Selasa, 02 Oktober 2018

Tanya Jawab (Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakara, 22.2.2018) - Ustadz Abdul Somad

02 Feb - 22-2-18 - Tanya Jawab (Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakara, 22.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA


Pertanyaan :
Ustadz, saya seorang penulis Novel, kelihatan dari tulisannya.. bagaimana hukum menulis novel tentang islam siroh Nabi, apakah itu ada unsur kebohongan?

Jawaban :
Tidak.. itu baik, ceritakan kisah-kisah itu mudah-mudahan mereka berpikir.. ada kitab judulnya, "alham qawal mu ha farid,"  cerita orang-orang dungu tapi ada etibar di dalam nya.. baik sekali, cerita-cerita semi fiksi tapi tak ada dusta tak ada dusta di dalamnya.. baik.. kadang orang diceramahi nggak masuk, nggak bisa dia dengan ceramah.. tapi kalau baca novel rajin.. "apa yang kau baca?" "ayat-ayat cinta.." "apa itu?" "ketika cinta bertasbih.." "apa lagi?" "Dibawah Mihrab Cinta.." "itu apa lagi?" "ketika cinta bertalbiah.." "Haah..?" rupanya ketemunya pas musim haji.. mantap.. banyak orang tidak kenal dengan Said Nursi.. tapi setelah ditulis oleh ustadz Habiburrahman El Shirazy menjadi menarik.. banyak orang nggak kenal Bah Hassim tapi setelah ditulis oleh ustadz Abu Irawan menjadi menarik.. Maka menulislah.. menulislah.. kalian yang muda-muda menulislah supaya orang dimasa yang akan datang tau kau pernah hidup di masa lalu.. menulislah.. "Alhamdulillah pak ustadz, saya sudah banyak menulis.." "apa?" "status.."

Pertanyaan :
Saya Mahasiswa semester 12,  kelihatan dari tulisannya.. penuh dengan keputus asaan.. Apakah saya berdosa kuliah terlalu lama? Mohon doanya ustadz agar saya segera di wisuda.. Aamiin..

Jawaban :
Tulis skripsi dulu.. tak (bisa) wisuda langsung.. dosennya orang Indonesia, belajar di Indonesia, bukunya bahasa Indonesia.. bisa (sampai) 12 semester.. tapi kalau dibandingkan dengan pecandu narkoba, kau masih Alhamdulillah.. Hidup ini tergantung kita membandingkan dengan apa.. betul? kalau kita bandingkan diri kita dengan orang Australia.. "owh.. kita hitam.." tapi kalau dibandingkan dengan orang Afrika.. "kita lebih putih.." Jadi gitu juga supaya untuk pelipur lara.. aaah bandingkanlah dengan pecandu narkoba.. pezinah.. kau tak ada apa-apanya.. kau masih baik biar cepat wisuda.. kami ramai-ramai mendoakan.. insya Allah.. kasihan betul orang tuamu dirumah..

SAYA PEREMPUAN SERING KELUAR
CAIRAN KETIKA SHOLAT

Pertanyaan :
Ustadz, maaf..maaf.. ini masalah fikih.. saya sering mengeluarkan cairan ketika sholat, saya tidak tau cairan apa itu, banyak cairan..

Jawaban :
Owh, ini perempuan yang mengalami sakit maka dia mesti berobat, apakah itu najis? Tidak.. karena itu penyakit, sebelum sholat dia basuh bersih habis itu dia sholat .. kalau dia menetes maka mafu'anhu.. kalau pada laki-laki sulusul baul.. bagi yang kencing maaf menetes tak berhenti maka dia setelah masuk waktu baru berwudhu.. setelah bersih dia pakai (terus sholat) kalau menetes pada saat sholat mafu'anhu dimaafkan.. tapi tetap berobat.. kusuk pijat ortopedi.. eem ortopedi itu apa tu? tulang belakang.. apa pula hubungan tulang belakang

SETIAP WUDHU SAYA SELALU
MERASA KELUAR ANGIN?

Pertanyaan :
Ustadz, saya termasuk akhwat yang terlalu was-was, setiap wudhu saya selalu merasa keluar angin

Jawaban :
Kalau kamu sedang sholat tiba-tiba ada yang membisikkan, "keluar angin.. keluar angin..keluar angin.. keluar angin.." maka jangan batalkan sholatmu selam tidak ada dua, kalau ada dua baru kau batalkan sholatmu, yang pertama "kau dengar suara.. iiiiiing.." yang ke dua "kau cium bau.." kalau kau dengar suara dan kau cium bau baru kau batalkan, tapi selama tak ada suara tak ada bau maka tak batal.. karena tak ada suara baunya luar biasa..

"Tidak ada suara ataupun bau.." "Aah udah taka ada suara tak ada bau, kenapa kau ragu?" "tapi itu terasa sangat jelas?" Itu namanya angin perut .. itu angin perut di dalam, yang di dalam itu tidak najis, kalau lah yang di dalam itu disebut najis maka tak ada sholat kita yang sah, yang namanya najis itu keluar dari sabilaini dari dua jalur.. kalau keluar angin namanya hadats, kalau berbunyi dari dalam.. erghmmm.. itu tidak.. tidak batal.. yang dimaksud suara disitu adalah suara angin keluar

CARA MENGHADAPI ORANG MUNAFIK,
LIBERAL DAN SEKULER?

Pertanyaan :
Cara kita menghadapi orang Munafik, Liberal dan Sekuler, gimana menghadapinya pak Ustadz?

Jawaban :
Tak usah dihadapi..ngapain dihadapi.. dia sengaja cari panggung, cari musuh.. saya berapa kali disindir-sindirnya, saya cuekin saja dia.. lama-lama malu sendiri dia. Kalau mau kita jawab, kita jawab.. menjelaskan.. ada pula (buat apa) kita tantang-tantang.. dia memang sengaja update status supaya ratingnya tinggi, bahkan ada sebagiannya dengan rating tinggi dia sedang iklan gratis rupanya mau jadi Caleg.. banyak faktor.. Sebelum dia caci maki saya, tak ada like-nya.. saya tengok likenya 20.. pas dia caci maki saya.. banyak jadi 100.. Alhamdulillah, saya sudah shodakoh sama dia


HUKUM MEMINANG WANITA YANG SUDAH
DIJANJIKAN AKAN DI PINANG LELAKI LAIN

Pertanyaan :
Apakah mengkhitbah seorang wanita yang baru dijanjikan akan dikhitbah oleh lelaki lain dibolehkan? Waah.. serius ni.. apakah mengkhitbah .. Ya mengkhitbah maksudnya meminang seorang wanita.. Alhamdulillah .. kau masih meminang seorang wanita.. kalau sampai laki-laki LGBT tu..  baru dijanjikan akan dikhitbah.. 

Jawaban :
Owh.. Ora opo-opo, "tidak boleh meminang yang sudah dipinang.. aah itu nggak boleh.. "Pak Haji, anak Bapak sudah dipinang si Anu ya?" "Yaa" "Berapa dia bayar kemarin?" "20 juta.." "saya bayar 25 pak?" (akan jadi) permusuhan.. tak boleh.. tapi kalau sekedar baru janji, belum ada.. belum ada deal nggak papa dipinang, tapi niatnya jangan menyalip.. Valentino Rossi tu..

Dan laki-laki lain tsb sakit hati, apakah kita berdosa karena menyakitinya?

Bagusnya kau tanya dia dulu.. kemarin kau pinang dia itu deal apa tidak? Jadi apa ndak? Eh ditanyanya, "wani piro sampean?" Galah patah boleh disambung, kaca pecah boleh dia retak .. hati yang sakit kemana obat akan dicari.. aah kalau sudah sakit hati.. Nauzubillah.. setanpun datang berbisik-bisik.. Allazi yuwas wisufi sudurinaas, minal jin nati wannaas.. Santet.. berakhir pada sihir, maka jangan sampai menyakiti hati orang lain

BEDA MUSIBAH DENGAN COBAAN
YANG DATANG DARI ALLAH SWT?

Pertanyaan :
Apa bedanya musibah dengan cobaan yang datang dari Allah?

Jawaban :
Sakit, demam, gundah gulana, susah hati. duri menusuk tapak kaki.. Allah akan menghapuskan dosa-dosanya.. Misalnya kita demam, dari mana kita tau itu ujian atau untuk menghapuskan dosa? gak  tau kita.. yang penting kita khusnudzon kepada Alllah..
Sakit kita.. Nauzubillah.. sakit berat.. sakit yang ringan.. panu, kudis, kurap.. yang agak berat.. jantung koroner, diabetes meletus.. dari mana kita tau? Tiga.. penyakit itu tiga, yang pertama Allah menghapuskan dosa, yang kedua Allah menaikkan derajat,  yang ketiga Allah ingin memberikan balasan.. kita nggak tau antara tiga maka kita khusnudzon kepada Alllah..

Makanya kalau kita jenguk orang sakit, "sabar ya nduk.. sabar ya mas.. iki Allah ta'ala insya Allah mengijabahi doa sampaen.. Aamiin.. aah jadi kita harus kasih.. jangan jenguk orang sakit kita lihat, "gimana menurut pendapat ente?" "ini nampaknya dua jumat selesai ni.." jangan begitu.. beri dia harapan.. "kata dokter, saya sudah di vonis pak ustadz.. katanya umur saya tak lama lagi.." "berapa kata dia?" "kata dia sebulan.." "eehmm.. lebih cepat dari itu malah.." jangan..
"kata dokter, saya sebulan ini mati pak ustadz.." "Afaaa.. sebulan kata dia..!?" "iyaa" " "dia lebih dulu mati.. tidak ada tanda-tanda sakit pada dirimu" "saya sehat pak ustadz?" "Sehat.. sehat.. sehat.." keluar dari situ, mati dia.. tapi kita sudah menyenangkan hati orang lain.. perbuatan yang baik, apa dia.. walaupun dia kecil, menyenangkan hati orang beriman.. senangkan hati dia..

Saya ketemu sama orang, "ustadz sakit ya? ustadz sakit ya?" tiga kali dia tanya.. "ustadz sakit ya?" saya bilang, "apa payahnya ente bilang ustadz sehat? kenapa ente tak bilang, ustadz sehat kan?" sama juga nanya sehat.. kenapa kita tak senangkan hati orang.. kenapa kita tak bahagiakan orang? sudahlah ngasih duit tak bisa.. mending tidak menyenangkan hati dengan ucapan orang

IBU HAMIL YANG SAKIT KRONIS, 
SELAMATKAN IBUNYA ATAU BAYINYA?

Pertanyaan :
Bagaimana menyelesaikan masalah yang berat untuk perempuan yang sedang hamil? Lahirkan.. hamil katanya dia berat, keluar ringan itu.. haha.. tertawa ibu itu.. Dia sakit kronis lalu dia hamil..  dia sakit kronis lalu dia hamil.. sakit bisa pula hamil? Prioritas yang mana, menyelamatkan ibunya atau menggugurkan bayinya?

Jawaban :
Berkumpullah ustadz sama dokter berdua, ini namanya itjihad jama'i kolektif gak bisa sendirian.. kalau saya ditanya nggak bisa, karena saya tidak tahu kadarnya.. pilihannya dua, mati atau makan babi.. nggak boleh pilih mati.. "ada babi ada mati, sampean pilih mana?" "aku pilih mati aja ah.." jangan.. pilih babi.. aah ambil itu babi colek-colek pakai kecap.. nggak boleh pilih mati.. makan babi sementara pisang datang, kalau datang kawan bawa pisang, "bro-bro ada pisang ayo makan.." "enggak enak babi.." jangan.. jangan.. 

Naah.. begitu juga dengan ini.. ibunya mati atau anaknya, mudhorot yang tertinggi adalah ibunya, karena ibu ada suami ada anak-anak.. sedangkan ini (anaknya) tidak.. maka di beberapa kasus dibolehkan ijhad.. ijhad itu menggugurkan kandungan.. tapi dua (atas itjihad) ustadz dengan dokter.. karena ustadz nggak ngerti kandungan.. dokter nggak ngerti hukum (islam).. maka kolektif dia

BAGAIMANA MEMPOSISIKAN DIRI
PUNYA ORANG TUA SYIAH?

Pertanyaan :
Bagaimana memposisikan diri sebagai anak tunggal? kedua orang tua yang syiah cukup kuat, dan sangat mengharap saya mengikuti ajarannya

Jawaban :
"Jangan kau ikut kalau kau tak punya ilmu.. telinga, mata, hati semua akan ditanya Allah " ada sebagian orang mengatakan syiah dan ahlu sunnah kan sama kaya NU Muhammadiyah.. enggak sama mas.. ini perbedaannya luar biasa.. ussul mendasar.. lima perbedaan kita dengan syiah yang nggak mungkin disatukan.. 
Pertama, dia beriman kepada iman dua belas.. siapa yang nggak percaya pada imam dua belas kafir.. Bapak ibu percaya nggak sama imam dua belas? enggak.. (berarti) Kafir! menurut syiah..
Dua, menurut mereka setelah meninggalnya Nabi, Ali yang naik.. maka Ali tidak jadi naik karena Abu Bakar dan Umar.. Abu Bakar dan Umar itu kafir.. mereka mengkafirkan sahabat Nabi.. makanya syekh Yusuf Qardawi keluar dari dialog.. kenapa.. karena ketika dia dengar Abu Bakar laknatullah alaih..sedangkan kita setiap menyebut, "al kadir fathul awal abu bakri assiddiq, apa jawabnya? Radhiallahu 'anhu.. tiba-tiba ada orang, kita bilang, "Radhiallahu 'anhu.." dia juga bilang, "Laknatullah alaih.." kalau ada orang yang bisa duduk sama dia, itu dua kemungkinan goblog atau budeg..
Tiga kata dia Quran yang ada itu sekarang sudah di obok-obok oleh Ali, Abu Bakar dan Umar.. karena sebetulnya dalam Quran yang asli itu nama Ali banyak sekali, tapi dibuang oleh Abu Bakar dan Umar.. kalau memang Quran yang sekarang itu KW nggak asli kenapa mereka pakai? kata Imam mereka, sementara yang asli turun.. pakai dulu yang KW ini..
Empat, mereka pakai namanya Ba'da.. Ba'da Yabdu .. katanya Tuhan tak tahu apa yang akan terjadi besok.. nggak tau Tuhan apa yang terjadi besok.. makanya ada nasak mansuk.. nasak mansuk itu karena Tuhan tak tahu besok.. namanya Ba'da..
Yang kelima, Takiyah.. aah.. ini susahnya takiyah.. andai ada syiah disini, ditangkap.."kamu syiah ya?" "Ndaak saya sunni.." andai banyak orang Muhammadiyah, "kamu NU ya.." "Ndaak.. saya Muhammadiyah.." "kamu sunnah atau sunni?" kebetulan banyak syiah, "saya syiah.." kebetulan fifty-fifty, "kamu sunnah atau sunni?" "saya Sushi.." sunnah syi'i.. payah berdebat dengan syiah..

Pernah dulu ditangkap ustadz syiah datang ke Pekan Baru, begitu ditangkap ditanya, "kamu syiah?" "Saya Sunni" dibuka tasnya.. dapat tur'bah karbala tempat sujudnya.. "Kamu syiahkan?" "saya syiah tapi yang lurus.." mana ada lurus, syiah bengkok

BAGAIMANA TANGGAPAN USTADZ 
MENGENAI KHILAFAH

Pertanyaan :
Bagaimana tanggapan ustadz mengenai khilafah..

Jawaban :
Kilafah itu politik islam.. Ada namanya fikih islam, di dalamnya ada namanya ibadah.. sholat, zakat, puasa, haji.. Ada namanya muamalah, gadai menggadai, pinjam meminjam, hutang piutang.. Ada namanya satu lagi yaitu nikah.. talaq, rujuk, li'an, khuluk, zihar.. Ada namanya fikih siasah, istilahnya macam-macam.. ada namanya siasah, ada namanya khilafah, ada namanya imamah, ada namanya siasah syar'iyah.. 

Intinya islam punya politik, jadi islam itu bukah sekedar akhlak.. bila ditempeleng pipi kirimu berikanlah pipi kananmu, bila ditarik bajumu berikanlah mantelmu, bila ditarik kainmu telanjang bulatlah kau.. Jadi Islam itu ada politiknya, bagaimana cara mengangkat pemimpin.. itu namanya khilafah

SAYA KERJA DI BANK KONVENSIONAL
BELUM DAPAT PEKERJAAN LAIN

Pertanyaan :
Bagaimana hukum bekerja di bank konvensional, sudah mencari pekerjaan lain tapi belum dapat..

Jawaban :
Sementara belum dapat, kau disitu saja dulu.. agak sebulan dua bulan mudah-mudahan dapat pekerjaan lain.. insya Allah Aamiin.. aah minta doa, berusaha.. jangan terus disitu, saya tidak ingin tahun depan saya datang kemari, "sudah keluar?" "belum pak ustadz, belum dapat.." "sudah keluar?" "belum pak ustadz, belum.." setelah lama, "Alhamdulilah pak ustadz.." Kenapa? pensiun..

BAGAIMANA HUKUM CADAR

Pertanyaan :
Bagaimana cara kita menyikapi sesuatu jika kita ingin menjalankan salah satu sunnah seperti memakai cadar.. pada saat itu ngaji gabung sama yang boleh nggak pakai cadar.. hukum cadar yang diambil jamaah tsb hukum memakai cadar yaitu mubah boleh.. sebaiknya tidak memakai cadar seperti itu.. sedangkan kita nyaman memakai cadar?

Jawaban :
Pakai saja cadar.. saya termasuk yang berpendapat ikut ulama (yang) mengatakan cadar itu hukumnya mubah.. boleh.. sedangkan ulama Saudi Arabia Syekh Ibnu Husaimin mengatakan cadar (itu hukumnya) wajib.. Syekh Bin Baz mengatakan wajib.. tapi Syekh Albani mengatakan tidak wajib.. jadi Ihtilap mereka.. Saya termasuk mengatakan tidak wajib.. tapi gadis-gadis memakai cadar bagus.. apalagi yang cantiiiiiik.. sampai-sampai kalau dia nggak pakai cadar dijalan habis supir-supir angkot tabrakan.. Nauzubillah.. oleh sebab itu kalau dia pakai cadar ya nggak papa, jangan ngejek.."ninja ni yee.." jangan..

Dia sedang menghormati saudaranya kalau ada perempuan bercadar itu bukan dia menjaga dirinya, dia sedang menjaga diri orang lain supaya jangan buat dosa.. kalau ada mahasiswi bercadar, dia bukan menjaga dirinya.. dia menjaga teman-temannya supaya jangan resek ke dia.. dia juga menjaga dosennya supaya khusuk ngajar jangan ngeliatin wajah dia saja.. ustadz kok tau? saya kan dosen..

KENAPA BANYAK MAHZAB PADAHAL
NABINYA SATU DAN KITAB SUCINYA SAMA

Pertanyaan :
Kenapa dalam islam ada terbagi dalam beberapa mahzab.. Dia bilang cuma islam yang ada mahzab? HKBP, Pantekosta, Metodist, Ortodok, Katolik, Protestan, banyak lagi.. nanti saya sebutkan mahzabnya semua ragu jangan-jangan ustadz ahli mahzab situ juga.. kenapa terbagi beberapa mahzab padahal Nabinya dan kitab sucinya kan sama.. siapa yang menunjukkan imam mahzab itu?

Jawaban :
"Dalam hati mereka ada penyakit" saya nggak ngerti penyakit apa.. penyakit lever? maka saya tanya orang yang ngerti.. kebetulan nama bapak ini Syafi'i.. "Pak Syafi'i.. ini fikulu bimarrodun artinya apa?" "artinya dalam hati mereka ada ragu tentang Allah" owh saat itu saya sedang bermahzab Syafi'i. Kenapa ustadz nanya ke Syafi'i? karena Syafi'i yang terkenal paham Quran..

Kalau motornya rusak, bawanya ke bengkel AC atau ke bengkel motor? Motor.. karena dia yang terkenal pakar motor.. Regar Dinamo.. pergi kebengkel sana.. karena dia memang ahlinya. Ketika rusak AC rumah.. pergi ketukang AC.. Ketika rusak AC ke tukang AC, rusak motor ke tukang motor.. kenapa ketika nggak paham agama pahami sendiri? kenapa nggak tanya pada ulama?

Kenapa cuma empat? sapa bilang ulama empat? ada imam Hanafi, ada imam Maliki, ada Imam Syafi'i, ada imam Hambali, ada imam Al Ozai, ada imam Syufiat Al Asykuri, ada imam Ibnu abi Laila, ada imam Syufiat ibnu.. banyak ulama mahzab, kenapa bilang cuma empat? kebetulan empat itu yang mahsyur.. kenapa kita musti ikut ulama? "Tanyalah orang yang tau kalau kamu tak tau.." saya mau beli laptop.. saya tidak tau tentang laptop.. saya nanya, "Pak ini laptopnya berapa inchi, berapa hardisknya, berapa RAM nya.." saya nggak ngerti, tanya orang yang ngerti..
Saya dengan Syafi'i sama, Syafi'i manusia saya (juga) manusia, Syafi;i makan saya makan.. betul.. pas makannya iya.. yang lain-lain nggak sama.. Imam Syafi'i kalau baca buku ditutupnya yang sebelah sini, dia baca yang ini.. kenapa.. karena kalau yang ini dia lihat, dia hapal juga.. Imam Syafi'i kalau dia jalan dari rumah telinganya dia tutup, sampai mesjid baru dia buka.. kenapa.. karena dia takut apa yang dia dengar dari rumah ke mesjid dia hapal.. kita begitu diucapkan hilang.. ngaku sama imam Syafi'i sama.. imam Syafi'i makan.. saya makan.. imam Syafi'i.. saya juga bisa.. Ente waras apa nggak?


BAGAIMANA AGAR KEBANGKITAN
ISLAM SEGERA TERWUJUD

Pertanyaan :
Apa saja peran umat islam agar kebangkitan Islam segera terwujud?

Jawaban
Pertama.. Bersatu.. Jamaah.. Alaikum Jamaah, makanya jamaah malam ini mudah-mudahan.. makanya tadi apa kata protokol, kebangkitan islam akan bangkit karena bersatu ini.. Insya Allah.. Allahu Akbar! Bangkit insya Alah.. mendengar takdir tu.. mencret tentara Israel.. luar biasa, heran mereka.. ini orang makannya gudeg kok takbirnya kuat dia.. kami makan keju takut.. setelah diperiksa, ada tentara Israel yang mati masuk dipasukan Palestine.. dibuka pakaiannya.. pakai pempers.. rupanya mereka berani berperang karena dikasih duit banyak.. dan ketakutan.. kencing-kencing mereka, sedangkan pasukan umat islam.. tak ada.. Lillahi ta'ala berjuang fisabilillah. Yang pertama berjamaah, kalau mau bangkit berjamaah..
Yang kedua, berilmu.. karena orang berilmu ini yang tidak bisa dihasut, tidak bisa digoncang.. ilmu tentang kucing, bahwa yang saya bawa ini kucing.. semua orang Jogja mengatakan ini anjing.. ini tidak berubah menjadi anjing, ini adalah kucing.. saya bawa.. "cantik anjingnya ya.." "Kucing!" "Kucing, jangan rubah pendapat saya, ini kucing.." Nggak berapa lama ketemu sama ibu, "Eeh.. ustadz Somad, anjingnya beli dimana?" "KUCING!" nggak berapa lama ketemu sama ustadz senior saya, "Masya Allah Habibie ustadz Somad.. ini Anjing..?" "anjing apa kucing ya?" kalau orang berilmu tetap saja, seluruh dunia mengatakan ini anjing, ini tetap kucing.. walaupun senior saya, ini kucing.. ini anjing apa kucing? Kucing.. kalau tak percaya tendang.. Ngeoong.. Kucing..
Pertama berjamaah, yang kedua berilmu, yang ketiga beramal.. aah.. Amal.. ini ngaji.. kalau ada yang mengatakan, "Masya Allah.. pengajian di mesjid tadi malam ramai berhasil.." Belum.. ini baru anak tangga pertama, ini baru ngumpul jamaahnya.. yang kedua berilmu, yang ketiga beramal.. barulah kita akan sukses bangkit insya Allah.. Aamiin..

APA YANG DITAKUTI ORANG KAFIR
TERHADAP UMAT ISLAM

Pertanyaan :
Apa saja yang ditakuti orang kafir terhadap umat islam?

Jawaban
Sholat subuh berjamaah seperti sholat jumat.. kita lihat besok subuh.. kalau besok subuh sholatnya macam sholat jumat tanda Palestina tak lama lagi akan merdeka insya Allah.. Aamiin.. Anak-anak muda datang pengajian malam ini padahal ini kota besar banyak karaoke, banyak tempat biliar, banyak tempat mojok.. banyak tempat jalan.. bisa ngaji.. bisa ngaji.. Anak muda bisa ngaji, ini ciri kebangkitan islam insya Allah.. bangkit islam.. Takbir! Allahu Akbar..
Padahal tadi sore SMP sudah banyak yang ngajak.. "Maass.. ayo kita jalan-jalan yok malam ini.." "Tidak aku mau pengajian.. ada ustadz Somad datang dari Riau" "Ayok ngaji.." "Nggak.. pokoknya.." "aku yang bayar mas.." "Okee.." Yang hadir malam ini sudah lulus fit n proper test semua.. "Ayook aku yang bayar mas..:" "Nggak Pokoknya kalau aku sudah ngaji, aku ngaji.. gak ada bayar.. a' a' abis ngaji nanti baru kita jalan.." podo sami mawon..


BAGAIMANA MEMBUAT ORANG TUA BERHIJRAH?
AYAH JARANG SHOLAT, IBU TIDAK MENUTUP AURAT

Pertanyaan :
Bagaimana cara membuat orang tua kita berhijrah, soalnya ayah saya terlihat jarang sholat.. ibu dan kakak perempuan saya sholat tapi belum menutup aurat

Jawaban
Masya Allah.. berat cobaanmu anakku.. berat cobaanmu adikku.. ayahmu belum sholat, ibumu juga.. sulitkah bagi Allah membuat ayah ibumu sholat? Mudah.. lalu kenapa dibuatnya begitu? supaya engkau mendapatkan merasakan sendiri seperti Nabi Muhammad Salallahu alaihi wasalam.. supaya engkau merasakan rasa yang dirasakan oleh Nabi Ibrahim Alaihis salam ketika mengajak ayahnya Azzar, oleh sebab itu kau musti sabar, kau mesti berdoa..

Jangan mentang-mentang kau sudah ngaji pulang dari sini panggil, "Papa Mama.. duduk! Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.. "siapa yang meninggalkan sholat secara sengaja kafir neraka jahanamlah tempatnya.." Bukan begitu caranya.. bukan begitu, kira-kira Bapak ini ngomong paklek ono.. paklek, bulek, embah, si mbah.. mbah kangkung.. tanya dia, bisa nasehati dia nggak? aah.. kira-kira bapakmu yang di dengarnya omongan siapa? Omongan paklek..aah ajak paklek.."paklek..paklek.. nek aku sing ngomong ki bapak ora iso.. paklek yang ngomong sama dia ya.." "masalahe opo nduk?" "masalahe supaya sholat.." "hoo aku wae ora sholat.. podo.." Carilah kira-kira orang yang omongannya di dengar, jangan lupa doa.. tiap malam doa.. baca yasin, minta " Ya Allah.. berkat kemuliaan surat Yasin.." Tawasul dengan surat Yasin.. berkat surat yasin bukakanlah pintu hati bapakku.. kita doakan semua..


Alhamdulilah..

Tersedia juga halaman download gratis Ceramah Ustadz Abdul Somad dalam format rekaman audio atau MP3, jika dibutuhkan boleh untuk di share dan di download tanpa syarat dan tanpa iklan. Semoga menjadi amal jariah bagi kita semua berbagi ilmu yang bermanfaat dari ustadz Abdul Somad ini.




IG @sabyanmedia

#ustadzabdulsomad 
#ceramahustadsomad
#ceramahustadsomadMP3
#downloadceramahustadsomad
#ceramahustadzabdulsomadMP3 

#ustadsomad #sabyanmedia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar