Senin, 03 September 2018

Tausiyah & Tanya jawab Ustad Abdul Somad, Zuhur 30 Januari 2018 di Lap. Walikota Jambi

01 Jan -30-1-18 - Tausiyah & Tanya jawab Ustad Abdul Somad, Zuhur 30 Januari 2018 di Lap. Walikota Jambi





Pertanyaan :
Mengapa seorang mualaf itu selalu di uji keimanannya? 

Jawaban :
Kenapa berat betul ujian ini pak Ustadz? karena hadiahnya surga, kalau ringan hadiahnya kipas angin..
Betul? Al jaza ala kodril ammal .. sebesar apa balasannya? Ada dulu artis.. namanya tak boleh disebut menjaga kode etik jurnalistik.. Masuk.. waktu sebelum dia masuk islam.. gayannya.. tapi setelah dia masuk islam, tak lama sesudah itu suaminya meninggal.. abis itu dia dituduh korupsi.. abis itu dia masuk penjara.. abis itu.. wah luar biasa.. tapi Allah insya Allah memuliakan dia.. Aamiin.. 

Kita doakan saudara-saudara kita mualaf ini. Saudaraku yang mualaf,  Abdul Somad ini walaupun penceramah.. walaupun Haji.. walaupun Lc MA.. tapi dia sudah bergelimang dosa. Abdul Somad Lapendos Laki-laki penuh dosa.. Tapi kalian Saudaraku yang mualaf begitu kalian masuk islam.. kalian bersih, semua amal kalian dimulai dari nol. Didunia ini yang dimulai dari nol (ada) dua, pertama mualaf.. yang kedua pegawai Pertamina..
Makanya jika ada anak-anak lajang, "Ustadz Somad, saya mau menikah ustadz.. tolong carikan saya perempuan yang siap hidup awal dari nol.." Pergi kau ke Pom Bensin..

Saudaraku mualaf setelah kau masuk Islam kau diusir dari keluarga, setelah kau masuk Islam kau tak dapat harta warisan, setelah kau masuk Islam kau diuji dan di ejek.. Sabar.. karena Allah memuliakan engkau di akhirat! Allah akan memasukan engkau kedalam surga-Nya tanpa di hisab.. Allah akan memuliakan engkau di dunia Akhirat, di dunia kau diselamatkan dari kemusyrikan.. di akhirat kau diselamatkan dari api neraka jahanam.. Insya Allah.. Sabar.. kau dengarkan pengajian, kau ikut majelis-majelis ilmu, insya Allah.

Pertanyaan :
Pak, saya adalah pemudi.. kelihatan dari tulisannya rapi.. yang melakukan dosa dan zinah secara sadar.. kenapa kau berzinah? apakah jika bertaubat dosa-dosa saya diampuni Allah?

Jawaban :
"Allah tak mengapuni dosa syirik tapi dosa selain itu Allah mengampuni engkau.. maka kau mandi taubat.. bagaimana cara mandi taubat? ada sungai disitu.. nah nyemplung kau disitu.. "Aku Niat mandi taubat.." mandi taubat itu macam mandi wajib, basah semuanya.. mana yang duluan basah pak Ustadz? Terserah.. kalau kebetulan salto kepala duluan.. (kalau mandinya) di kamar mandi biasa? Bisa.. mana yang duluan basah? Terserah.. siram kaki dulu bisa.. siram kepala dulu (bisa).. 

Setelah basah (selesai mandi) kau berwudhu setelah itu kau sholat taubat, "Usali sunatan taubatan rakataini lilahi ta Allah.. Allahu Akbar" Ayatnya terserah.. Qul..qul.qul..qul.. Sah! setelah itu salam kau pun istigfar.. Astaghfirullah robbal baroya Astaghfirullah minal khotoya.. (Aku memohon ampun Ya Allah, Maha Penerima Taubat,
Aku memohon ampun Ya Allah daripada segala dosa).. Aku tak layak masuk dalam surga-Mu Ya Allah.. tapi rasanya akupun tak kuat masuk neraka-Mu Ya Allah.. "Kau mau masuk surga?" "Tak layak Ya Allah.." "kalau gitu kau kumasukkan neraka?" "Aku tak kuat Ya Allah.." "Jadi kau mau kemana? Tak jelas kau ini.."

Pertanyaan :
Saya sudah mulai memperbaiki sholat saya.. Alhamdulillah.. namun saya belum melakukan sholat.. Haah? namun saya belum melakukan sholat taubat.. Sholat taubat itu sunnat saudaraku.. Apakah Bapak bersedia mengimami kami sholat taubat? owh.. bahaya ni..

Jawaban :
Sholat taubat itu tak usah berjama'ah.. kau sholat sendiri saja.. nanti balik dari sini kalau tak ikut pengajian di mesjid Agung nanti malam, nah datang bada Isya.. tapi kalau bisa sholat isyanya disana.. kalau mau booking waktu tempat cepat.. magrib sudah disana tapi makan dulu, kalau tidak nanti pas ustadz ceramah.. kelaparan

Pertanyaan :
Saya perwakilan dari salah satu tenaga kesehatan.. owh.. Dokter nih.. kelihatan tulisan dokter.. Bagaimana hukumnya jika kami berbohong dalam menegakkan dianogsa penyakit agar BPJS pasien bisa dipakai.. karena kalau di IGD Rumah Sakit hanya kasus Emergency yang bisa ditangani menggunakan (BPJS) atau ada pengantar dari Puskesmas karena ada Peraturan dari Permenkes

Jawaban :
Saya tak berani menghalalkan bohong, karena dalam hadits dikatakan ketika Nabi memasukkan tangannya kedalam orang yang berniaga, "Hai pedagang kenapa ini basah?" "kena air hujan ya Rasulullah" "Kenapa kau buat yang basah di dalam yang kering diluar? Siapa yang menipu kami maka bukan golongan kami" Tanya ke ustadz lain, mana tau dia ada dalil lain? kalau saya itulah dalilnya

Pertanyaan :
Bagaiman jika ada hutang-hutang puasa karena haid yang belum dibayar selama bertahun-tahun, memberi anak yatim atau berpuasa?

Jawaban :
Musti di Qodho.. Qodho itu diganti, bukan kobok.. kobok itu cuci tangan.. Ibu-ibu yang punya hutang puasa 90 hari.. lho kok 90 hari? pas mengandung anak 30 hari, menyusukan anak tahun pertama 30 hari, menyusukan anak tahun kedua 30 hari.. mau mengganti lahir pula adiknya.. 

Kalau suami tadi sholeh, maka diingatkannya.. "adinda kau sudah qodho? gantilah puasamu adinda.."
tapi kalau dapat laki fir'aun.. "kenapa kau ini tak makan-makan?"  "saya puasa bang.." "Ngapa kau puasa-puasa?" "mengganti puasa anak kita.." "apa puasa-puasa?" Ibu harus menjawab, "Aku puasa ni gara-gara abang!"

Maka (puasa tu) musti diganti, cara menggantinya gimana pak ustadz? Satu bulan puasa delapan hari.. sepuluh bulan berarti sudah lunas delapan puluh hari.. senin-kamis.. senin-kamis.. senin-kamis.. senin-kamis.. sebulan delapan hari. Niatnya niat qodho.. yang niat qodho hari senin, dapat pahala puasa.. qodhonya lunas.. (puasa sunnah) seninnya dapat.. itulah indahnya..

Owh tak enak jadi perempuan ni pak ustadz? indah jadi perempuan.. surga dibawah tapak kaki.. Ibu.. belum pernah saya baca.. surga dibawah tapak kaki ustadz.. belum ada..

Pertanyaan :
Apa boleh menikah dengan wali hakim, sedang kan wali kita masih hidup?

Jawaban :
Tak bisa.. tidak sah nikah kecuali dengan wali dan saksi yang adil.. wali pertama ayah, tak ada ayah? Atuk! tak ada atuk? Abang! tak ada abang? adik! tak ada adik? Pakcik abang ayah! tak ada abang ayah? adik ayah! tak ada juga lagi.. terus perwalian.. saudara dari ayah kita adik beradik, anaknya.. nah itu bisa. sepupu.. sewali kalau bahasa kampung melayu kami..

Tak juga ada, sebatang kara.. habis semuanya ditelan harimau.. maka walinya wali hakim! haditsnya, "Wali hakim menjadi wali bagi perempuan yang tak ada walinya" Ada orang yang tak ada wali? Ada, dicampakkan nya dia di dalam kardus.. diletaknya dia ditepi jalan.. namanya siapa? Binti Kardus..

Pertanyaan :
Ustadz bagaimana hukum memakai tas dompet yang terbuat dari kulit ular?

Jawaban :
Macam tak ada lagi cerita lain.. kulit ular, kulit buaya, kulit biawak, kulit babi, kulit anjing.. beda antara yang keras najisnya antara anjing dan babi tak bisa sama sekali.. sedangkan kulit sapi, kulit itik.. aah kulit itik tak bisa.. kulit sapi, kulit kambing itu memang bisa disamak. 

Adapun kulit binatang semacam ular, buaya itu iktilaf antar ulama.. ada sebagian mengatakan memperbolehkan kalau di samak.. tapi saya lebih condong mengatakan tidak untuk iktilaf lebih hati-hati.. maka lebih banyak lagi, "berapa harganya tas kulit buaya?" "Owh.. mahal.. bisa sepuluh juta.." sementara tas yang biasa dua juta.. pakai yang dua juta, (sedangkan) yang delapan juta sedekahkan ke fakir miskin.. betul? Ini untuk gaya-gaya saja.. "cantik (tas) kulitnya.." "iya buaya ini.." "siapa yang nangkap?" "saya.."

Pertanyaan :
Ustadz.. berdosa tak setiap hari diisi diselang dengan game online? mobile legend.. mohon pencerahan bagi kami yang kecanduan ini pak ustadz..

Jawaban :
Orang yang candu game dia sudah mubazir.. mubazir apa? mubazir waktu.. "orang yang mubazir saudara setan." Makanya orang yang habis waktunya gara-gara ini tak lagi digoda setan, karena sesama setan dilarang saling menggoda.. Berhentilah kalian.. isi dengan aktifitas, sekali-kali untuk refresing oke.. tapi musti banyak, bagus olah raga. Olah raga islam itu apa? Tiga.. yang pertama memanah, yang kedua berkuda, yang ketiga berenang. Berkuda.. owh kuda mahal, satu ekor paling murah 70 juta. Memanah.. saya dikasih hadiah sahabat busur panah, berfoto saya.. lalu saya buat gambar WA saya.. gambar sedang memanah, dipanggil mereka Somad Hood.. akhirnya saya ganti gambar lain..

Ada dikirim video saya dari Jepang korea.. anak Korea, anak Jepang latihan memanah.. padahal mereka non muslim. Memanah olah raga syariah, yang diajarkan Nabi Sallahu Alaihis Wasallam. Nabi memasang 70 pemanah. Jangan pakai ini (game online) habis waktu badan tak sehat, maka memanah.. panggil anak-anak kita dipanggil memanah.. mudah-mudahan sekolah-sekolah ekstra kulikulernya nanti ibu-ibu guru, bapak-bapak guru.. SMP-SMA, SMP-SD (ekstra kulikulernya) memanah.. tapi jangan pula guru itu dipanah? Memang untuk membantu fokus bisa juga.. pasang gambarnya, nah ini bapak yang kemarin ni (diarahkan panahnya ke foto itu).. Jangan..

Pertanyaan :
Pak Ustadz, apa hukumnya Istri lebih suka tinggal dirumah orang tuanya

Jawaban :
Ini MOU dari awal tak jelas.. Adinda.. makanya kalian jangan pacaran-pacaran.. Pacaran itu semuanya bohong.. bullshit.. "adinda hati-hati jalannya ya nanti terpeleset.. kau lah bulan kaulah bintang.. kau separuh nafasku.." Preeet.. Selama sebelum menikah itu kalian harus jelas kontraknya.. 

"Adinda kaukan sekolah.." "Iya.." "setelah sekolah kaukan tamat S1" "iyaa.." nanti kalau kau nikah sama aku, kau kerja atau jaga anak?" Jangan sampai setelah nikah baru muncul masalah.. "Nanti setelah nikah, rumah bapakmu besar, rumah aku kecil.. makan ditempat emakmu enak, ditempatku tak enak.. ditempatku beralaskan koran makan sehari sekali.. kau mau disana apa disini?" Jangan indah-indahnya saja, karena nikah itu tak selamanya berkarpet merah dan berbunga-bunga, banyak onak dan duri di dalamnya.. Betul? banyak yang ngaku kan?

Pertanyaan :
Nama saya.. umur saya 74 tahun, sah kah sholat saya dikarenakan saya selalu buang air kecil tak terhingga, bagaimana sholat saya?

Jawaban :
Namanya Sulusul Baul.. Sulusul mata rantai, baul kencing.. sulusul baul macam mata rantai kencing yang tak putus, itu bisa terjadi pada kita semua. Saat umur kita 40 pertanyaannya sudah nikah ya, sudah punya anak ya.. umur 50 mulai bertanya, kau sakit apa? sakit pinggang.. diabetes melitus.. jantung koroner.. cincin kau dimana? diluar apa didalam? saat umu 60 mulai kita berkata kuburnya dimana? saat 70 mulai bertanya, "pakai pampers apa tidak?" Naah.. itu bisa saja terjadi pada siapa-siapa.. 

Nanti pada saatnya tiba, kalau kita mengalami seperti itu.. air kencing menetes tak berhenti, boleh sholat tapi bersyarat.. Pertama mengambil wudhu setelah adzan, kalau sekarang dia berwudhu tak sah. Setelah adzan Ashar.. Allahu Akbar Allahu Akbar.. pergilah ke kamar mandi, bersih-bersih, setelah itu pakai pampers baru, berwudhu.. setelah berwudhu langsung sholat.. 

Kalau menetes saat sedang sholat, itu sholat nya tetap sah.. darurat! Perempuan bisa mengalami itu namanya Istiqodoh.. batas normah haid 15 hari, lewat 15 hari istiqodoh.. menetes tak berhenti sama seperti orang sulusul baul, setelah masuk waktu sholat barulah dia bersih-bersih, pakai pembalut barulah dia sholat.. Menetes saat sholat diampunkan oleh Allah. Sholat berikutnya diulangi lagi macam begitu seperti yang tadi.. Jelas? orang tu kena panas kadang tak jelas.. dehidrasi kurang cairan

Pertanyaan :
Apa hukum memegang Al Quran pakai terjemah tanpa air wudhu?

Jawaban :
Kalau terjemahnya lebih banyak, kalau tafsirnya lebih banyak dari Al Qurannya.. Boleh! Tapi kalau al Qurannya lebih banyak, ada tafsir pendek-pendek perkata tak boleh, karena ayatnya lebih banyak

Pertanyaan :
Apa hukum orang haid mengajar baca Quran?

Jawaban :
Orang haid tak boleh megang quran, tak boleh bawa quran, tak boleh baca quran.. tapi boleh bagi dua orang, yang pertama yang hafal quran mengulangi hafalannya.. boleh, tapi hafalannya dalam hati.. Makanya nanti kalau nampak perempuan diam aja.. itu (dia lagi) mengulangi hafalannya tu.. itu kalau dia hafal quran, tapi kalau tak hafal.. dia diam saja, mana kita tau kenapa dia diam saja..

Yang kedua kalau dia mengajar, (sebagai) guru.. Guru, ibu-ibu yang mengajar di sekolah.. boleh, tapi bacaannya tak boleh sekali sambung, potong-potong.. "innalloha.." "innaloha.." "layastahi.." "layastahi.." "ayat riba.." "ayat riba.." Boleh.. Ibu-ibu guru sedang halangan silahkan mengajar tapi potong-potong..

Pertanyaan :
Apa hukumnya orang tua yang selalu membeda-bedakan anak, lebih berpihak kepada anak laki-lakinya.. padahal anak laki-lakinya selalu menipu orang tuanya

Jawaban :
"Takutlah kamu kepada Allah, bersikap adillah kepada anak-anak kalian.. walaupun kepada anak kandung kalau tak adil akan mewarisi kecemburuan.. abangnya disekolahkan sampai S3, adiknya Es cendolpun tak dapat..

Pertanyaan :
Saya mualaf.. Alhamdulillah banyak saudara kita mualaf di Jambi, mudah-mudahan makin banyak yang dapat hidayah Insya Allah.. tapi.. nah ini tapi.. buatkan Mualaf Center. Jangan orang setelah bersahadat dikasih kain sarung.. pergi.. dikasih kain sarung.. pergi.. memangnya cukup dengan sarung? Buatkan Mualaf Center.. Mualaf Center itu artinya Pusat Mualaf.. bukan senter untuk cari durian itu.. Jadi siapa nama, dimana.. tempat dimana.. sekarang kerja dimana, terus ada pertemuan berkala.. buatkan Mualaf Center Jambi.. Insya Allah

Jawaban :
Ayah saya non Muslim, ibu saya murtad.. sebelum saya mualaf, saya sering diberi kekerasan dalam rumah.. Allah mengampuni mu Saudaraku, Allah memberikan surga jannatu naim kepadamu Saudaraku.. Aamiin.. Jihad engkau lebih mulia daripada kami.. Kami islam karena ayah kami islam, kau masuk islam perjuanganmu luar biasa! Yang ingin saya tanyakan, salahkah ketika saya memutuskan hubungan dengan mereka karena saya merasa tidak aman dan nyaman lagi selaku anak mereka

Pertanyaan :
Kalau kau merasa tidak aman, kau bukan memutuskan silahturahim tapi menolak mudharat, tapi bagi yang aman masuk islam.. emaknya tetap baik, ayahnya tetap baik.. kalian tak boleh putuskan tali silahturahim.. dalilnya mana? Asmaa masuk islam, tapi tetap disuruh Nabi Sallahu Alaihis Wasallam sambung silahturahim, "boleh aku beri hadiah?" "silahkan beri hadiah kepada orang tuamu yang non muslim"

Jawaban :
Ustadz apa hukumnya seorang istri masih chatting sama mantan?

Pertanyaan :
Setan tidak pernah mengajak berzinah.. tapi setan menawarkan jalan-jalan menuju zinah. "Jangan kau ikut langkah-langkah setan" buanglah mantan pada tempatnya.. Jangan lagi.. buka hp sekarang, cari nomor dia.. delete! buka FB sekarang, cari nama dia.. akhiri.. blokir! jangan lagi ada.. "tidak ada hati pak ustadz, cuma silahturahim aja" Jangan.. mungkin kau tak apa-apa tapi istrimu sudah hancur berkeping-keping.. macan tau aja ustadz?

Jawaban :
Apa hukumnya menjadi wartawan yang nota benenya kami harus meliput setiap peristiwa, asusila, kriminal, bahkan yang sifatnya aib.. bagaimana itu pak ustadz?

Pertanyaan :
Menunjukkan aib orang yang mesti ditunjukkan maka itu adalah perbuatan jarwah watahlil.. ulama ahli hadits pun menunjukkan, "jangan terima riwayat si fulan dia kaza pembohong.. jangan terima riwayat si fulan karena dia mu'tazila.. jangan terima riwayat si fulan karena dia Syiah.. jangan terima riwayat si fulan karena dia khawarij.. itu adalah perbuatan menunjukkan kebatilan orang. Jadi bukan cerita aib tak tentu arah.. tapi untuk menunjukkan kebatilan. 

Kapan orang boleh menunjukkan kebatilan? 
- Pertama, menjadi saksi di pengadilan.. Pak Hakim bertanya, "Haai saksi.. apakah betul orang ini berzinah?" "sebetulnya saya mau bersaksi pak Hakim, tapi saya takut berdosa ceritakan aibnya.." Gimana hakim mau memutuskan? 
- Yang kedua, kalau ada orang nanya hukum, "ustadz Somad, saya mau nanya hukum.. apa hukum masalah ini?" "apa masalahnya?" "saya tak berani cerita takut cerita aib..' Macam mana saya mau jawab? 

Begitu juga untuk menunjukkan orang yang batil, saudara-saudara kita wartawan, kalian punya peran yang luar biasa.. Yahudi menguasai pers makanya bisa menguasai dunia.. Reuters kantor berita dunia

Jawaban :
Anak saya sekolah di Pesantren kok kelakuannya melebihi anak tak punya agama..
Oowh.. saya pula yang kena tembak nampaknya.. lebih dari anak yang tak punya agama, prilakunya narkoba, main perempuan..

Pertanyaan :
Ini kasus.. karena kami dulu masuk pesantren ada juga yang macam kuda lepas kandang.. tapi sejahat-jahatnya anak pesantren dia lari-lari ni tau dia jalan balik kemari.. nyasar..nyasar..nyasar.. balik juga akhirnya, banyak saya ketemu nyasar saya ajak balik lagi.. Naah maka ibu doa, jangan lupa. 

Saya banyak ketemu orang yang aneh-aneh yang luar biasa.. ketemu di Kalimantan, "Emak saya tu pak ustadz.. saya muliakan.." dimuliakannya, emaknya berdoa tiap malam.. baru saja ketemu, apa kata dia? Emak saya membawa air zam-zam thawaf pak ustadz, diminumkannya ke saya, dimandikannya ke saya, di doakannya saya.. Alhamdulillah taubat saya pak ustadz.. 

Maka ibu tetap berdoa, minta sama Allah.. tahajud berdoa.. hati anak ini dalam genggaman kuasa Allah.. mudah-mudahan anak-anak kita semua selamat dari riba, zinah, narkoba.. Aamiin..

Jawaban :
Apa Hukumnya Bank Konvensional? Haram.. karena ada sebagian ulama mengatakan subhat? Ndak.. (ini) Haram! Dia tetap subhat pak ustadz? ikutlah dia.. Bagaimana hukumnya mereka yang bekerja disitu dan menggantungkan hidupnya bekerja disitu?

Pertanyaan :
Keluar.. Resign.. belum bisa resign pak ustadz? Oke darurat.. kalau pilih mana, mati atau makan babi? Makan babi.. tak boleh pilih mati. "aku kalau keluar dari sini mati pak ustadz... kalau kerja disini makan babi.." aaah makan babi.. sama macam kita masuk hutan tak ada makanan, ah potong babi.. pakai Bismillah? tak usah.. potong babi ambil dagingnya.. bakar colek-colek pakai kecap sikit.. makanlah.. sementara dapat pisang, tapi sesudah dapat pisang jangan kau makan babi lagi.. "Bro ini sudah ada pisang.." "Enggaklah enak babi ini.."

Jadi makna cakap saya ini, sementara kau keluar resign 2-3 bulan ini carilah kerja lain.. mudah-mudahan diberi kemudahan oleh Allah.. Aamiin..

Jawaban :
Ustadz apa hukumnya orang muslim tak percaya dengan hari akhir?

Pertanyaan :
Kafir! kenapa begitu? karena dia ingkar dengan ayat Al Quran, "Apakah kau kafir dengan sebagian ayat al Quran, dan kau percaya pada sebagian, kau musti percaya semuanya, percaya islam secara utuh

Pertanyaan :
Apa hukumnya wanita menampilkan foto diri untuk dipandang-pandang di medsos?

Jawaban :
Foto yang dipajang mengumbar aurat, ditengok oleh semua viewer maka dosa jariyah mengalir terus.. kalau kau foto ramai-ramai.. begini.. dipajang untuk syiar boleh.. ambil foto dari atas, ambil foto dari samping, ambil foto dari kanan.. tunjukan begini orang Jambi pengajian.. Allahu Akbar.. rame-rame silahkan, tapi sendirian jangan.. apalagi posenya macam-macam.. Perempuan pakai baju tapi telanjang.. Nauzubillah.. mudah-mudahan kita selamat semua


Alhamdulilah

Info di https://bit.ly/sabyanmedia
IG @sabyanmedia


#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar