Selasa, 25 September 2018

Tanya Jawab (Masjid Mu'adz Bin Jabal Malaysia, 15.2.2018) - Ustadz Abdul Somad

Ceramah Ustadz Abdul Somad  - Tanya Jawab (Masjid Mu'adz Bin Jabal Malaysia, 15.2.2018) - Ustadz Abdul Somad 







Pertanyaan :
Soalan satu, Apakah ilmu pahaman Syiah?

Jawaban : 
Kita berbeza dengan syiah dalam lima perkara menurut syeh Ali Jum'ah mufti Mesir University Al Ashar.. ada lima perkara yang kita berbeza yang tidak mungkin kita boleh bersama, 
- Yang pertama mereka mengatakan beriman kepada Imam Dua Belas, sedangkan kita tidak beriman kepada Imam Dua Belas.. Dalam ajaran mereka, sesiapa saja tidak beriman kepada Imam Dua Belas maka dia kafir! "Tuan-tuan percaya tak pada Imam Dua Belas?" "tak percaya.." "berarti kafir.. menurut Syiah.." "Saya pun tak percaya pada Imam Dua Belas, sayapun dikafirkan oleh Syiah"

- Dua, menurut mereka selepas Nabi Muhammad Sallalhu Allaihis Wasalam meninggal maka yang menjadi penggantinya adalah Ali.. Syidina Ali.. maka Abu Bakar dan Umar, Usman.. sahabat  semuanya itu kafir karena merebut khilafah.. merebut Imamah dari pada Syaidina Ali.. Makanya mereka mengkafirkan sahabat.. Ini dua yang tidak boleh kita terima, mereka mengkafirkan sahabat.kita bila disebut Abu Bakar sholat tarawih al kadir fathul awal abu bakri assiddiq, apa jawab jamaah? Radhiallahu 'anhu .. mereka tidak, (jika disebut) Abu Bakar Siddiq (jawab mereka) Laknatullah alaihi.. Mana boleh kita duduk bersama? kita duduk bersama, duduk disebelah kita.. ada orang menyebut Abu Bakar.." Abu Bakri as siddiq.." lalu kata saya,"Radhiallahu 'anhu" ada orang disebelah (menyebut) laknatullah alaihi.. boleh kita duduk bersama? Orang yang boleh duduk bersama, dua kemungkinan.. pertama pekak, yang kedua jahil..

- Tiga, kata mereka Quran itu tidak original, sebab Quran yang asli sudah dirusakkan oleh Abu Bakar dan Umar.. banyak nama Ali di dalam Al Quran yang asli.. yang original itu.. Kalau memang yang sekarang Qurannya tidak original, mengapa mereka masih baca quran itu? Itu selalu mereka tanyakan, kalau memang Al Quran tidak original mengapa mereka masih baca? sebab dalam kitab mereka, mereka katakan sementara yang original datang, maka pakailah yang ada ini dulu..

- Empat, mereka berkeyakinan Ba'da Yabdu Ba'da.. Ba'da..Tuhan tak tahu apa yang akan terjadi esok.. maka datang nasab mansuk.. jadi kata mereka adanya nasab mansuk nasik mansuk nasab karena Tuhan tak tahu apa yang akan terjadi esok, Allah ciptakan khamar.. Allah tak tau orang minum khamar akan hilang ingatan, lalu kata dia khamar tak apa-apa.. manakala mabuk baru dia katakan haram khamar.. Ba'da namanya..

- Lima, mereka ada suatu keyakinan namanya takiyah.. aah.. takiyah ini susah, maka susah kita nak berhujah dengan syiah.. bila ada malam ini syiah datang, lalu kita tanya.."awak syiah ya?" "Owh ndaak saya ahlul sunnah" sebab apa.. sebab malam ini banyak ahlul sunnah, dia ngaku (sebagai) ahlul sunnah.. tapi bila banyak syiah.. kita tanya, "awak syiah?" "Ya saya syiah" tapi bila fifty-fifty lima puluh peratus - lima puluh peratus, "awak syiah?" "saya sushi.." apa tu? sunnah shi'i.. ah jadi susah kita nak berhujah dengan syiah


Pertanyaan :
Apakah aliran di dalam paham syiah yang boleh diterima oleh ahlul sunnah wal jamaah

Jawaban : 
Kitab Subbul Salam ditole oleh Imam San'ani. Imam San'ani itu syiah.. syiah apa? syiah Zyaidiyah.. syiah Zyaidiyah.. tapi sekarang syiah Zyaidiyah, semua yang datang ke Indonesia, ke Malaysia bukan Zyaidiyah.. itu mesti pahami baik-baik.. bukan Zyaidiyah, tapi Rofiodoh.. tapi manakala dia ditangkap, "Awak Syiah" "saya syiah zyaidiyah" Takiyah saja.. semuanya yang sekarang kebanyakan itu  Rofiodoh.. ra fa dho.. menolak.. rafiodoh.. menolak Imam Zaid, karena Imam Zaid memperakui Abu Bakar dan Umar. Mereka datang, syiah Rafiodoh datang kepada Imam Zaid, "Zaid, apa pendapat engkau tentang Abu Bakar dan Umar?" Kata Zaid, Abu Bakar dan Umar Khalifah.. mereka marah kepada Imam Zaid, mereka pergi meninggalkan Imam Zaid.. Imam Zaidiyah yang lurus.. maka apa kata Imam Zaid? Rafatuhuni.. kalian menolak aku.. maka mereka disebut Rafiodoh.. ra fa dho.. Rafiodoh karena menolak Imam Zaid. Pendapat kedua mengatakan karena mereka menolak Abu Bakar dan Umar

Pertanyaan :
Soalan dua, Apakah benar bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam boleh hadir secara ya'kazoh.. secara terjaga, dalam acara Maulid.. datang Nabi secara ya'kazoh.. secara terjaga.. boleh tak dia datang?

Jawaban : 
"Sesiapa yang melihat Aku dalam tidurnya.." kita sedang tidur nampak Nabi.. "Sungguh dia sudah melihat Aku.. karena setan tak mungkin menyerupai Aku" .. (ini) dalam tidur, tapi kalau dalam keadaan terjaga? Banyak ulama yang mengaku boleh melihat terjaga.. Wallahu a'lam bish-shawabi .. benar tidak nya kita serahkan kepada Allah, tapi saya berpegang pada Hadits "melihat dalam mimpi.." mimpi itu pun mimpi orang yang alim. 

"Ustadz Somad.." "Yaa" "Saya tadi melihat Nabi.." "Bagaimana bentuknya?" "rambutnya putih, janggutnya putih, semuanya putih.." "Yakinlah bahwa itu Drunken Master.." karena Nabi itu sebagaimana riwayat Imam at Tirmidzi dalam Al–Syama'il al–Muhammadiyyah, rambut dan janggutnya (Nabi) tidak lebih isrun.. hanya 20 saja yang putih, yang lain hitam.. jadi yang melihat itu juga orang yang berilmu, bagaimana wajah Nabi.. bagaimana rambut Nabi.. bagaimana kaki Nabi.. bagaimana tumit Nabi.. bagaimana sripak Nabi.. bagaimana senyum Nabi.. itu dibahasnya dalam kitab Al–Syama'il al–Muhammadiyyah

Pertanyaan :
Soalan tiga, Apa pandangan ustadz tentang Talfiq dalam beribadah

Jawaban : 
Saya menganjurkan beramal satu mahzab Syafi'i saja, lebih selamat sebab dikuatirkan Talfiq ini kita jatuh mencari mudah-mudahnya saja.. Bersentuh lelaki dan perempuan batal dalam mahzab Syafi'i.. dia kata tak batal? "kenapa tak batal?" "Kalau menyentuh perempuan.. makna nisa itu bukan menyentuh kulit.. kalau maaf..maaf.. Jima' baru batal (itu) menurut mahzab Hanafi, maka saya berpegang pada Hanafi, kata dia.. "saya berpegang pada Hanafi, kalau Jima baru batal.. kalau sentuh kulit tak batal.." "Owh begitu.." " Iyaa" 
Pas hari raya Qurban kita tanya, "Awak tak berqurban? menurut mahzab Hanafi berqurban kan wajib.." "Owh.. sunnat muakad.." aah ini (orang) ambil senang-senangnya saja.. maka yang paling selamat itu adalah berpegang pada mahzab yang kita yakini, dalam hal ini mahzab Syafi'i

Pertanyaan :
Soalan empat, Ustadz apa yang dimaksud dengan istidraj umat akhir zaman?

Jawaban : 
Bila tak pernah shodakoh tapi rezki melimpah ruah, nah itu istidraj.. tak pernah sholat tapi kuasa makin hebat.. istidraj .. tak pernah berzikir tapi mahsyur .. istidraj .. kadang saya merenung sejenak, ini viral ini nikmat atau istidraj? ini jamaah yang ramai ini nikmat atau istidraj? kalau makin ingat kepada Allah (itu) nikmat, tapi kalau lalai kepada Allah .. ingat.. istidraj .. permainan .. Nauzubillah..

"Kami permainkan mereka dengan istidraj, mereka tak sadar.." Aku ulur seperti main layang-layang.. Aku ulur umurnya panjang.. Aku ulur rezkinya banyak.. Aku ulur kuasanya hebat.. Aku ulur.. "tipu daya Ku amat sangat kuat.." mudah-mudahan kita selamat dari pada istidraj .. Aamiin .. banyak-banyak puasa bahdiri jangan sampai kita terjerumus kepada istidraj 

Pertanyaan :
Soalan lima, Ustadz, dulu saya seorang pencuri.. Alhamdulillah karena dulu, berarti sekarang sudah bertaubat, bagaimana cara mengembalikan barang yang sudah pernah saya curi? 

Jawaban : 
Balikkan lah.. sekira tuan nya sudah meninggal dunia.. cari dia.. dimana mencari dia? ditempat engkau mencuri dulu.. tidak bertemu lagi sudah habis sama rata dengan tanah, sudah ada tower disitu, sudah tak ada (tempat yang dulu) tak tau dia pindah kemana.. hitunglah berapa nilainya yang kau curi dulu, lepas itu.. aah berapa RInggit sekarang, bagi serahkan ke maslahah 'ammah.. sekolah, fakir miskin, anak yatim, mesjid.. bagikan..

Tapi ini punya dia, kenapa mesti bagi kemari? "Ini umat yang satu.." memang ini punya ini tapi dibalikan kesini.. ini umat yang satu.. kita ini umat yang satu, umat di Mekah, umat di Sumatera, umat di Jawa, umat di Kalimantan.. ini semua umat yang satu.. Kiblatnya Satu, Allah nya Satu, bahasa yang dipakai dalam sembahyang Satu.. dan umat ini adalah umat yang Satu.. maka bayarkan, jangan anggap orang nya sudah mati Alhamdulillah.. "Si Fulan sudah meninggal.." "Alhamdulillah.. aku tak bayar lagi" "Owh tidak begitu.." 

Pertanyaan :
Soalan enam, saya sudah tinggal sholat selama 30 tahun.. berarti sekarang dah sholat, alhamdulilah.. Sekarang saya sudah insaf, adakah saya wajib qodho sholat saya yang selama ditinggalkan?

Jawaban : 
Mahzab Hanafi paling tua, mahzab Maliki nomer dua, mahzab Syafi'i nomer tiga, mahzab Hambali nomer empat.. sepakat empat mahzab sembahyang yang lama..lama..lama.. dulu wajib di qodho.. kecuali mualaf.. aah ini ada juga untungnya mualaf, kalau mualaf Dia tak itung kira.. tapi bagi yang taubat maka Dia kira.. "dulu umur wajib sembahyang berapa?" "10 (tahun)" "sekarang umur berapa?" "40 (tahun)" baru taubat dia.. berarti tak sembahyang berapa lama? 30 tahun.. nah gantilah qodho.. 

Apakah saya ambil cuti tiga bulan qodho saja? Ndaak.. lepas satu sholat, qodho.. lepas isya tadi qodho satu.. usalli fadhol isya arba'a qodhoan lillahi ta ala.. berapa lama? 30 tahun.. coba ganti 2017 insya Allah cash 2028.. 2038.. 2048.. kalau malaikat maut datang sebelum itu.. Alhamdulillah.. insya Allah lunas.. insya Allah habis.. ina amalu bin niat.. begitu cara membayarnya.. Ustadz baca dimana? al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu” (karya) Syeikh Wahbah al-Zuhaili 

Pertanyaan :
Soalan tujuh, apa hukum mengambil barang orang non muslim?

Jawaban : 
Tak boleh.. mungkin dia berharap ustadz (bilang) aah.. ambillah..ambil..ambil.. Tak boleh! mana dalilnya? Manakala Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam meninggal dunia, baju besi dirha nya hilang.. sahabat mencari mana baju besi Nabi kenapa hilang? Baju besi Nabi berada ditangan seorang Yahudi.. "Yahudi, kenapa baju besi Nabi ada padamu?" apa kata Yahudi? "Nabi kamu meminjam 30 sokgan. 1 sokgan 30 kg.. tiga dalam tiga 90 kilo.. 

Kenapa Nabi pinjam? Nabi ingin mengajarkan umat ini ada berniaga dengan non muslim.. berdakwah, dengan kejujuran kita, dengan kebaikan kita.. dengan akhlak budi pekerti kita tertarik dia masuk islam.. bagaimana kita berdakwah kalau kita tutup diri eksklusif.. terbuka inklusif.. maka berdakwah. Lalu apa yang dilakukan Sahabat? mereka bayar itu, "Hai Yahudi ini 30 sak gandum, mari baju Nabi.." itu menunjukkan pada orang kafir pun mesti kita bayar.. jangan.. sahabat Nabi tidak mengatakan "mari ambil.. adapun gandum itu sudah jangan bayar.." Owh tidak.. tetap, karena mereka tetap saudara kita bukan dalam keadaan berperang

Pertanyaan :
Soalan delapan, sah atau tidak ketika sholat sambil memeriksa henpon?

Jawaban : 
Maka batal sholatnya, kenapa? karena itu harokah ajnabiyah.. gerakan diluar sembahyang, apalagi sampai berlebih ambil (henpon) buka, idupkan pula lagi.. ah rusak (sholatnya). Sebelum sembahyang itu perhatikan baik-baik.. makanya lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, lain tempat lain imam bagi tahu jamaah, "luruskan shaf" tapi ada disatu tempat, "luruskan shaf matikan henpon" luruskan shaf supaya masyarakat ingat, sudah ditulis di dinding-dinding matikan henpon.. matikan.. itu gambar hanpon atau gambar orang tidur?

Pertanyaan :
Soalan sembilan, adakah membaca yasin pada malam jumat itu bid'ah, seperti banyak yang diamalkan masyarakat di Malaysia?

Jawaban : 
Baca Yasin di malam Jumat itu Bid'ah.. kenapa bid'ah? karena tidak pernah di lakukan Nabi.. Pernah Nabi baca Yasin malam jumat? Pernah Nabi baca Yasin malam jumat? Orang.. bila dikatakan begitu, "awak dari mana?" "dari mesjid Mu'adz Bin Jabal.." "ada apa?" "baca Yasin.." "baca yasin itu bid'ah lah.. Nabi kan tak pernah buat?" "Afaaa.. awak kata kami bid'ah?" Diapun marah tapi dalam hati, "iya juga yaa.. jangan-jangan bid'ah.."

Pertama marah, yang kedua, "iya juga.." yang ketiga dia pula membid'ahkan orang.. itulah bahayanya kalau orang tidak tau dalil.. Sekarang saya tanya, "baca yasin malam jumat bid'ah atau tidak? bid'ah kan?" "tidaak.." "tapi tidak pernah di buat Nabi?" semua yang tak pernah dibuat Nabi bid'ah.. pernahkan Nabi.. mana .. tunjukkan saya dalil Nabi baca yasin malam jumat? pernah tak dibuat Nabi? tak pernah.. kalau begitu bid'ah.. nah sudah banyak yang ragu kan..

Sunnah itu ada tiga, yang pertama khaul.. cakap, yang kedua fe'el.. perbuatan, yang ketiga takrir.. Nabi diam.. diamnya Nabi setuju itu juga sunnah.. Nah tentang masalah membaca yasin, memang perbuatan dia tidak ada.. tak pernah dia mengkhususkan baca yasin malam jumat.. tak ada.. tapi ucapan dia, nih saya ucap.. saya bacakan..  "man qara-a yaasiin fi lailatil .. sesiapa yang membaca surah yasin pada suatu malam,  ashbaha maghfuran lahu.. waktu subuhnya dia sudah diampunkan Allah.." saya ulang sekali lagi, "man qara-a yaasiin fi lailatil.. siapa yang membaca surah yasin pada suatu malam,  ashbaha maghfuran lahu.. subuhnya dia sudah diampunkan Allah.." malam jumat itu malam apa tidak? Malam! Nabi kan mengatakan, siapa yang membaca surah yasin pada suatu malam.. malam apa? Nabi tak sebut malam apa.. malam isnin, malam selasa, malam rabu, malam kamis, malam jumat.. mestinya tiap malam.. tapi karena ia tak sanggup tiap malam.. dia baca malam jumat, karena syaidul ayam.. dia pilih satu malam.. malam jumat itu juga termasuk dalam malam yang amm.. Nabi sebut lailatil malam.. bebas malam apa saja terserah.. dia pilih malam jumat karena keutamaan malam jumat, yang paling elok tiap malam.. tak sanggup tiap malam, malam jumat.. malam jumatpun tak baca? Inalillahi wa inalillahi rojiun..

Lalu orang mengatakan Abdul Somad menyebarkan hadits palsu.. itu hadits tentang baca surah yasin hadits palsu.. La illaha ilallah.. bukalah tafsir Ibnu Katsir, tuan.. nama penulisnya Imam Abul Fida Ismail ibnu Katsir ahli tafsir ahli hadits, dalam mukadimah surah Yasin, "man qara-a yaasiin fi lailatil .. sesiapa yang membaca surah yasin pada suatu malam,  ashbaha maghfuran lahu.. waktu subuhnya dia diampunkan Allah.. Isnaduhu jayid" sanadnya Jayid.. itu Imam Ibnu Katsir.. awak lebih paham daripada Imam Ibnu Katsir? Dia Imam.. hampir derajat Mustayid.. kitabnya besar-besar.. Al Bidaya wan niayah (ditulis) Ibnu Katsir.. At Tafsir Al Quran Al Adzim (ditulis) Ibnu Katsir.. dia katakan itu tidak hadits dhoif tapi hadits sanadnya Jayid.. layak diamalkan.. baik.. Sila baca surah Yasin..

Tapi membacanya mengapa beramai-ramai.. "Yasiin.." beramai-ramai.. apa kata Imam Ibnu Tamiyah.. "wa qiro at tul idaroh.." qiro at tul idaroh (artinya) membaca bersama-sama.. "Laa ba'sabi.." Laa tidak.. ba'sa apa-apa.. Laa ba'sa.. tidak apa-apa.. boleh apa tak boleh? Boleeh.. Laa Ba'sa tidak apa-apa.. Kata Imam Namawi, membaca Quran bersama-sama itu hukumnya Mustahaf.. dianjurkan.. membangkitkan semangat, dia baca sendiri tak semangat.. dia baca bersama-sama, "Yasiin.. Wal Quranil Hakiim.." bangkit semangat, pergi hantu setan jin.. baca Yasin bersama..Tapi kata Imam al Muhuti.. kalau tak sama bacaannya (hukumnya) makruh.. Ini Johan Mustabaqoh tilawatil quran, hebat bacaannya.. yang ini tak pandai baca.. tapi manakala baca bersama kita tak boleh bezakan, semua pandai.. padahal bila disuruh satu-satu lain bunyi.. aah maka yang tak pandai diperbaikilah bacaan, karena bila dibaca bersama (hukumnya) makruh.. sebab ada yang membaca tak bersuara (cuma komat-kamit) oleh sebab itu baca pelan-pelan.. nanti setelah sama tajwidnya.. tahysid .. aah baca.. tilawah.. tahsyid.. tadabbur.. teliti.. Tilawah baca, Tahsyid perbaiki bacaan tajwid, tadabbur renungkan makna isi.. baca tak jamak baik

Pertanyaan :
Ketika haid, maaf.. bolehkan perempuan masuk mesjid?

Jawaban : 
Perempuan haid tidak boleh memegang Quran, membawa Quran, membaca Quran, Iktikaf, tawaf, sholat, puasa.. tak boleh.. mana kitabnya? Al-Fiqh Ala Al-Islami Wa Adillatuh Wahbah Az-Zuhaili.. itu yang saya pakai, bila ada ustadz lain yang mengatakan boleh..boleh..boleh.. berarti dia ada dalil, saya pakai yang tak boleh. Kenapa ustadz pakai yang tak boleh? saya pegang dalil kuat yang tak boleh.. ini mimbar Nabi, ini mihrab tempat Nabi jadi imam, rumah Nabi disebelah kiri.. Nabi sedang iktikaf.. Nabi datang kepintu rumahnya, rumah dia disamping itulah makam dia sekarang, karena Nabi waktu dia meninggal langsung saja terus digali, dimakamkan dikamar Aisyah. 

"Ya Aisyah," Nabi panggil, "tolong ambilkan kain .. ambilkan aku kain.." Aisyah datang membawa kain, Aisyah tidak masuk kedalam .. Nabi tidak keluar .. kenapa Nabi tidak keluar? Dia takut iktikafnya batal.. kenapa Aisyah tidak masuk kedalam .. Aisyah takut masuk kedalam karena dia sedang dalam keadaan haid.. Lalu apa kata Nabi? "Ulurkan saja tanganmu kedalam.." kenapa? karena tanganmu tidak haid, tapi badannya tetap berada di luar .. itu menunjukkan perempuan haid tidak masuk mesjid

Pertanyaan :
Sampai mana had had batas mesjid yang boleh dilalui, apakah bilik bilik dalam mesjid termasuk dari mesjid?

Jawaban : 
Ada orang yang berpemahaman semua yang dibawah atap mesjid adalah mesjid .. jika semua yang berada dibawah atap mesjid adalah mesjid maka semua yang berada diatas dosa besar .. karena maaf buang air kecil kencing dalam mesjid .. diatas ada toilet dan dia masih dibawah atap mesjid.. Maka yang dimaksud dengan mesjid bukan semua yang dibawah atap mesjid tapi yang biasa dipakai untuk sholat.. 

Lalu mesjid Mu'adz Bin Jabal ini mana yang mesjid itu? Nii.. yang biasa dipakai kaca kedalam ni .. adapun itu eee balkonah kata orang Mesir.. teras itu diluar adalah memang biasa mesjid dulu.. mesjid Sultan jaman dulu.. memang sengaja dibuat macam itu karena gunanya untuk .. maaf.. maaf ... untuk perempuan yang sedang uzur ada halangan, tapi maaf buka saya cakap tuan dalam keadaan uzur.. makna karena kita sedang penuh melimpah ruah sampai keluar .. itu artinya yang dimaksud dengan mesjid tempat yang biasa sholat berjamaah dhuhur ashar magrib hanya sebatas ini sahaja, yang luar itu maka adalah tempat yang dibolehkan. Bila keadaan ada perempuan haid berhalangan, dia dengarkan tausiyah tazkirah tapi ada pengeras suara microphone dengar suara dari luar atau ada television untuk pandang tengok dengar suara kajian ustadz

Pertanyaan :
Sah atau tidak kalau sholat mengangkat kedua kaki ketika sujud?

Jawaban : 
Macam mana mengangkat kaki sujud.. bila sujud kedua ujung kaki kelantai tapi iktilaf antara Mahzab Syafi i dan mahzab Hambali. Mahzab syafi i kedua kakinya dilebarkan, kedua kaki lebar ujung kaki menempel, sedangkan mahzab Hambali kedua kaki rapat.. nanti bila ada ustadz mengatakan bila sujud kedua kaki rapatkan.. itu hambali, sedangkan mahzab syafi i kedua kaki jarangkan .. karena waktu tegak kaki jarang.. waktu rukuk juga jarang.. waktu sujudpun dijarangkan .. nah ini.. kaki turun ke bawah.. 

Tiba-tiba masa kepalanya diturunkan naik kakinya keatas.. kenapa diangkat? kalau di berkeyakinan berpemahaman bahwa perbuatan ini diajarkan Nabi .. masuk dalam perbuatan bid ah karena tak ada dalil sama sekali.. dia sedang membuat buat suatu amalan.. kalau dia tidak tau.. jahil..  kita bagi tau.. jangan lagi kau buat, kenapa kau angkat kaki engkau mesti turun kebawah dan menghadap kiblat.. Apakah batal? tidak.. tak batal 

Pertanyaan :
Apa pendapat ustadz kencing berdiri?

Jawaban : 
Adakah hadits menyebut Nabi kencing berdiri? Adaa.. bagaimana kami temukan hadits itu? buka program pencari hadits.. searching.. tulis di search tsubatoh .. syin ba alif tho ta tsubatoh nanti dapat,adits dalam shahih Bukhori, Nabi kencing berdiri.. tsubatoh tempat buang sampah waktu itu darurat tidak ada tempat, Nabi kencing tsubatoh.. itulah satu-satunya hadits menunjukkan kencing berdiri.. 

Nanti bila ada orang berhunjah dengan itu  boleh kata dia .. tidak boleh karena hadits itu dalam keadaan darurat .. adapun dalam keadaan tidak darurat bukan emergency maka tetap dia .. ee apa bahasa Malaysianya.. cangkung jongkok kebawah kenapa karena air kalau tumpah dalam keadaan tegak tidak habis, tapi dalam keadaan cangkung maka dia habis .. kalau dia tak habis maka dia menggumpal menjadi batu .. menjadi penyakit .. maka habiskan .. maka Nabi Sallahu Alaihi wasallam habis 

Lalu makna lain juga jika tegak air jatuh kebawah memercik sehingga air percikannnya naik ke kaki naik kekain menimbulkan was wasah.. oleh sebab itu kita ikuti sunnah Nabi Sallahu Alaihi wasallam. Mahzab Maliki mengatakan tegak itu makruh sampai pada haram 


Alhamdulillah






IG @sabyanmedia


#ustadzabdulsomad 
#ceramahustadsomad
#ceramahustadzabdulsomad 
#ceramahustadsomadterbaru
#downloadceramahustadsomad
#ustadsomad #sabyanmedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar