Jumat, 17 Agustus 2018

Tanya Jawab Palangkaraya (Masjid Raya Darussalam, 26.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA


Tanya Jawab Palangkaraya (Masjid Raya Darussalam, 26.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA




Pertanyaan :.

Bagaimana hukum seorang nyogok jadi pegawai dengan jalan harapan apakah gaji yang dia dapatkan halal atau haram?

Jawaban :.

Nyogok terbagi dua, ada nyogok konvensional ada nyogok syariah. (contoh dalam kasus) Penerimaan guru syaratnya tiga.. Sudah menghonor lima tahun, ljazahnya FKIP, IP 3,7.. Tiba-tiba datang dia (dan ditanya), "kau sudah menghonor berapa tahun?" "lima" "kau ijazah dari mana?" "FKIP" "nilaimu berapa?" "3,7" Lalu apa kata pegawai? "wani piro?" Maka saat dia membayar itu boleh, karena dia sedang mengambil haknya. Kalau dia tidak ambil itu akan diambil oleh orang lain.. Maka boleh dia ambil (karena) itu hak dia. 

Itu sama artinya jam tangan saya hilang lalu kemudian dipegang orang, lalu saya bilang, "itu jam saya, itu ada tandanya dibekalang" pas saya mau ambil, (dia bilang) "kau berani bayar berapa?" itu saya tak dosa karena saya sedang mengambil hak saya.

Adapun yang haram itu, datang orang bawa map (dan ditanya) "kamu sudah menghonor barapa lama?" "baru satu tahun" "IP mu berapa?" "2,0" "ijasahmu apa?" "Tehnik Sipil" sogok 100 juta lulus dia.. Nah ini Haram, gajinya haram, SPPD nya haram, uang tunjangannya haram, uang sipak uang sikut uang sundulnya haram, makan haram.. makan haram.. solusinya apa? Resign (mengundurkan diri)


Pertanyaan :.

Ustadz bagaimana cara berbakti kepada orang tua saat jauh dari mereka?

Jawaban :.

Kau kan punya duit, kirim transfer cari satu orang yang membantu setrika baju dia, memasak dia, buat karena kau jauh tak bisa dekat.. (misal) kebetulan PNS yang ditempatkan yang jauh. cari satu orang yang amanah menjaga dia, kau jaga ibu, kau kirim makanan, kau telpon dia tengah malam, subuh, "apa kabar Mak, sehat Mak?" 

Jangan sampai dia pergi ke service HP, dia tanya tukang HP, kenapa HP ku ini tidak berbunyi rusak apanya?” Lalu kata tukang HP, “lni HP tidak rusak, anakmu saja yang sudah rusak karena tidak ingat dengan engkau


Pertanyaan :.

Ditengah masyarakat kita banyak pasangan suami istri beda agama, muslim dan non muslim, bagaimana status mereka menurut hukum islam, bagaimana sikap kita terhadap mereka atas status berbeda tersebut?

Jawaban :.

Jangan kau nikahkan anak gadismu kepada laki-laki non muslim sampai dia beriman, laki-laki yang beriman lebih baik walaupun dia budak hamba sahaya, daripada non muslim walaupun kaya, walaupun ganteng, walaupun mengagumimu. Begitu juga sebaliknya laki-laki jangan kau nikahi perempuan kalau berbeda keyakinan..

Masalah bertetangga silahkan, masalah satu kantor.. sentuh hatinya dengan akhlakmu. Islam tidak pernah mengajarkan cabut pedang pancung kepalanya.. itu bukan ajaran islam. Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pindah dari Mekah ke Madinah, guide penunjuk jalannya namanya ibnu Uraiqit (seorang) non muslim, sepakat semua ahli sejarah. Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam meninggal, baju besinya digadaikan kepada non muslim, sepakat semua ahli sejarah, Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tinggal di Madinah bertetangga dengan Non muslim, sepakat semua sejarah, bahkan ada yang masuk islam karena kelembutan hati Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.. di ejek, disiram dengan kencing unta, dilempar dengan batu.. tapi ketika sakit dia yang mengunjungi.

"Ya Muhammad, saudaraku banyak tapi saat sakit kaulah saudaraku, maka saksikanlah, Asyhadu an laa illaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarasullah" sentuhlah dengan ahlakmu, rangkullah dengan budi pekertimu..

Tapi kalau sudah masalah keyakinan, masalah akidah tak ada tawar menawar.. walaa anaa 'aabidun maa 'abadtum, walaa antum 'aabiduuna maa a'budu, lakum diinukum waliya diini (Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah, untukmu agamamu dan untukkulah agamaku)


Pertanyaan :.

Ustadz saya senang, tahun yang lalu menghimbau agar ASN masyarakat Kalteng sholat berjamaah di mesjid terdekat, Alhamdulillah disambut baik. Bagaimana cara memotivasi masyarakat muslim agar dapat berjamah di masjid

Jawaban :.

Saya tadi tidak ada singgung tentang berjamah di mesjid, kenapa? karena orang sudah seramai ini.. entah tiap hari begini wallahualam? Bagaimana caranya, kenapa ketika ada ustadz ramai? berarti begini harus terus diadakan tiap bulan.

Bulan depan akan datang ustadz spesialis masalah hati, "jagalah hati jangan engkau sakiti.." Aa Gym, bulan berikutnya ustadz spesialis zikir. "subhanallah walhamdulillah wala illaha illalah walahu akbar" ustadz Arifin Ilham. Bulan berikutnya panggil lagi ustadz spesialis masalah Shodaqoh, "siapa yang dililit hutang.. Shodaqoh, siapa yang hidupnya susah.. Shodaqoh.." ustadz Yusuf Mansur, yang sekarang sudah pindah ke pay trend?

Maka berjamaah ini harus terus, ini bulanan tapi ada (yang) harian.. Maka sholat berjamah, apa kata Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "mereka yang sholat dirumah jangan sholat dirumah kalau mereka tetap sholat dirumah akan kubakar rumah mereka kalau mereka tetap sholat dirumah" Bertambah hotspot titik api di Kalimantan Tengah, jangan sampai tetap sholat dirumah, laki-laki yang sholeh sholat di mesjid, laki-laki yang sholat di rumah laki-laki sholehah..


Pertanyaan :.

Apa yang dimaksud dengan Tareqat?

Jawaban :.

Tariqa = jalan, toriqat = metode/cara, iqro quran = baca quran, cara baca qurannya bagaimana? kami di Sumatera dulu zaman saya cara baca quran alif "a" alif dibawah "i" alif didepan "u" dibaca aiu, jaman sekarang.. jaman anak saya (belajar) al qurannya beda.

Begitu juga dengan zikir.. Zikirlah.. bagaimana caranya? datanglah ulama beritijihad dia kumpulkan wirid-wirid, hizib-hizib, zikir-zikir, dapat ilham dapat sanad, namanya Syekh Abdul Qadir Al Jaelani makanya disebut tareqat qodiriyah, datang lagi Syekh Bahauddin An-Naqsabandi tarekat Naqsyabandiah, datang lagi Syekh Abdullah as-Syattar tarekat Syattariyah, ada satu orang menjaga Imam mesjid Nabawi namanya Syekh Saman tarekat Samaniyah, ada lagi namanya tarekat Bulhamiyah. 

Makanya ketua Tarekat se-Indonesia ini namanya Habib Lutfi bin Yahya dari Pekalongan namanya JATMAN (Jam'iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah) Jadi tareqat itu ada syaratnya.. harus bersilsilah, syekh Mursyidnya harus ikut Syar'i supaya jangan sampai ikut tareqat yang sudah keluar dari Al Quran dan Sunnah.

Apa Hukumnya ikut tareqat? Orang ikut cara berdzikir, cara datang ke Mesjid.. ada yang datang naik motor.. sampai, ada yang datang naik mobil.. sampai, dia tidak datang naik motor tidak datang naik mobil.. sampai juga dia naik helikopter.. sampai juga.. itu cara.


Pertanyaan :.

Bagaimana sebenarnya dahsyatnya dosa dari riba? 10 tahun sebelumnya saya bekerja di pembiayaan kendaraan leasing suatu ketika selepas sholat ada..bla..bla

Jawaban :.  

Riba..
1. Orang yang mati makan riba bangkit dari kubur seperti kerasukan setan, nanti kalau kita bangkit dari kubur hari kiamat melihat ada orang seperti kerasukan setan, haa ..dia makan riba ni.. Habis itu dia nunjuk kita, kau lebih dahsyat lagi.”
2. Duit riba dibawa ke Mekah,  Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni'mata laka wa al mulk la syarika laka, Apa kata malaikat.. "kau tidak dapat haji Mabrur karena kau berangkat dengan uang riba uang haram."
3. Uang riba dibawa kerumah, istri beli beras.. masuk rice cooker menjadi nasi.. disuap, habis itu dia berdoa, doanya tak dikabulkan.. Mengapa? Karena makanannya haram (dari riba), Oh kalau begitu kita belikan teh botol aja.. minumannya haram, Oh kalau begitu kita belikan baju saja.. pakaiannya haram, Oh kalau begitu kita sedekahkan saja?
4. Sedekahnya tak diterima, santuni anak yatim..(tak diterima) Allah Maha Suci, Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak menerima kecuali yang suci-suci saja
5. Zina dosanya besar, tapi ada yang lebih hebat dari 36 pintu zina.. apa itu? Riba (dosanya) seperti orang yang datang.. maaf..maaf.. tidak layak saya ucapkan, tapi ini hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, seperti orang yang datang berhubungan kelamin zina dengan ibu kandungnya sendiriNauzubillah.. maka jangan pernah ada riba diantara kita..


Pertanyaan :.

Apa hubungan ustadz dengan Syekh Muhammad Arsyad al Banjari?

Jawaban :.  

Saya pengagumnya, saya muhibbi-nya, saya pecintanya.. mudah-mudahan dengan mencintai ulama saya bisa berjumpa dengan Syekh Muhammad Arsyad al Banjari dalam surga Allah.. Aamiin.. Andai saya masuk neraka mudah-mudahan Syekh Muhammad Arsyad al Banjari datang mencari saya memberikan syafa-at kepada saya.. Aamiin.. syafa’at orang-orang sholeh.
Kenapa ustadz kagum dengan dia?

-     Raja Banjar mengirim dia ke Mekah Al Karomah belajar agama Islam, lalu dia tulis kitab namanya Sabilal Muhtadin. Orang Banjar di Kalimantan Selatan kagum dengan Datu Kelampaian ini maka mereka membuat satu mesjid besar mengenang kitabnya itulah Mesjid Sabilal Muhtadin.

-     Jalan bagi orang yang mencapai hidayah, ada orang Banjar yang sangat kagum dengan kitab ini, dia teliti kitab ini di UKM University Kebangsaan Malaysia akhirnya mendapat gelar Doktor Phd.. Doctor of Philosophy dalam bidang Fakulty Pengajian Islam karena meneliti kitab Syekh Muhammad Arsyad al Banjari, tapi bukunya terlalu tebal orang Melayu susah membacanya akhirnya diringkas kecil menjadi Perukunan Melayu. Ibu saya, Nenek saya tau sholat, tau puasa mereka membaca kitab Perukunan Melayu. Datuk saya Syekh Abdul Rohman mengajarkan kitab Sabilal Muhtadin kepada murid-muridnya. Maka ini (Beliau adalah) ulama besar mudah-mudahan anak cucu kita bisa mewarisi ilmunya Insya Allah


Pertanyaan :.

Bagaimana hukum makan minum bekas piring cangkir non muslim?

Jawaban :.

Mereka (non muslim) bukan najis.. jangan kalau kita minum sama kawan kita non muslim, selesai dia minum lalu gelasnya itu kita sama'? yang di sama' itu bekas anjing sama bekas babi, sedangkan bekas non muslim tidak, kalau ada anjing yang menjilat bekas air kamu maka tumpahkan airnya setelah itu dibasuh tujuh kali dengan air, salah satunya dengan air bercampur tanah.

Adapun makan minum bekas non muslim maka tidak disama'. Adapun dia disama' bukan karena bekas mulutnya tapi makanannya.. misalnya dia makan sate B1 B2 atau sop atau soto.. Makanya sekarang kita menjaga kerukunan antar umat beragama.. kalau ditempat saya (non muslim) nikahnya di hotel.. “Ustadz Somad teman saya sekantor non muslim boleh kami acara hadir acara pernikahan anaknya? “Boleh.. “Dimana dia diadakan? dihotel.. Nanti sebelah kanan buat moslem food, yang sebelah kiri non muslim food. Nanti datang pesta disini ucapkan selamat menempuh hidup baru ya.. doanya itu, jangan pula, "Baraka Allahu Lakuma Wa Baraka alikuma" itu untuk muslim. 

Makannya dimana? di Moslim Food.. abis itu pulang.. Eh salah satu habis makan moslim food mampir dia ke non moslim food, kau kenapa disana, itu makanan kawan kita bukan makanan kita" "Nggak papa pak ustadz kuahnya dikit.." Nggak bisa (seperti itu)..


Pertanyaan :.

Bolehkah membangun kamar mandi di dalam kamar tidur?

Jawaban :.

Gimana mau tidur? Ni kamar tidur.. lalu kalau kuatir keluar paya dibuat dinding.. lalu dibuat disitu kamar mandi ya ga papa.. Ada dindingnya ada tutupnya.. Jangan disitu tempat mandi, disitu (pula) tempat tidur.. ini orang terlalu eksotis, apalagi kalau sampai dibuatnya kolam renang disitu.. takutnya lupa jatuh masuk mati..


Pertanyaan :.

Bisakah kita mendoakan kedua orang tua yang hakikatnya saya belum tahu pasti agama kedua orang tua saya islam atau atau tidak islam?

Jawaban :.  

Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mendoakan non muslim, mana doanya? "Allahuma dihkaumi fa inahum layalamun.. Berikan hidayah kepada keluargaku karena mereka berbuat jahat karena tak tahu"

Doa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam kepada penduduk Thaif, "mudah-mudahan dari tulang sulbi mereka dari rahim mereka keluar anak cucu yang tidak mempersekutu kan Engkau"  ltu dalil boleh mendoakan saudara non muslim, kalau sudah meninggal dunia tidak boleh di doakan.. cukup serahkan kepada Allah.. “lni hambamu Ya Allah maka kuserahkan keputusan kepada Engkau saja


Pertanyaan :.

Adakan zaman Nabi, sahabat, tabi'in melaksanakan tahlilan terhadap mayat 3, 7, 40, 100 hari?

Jawaban :.

Abu Hurairah sebelum tidur malam maka dia memetik tali yang dia simpul 2000 simpul setelah itu barulah ia tidur malam dan berzikir subahanallah..subhanallah.. sebanyak 2000 kali, itu tak pernah dilakukan Nabi.

Jadi jangan pertanyaannya pernah ga dilakukan Nabi? Pernah ga dilakukan Nabi? Abdul Rahman bin Auf kalau dia masuk rumah dia baca ayat kursi di empat pojok, buka dalam kitab A'lam an-Nubala ditulis Imam Ath-Thahabi tak pernah dilakukan Nabi. Tujuh hari, Empat puluh hari buat kenduri bagi makanan kirim doa tidak dilakukan Nabi, tidak dilakukan Abu Bakan, Umar, Usman, Ali, sahabat Nabi.. tapi ada dalam fatwa tabi'in.. Namanya Imam Atho, Kata Imam Atho.. ulama dari kalangan Tabi'in, "orang yang meninggal dunia maka dia diuji dikuburnya selama 7 sampai 40 hari, maka dianjurkan bersedekah dan berkirim doa. Andai saya mati keluarga saya akan bersedekah selama 40 hari, pergi kepanti jompo, panti yatim berikan makanan terus..

Ya Rasulullah, Emakku mati apa aku boleh bersedekah?" kata Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Bersedekahlah engkau" Sedekah apa yang paling afdol? Memberi air minum. “Pernah kau beri air mimun? “Ga pernah.. “Pernah kau kasih air minum botol? “Ga pernah.. “Lalu kau sedekah apa? Sumur bor.. Mantap!

Tapi jangan sampai gara-gara tradisi ini yang miskin yang susah sampai ngutang bubur kacang ijo, sudah jatuh ditimpa tangga diterkam kucing.. maka kita pesan ke dia, "pak kami tau bapak tak mampu, istrimu meninggal dunia maka kamu jangan ngutang-ngutang, kami yang akan bawakan makanan. Karena kata Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Jafar sudah mati meninggal buatkan makanan untuk keluarganya karena dia sedang susah"

Tapi bagi yang kaya, kebun sawitnya lebar, ada tambak udangnya, ada tambang batubaranya, dia mau bersedekah.. Silahkan.. yang takut makan ada sambutan dari ahli waris, "Bapak ibu sekalian ini makanan yang ada ini bukan harta hutang, bukan pinjaman, bukan warisan bapak kami, ini murni sedekah saya, anak yang kaya.. apa kalian tak tahu saya kaya?


Pertanyaan :.

Bagaimana agar dapat merubah diri agar menjadi seorang wanita yang istiqomah dalam menjaga pandangan, menjaga hati dan pikiran sebab saya seorang mualaf sering mengikuti ceramah-ceramah ustadz saya ingin belajar

Jawaban :.

Mudah-mudahan saudari kita istiqomah,
-  Pertama Saudariku engkau bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena engkau lebih mulia daripada orang yang ceramahnya kau tonton (yaitu) Abdul Somad. Abdul Somad ini umurnya 40, walaupun beberapa (kawan di) hp mengatakan dia 27.. saya foto selfie kawan-kawan tengok 27 umurnya.. Aku dosaku sudah banyak, sedangkan engkau Saudariku mualaf dosamu bersih diulang dari nol.. Kau lebih mulia daripada aku.

-  Yang kedua tetap dengarkan pengajian karena telinga perlu sarapan makanan bergizi kajian-kajian. Mata tengok kajian-kajian.

-   Yang ketiga jangan pisahkan diri dari jama'ah.. dilingkunganmu ada wirid yasin, ada arisan islam ikuti.. Alaikum bil Jama'ah.. ada Majelis Habib, ada Majelis Marawis, ada Majelis Habsyi datang.. Majelis Barzanji, Maulid Simtud Durot datang.. Alaikum bil Jama'ah Hendaklah kamu berjama'ah karena srigala hanya akan menerkam kambing yang memisahkan diri dari jama'ah.

-   Yang keempat tengok orang sakit, itu membuat kau istiqomah, pulang dari sini mampir ke rumah sakit tengok orang sakit, "pak sekuriti mana orang sakit?" kata sekuriti, "mau lihat kamar berapa?" "satu rumah sakit ini mau kutengok."

-   Yang kelima tengok orang mati, kalau ada orang mati kau tengok saudaraku, itu akan membangkitkan rasa bahwa engkau akan menghadap Allah.. Wa Kafaa Bil Mauti Wa Idzho cukuplah kematian sebagai nasehat


Pertanyaan :.

Dulu ada teman nanya, dia jarang sholat sekarang dia taubat, apakah sholat yang dulu wajib di qadho?

Jawaban :.  

Wajib! caranya pak ustadz? selesai sholat subuh besok sholat qodho..usalli fardo subhuhi rakataini qodhoan.. Mengqodhonya dimesjid atau dirumah? khusus untuk shubuh besok dirumah, jangan dimesjid.. kalau dibuat dimesjid nanti kawan yang tak paham berbisik  ISIS..
Mana ada ba'diyah subuh? lalu kemudian abis dhuhur besok qodho lagi.. usalli fardo zuhri arba'a rakataini qodhoan.. abis ashar begitu lagi.. 

Selama berapa lama? berapa lama kau tinggalkan sholat.. 40 tahun pak ustadz.. Qodho lah 40 tahun! lni pendapat mahzab apa pak Ustadz? Paling tua Hanafi, nomer dua Maliki, nomer tiga Syafi'i, nomor empat Hambali.. Empat mahzab sepakat.

Mau lihat tulisannya? tulis di google, "qodho ustadz Sarwat" lengkap ustadz Sarwat sudah menulis tentang itu kalau tidak percaya sama saya..


Pertanyaan :.

Saya punya pertanyaan, masalah sholat antara bacaan Bismillah, cara takbir, qunut semua berbeda mohon penjelasan pak Ustadz?

Jawaban :.

- Bismillah (ada) tiga, mahzab syafi'i jahr (dibaca keras/jelas), Hambali dan Hanafi Sirr (pelan/lirih), Maliki nggak pake Bismillah sama sekali, tapi empat mahzab sepakat tetap baca Al fatehah, gak ada mahzab yang langsung bacaan surat (sebelum membaca al fatehah)

- Masalah takbir ada enam, pertama mahzab Syafi'i versi satu diatas dada dibawah pusar, Syafi'i versi dua diatas jantung, Maliki versi satu diatas pusar, Maliki versi dua lepas kebawah, Hanafi dan Hambali di bawah pusar, Syeikh Al Bani diatas dada. Jadi ada berapa? Ada enam tapi jangan coba ke enam-enamnya, nanti saya dianggap mahzab aliran sesat

- Masalah qunut ada dua, yang paling tua Hanafi yang paling kecil Hambali, Hanafi dan Hambali tidak pakai qunut makanya Mekah tidak ada qunut, Medinah tidak ada qunut karena mahzab kerajaan Saudi Arabia Mahzab Hambali, sedangkan Mahzab Syafi'i dan Maliki pakai qunut. Kalau Imam mu berqunut maka aamiinkan begitu kata Imam Ahmad bin Hambal.

Banser NU dan Kokam Muhammadiyah kalau mereka sholat subuh baca qunut atau tidak? Tergantung siapa Imamnya, kalau imamnya Kokam maka makmum ikut, kalau imamnya Banser makmum ikut, (kalau) kelahi antara Kokam dan Banser masalah qunut sampai jam dua malam.. besoknya dua-duanya gak sholat subuh.. Maka ini nggak betul, tapi malam ini Kokam dan Banser sama-sama ke mesjid menjaga keselamatan ustadz Abdul Somad.


Pertanyaan :.

Kita hidup di akhir zaman, bagaimana cara terhindar dari fitnah Dajjal?

Jawaban :.  

- Satu, baca surah Al Kahfi malam jumat, siapa yang baca surah Al Kahfi malam jumat.. dia diberikan pencerahan Nur the lighness cahaya bisa membedakan mana yang dajjal, mana yang tidak, mana yang baik, mana yang buruk, mana bengkok, mana yang lurus, mana yang hitam, mana yang putih, baca Al Kahfi malam jumat.

- Dua, hapal sepuluh ayat di awal Al Kahfi, ibu-ibu di sekolah suruh anak-anak hapal sepuluh ayat al kahfi, siapa yang hapal dapat hadiah

- Tiga, sebelum salam (dalam sholat) baca :

"Allahummagh firli  ma qaddamtu wa ma akh-khart, wa ma asrartu wa ma a’lantu, wa ma asraftu, wa ma anta a’lamu bihi minni, antal muqaddimu wa antal muakhkhiru, la ilaha illa anta subhanaka ini kuntu minazholimin." Dan "Allahuma inni a’uudzubika min ‘adzaabinnaari jahannama wa min ‘adzaabil qabri wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal."

“Kami tak hapal pak ustadz..” “Baca.. “Dibuku apa pak ustadz? “Di buku "99 tanya jawab sholat - Somad LC" Download di play store, print cetak tempel di dinding dekat kompor.. 30 hari gak juga hapal, cabut bakar masukan ke kopi..


Pertanyaan :.

Masalah bid'ah ada hadits masalah bid'ah

Jawaban :.

Perbuatan tidak ada dalilnya itu bid'ah, selama ada dalilnya tidak boleh dikatakan bid'ah. Jangan kau bid'ah kan saudaramu.. “ltu tadi baca marawis, itu tadi baca sholawat-sholawat apa dalilnya, mana dalilnya, tunjukan saya.. 

Seorang sahabat memuji-muji Nabi bersyair lalu Nabi diam dan tersenyum, maka Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam diam dan tersenyum menunjukan boleh memuji-muji Nabi dengan pujian-pujian, maka datanglah ulama membuat pujian namanya syair pujian Al Barzanji, nama syairnya Simtud Durot, nama syairnya Dibah, nama syairnya Al Habsyi.. itu syair-syair memuji Nabi.. boleh.. selama ada dalilnya


Pertanyaan :.

Jelaskan kepada saya tentang jenggot pak ustadz?

Jawaban :.

Menurut mahzab Syafi'i berjenggot itu hukumnya sunnah, maka mencukur jenggot hukumnya makruh. Maka bagi orang yang sudah berjenggot lanjutkan, yang tidak berjenggot jangan mengejek yang berjenggot, yang berjenggot jangan mengejek yang tak berjenggot.. 

Nanti yang tak berjenggot mengejek yang berjenggot, "aku lihat kau macam kambing.." kata yang berjenggot, "kutengok kau macam anjing.." Akhirnya berkelahi gara-gara jenggot. Jangan berkelahi gara-gara jenggot. Menjaga persatuan wajib, ikhtilaf ini kita jaga


Pertanyaan :.

Bagaimana dengan bercelana menutup mata kaki?

Jawaban :.  

Hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "dibawah mata kaki masuk neraka" kain, celana, jubah dibawah mata kaki masuk neraka.. Semua (mesti) melihat mata kaki saya, Saya tau itu.. Masuk neraka berarti.. kainnya harus naik keatas.. maka gara-gara hadits ini banyak yang memotong kaki celana, karena yang dibawah mata kaki masuk neraka. Baca hadits satu lagi, "kalau sombong" kalau sombong masuk neraka, 
- kalau ga sombong nggak apa-apa kata Imam Syafi'i, 
- kalau ga sombong ga apa-apa kata imam Nawawi dalam kitab Riyadhus shalihin, 
- kalau ga sombong ga apa-apa kata Imam Ash-Shan'ani dalam kitab Subulus Salam, 
- kalau ga sombong ga apa-apa kata Imam asy Syaukani dalam kitab Nailul Authar, 
- kalau ga sombong ga apa-apa kata syekh yusuf Qardhawi dalam kitab Kayfa Nata’amal ma’a al-Sunnah.. 
- kalau ga sombong ga apa-apa kata Syeikh Ali jum'ah dalam kitab al-Bayan li Ma Yashghal al-Adz'han,  
- kalau ga sombong ga apa-apa kata syekh athiyah syukur dalam kitab fatawa al azhar, 

Maka tak sombong tak apa-apa.. kenapa Nabi mengatakan sombong masuk neraka? karena dulu raja-raja Roma, raja-raja Persia pakai baju jubah yang panjang seperti jubah spiderman, batman dan wonderwoman. Yang sudah motong kaki celana jangan ngejek yang belum, yang tidak motong jangan ngejek.. karena kalau antara yang motong kaki celana dan yang gak motong kelahi, yang ketawa yang belum punya celana.


Pertanyaan :.

Ustadz saya mau nanya tentang mahrom, misalnya istri paman dari saudara ibu bapak, seperti sepupu dan mertua kakak kandung.. owh.. panjang ceritanya ni..

Jawaban :.

Saya mahrom, saya punya emak, Emak saya itu mahrom saya.. emak saya punya adik, Makcik saya (panggilan) kalau di Riau, itu mahrom saya.. Kakak emak saya itu mahrom saya. Saya punya ayah, ayah saya punya adik, itu juga mahrom saya. Ayah saya punya kakak itu juga mahrom saya. Saya punya adik laki-laki, adik saya punya anak perempuan itupun mahrom saya. Saya punya adik perempuan dan kakak perempuan itu juga mahrom saya. 

Hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "ditusukkan paku ke kepala kamu lebih baik daripada kau sentuh tangan perempuan yang tak mahrom."

Eeh itu Somad cuma pandai ceramah, tadi dirumah pak Gubernur dipegangnya tangan Emak pak Gubernur.. “ lbu-ibu yang sudah tua sebaya emak kita nggak papa. Tapi hati-hati juga sekarang ada anak muda kena penyakit namanya Odipus complex, dia sukanya memang sama nenek-nenek.. hati-hati.


Pertanyaan :.

Bagaimana menjelaskan kepada orang yang bertanya dimana keadilan Allah, Allah Subhanahu Wa Ta’ala  sudah menetapkan bagi hambanya yang masuk surga dan yang masuk neraka?

Jawaban :.  

Yang menjawab ini ulama besar dari Suriah, Syeikh Muhammad Said Ramadhan al-Buthi, meninggal mati sahid di Damascus Suriah. Nama kitabnya  Al-Insan bainal Musayyar wal Mukhayyar manusia antara diperjalankan seperti wayang dan bisa berjalan sendiri, kapan kita diperjalankan dan kapan kita berjalan sendiri? 

Saya menjadi orang Melayu, itu diperjalankan atau milih sendiri? Bapak menjadi orang Kalimantan Tengah, suku Dayak atau suku Banjar atau suku Melayu itu bukan pilihan kita, itu Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang memilihkan.. karena malaikat datang memasukkan ruh saya kedalam perut emak saya, kebetulan emak saya orang Melayu maka saya jadi Melayu, andai dulu masuk perut orang Australia tentu sudah jadi bule sekarang.

Malaikat tidak pernah bawa kertas multiple choice "A" Arab, "B" Batak, "C" China tidak pernah, tapi dalam hal untuk ngaji malam ini kita memilih ngaji atau karaoke? Makanya anak-anak muda malam ini pilih dua, ngaji atau karaoke.. kawannya nelpon, "ayo kita ngaji" "ayok" setelah itu datang (temannya ngajak) karaoke "ayok setelah ngaji baru kita karaoke" maka dalam hidup ini ada yang memilih dan ada yang tak bisa memilih.

Ketika Umar bin Khatab ada disuatu lembah datang wabah penyakit pes menular, lalu Umar pindah ke lembah yang lain.. sahabat komplain, "Umar ini takdir kenapa kita mesti pindah?" apa kata Umar, "kita pindah dari takdir buruk ke takdir baik.." ini pilihan.. Tak bisa kau katakan aku terpaksa minum mixmax, carlburd, vodka.. tak bisa.. karena kau dikasih Allah telinga, Allah kasih kau mata, Allah kasih kau hati.. kau dengar ini haram, kau baca ini haram, kau renungkan ini haram.. 

Papua Non Muslim tapi Gubernur Papua mengeluarkan Perda tidak boleh minum-minuman keras miras.. ini tidak terkait dengan agama karena miras merusak, maka disana orang dilarang.. bukan Perda syariat Islam tapi menjaga kemanusiaan.

Oleh sebab itu kita dijaga, jangan kau minum, jangan kau berzina.. tidak bisa seorang perempuan pulang kerumah orang tuanya membawa anak hamil 3 bulan, ketika ditanya, "kau kenapa bisa begini?" "ayah terima saja ini kehendak Allah" Dulu engkau kan punya pilihan, antara pacaran dan tidak pacaran, antara keluar malam minggu atau tidak keluar, antara bonceng dan tidak bonceng.. 

Ini harus jelas.. jangan sampai nanti anak Mahasiswa IAIN Palangkaraya membawa transkip nilai, nilainya 2,0 bapaknya marah, "kenapa nilaimu bisa 2,0?" "Ayah harus terima ini sudah ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala lalu ayahnya menempeleng dia.. klepaak.. "kenapa ayah tempeleng?" "inipun ketetapan Allah juga"


Pertanyaan :.

Bagaimana cara menyikapi pemimpin yang tidak adil, ingkar janji dsb..

Jawaban :.

Datanglah seorang menghadapi pemimpin dari Bani Abasiah, namanya Harun Al Rasyid.. "Hai Harun engkau zolim, engkau kurang ajar.." apa kata Harun al Rasyid, "aku ini tidak sebaik Musa, aku ini tidak sejahat Fir'aun dan kau tidak sebaik Musa.. lngat Musa ketika disuruh menghadap Fir'aun apa ucapannya.. "katakanlah kata-kata yang santun, mudah-mudah Fir'aun takut kepada Allah dan ingat Dia."

Aku tak sejahat Fir'aun dan kau tidak sebaik Musa mengapa kata-katamu keras kepada aku? maka kita tetap disuruh Amar ma'ruf nahi munkar.. kalian umat yang paling baik, kenapa paling baik? Ajak buat baik larang buat mungkar beriman kepada Allah. Tetap kita laksanakan Amar ma'ruf nahi munkar kepada pemimpin-pemimpin kita.


Alhamdulillah..

Tanya Jawab lengkap ada dalam video yang telah di upload ke Youtube oleh channel Tafaqquh dengan judul "Tanya Jawab Palangkaraya (Masjid Raya Darussalam, 26.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA



IG @sabyanmedia
Copy Paste gratis Artikel Tanya Jawab Ustadz Abdul Somad
Blog https://bit.ly/sabyanmedia

#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar