkan Nabi Adam saja berdosa.. nabi Adam, kata Allah.."Jangan kau dekati pohon kuldi ini" Lalu Adam bukan mendekati malah memakan buahnya.. tapi akhirnya dia sadar dan taubat.. dia berdoa.. doanya kita baca pagi, petang, siang dan malam.. "Robana Zolabna anfusana wailam taufirlana watarhamna lalakunan na minal khosirin.." Imam mantan preman, bertato.. tatonya bukan satu dua, dari pergelangan tangan sampai ke leher.. Selesai sholat, makmum masih congkel masa lalunya.. "Kayaknya sholat kita nggak sah nih, masak imamnya pakai tato?" akhirnya bangkit lagi premannya lagi, ditinju makmumnya mati.. dia sudah taubat, jangan congkel-congkel lagi..

BAGAIMANA SAAT KITA SHOLAT SUNNAT ADA 
ORANG YANG IKUT JADI MAKMUM SHOLAT FARDU?

Pertanyaan :
Apa yang harus kita lakukan ketika kita sholat sunnat ba'diayah ternyata ada seorang yang mengikuti kita sebagai makmum untuk sholat fardu dibelakang?

Jawaban :
Usali sunatan zuhri rakataini ba'diyatan lillahi ta'ala.. Allahu Akbar.. mesjid tepi jalan, musafir.. eh sedang sholat sunnat ba'diyah datang dari belakang.. ditepuk bahu kita.. apakah perlu kita kasih tau jangan ikut saya? kuatkan saja takbirmu.. Allahu Akbar (sholat seperti imam).. kalau kau tak kuatkan takbir, gimana dia mau bangkit dari sujud? tak mungkin dia ngintip pula.. kuatkan saja takbirnya.. 

Apakah sah sholat berjamaahnya? Sah.. menurut mahzab Syafi'i.. mahzab Maliki, ndak.. saya di Maroko tak pernah lihat orang tepuk-tepuk bahu karena dalam  mahzab Maliki musti satu paket antara imam dan makmum. Kalau Mahzab Syafi'i ndak, imamnya sholat sunnat makmumnya sholat wajib sah! mana dalilnya? sekarang sedang keren nih, mana dalilnya? mana dalilnya.. padahal kita ceritapun dia tak paham.. Mana dalilnya? Nabi sholat di mesjid dengan Muaz.. Muaz bin Jabbal dengan Nabi sholat.. selesai sholat pulang, Nabi pulang kerumah.. Muaz masih duduk di mesjid, tak beberapa lama datang orang kampung Muaz.. "Muaz.. kamu kan sahabat Nabi dekat dengan Nabi.. kami ingin jadi makmum, sholat sekali lagi Muaz?" Muaz sholat, jadi sholat Isya itu boleh dua kali, sholat Dhuhur boleh dua kali.. sholat yang pertama menggugurkan fardu, sholat yang kedua mencari fadhila.. saat Muaz sholat jadi imam yang kedua, itu sholat nya wajib atau sunnat? Sunnat.. makmumnya sholat wajib.. itulah dalil boleh sholat sunnat, makmumnya wajib.. menurut mahzab Syafi'i. 

Dalil kedua.. Nabi memimpin sholat Khauf.. Nabi di depan, makmum dua baris.. baris pertama jadi makmum, baris kedua memegang tombak dengan anak panah jaga-jaga mana tau ada musuh datang.. selesai sholat, yang shaf pertama mundur kebelakang jadi penjaga, yang shaf kedua maju kedepan.. sholat nya dua kali.. sholat yang pertama Nabi imamnya, sholat yang kedua Nabi juga imamnya.. sholat yang kedua itu imamnya Nabi tapi statusnya sudah (sholat) sunnat, makmumnya (sholat) wajib.. karena makmumnya dua baris, itulah dalil dalam mahzab Syafi'i bahwa imam sholat sunnat makmum sholat wajib sah.. tidak ada orang yang mengatakan tidak sah, dia tidak ikut mahzab Syafi'i

