Kamis, 13 September 2018

Tanya Jawab (Masjid Sunda Kelapa, 4.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

02 Feb - 04-2-18 - Tanya Jawab (Masjid Sunda Kelapa, 4.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA




Pertanyaan : 
Pak Ustadz, saya mau tanya apakah saya termasuk orang munafik ketika saya berdoa ingin sekali bangun tahajud, saya biasanya tidak mendengar alarm.. saat saya mendengar alarm saya hanya bangun mengucapkan Alhamdulillah bangun, tapi saya lanjut tidur saya..

Jawaban : 
Caranya begini, engkau beli jam weker.. weak bangun ker membangunkan, weker yang bisa membangunkan.. kau setel jam tiga atau jam empat, lalu kau letakkan jangan langsung ditepi tempat tidur karena kalau di tepi begitu kita dengar, "kriiing.." kita pukul.. kalau begitu dikaki? makin kau sipakkan dia jauh.. ustadz kok tau? pengalaman pribadi.. Jadi bagaimana? letakkan di tempat yang agak jauh.. dah baru kau tidur, sehingga kalau dia berbunyi "kriiing.." kita risau, nah kita tegak.. kita bangun langsung lawan (kantuk) pergi ke kamar mandi, (terus) mandi bagus.. mandi sebelum subuh itu bagus, kita segar.. dan sahabat kita disamping tidak tersiksa, "malaikat tersiksa dengan bau mulut kamu yang makan bawang.." makan bawang merah, "siapa yang makan bawang merah terganggu malaikat.." Malaikat saja terganggu, apa lagi kawan disebelah, ".. malikinas..hilahinas.." 

Dah bangun mandi lawan kantuk, tahajud.. usali sunatal wudhu rakataini lillahita'ala.. sholat sunnat wudhu, "Bilal berbunyi sendalnya dalam surga, kenapa suara sendalmu dalam surga wahai Bilal?" apa kata Bilal? "aku tidak pernah meninggalkan sholat sunnat wudhu. Sholat sunnat taubat, usali sunatal taubat rakataini lillahita'ala.. Sholat sunnat hajat, hajatnya apa? Yang belum nikah supaya dipertemukan dengan jodoh yang sholeh dan sholehah, yang belum punya anak supaya diberikan anak yang baik-baik, yang sudah nikah supaya diberi kesempatan untuk.. ee.. menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah.. ini banyak yang menanti-nantikan doa.. saya sudah tau, aku tau apa yang ada dalam pikiranmu.. bercanda, ibu jangan marah.. piece.. damai..

Pertanyaan : 
Apakah boleh kreditan untuk emas batangan, karena teman-teman saya minta dikreditin?

Jawaban : 
Uang dengan uang riba, maka dalam konsep islam uang dengan barang tidak riba.. ada yang namanya barira, dibeli oleh sahabat kredit selama 9 tahun.. beli gandum dikredit? boleh.. karena akadnya uang dengan barang. Uang dengan uang nggak bisa. Emas dengan uang itu sama dengan uang dengan uang, karena pada jaman dahulu tidak ada uang kertas, yang ada uang emas.. dinar, maka itu sama dengan uang dengan uang, maka masuk dalam keadaan riba.. Nauzubillah..

Itu di Saudi Arabia Money Exchange itukan langsung uang.. Itukan langsung cash uang dengan uang iyadan biyadin nakdan.. maka beda dengan uang dengan emas, jangan sampai kita terjebak riba

Pertanyaan : 
Bagaimana hukumnya penyaur hutang, tapi yang memberi hutang sudah meninggal?

Jawaban : 
Alhamdulillah.. bagi orang yang tak beriman.. tapi kalau dia beriman cari ahli warisnya. "sudah saya cari tapi tidak ketemu ahli warisnya pak ustadz?" Hitung berapa menurut harga emas saat itu, lalu kau beri ke masolih ama' panti jompo, anak yatim, fakir miskin, mesjid.. "pak ketua mesjid ini ada uang.." "uang apa ini?" "ambil aja pak jangan tanya-tanya.. ini utangku kemarin, ada orang mati tak tau dia kemana, aku takut mencari dia di akhirat.. bagus kubayar sekarang.."

Pertanyaan : 
Ingin datang ke kuliah subuh ustadz Abdul Somad, tapi nggak bisa.. "loh kok bisa kertasnya datang?" Nggak bisa tinggalkan anak yang lagi semangat sholat subuh di mesjid, bagaimana hukumnya? anaknya kelas 3 SD kesempat datang kuliah ini subuh jarang sekali.. Saya baca sekali lagi, payah memahami.. Ingin datang ke kuliah subuh  ustadz Abdul Somad, tapi nggak bisa tinggalkan anak yang lagi semangat sholat subuh .. Owhh..di Mesjid dekat rumah dia..

Jawaban : 
Ya ga papa, ini kan ada streamingnya.. ini kameranya hidup kan? karena saya pernah acara pengajian kamera banyak, pas ditanya, "maaf pak ustadz untuk gaya-gaya saja tadi.." Ini ada rekamannya, nanti di dengarkan, ditonton, di download.. nah perhatikan, dengar baik-baik, berulang-ulang.. pak Wapres aja nonton ceramah saya..

Pertanyaan : 
Saya mau tanya ustadz, bagaimana caranya agar kita tidak selalu memimpikan hal-hal buruk kita dimasa lalu..

Jawaban : 
Jangan gara-gara masa lalu, habis energy mu sehingga kau tidak bisa lagi untuk menatap masa depan.. saat itu kau perlu mencopot kaca spion, buang masa lalu.. tapi masalah dosa kau mesti ingat, berapa orang yang kau aniaya.. supaya jangan kau merasa penghuni surga. "Aku tak layak masuk surgamu Ya Allah.. tapi aku juga tak kuat masuk dalam neraka-Mu Ya Allah.." "Kau masuk surga?" "aku tak layak Ya Allah.." "kalau gitu kumasukkan kau ke dalam neraka?" "akupun tak kuat Ya Allah.." "Jadi kau mau dimana?" "aku mau di emperan surga saja.." "Aah.. masuk..masuk.."

"Dosaku sebanyak pasir dipantai buih dilautan, tapi aku yakin kau Maha Pengampun segala dosaku Ya Allah.. bayangkan segala silap dosa, bayangkan semua.. bayangkan.. menetes air mata, mudah-mudahan itu menyelamatkan kita dari Azab Allah Subhana wa Ta'ala.. Aamiin.. 

Emang kalau nangis sendiri payah.. makanya hadir iktikaf di Mesjid Agung Sunda Kelapa.. Pas Muasabah, "Yaa Allah.. begitu banyak dosa kami Ya Allah.." orang yang sulit nangis kalau ramai-ramai bisa nangis. Kenapa? Lihat kanan nangis, lihat kiri nangis.. masak gak nangis.. "huuuuu huuuuu..." latihan.. itu namanya latihan nangis..

Pertanyaan : 
Pak ustadz, saya mualat.. Mualaf itu pakai "Fa".. Mualaf .. ini pakai "T" .. mualat.. Maklum, karena mualaf.. jangan ketawa, dia mualaf.. jangan ketawakan mualaf.. Mualaf itu ketika masuk islam dia bersih dari segala dosa, sama seperti baju ini bersih dari segala macam noda.. bersih segala amalnya diulangi dari Nol.. Didunia ini yang diulangi dari nol ada dua, pertama mualaf.. yang kedua pegawai pertamina, "dari nol ya pak.." Ustadz Somad, saya mau nikah nih, tapi susah sekali mencari perempuan yang mau nikah ulang kembali dari nol.." "kenapa kau bilang susah, pergi kau ke Pom bensin sana.."

Kalau bacaan sholat.. Saudaraku yang mualaf kau mulia disisi Allah, Abdul Somad penuh bergelimang dosa, Abdul Somad yang tegak berdiri ini adalah Lapendos.. Lelaki Penuh Dosa.. Yang islam dirumah, kalau bacaan sholat saya belum hafal, sholat saya diterima atau tidak?

Jawaban : 
Sholat itu yang rukunnya Al Fatehah, sholawat.. kau hafal saja Al Fatehah.. bismillahirohmanirohim. Alhamdulillahi robbil alamin.. buat lagunya agak-agak merayu biar Allah terima.. (teruskan membacanya sampai..) Allahu Akbar.. tak hafal bacanya? diam saja.. sami Allahuliman hamidah.. waktu tasyahud, ahtayatul wa barakatus.. selesai abis itu salam.. Sah! saya iftitah belum hafal pak ustadz, gak papa.. ayat belum hafal pak ustadz, ga papa.. kau hafal saja ayat yang paling mudah yang paling ringan, Qulhuallahu Ahad.. Allahu Somad..

Sholat saya diterima atau tidak pak Ustadz? Insya Allah sholat engkau lebih diterima dari pada sholat kami.. Allahu Akbar! Engkau masuk islam dengan penuh perjuangan.. dikucilkan, dijauhkan, diputuskan hubungan bisnis, meninggalkan sanak keluarga.. Bagaimana hebatnya ustadz Yahya Walone, jabatan sebagai Rektor Sekolah TInggi Ilmu Theology, mobil dinas, rumah dinas, istri dinas.. semuanya harus ditinggalkan, sampai akhirnya meninggalkan itu semua.. dan sekarang menjadi penceramah. Ustadz Nababan.. luar biasa ini orang-orang.. Ustadz Felix Siaw.. luar biasa, itu orang-orang yang berjihad untuk mencari hidayah Allah, "orang-orang yang bermujahadah mencari jalan Kami, kami akan tunjukkan jalan-jalan Kami."

Pertanyaan : 
Orang tua yang rajin ibadah tapi ngaji dalam bersikap suka ngomongin orang dan tidak adil dalam anak-anaknya

Jawaban : 
Orang yang bicara orang lain, disebutkan dalam Al Quran.. "maukah kamu memakan bangkai Saudaramu?" maka kau seperti memakan bangkai.. Bangkai tikus saja, isu bakso bangkai tikus saja banyak orang tak mau makan bakso, "kau mau makan bakso?" "enggak.. takut bangkai tikus.." "Ayolah.." "Enggak, ngeri.." "Aku yang bayar?" "Okee.."

Bagaimana adil kepada anak-anak? "Takutlah kau kepada Allah, bersikap adillah kau kepada anak-anakmu" Anak pertama S2, anak kedua S3, anak yang terakhir Es Cendolpun tak dapat.. Nanti putus silahturahim mereka, dunia akan terbolak-balik.. tiba-tiba yang susah, yang tidak dibantu tadi menjadi orang.. dia akan dendam.. dulu ayah kami tidak diperhatikan, sekarang kami tidak mau memperhatikan sepupu-sepupu kami, saudara-saudara kami, "Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan silahturahmi"

Pertanyaan : 
Ustadz Somad, ini ada nama.. tapi biasa saya tak mau menyebutkan nama menjaga kode etik jurnalistik, Profesor Tono Laksono Himpunan Ilmuwan Muhammadiyah menyatakan waktu subuh di Indonesia terlalu cepat 20-30 menit dari seharusnya, sehingga perlu koreksi.. Ini hasil riset alat Sky Quality Meter atau SQM bahkan dari LAPAN Prof Tengku Jalaludin menyatakan hal yang sama. Silahkan Ustadz browsing sendiri di Internet. Pertanyaannya kok bisa ya, ini kan masalah sah dan tak sah nya sholat.. kok semuanya anggap enteng? Matur Nuwun.. Sami-sami..

Jawaban : 
Dulu orang sholat tidak melihat jam, tapi melihat fajar.. Fajar ada dua, fajar shodiq (dan) fajar kharib.. tiba-tiba nampak terang tapi ternyata bohong bukan benar.. kharib bohong.. jangan sholat, setelah tampak fajar shodiq baru.. baru ditetapkan oleh lembaga LBHR (kepanjangan dari) Lembaga Badan Hisab dan Ruqyah, Insya Allah apa yang disampaikan ini akan di dengar.. ditonton.. aspirasi.. Saya pribadi akan menyampaikan ke Lembaga Badan Hisab dan Ruqyah Majelis Ulama Indonesia, ada Nadhatul Ulama.. ada Muhammadiyah.. ada Alwasliah.. ada Perti.. ada Persis.. ormas-ormas kita duduk bersama, tentang masalah isu-isu waktu sholat. Sama dulu waktu kita membahas tentang masalah kiblat orang sholat

Pertanyaan : 
Menurut Survey Islamic Index (atau) index islam suatu negara, ternyata Selandia Baru dinobatkan sebagai negara paling Islami, Canada nomer lima, Indonesia nomer seratus empatpuluh.. dan rata-rata negara islam bertengger di urutan seratus sampai dua ratus, katanya mereka banyak melihat muslim tapi tidak melihat nilai islamnya, menurut ustadz Somad apa sebenarnya yang sedang terjadi?

Jawaban : 
Kita terjebak pada ritualitas, saat puasa kita takuuuut.. setakut-takutnya, masuk kedalam kamar mandi tidak ada satu pun orang muslim yang berani minum air bak dalam kamar mandi.. Betul? Padahal kalau dia mau, dia tutup.. dia masukkan kepalanya.. dia minum setengah bak sampai habis.. bisa! dia keringkan bibirnya, sebelum keluar dia miringkan kepalanya, dia buat gaya mau mati.. tak ada orang yang tau.. tapi itu tidak dilakukan. Saat sholat orang islam sangat amat takuut, "Allahu Akbar" tidak ada yang mau lihat keatas, "ih mantap ya.. ada cicak kawin.." Tak ada.. kenapa dia tidak mau? karena dia sangat takut.. tapi malangnya takut dalam sholat, takut dalam puasa tidak dia bawa keluar aplikatif aplikasi islam.. Sedangkan mereka takut buang sampah sembarangan, ada turis Jerman makan jeruk.. kulit jeruk yang akan habis dimakan air laut, dia masukkan ke kantongnya menunggu sampai ketepi pantai untuk dibuang ketong sampah.. Saking kuatirnya dia plastik yang masuk ke dalam perut ikan hiu, ikan paus mati gara-gara menelan ban Vespa di dalam..

Nah ini.. jadi ketakutan itu jangan terjebak pada ritualitas, itu yang dikatakan oleh Syekh Muhammad Abduh bersama Jamaludin Al Afghani ketika mereka terasing ke Prancis, menulis majalah al-Urwah al-Wuthqa.. "disini aku melihat banyak islam tapi aku tidak ketemu muslim" Maka kita jangan terjebak pada ritualitas tentang masalah kebersihan.. islam agama paling bersih, mengajarkan tentang kesucian.. tidak sah sholat kalau tidak thoharoh, tidak sah sholat kalau tidak cebok, tidak sah orang kalau tidak mandi wajib.. tapi kotor najis terlalu panjang untuk diceritakan sampai waktu kita tak cukup


Alhamdulilah..

IG @sabyanmedia
Download, Copy Paste Gratis Artikel Tanya Jawab Ustadz Abdul Somad
di Blog channelsabyanmedia blogspot
Sedia MP3 Ceramah Ustadz Abdul Somad Terbaru Full 2018
dalam Flashdisk, Memory card atau MP3 Player 16GB
Order by Wa 0882-1559-3874







#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad
#DownloadCeramah #UstAbdulSomad #MP3ceramah
#downloadKumpulanMP3CeramahUstAbdulSomad,
#kumpulanceramahabdulsomadterbaru #UAS
#ceramahustadsomadmp3 #ceramahustadsomadterbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar