Kamis, 16 Agustus 2018

Tanya Jawab (Masjid Al Mukhlisin Siberida INHU, 24.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA



Tanya Jawab (Masjid Al Mukhlisin Siberida INHU, 24.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA





Pertanyaan :

Bismillahirahmnan nirohim, mantap.. yang menulis pertanyaan pakai bahasa arab, Bismillahirahmnan nirohim, mantap.. tapi sesudah ini jangan biarkan jatuh ketanah.. dipijak-pijak, maka yang begini ni dikoyak-koyak atau dibakar. Kalau kami dulu waktu kecil, kami bakar kami masukan ke kopi kami minum.. abis tu batuk.. Semoga Allah selalu memberi kesehatan kepada ustad yang tercinta.. Aamiin.. tapi menengok dari tulisannya laki-laki ni.. Ustadz, mohon beri tahu kami gimana cara berwudhu?

Jawaban :.

Kalau kamu bangun tidur..Jangan masukan tanganmu ke dalam bejana.. ember.. karena kau tak tau tadi malam tanganmu nginap dihotel mana?
- Basuh tangan dulu, kalau tak ada gayung, tak ada cedok, maka dimiringkan bejana tu baru basuh dulu.. setelah bersih baru lah kau ambil gayung, jangan pakai keran karena pakai keran itu mubadzir banyak air habis..

- Setelah basuh tangan.. Pertama masukkan air ke mulut langsung ke hidung, kalau pergi ke Makkah bergumpal-gumpal tai hidung, jangan dikorek (nanti) berdarah dia.. dibuang (dengan dihembuskan dari hidung) nanti keluar tu tai hidung bergumpal.. kalau ada anak ayam.. mati.. manfaat menarik air ini membantu oksigen naik ke otak.. ini oksigen harus masuk ke otak kalau tidak kena stroke ringan, maka tarik (hirup airnya) keatas (dengan hidung) apalagi yang flu yang pilek.. bagus.. tarik keatas.. sakit pak ustadz? “Iyaalah sakit.. dah gosok.. kalau ada siwak gosok.. saya sebelum kesini gosok gigi dulu.. bersih, jangan sampai kita sholat mulut bau hantu, Sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam "kalau tidak memberatkan bagi umat ku kusuruh mereka gosok gigi setiap mereka mau sholat."

- Setelah mulut bersih hidung bersih barulah siramkan air ke muka, kalau kamu mau sholat basuhlah muka.. batas muka itu dari paku telinga kanan ke paku telinga kiri. Batas dari atas kebawah mana? dari ujung dagu ke batas tumbuh rambut, basuh wajah sebanyak 3 kali, kalau ada berjanggut panjang tahlil di celah-celah supaya basah.

- Basuh tangan sampai siku dan digosok, karena takut jika ada bekas sebesar ujung beras pun tak kena maka batal wudhu, kalau batal wudhu maka batal sholat, kuku jangan panjang karena jika kuku panjang air tidak akan masuk. Untuk membasuh dari pangkal jari ke pangkal siku bukan sebaliknya dari siku ke pangkal tangan, karena menurut dokter saat membedah orang, jika membersihkan tangan dari siku kebawah maka turun lah kumannya kejari, kalau kuman-kuman di ujung jari kami pakai mengoperasi maka busuk lah kulit orang kena kontaminasi bakteri. Jika kami siram dari ujung jari ke siku maka sterilah ujung jari untuk mengoperasi.. dari mana Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tau itu padahal beliau tidak pernah terdaftar di fakultas kedokteran?

- Usaplah kepala, kepala tidak dibasuh tapi kepala di sapu.. cara menyapu kepala ada tiga, "sapulah kepala.." kebetulan gurunya orang melayu, muridnya orang jawa terus diambilnya sapu.. (itu maksudnya) mengusap kepala.. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam itu bersorban, cara pakainya ujungnya dikiri, dibasahkannya ujung sorbannya, sorbannya tidak dibuka kenalah rambutnya sedikit , itulah dalil mahzab yang mengatakan kena rambut sedikitpun sah, bahkan ada ulama dalam mahzab Safi'i mengatakan 3 helai rambutpun sah..

- Cara kedua dibasahkan tapak tangan disapukan kedalam, itulah dalil Mahzab Hanafi, sedikit saja seperempat kepala

- Cara yang ketiga, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membuka sorban kemudian dibasahkannya tangannya disapunya dari muka kebelakang (kepala) lalu maju kedepan menyatu ke telinga..

- Jadi (ada) 3 cara, pertama sikit saja, kedua seperempat kepala, yang ketiga muka kebelakang maju kedepan menyatu dengan telinga. Tiga-tiganya sah tidak usah dipermasalahkan, yang masalah adalah yang tidak sembayang, tidak usah kelahi gara-gara itu..

- Habis itu barulah kaki.. kaki disiram.. tahlil ke celah-celah kaki jangan sampai ada yang tidak kena, telinga ujung telunjuk ini masuk kedalam, ibu jari kebelakang.. basahkan tangan masukan ke dalam telinga (dan dibersihkan) makanya telinga itu bersih .. ini sekarang banyak orangnya cantik, tapi ditengok sarang spiderman di dalam telinganya. Orang islam itu bersih.. tangan bersih.. kuku bersih.. dan bersunnah, memang gayanya pakai sarung tapi bersih, ini pake jas pake dasi tapi tidak cebok?

- Abis itu berdoa, dengan mengangkat tangan dan disapu mukanya boleh dan sah, ada yang tidak angkat tangan dan tidak disapu mukanyapun sah juga.


Pertanyaan:

Ustad apa hukum Merokok?

Jawaban :.

Merokok menurut Muhammadiyah, Majelis Taklim Muhammadiyah mengatakan merokok itu haram.
Merokok menurut Syeh Ali Jumah Mukti di Mesir, merokok itu haram. Merokok menurut Mukti Arabiah, Syeh Abdul Azis Ibnu Baz, merokok haram. Merokok menurut Majelis Ulama Indonesia haram bagi ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak dan orang yang sakit, adapun orang yang tidak masuk dalam katogori ini makruh..  itu fatwa nya.

Ada kyai haji Lukman Syarif, cerita beliau ada temannya seorang kyai yang dibelakang rumahnya ada pokok kacang, ada pokok ubi, ada pokok nanas dan ada pokok tembakau.. Suatu malam datanglah segerombolan babi hutan, esok paginya kyai melihat dibelakag rumah habislah pokok kacang dimakan babi, ubi habis, tapi tembakau tidak disentuh.. rupanya tembakaupun haram dalam dunia babi.. sekarang pilih haram atau makruh?

Pertanyaan :

Apa hukumnya orang yang mendahulukan pamer di sosial media daripada ibadah mendengarkan ceramah?

Jawaban :.

Orang yang riya' amalnya hilang, sebelum sholat hidupkan hape lalu streaming.. tapi mengajak orang tahajud boleh, tulis diposting, dari sebagian malam bertahajud lah kamu, Hai sahabat-sahabat bertahajudlah sebelum kematian tiba.. boleh apa salahnya? Nih foto anak-anak ni, foto ibu-ibu ni, foto ini semua (terus) diposting,  "beginilah orang Siberida pengajian subuh.." Bagus untuk syiar tapi (kalau) sendiri dia (posting), "alhamdulillah baru (ikut) pengajian.." 

Inilah beti-beti.. beda-beda tipis antara syiar dan riya'.. Jadi yang ustadz ceritakan tadi, ini nyumbang ini, ini nyumbang ini.. itu masuk riya' atau ibadah? saya mau memberikan semangat untuk bershodaqoh, karena sahabat Nabi dulu bukan diam-diam bershodaqoh.. 

“Ada namanya Abu Dikdah bershodakoh 600 batang pokok kurma, 600 batang (pokok) kurma kalau sekarang empat kapling pokok sawit itu, (hitungannya) 4 hektar untuk 2 kapling, kurma bukan sawit.. kalau Sawit Rp.1500, kalau kurma Rp.280.000 sekilo kurma ajwa, makannya pun mikir 2x kita.. jadi sahabat-sahabat Nabi kalau bershadaqoh bukan orang lain tak tau..

Pertanyaan :

Bagaimana hukumnya orang memfitnah saya, katanya saya mengguna-guna menyantet keluarganya?

Jawaban :.

Laporkan ke POLDA, dia akan kena pasal tindakan tidak menyenangkan, kalau ustadz yang dilaporkan disantet orang.. saya laporkan ke POLDA.. Pasal Santet belum bisa diresmikan sampai sekarang, karena tidak terbukti.. kita marah sama orang, anak-anak lajang menggoda anak gadis, lewat anak gadis "hai godain kita dong.." apa kata si cewek "Cuiih.. kau mau sama aku?" Cinta ditolak dukun bertindak.. diambilnya air ludah anak gadis itu, dibawakan nya kedukun.. abis itu malam tidurpun tak lelap makanpun tak kenyang.. mana bisa dituntut? Tak bisa.. sampai sekarang masalah santet itu tak bisa makanya jagalah diri, 

Pertama habis sholat subuh (dan) habis sholat ashar.. dua kali sehari, kalau tidak bisa (juga) sebelum tidur malam, yang tujuh ini jangan lupa, qul huwallah 3x, Qul a'udzu birobbil falaq 1x, Qul a'uudzu birabbin naas 1xAl fatehah 1x, pangkal surah Al Baqarrah 5 ayat 1x, Ayat kursi 1x, Ujung surah Al Baqarah 1x, dibacakan ke air, (ditiupkan) diminum dan dimandikan

Kalau orang menuduh-nuduh kita..  "Inna syani-aka huwal abtar.." siapa yang menuduh engkau, siapa yang mengejek engkau dialah yang terputus, doakah dia kepada Allah, putuskan dia Allah, apanya yang putus? Entahlah.. putuslah dia insya Allah

Pertanyaan :

Ustadz, kami lima bersaudara, orang tua kami sudah meninggal, meninggalkan sedikit warisan, tapi warisan itu belum dibagi karena masih ada satu orang adik kami masih kuliah butuh biaya, gimana ini pak ustadz?

Jawaban :.

Ada anak lima orang, satu anak masih kecil, bapaknya meninggal, saya tidak tau anaknya ada berapa laki-laki dan perempuan.. supaya mudah membaginya anggap semuanya laki-laki. Bapak yang meninggal ini tidak mempunyai istri.. berapa hartanya? “1 M, maka dibagi lima, berapa dapatnya?

1 orang 200 juta.. bagilah dan selesai, janganlah duit itu kalian tahan gara-gara adik kalian kuliah.. Tapi nanti pak ustadz jika harta ini kami bagi nanti uang ini dibelikannya motor trail, dibelikannya kawasaki ninja.. Bagaimana caranya? bagi duitnya tapi masukan ke rekening.. ke bank apa? Bank Syariah Mandiri, kenapa mesti bank itu.. karena bank itu yang membantu Suku Talang Mamak.. masuk iklan kitanya kan.. 

(Atau katakan pada adiknya) “Dik, kaukan masih kuliah nanti kau digoda cewek-cewek cantik, iman kau belum kuat, jadi duit kau ini kami yang nyimpan” Apa kata si adik, “lyalah bang, tapi abang yang nyimpan ya jangan bini abang ya.. mohon maaf bu, ibu yang disini baik-baik semua.. bini abang tidak ada yang sholat semua.. 

Jadi caranya jangan tidak dibagi karena kalau tidak dibagi termakan duit ini.. (jadinya) duit haram.. sepiring nasi berubah menjadi setetes darah, darah masuk ketangkai jantung, darah dalam jantung itu menyembur naik ke otak, isi kepala tu haram..haram..haram.. gara-gara makan haram..jangan makan haram walaupun yang dimakan lontong sayur, nasi uduk.. tapi kalau dibeli dari duit haram maka haram lah dia.

Pertanyaan :

Apa hukumnya orang punya uzur sholat sambil duduk posisi tepat dibelakang imam?

Jawaban :.

Kalau di Mesir, nanti yang pergi ke Mesir umroh nampak itu orang yang duduk dikursi letaknya dua, pertama samping kiri (atau) samping kanan, yang kedua dibelakang. 

Ada jamaah kita maaf cakap, uzur maka disediakan kursi disamping, nanti yang pergi ke Mekah belikan kursi kecil yang bisa dilipat, buatkan disitu wakaf mesjid, belikan rantai besi ikatkan ketiang kalau tidak lari dia.. dilarikan orang.. (sehingga) siapa yang uzur (bisa) duduk disitu, nanti imam (mengatakan) luruskan shaf bergeserlah dia (mengikuti shaf). Begitulah cara yang saya tau, kalau nanti ada ustadz lain (yang beda pendapat) berarti dia lebih banyak membacanya.

Pertanyaan :

Jika seorang bisa berjalan, mampu berdiri lama tapi sholat dengan duduk bersila apakah sholatnya sah? apa dalilnya?

Jawaban :.

Sholat sunnah boleh duduk, karena Nabi Shallallahu  'Alaihi wa Sallam setelah dia tua tak tahan dia tegak lama, tapi kalau orang yang sehat walafiat maka dia sholatnya tegak. Kenapa kita sholat duduk? yang sholat duduk itu hanya orang uzur, kita tidak uzur.. maka sholat sahabat tak sah pak ustadz? 

lni sholat bukan masalah fikih.. Allah tahu apa yang berbisik-bisik dalam hatimu.. Allah Subhanahu Wa Ta’ala tau kau sudah curang.. Allah saja sudah kau tipu apalagi yang lain? Hati-hati (bagi para) ibu-ibu.. Allah saja ditipu apalagi sama ibu?

Pertanyaan :

Apa yang harus saya lakukan ketika ayah ibu saya meninggal dan mereka punya hutang kewajiban sholat dan zakat?

Jawaban :.

Sholatnya tidak bisa diganti, puasanya bisa.. puasa ada dalilnya, buka (Kitab Hadits) Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam.. Siapa yang mati punya hutang puasa ahli warisnya wajib mengganti puasanya.. emak kita yang telah mengandung kita 9 bulan 10 hari tanya dia, mak waktu mak mengandung aku, berapa kali puasa tinggal? 30 hari, setelah kau lahir (tinggal puasa) 30 hari, setelah 2 tahun (tinggal puasa karena menyusui) 30 hari.. 

Jadi saya ceramah ni saya tanya dulu keluarga.. Nah bapak ibu setelah ceramah ini tanya pada emaknya (berapa hari tinggal puasanya).. bagi yang emaknya masih hidup. (Kalau) zakatnya pak ustadz? Maka zakatnya kita tidak tahu dia bayar apa tidak.. (diganti) bershadaqoh saja.. pergi ke mesjid shadaqoh, pergi ke Suku Talang Mamak shadaqoh.. 

Apa sedekah yang paling afdol? sedekah yang paling afdol kasih air minum.. kalau dikasih air minum galon (akan) habis .. Jadi apa yang mau kami kasih? sumur bor.. Buatkan sumur bor yang tak pakai mesin.. rupanya sumur bor ini kalau digali sekian meter dia mesti pakai mesin, tapi kalau sekian meter biayanya 27 juta.. ini tak pakai mesin keluar dia sendiri, tapi jangan terlalu dalam.. kalau terlalu dalam keluar lumpur lapindo

Pertanyaan :

Pak Ustadz, bolehkan anak diluar nikah jadi imam?

Jawaban :.

Apa salahnya? kalau maju orang kedepan tidak perlu kita tanya mana surat nikah ayah kau? Tak perlu.. tapi katanya dikitab fikih ada tidak boleh.. “Ada.. anak diluar nikah tidak boleh jadi imam karena anak diluar nikah ayahnya tak ada, karena ayahnya tak ada.. maka pendidikan agamanya kurang.. itu sebabnya.. tapi (jika) anak diluar nikah ini hapal Al Quran, sementara yang anak bapaknya nikah, juz amma pun tak lewat.. 

“Jadi ada sebabnya kenapa anak diluar nikah itu tidak boleh jadi imam, karena ayahnya tak ada pendidikannya tidak urus emaknya.. itu yang membuatnya tak layak jadi imam.
Apa nama kitabnya al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu (karya) Syeikh Wahbah al-Zuhaili

Pertanyaan :

Tad saya mau nanya, apapula Tad ini.. lengkaplah (kalau memanggil) ya ustadz.. jangan tersinggung.. jangan pula gara-gara ini, bersumpah aku tak ikut pengajian.. Amalan apa yang sebaiknya diamalkan oleh wanita yang sedang haid atau nifas sebelum tidur agar terhindar dari gangguan setan laki-laki..

Jawaban :.


Setan itu ada yang laki-laki, ada yang perempuan ada juga LGBT.. maka jangan suka minta lindung dari setan laki-laki (saja), itulah yang tujuh tadi.. qul huwallah 3x, Qul a'udzu birobbil falaq 1x, Qul a'uudzu birabbin naas 1x, Al fatehah 1x, pangkal surah Al Baqarrah 5 ayat 1x, Ayat kursi 1x, Ujung surah Al Baqarah 1x setelah itu dihembuskan ke tapak tangan disapukan ke muka, ke kepala, ke badan, kekaki, miring tidur kesebelah kanan. 

Nanti kalau mimpi yang buruk-buruk langsung baca ta'awus A’uudzu bil-laahi minas syai-thaanir rajiim tiup kesebelah kiri dengan sedikit air liur (ludah) "nafatan".. kalau ada lakinya jangan pula diludahi "cuih.."
  
Pertanyaan :

Ustadz bagaimana caranya sholat orang pindah ke shaf depan, sedangkan sholat jamaah sudah usai dengan orang ini masbuk tak ikut sholat jamaah, apakah sah sholat orang ini?

Jawaban :.

Misal ini saya sholat di shaf kedua, maka bagi saya yang sholat di shaf kedua yang menjadi sutroh.. Sutroh itu artinya batas penghalang.. di depan adalah orang yang depan saya, sutroh saya (adalah) bapak (di) depan (saya).. ketika bapak sudah pindah, kan sutroh saya tak ada (lagi) maka saya pindah kedepan.. sampai kemana? sampai kemuka tu (tembok).. itu namanya mencari sutroh karena kalau kita sholat itu, di depan itu (sebaiknya) ada sutroh.. ada tombak atau kayu dicucukkan supaya waktu kita sholat jangan sampai ada orang lewat.. 

Kalau ada (sutroh) tak boleh orang lewat.. kalau ada orang lewat kita tahan supaya jangan lewat, tapi orang kita tak tau disalaminya pula (tangan kita)..
Kenapa ada orang yang seperti itu, karena menurut dia sutroh itu wajib, kalau tidak ada sutroh sholat tak sah.. Apa iya sutroh itu wajib? lni saya bacakan fatwa ulama Saudi Arabia namanya Syeih Abdul Aziz ibnu baz, “Sutroh hukumnya sunnah muakad tak wajib.. 

Lalu ustadz yang mengatakan sutroh itu wajib pendapat siapa yang diambil? Al Bani.. Al Bani mengatakan sutroh itu wajib.. Lalu ustadz condong kemana, saya pakai pendapat Syeikh Wahbah al-Zuhaili, jumhur ulama sutroh hukumnya sunnah. Maka ingat saya.. dulu emak saya, nenek saya kalau sholat diletakkannya tas, kursi entah apa diletakkan didepan, supaya orang tau jangan sampai orang lalu lalang disini.. kalau ada orang lewat halangi (pakai tangan) kata Nabi, kalau orang itu lewat juga bunuh dia kata Nabi

Pertanyaan :

Ustadz ada keterangan jika setelah selesai sholat berjamaah tidak boleh memimpin zikir dan doa.. ini nyindir imam tadi ni..?

Jawaban :.

Kanal jahru bi zikri fi ahdin Nabi sallalahu alaihisalam (HR abdulah bin abbas) zikir jahr sejak Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam masih hidup bukan dibuat-buat oleh sahabat Nabi, waktu itu Abdulah bin Abbas diluar mesjid ia mendengar suara takbir dari dalam mesjid, sholat sudah selesai.. Kira-kira kalau ada orang mendengar suara takbir diluar mesjid itu suaranya kuat atau pelan? mikropon sudah ada atau tidak sejak jaman Nabi? Mana ada.. tak ada ni (mikrofon) pada jaman Nabi maka ketika itu Nabi (mengumandangkan) Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. (dengan suara keras) dengar atau tidak yang diluar tadi? 

Begitulah suara Nabi dengan sahabat waktu itu.. Jadi zikir kuat itu sudah ada sejak jaman Nabi, hanya saja ihtilaf ulama.. Menurut mahzab Syafi'i kenapa Nabi zikir kuat untuk mengajar makmum bukan mengajar emak-mak.. setelah makmumnya tau maka tidak lagi kuat.. tapi kalau mahzab Hambali, zikir jahr terus baik makmumnya sudah tau maupun tak tau terus jahr.. sama macam imam sebelum sholat, "luruskan shaf" kira-kira makmum tu tau tak luruskan shaf? (sudah) tau.. kenapa diingatkannya terus?

Pertanyaan :

Kami jauh dari mesjid.. (lni) kelihatan dari tulisannya capek.. kami berjamaah dirumah dengan keluarga.. sah atau tidak pak Ustadz?

Jawaban :.

Tidak ada sholat Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam  berjamaah sama Aisyah (istri Nabi), tak pernah Nabi diajaknya "Aisyah ayo kita berjamaah" Tak ada.. Sedangkan yang buta, namanya Abdulah bin Ummi Maktum, "Ya Rasullah kasih aku keringanan.. dispensasi (untuk sholat) dirumah"
"Tidak" kata Nabi, "pergi kau ke mesjid"
Apalagi mata terbuka.. apalagi sekarang ada (motor) tinggal dua kali gas saja sampai.. masuk gigi satu, masuk gigi dua.. apalagi matic.. tak ada masuk gigi lagi.. Kenapa sholat dirumah?  

Tapi katanya pak ustadz, sholat sama istri.. (itu maksudnya) sholat tahajud bukan sholat magrib.. sholat tahajud iya.. Ambil air percikan ke wajah bini, "bangun.." itu kalau nikahnya sudah 20 tahun, tapi kalo baru nikahnya, "wake up my darling.. wake my honey.." bangunlah sholat tahajud.. kalau sholat magrib, sholat dhuhur, sholat ashar (sholatlah) dimesjid, apalagi mesjid besar macam ini.. Tapi tak muat pak ustadz.. tengoklah tak ada alasan.. bentang sajadah diluar sana

Pertanyaan :

Kami belajar dari buku, kami pahami isinya, kami sampai sampaikan kepada jamaah, apakah kami salah pak Ustadz?

Jawaban :.

Kalau belajar hadist dari guru, guru membaca murid mendengar namanya Sama' simak.. maka nanti waktu dia meriwayatkan hada sani syairi guru membaca dia mendengar.. dia membaca guru mendengar namanya qiroah, tapi kalau dia buka buku.. dibacanya sendiri namanya wijadah, maka wijadah ni kalau dia tak tanya tak paham. Tanya.. tanyalah ustadz, kita ada pak KUA, ketua MUI.. yang umum-umum baca saja, yang tak paham tanya, jangan tak bertanya.. orang tak berguru, gurunya setan.

Pertanyaan :

Sekarang banyak jamaah bingung mana yang harus diikuti?

Jawaban :.

Apa bingung-bingung? saya tak bisa (jawab) ini terlalu umum.. masalah (nya) mana? Fokus satu masalah.. (contoh) masalah sholat subuh pakai qunut dengan yang tak pakai qunut? Nah fokus, kalau tanya sama saya fokus.. (kalau) yang umum seperti ini bingung saya jawabnya.. Oke saya fokuskan, ustadz kami bingung sholat shubuh pakai qunut atau tidak pakai qunut? Mahzab paling tua Hanafi, nomor dua Maliki, nomor tiga Syafi'i, nomor empat Hambali.. yang pakai qunut shubuh itu dua (yaitu Mahzab) Syafi'i dan Maliki, yang tak pakai qunut shubuh itu dua (yaitu Mahzab) Hanafi dan Hambali.

Waktu Bapak Ibu umroh ke Mekah, pakai qunut atau tidak (sholat shubuhnya)? Tidak.. kenapa Mekah tidak pakai qunut? karena Mekah itu rajanya mahzabnya Hambali.. maka tidak pakai qunut.. tapi Maroko, saya dua tahun di Maroko (sholat subuhnya) pakai qunut, karena (Maroko) mahzabnya Maliki pakai qunut. Yaman.. habib-habib di Yaman.. Mahzab Yaman Syafi'i.. Maka ikut mana? ikutlah Imam, kalau imamnya pakai qunut, kita ikut qunut.. tapi kalau Imamnya 3 rakaat ikut atau tidak? Tidak.. karena tidak ada (selain) empat mahzab, maka selama tidak keluar dari empat mahzab, ikutlah dia..

Masalah Bismillah gitu juga.. Mahzab syafi'i bismillahnya jahr (diucapkan secara keras), kalau Hambali bismillahnya Sirr (diucapkan lirih/pelan), kalau Maliki tak pake bismillah sama sekali.. tapi ke empat mahzab sepakat kalau sholat pakai Al Fatihah, tak ada imam sholat (sehabis) Allahu Akbar (langsung membaca) qul huwallahu ahad.. itu entah imam apa itu? imam lupa tu..

Pertanyaan :

Puasa kami banyak tinggal, disengaja atau tak disengaja.. bagaimana cara menggantinya?

Jawaban :.

Qodho.. kalau kobok (artinya) cuci tangan.. sengaja ambo berniat puasa qodho esuk hari karena Allah ta ala.. niat bahasa jawa pak ustadz? tanyalah orang jawa.. Nawaitu summa qodhoin lillah hita'ala.. saya tak ada niat pakai mulut (niatnya) dalam hati saja.. Sah! Ibu-ibu, Bapak-bapak yang tinggal puasanya lalu sekarang taubat (puasanya di) qodho.. satu tahun bisa mengqodho 80 hari lunas.. loh gimana caranya? (Puasanya di hari) senin kamis.. senin kamis.. senin kamis.. senin kamis.. 8 hari (dalam sebulan), 10 bulan 80 hari.. tapi niatnya niat qodho.. ibu yang niat qodho hari senin dapat 2 pahala, (yaitu) pahala qodhonya lunas dan dapat pahala puasa sunnah..

Ustadz kenapa ceramahnya ga habis-habis? salah sendiri kenapa dikasih pertanyaan banyak-banyak? akan datang saya akan kasih tau kepada hadirin hadirat yang mengundang, kalau mau cepat-cepat (di) sortir pertanyaan.. buat tiga biji aja? kalau mau cepat (lagi) buat setengah, koyak kertasnya.. Jama'ah ni dah lama tak jumpa, dia mau balas sakit hati

Pertanyaan :

Orang maksiat kemudian taubat, maksiat lagi (kemudian) taubat lagi.. apakah dia disebut mempermainkan Allah dan Rasul?

Jawaban :.

Namanya fasik! sengaja terus buat dosa namanya fasik.. yudilu bihi kasiroh.. banyak yang disesatkan Allah.. wahyadi bihi kasiroh.. banyak yang diberi hidayah oleh Allah.. Wama yudilu bihi ilal fasiqin.. yang disesatkan Allah orang yang fasik. Apakah taubatnya diterima oleh Allah? 

Ada orang yang salah.. mandi taubat, sholat sunnah dua raka'at, minta ampun kepada Allah.. Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengampunkan dosa dia.. cukupkan syaratnya masalah diampunkan Allah atau tidak itu hak preoregatif Allah, tapi berharap jangan nanti (berdoa) "Ya Allah maafkan aku terserah Engkaulah mau maafkan aku atau tidakpun tak papa.." jangan begitu..

Pertanyaan :.

Semoga Ustadz dalam lindungan Allah.. Aamiin.. Saya minta penjelasan pak Ustadz, berikanlah upah pekerja sebelum kering keringatnya, adapula hadist yang menunda kewajiban halal kehormatan pantas mendapat hukuman, orang yang mampu tapi menunda-nunda berarti dia kufur nikmat, tolong katakan kepada para Bos, jangan mendzolimi para pekerja

Jawaban :.

Haiii para Bos, para GM, para Pimpinan Perusahaan, para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala maupun tak berkepala.. Haiii orang-orang kaya, gaji supir kalian, tukang panen kalian, tukang takik gotah kalian, tukang timbang kalian.. kalian makan harta keringat plus tetes peluh air mata mereka.. banyak puasa kalian, banyak sholat kalian.. tapi di akhirat nanti.. ini yang dikatakan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.. ada orang yang datang menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala hari kiamat sholatnya banyak, puasanya banyak, zakatnya banyak, tapi dia menganiaya orang.. habis pahala sholat, puasa, zakat diambil oleh orang-orang tadi..

Maka bayarlah (upahnya) sebelum kering keringatnya.. pergi ke kebun sawit, tengok tukang panen asal belum kering keringatnya bayar..bayar.. bukan itu maksudnya.. maksudnya jangan menunda-nunda.. zholim.. Diambil duit keringat tukang gali parit, diambil duit keringat tukang panen, diambil dibawa ke Mekah (untuk Haji lalu disana berucap) Labaika Allah huma labaik.. hajimu tak diterima, kenapa haji kau tidak diterima.. Zaduka Haram.. karena kau berangkat dengan duit haram.. jangan sampai makan (duit hasil) keringat orang

Pertanyaan :

Pak Ustadz bagaimana hukumnya wanita haid masuk mesjid?

Jawaban :.

Wanita haid tidak boleh masuk mesjid, tidak boleh pegang Al Quran, tidak boleh bawa Al Quran, tidak boleh baca Al Quran, tidak boleh Iktikaf, tidak boleh tawaf, tidak boleh sholat, tidak boleh puasa. Lalu amal kami apa? Zikir.. banyak-banyak zikir.. subhanallah..subhanallah.. ibu-ibu berzikirlah .. 

Kalau kami mau dengarkan pengajian.. itulah makanya mesjid ini dibuatkan emperan teras, ini untuk orang yang haid, makanya dibuatkanlah di emperan itu mikrofon supaya yang haid bisa mendengarkan dari luar..

Pertanyaan :

Pak Ustadz apa hukumnya jika suami istri mandi junub setelah adzan subuh, apakah berdosa atau tidak?

Jawaban :.

Oh maksudnya dalam puasa, misalnya dia berhubungan jam 4 abis itu tidur, bangun pas adzan subuh dia dalam keadaan junub.. puasanya sah! begitu dengar adzan cepat-cepat mandi, abis mandi langsung ke mesjid, tapi pakai handuk dulu.. puasanya sah, ada dalam shahih Bukhori tentang orang yang masuk dalam waktu subuh dalam keadaan junub. Yang tak boleh itu sudah adzan subuh baru dipegang bininya..



Alhamdulillah..

Tanya Jawab lengkap ada dalam video yang telah di upload ke Youtube oleh channel Tafaqquh dengan judul "Tanya Jawab (Masjid Al Mukhlisin Siberida INHU, 24.1.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA"

Alamat : https://www.youtube.com/watch?v=oHcxD1ysnI4&t=815s 

#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad



Tidak ada komentar:

Posting Komentar