HUKUM MINTA RUQYAH

Pertanyaan :
Hukum minta Ruqyah

Jawaban :
Ada orang takut minta ruqyah, karena katanya nanti kalau dia minta ruqyah nanti tidak termasuk 70 ribu umat yang bebas dari hisab.. bukan itu maknanya, karena makna minta ruqyah itu ada tiga.. 
pertama, dia meyakini ruqyah itu yang menyembuhkan dia.. itu yang nggak boleh.. kedua, dia meyakini orang yang meruqyah itu yang menyembuhkan dia.. itu nggak boleh, maka seandainya saya yang meruqyah, saya mesti katakan, "kamu sembuh bukan karena saya, tapi karena Allah.. Yang ketiga ruqyah syirkiyah.. Ruqyah ada dua, satu ruqyah syar'iah sesuai tuntunan syar'i.. ada ruqyah syirkiyah, mengandung unsur syirik.. casingnya ruqyah, isinya dukun.. Ruduk namanya.. ruqyah dukuniyah.. nauzubillah.. oleh sebab itu maka ini.. kalau selamat dari yang tiga, tidak meyakini ruqyah menyembuhkan, bukan oran yang meruqyah dan bukan ruqyah syirkiyah.. minta ruqyah boleh.. dibenarkan..

Rasa sakit berobat ke medis, tak ada perubahan minta ruqyah.. dibacakan.. ada sahabat, istrinya tidak hamil selama tujuh tahun.. setelah dibacakan ayat-ayat ruqyah.. hamil.. kenapa? rupanya Jin menghalangi pertemuan sperma dan sel ovum.. pas dia mau ketemu, dipisah sama dia.. akhirnya setelah di ruqyah dibacakan.. kabur Jinnya, hamil bisa.. malah doremi.. lahir anaknya do re mi fa sol la si do banyak.. Lalu kemudian ada juga, ini yang cerita sahabat saya ketua ARSI .. Asosiasi Ruqyah Syar'iah  Indonesia.. apa kata dia, "Bencong.." ketika di ruqyah ternyata yang masuk Jin LGBT.. setelah diruqyah sembuh sehat.. diganggu sama Jin.."Apaa..(mentel..)" setelah diruqyah.. "APAA? (galak)" katanya.. keluar Jin bencong..

Jadi nanti dibuat ruqyah massal.. kumpulkan semua LGBT-LGBT nah ruqyah rame-rame.. insya Allah sehat mereka semua..

APA MAKSUD HADITS "Andai dunia itu sama seperti sayap nyamuk disisi Allah maka pasti dia tidak akan memberi sebagiannya pada orang kafir meskipun hanya seteguk air"

Pertanyaan :
Apa maksud hadits menyatakan, "Andai dunia itu sama seperti sayap nyamuk disisi Allah maka pasti dia tidak akan memberi sebagiannya pada orang kafir meskipun hanya seteguk air"

Jawaban :
Dunia ini lebih hina dari pada sayap nyamuk.. nyamuk aja hina.. orang dulu ngejek, ngapain Allah menciptakan nyamuk, dibantah Allah.. "Allah tidak malu menciptakan mahluk sekecil nyamuk atau yang lebih kecil daripada nyamuk" Alhamdulillah.. gara-gara nyamuklah ada pengusaha kaya.. pengusaha apa? Obat nyamuk.. apa namanya? ga boleh disebut, nanti iklan.. dari mulai oles sampai macam-macam.. gara-gara nyamuk.. sampai ada yang elektrik pakai suara saja.. ternyata ada suara, kalau pakai olesan bau.. kalau pakai asap bisa kena sakit sesak nafas.. pakai suara saja, dengan suara itu katanya dengan suara elektromagnetik itu nyamuk menjauh.. apa kira-kira bunyinya, "nyamuk jangan masuk.. nyamuk jangan masuk.. nyamuk jangan masuk.. " bayangkan orang menemukan itu gara-gara apa? nyamuk..

Andai dunia ini sama seperti sayap nyamuk disisi Allah.. hina, rendah, kecil.. andai hina maka pasti dia tidak akan memberi sebagiannya pada orang kafir.. andai sehina itupun, tak layak (diberikan) kepada orang kafir.. kenapa? karena orang kafir ka fa ro.. menutupi nikmat Allah Subhana wa ta'ala walaupun hanya seteguk air.. nikmat yang paling rendah seteguk air.. diatas seteguk air (adalah) seteguk capucino.. diatasnya lagi.. seteguk susu kuda liar.. diatasnya lagi.. sesuap nasi.. diatasnya lagi.. walaupun seteguk air tak layak diberikan kepada orang kafir, kenapa.. karena dia menutupi nikmat Allah Subhana wa ta'ala.. "Andai dunia itu sama seperti sayap nyamuk disisi Allah maka pasti dia tidak akan memberi sebagiannya pada orang kafir meskipun hanya seteguk air" 

Lalu kenapa orang kafir yang tidak sholat tidak beriman rejekinya melimpah ruah, rumahnya besar, mobilnya besar padahal dia tidak beribadah.. itulah rahasia Bismillahirohmanirohim.. (Jika dibacakan) Bismillahirohman.. semuanya dapat, yang kafir dapat yang berimanpun dapat.. tapi ada dua.. rohiim.. hanya orang beriman saja.. mudah-mudahan kita termasuk golongan Arrahim insya Allah Aamiin Ya robbal Alaamiin


APA BOLEH SYARAT MAHAR ITU BERUPA KETENTUAN JIKA LAKI-LAKI TSB BERNIAT NIKAH LAGI, WANITA TERSEBUT DICERAIKANNYA

Pertanyaan :
Asalamualaikum warah matullahi wa barakatuh Tuan Guru Ustadz Abdul Somad Lc MA Datuk Sri Ulama Setia Negara.. Owh ini sudah update nama baru.. Apa diperbolehkan seorang wanita minta syarat mahar kepada laki-laki yang akan menikahinya apabila laki-laki tersebut berniat akan menikahi wanita yang dicerai tersebut.. Owh.. panjang..sebentar.. Apa boleh seorang wanita.. Iyaa..  minta syarat mahar kepada laki-laki yang akan menikahinya, apabila laki-laki tersebut berniat untuk menikah kembali.. wanita tersebut diceraikannya?

Jawaban :
Owhh.. Gak Boleh.. "Mas.. nikah dengan aku ya?" "Iyaa.." "Tapi kalau kau nikah lagi, ceraikan aku!" Nikah bersyarat.. syaratnya itu bathil.. kenapa? karena syaratnya itu mengharamkan hal yang dihalalkan Allah Subhana wa ta'ala.. Kalau kau tak mau dimadu, bukan begitu caranya.. Jadi bagaimana caranya? "Mas.. nikah dengan aku ya?" "Iyaa.." "Tapi kalau kau macam-macam kau mati ya?" gituin aja.. aah.. tapi ternyata setelah itu dia nikah lagi nggak mati, berarti dia nggak macam-macam.. berarti Allah ridho.. Jadi jangan kita ni merasa lebih hebat dari Allah  Subhana wa ta'ala. 

Ada laki-laki yang tak bisa berpindah ke lain hati, jenius.. super jenius.. kalah orang Jerman, siapa dia? Burhanudin Yusuf Habibie .. setelah Ainun meninggal dunia, Habibie seperti.. maaf cakap.. Nauzubillah.. sampai datang psikiater untuk menuliskan.. "coba bapak tulis bagaimana sejarah .."  karena pikiran terus berkata, maka dia menuliskan tetap setiap hari jumat dia ziarah ke makam Ainun.. Masya Allah.. saya pun ketika menonton "Ainun Habibie" hampir saya menangis.. cengeng sekali ustadz, bukan karena ceritanya.. lama betul film itu baru selesai..
Oleh sebab itu tidak setiap laki-laki itu bawaannya mau berbini dua, ada yang tidak bisa berpindah ke lain hati 

MENYIKAPI MAJELIS TAKLIM YANG MUDAH MEMBID'AHKAN 
DAN MENGKAFIRKAN SESAMA MUSLIM

Pertanyaan :
Saat ini banyak Majelis taklim memberikan kajian-kajian agama tapi dengan mudah membid'ahkan dan mengkafirkan sesama islam, solusi menghadapi untuk menyikapi orang seperti ini sebaiknya bagaimana pak ustadz?

Jawaban :
Maka ustadz-ustadz menyampaikan pilih empat mahzab.. ustadz katanya perbuatan ini bid'ah, maka ustadz menjelaskan.. masalah ini nggak bid'ah.. menurut imam ini.. Hanafi bid'ah.. menurut imam ini tidak bid'ah.. Ustadz, katanya pakai ushali itu bid'ah? Ushali fardhal magribi tsalasa raka'atin..  bid'ah!  Memang betul itu bid'ah tapi itu menurut mahzab Maliki, tapi kalau orangnya was-wassa ngak bid'ah.. karena untuk menolak was-wassa.. sedangkan menurut mahzab Syafi'i boleh, dianjurkan untuk menguatkan hati.. maka selalu saya anjurkan ajarkan fikih empat mahzab.. man hajuna man hajul bayan.. begitu kami diajarkan di Al Azhar dulu, guru-guru kami tidak mengajarkan satu mahzab.. begini menurut Hanafi, begini menurut Maliki, begini menurut Syafi'i, begini menurut Hambali.. jadi dengan itu kita keluar dari kotak kecil, jangan sampai kita masuk ke kotak kecil, lalu kita merasa sempit.. disempitkan oleh orang lain.. Nauzubillah

AMALAN UNTUK CEPAT DAPAT KETURUNAN

Pertanyaan :
Amalan apa yang bisa dilakukan agar lekas mendapat keturunan?

Jawaban :
Nikah dulu.. iyaa.. kalau ada yang nanya, "Ustadz Somad, saya umur sudah 35 tahun belum punya anak.. apa doanya?" "Kau sudah nikah?" "Belum.." "Nikah dulu.." Sudah nikah berusahalah.. aah berdoa kepada Allah Subhana wata'ala.. berapa lama Nabi Ibrahim berdoa? 86 tahun. Bapak Ibu bayangkan tu 86 tahun ..ketika lahir Ismail, umur Ibrahim 86 tahun, tapi Allah mau tunjukkan, "AKU kuasa mengasih kau anak, Ibrahim" mana contohnya? "Istrimu yang sudah di vonis mandul, tua, nggak akan mungkin punya anak.. Sarah.. apa yang terjadi? 13 tahun setelah itu, 13 tahun umur Ismail.. lahir Ishaq dari rahim perempuan yang sudah di vonis tua mandul..  mudah bagi Allah.. "Inama Amruhu Idza Arada Sya'ian An Yaqula Lahu Kun Fayakun" Allah hanya ingin menguji di hati Ibrahim, Allah hanya ingin menguji hati Sarah, Allah hanya ingin menguji hati Hajar.. ternyata mereka orang-orang yang lulus dengan ujian Allah..

"Ustadz Somad, saya belum punya anak.." "sudah berapa lama menikah?" "Tiga tahun.." "Nabi Ibrahim 86 tahun.." "Jadi gimana ustadz?" "tunggulah 56 (tahun lagi)" bukan begitu maksudnya.. usaha.. ada yang mengatakan harus makan kurma muda, aah makan.. diblender katanya, aah blender.. sedot.. makan ini, makan.. doa.. selama halal.. minum kamput, jangan.. oleh sebab itu yang halal-halal.. tawasul, baca surah Yasin.."kalau dibacakan pada perkara yang sulit susah .. Allah memudahkannya," begitu kata Imam Ibnu Katsir dalam tafsir Al Quran al Adzim.. Malam tahajud, sholat hajat dua rakaat.. hajatnya ingin punya anak, ushali sunatal hajat.. nggak perlu disebut di mulut, di dalam hati aja, ushali sunatal hajat.. nggak perlu ushali sunatal hajat ingin punya anak ganteng putih jangan seperti suamiku ini hitam Ya Allah.. Allahu Akbar.. aah minta pada Allah Subhana Wata'ala.. sujud terakhir minta, jangan dilafazkan dimulut.. didalam hati saja.. Ya Allah.. tolong aku Ya Allah.. segeralah aku punya anak Ya Allah.. soalnya suami sudah ngancam-ngancam ni katanya kalau nggak juga sampai Desember ni, aku buka cabang ni katanya.. abis tu baca Yasin, selesai baca Yasin.. tawasul.. Ya Allah dengan kemuliaan surah Yasin ini maka mudahkanlah rejeki kami untuk mendapatkan anak, Ya Allah


SAH KAH SHOLAT WANITA JIKA PUNGGUNG
TELAPAK TANGANNYA KELIHATAN?

Pertanyaan :
Batasan aurat wanita seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, kalau begitu ketika sholat tidak memakai mukena pastinya punggung telapak tangan kelihatan.. apakah sudah sah sholatnya pak Ustadz?

Jawaban :
Sebagian mahzab mengatakan sah, diantaranya mahzab Hambali.. makanya orang di Mekah itu coba tengok sholat, tak ada pakai mukena.. orang yang paling rapi sholatnya orang Asia Tenggara.. Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam, Thailand Pattani Selatan dan Singapur.. nah itu lengkap, karena tangannya di dalam, mukenanya panjang.. mukena itu panjang menutupi tangan.. Allahu Akbar.. yang paling afdol.. tapi orang-orang lain ndak, dia pakai cela.. Allahu Akbar.. nampak tangannya.. kalau menurut mahzab Hambali, Sah.. tapi saya dalam masalah hukum, ketat.. karena kata Imam Ahmad bin Hambal. "Kalau kami bicara tentang hukum, kami keras" Maka selalu saya sampaikan, tutup.. tutup.. kalaupun pakai jilbab, pakai jilbab panjang.. jangan nanti dia sholat pakai celana Jin sempit, pakai baju biasa lengan panjang.. pas ditanya, kenapa? "kata ustadz Somad, sah kok" Owh jangan itu jadi alasan.. bawa mukena.. mukena.. bagus..


APA BEDA BIKHUMURIHINNA DENGAN JALABIBIHINA DALAM MEMAKAI JILBAB

Pertanyaan :
Apa beda Bikhumurihinna na dengan jalabibihinna

Jawaban :
Kain yang menutup kepala namanya qhimar, jamaknya qhumur.. ibu punya kain pendek terus nutup kepala.. jangan di foto.. banyak saya punya contoh, difoto dimasukkan youtube.. kain yang menutup kepala saja itu namanya qhimar.. ibu di dalam tu ada kain.. kain yang tipis menutup kepala namanya khimar.. Sedangkan kain yang dari ujung rambut ke ujung kaki itu namanya jalabib, bentuk tunggalnya jilbab.. pertama pakai qhimar dulu di dalam.. qhi pakai qho .. qhimar.. kalau tidak pakai qhi ha himar keledai.. qhimar pakai kain penutup kepala, setelah itu baru pakai jalabib.. jalabib  kain panjang yang menutup dari ujung kepala sampai ke ujung kaki.. abaya ditutupnya gini (keleher) pegang.. tutup.. orang-orang Saudi dulu.. 

Substansinya adalah menutup aurat menghilangkan bentuk.. kalau pakai kain panjang pasti bentuk (tubuh) nya hilang, sekarang banyak orang menutup tapi bentuknya tak hilang.. seperti kain plastik menutup apel, transparan dan sempit.. sampai menjerit paha itu.. tolooong.. itu tidak qhimar, tidak jalabib namanya..


APA MAKSUD HADITS "Pemimpin para syuhada adalah Hamzah, dan seorang yang berdiri menghadap pemimpin yang dzolim melakukan amar makruf nahi munkar kepadanya, lalu penguasa itu pun membunuhnya.. jihad yang paling mulia yang benar ditujukan pada penguasa yang dzolim"

Pertanyaan :
Pemimpin para syuhada adalah Hamzah, dan seorang yang berdiri menghadap pemimpin yang dzolim melakukan amar makruf nahi munkar kepadanya, lalu penguasa itu pun membunuhnya.. jihad yang paling mulia yang benar ditujukan pada penguasa yang dzolim, bagai mana penjelasan hadits ini pak ustadz?

Jawaban :
Mati syahid Hamzah, kenapa? Hamzah luar biasa muftilah bihi, saya baca biografi Hamzah muftilah bihi.. apalah arti muftilah bihi? saya buka kamu maulid, muftilah bihi mutilation.. telinganya digunting, hidungnya dipotong.. ditusuk pakai benang paku dijadikan mereka liontin buah rantai, bajunya disobek jantungnya dibelah.. dikunyah oleh Hindun hidup-hidup.. itu Hamzah, maka siapa yang paling hebat? Hamzah.. siapa lagi? seorang yang berani menghadap pemimpin yang dzolim dan dia berkata, "pak.. bapak dzolim pak.. adillah kepada Allah" ustadz Somad berani? Ndak.. saya tak berani.. ndak gitu saja sudah dibully, apalagi sudah begitu.. sindir-sindir sikit saja sudah kena..

Jihad yang paling mulia ucapan, "khoirul haq inda sultoni jair.." mengatakan yang haq di depan penguasa yang dzolim "Pak.. bapak dzolim, hati-hati takut pada Allah"

APA MAKSUD KHILAFAH SEBAGAI TAJUL FURUDH?

Pertanyaan :
Saya pernah mendengar khilafah sebagai tajul furudh,, maksudnya bagaimana ya pak ustadz?

Jawaban :
Taj mahkota, furudh wajib.. sholat wajib, puasa wajib, zakat wajib.. tapi ada mahkotanya? pakai baju wajib, pakai celana wajib.. tapi ada mahkotanya? Kenapa kepemimpinan islam, politik islam disebut sebagai mahkota? kita bisa sholat karena politik islam.. andai pemimpin kita tidak islam, nggak mungkin saya bisa ceramah sekarang.. makanya dulu di India nggak bisa tablig akbar seperti ini.. orang di India harus dari rumah ke rumah, maka jamaah tablig, Maulana Ilyas Zakaria Kadahlawi dari rumah kerumah, kalau tablig akbar seperti ini datang Sanjai dutt, Amitha Bachan.. ngamuk semua.. nggak boleh.. 

Makanya politik islam disebut sebagai tajul furudh.. mahkota dari kewajiban adalah menegakkan politik islam .. 2018-2019 gunakan suara untuk memilih pemimpin yang paling islami.. ada calon tiga, mana yang paling islam.. pilih.. mendekati.. ambil paku, coblos.. "saya hamba Allah dengan ini memilih orang yang paling memuliakan agama Islam" Kalau orang islam tidak peduli pada politik, akan dipimpin oleh politisi yang nggak peduli kepada Islam.. Allahu Akbar..

Alhamdulillah..


IG @sabyanmedia

#ustadzabdulsomad 
#ceramahustadsomad
#ceramahustadsomadMP3
#downloadceramahustadsomad
#ceramahustadzabdulsomadMP3
#ustadsomad #sabyanmedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar