Jumat, 07 September 2018

Tanya Jawab (Masjid At Tohiriyah Bogor, 3.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA





Pertanyaan : 
Ustadz, Dajjal itu termasuk mahluk apa?

Jawaban : 
Mahluk itu cuma dua, Jin dan Manusia.. Jadi Transformer dan Alien? itukan orang Barat punya kerja.. ini terlalu korban Warner Bros Steven Spielberg. Manusia apa bukan pak Ustadz? Dia Manusia.. Apakah akan dihisab juga? Iyaa.. Manusia dia, mirip seperti Isa Alaihis Salam.. makanya dia disebut dengan Al Masih KW.. " Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal." Dajjal itu artinya Al Masih KW. Rambutnya seperti rambut Nabi Isa, basah seperti baru kena air menetes.. tapi dia mukjizat seperti Isa persis! Dia tunjuk bumi, "Haii Bumi Tumbuh!" tumbuh tanaman pohon kayu hijau.. Dia tunjuk langit, "Haii Langit turunkan hujan!" langsung turun hujan.. lalu dia tunjuk orang mati, "Haii Mayit bangun!" bangkit.. bangun (mayit tsb hidup lagi) tapi dia palsu..

Bagaimana cara kita selamat dari dia? Hapal 10 ayat pertama surah  Al Kahfi, dua baca surah Al Kahfi malam jumat diberikan Allah cahaya, "siapa yang baca surah Al Kahfi hari jumat diberikan Allah Nur cahaya sampai jumat yang akan datang. Yang Ketiga jangan lupa sebelum salam (dalam sholat wajib membaca), " Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal."

Pertanyaan : 
Anak tetangga saya, kedua orang tuanya beda agama. Ayahnya muslim, ibunya non muslim.. semua anaknya islam. Jika saya menikahi anak perempuannya apa hukumnya?

Jawaban
SAH! Walinya siapa? Bapaknya.. Bapaknya yang akan menikahkannya? Iyaa.. "aku nikahkan engkau dengan anakku dengan mahar seperangkat alat sholat dan kitab suci Al Quran gak pernah dibuka sampai mati.. Tunai.." Apakah ayahnya boleh menjadi walinya? Menurut mahzab Hanafi, Maliki, Hambali boleh.. tapi menurut Mahzab Syafi'i tidak.. karena mahzab Syafi'i tidak mengakui yang sekarang itu sebagai ahli kitab. Kenapa mereka tidak diakui sebagai ahli kitab? Dua sebabnya.. "siapa yang mengatakan Isa itu Tuhan maka dia itu Kafir.." yang ngomong itu bukan saya, Quran.. kalau marah jangan sama saya tapi sama Quran. "Laqod kafaro.. KAFIR!" "jangan terlalu keras pak ustadz.." "k a f i i r.."
Ayat yang kedua, "kafirlah orang yang berkata tiga dalam satu, satu dalam tiga.. anak Allah, Allah Bapak, Rohul Kudus" itu yang ngomong Al Quran, kalau marah jangan sama saya, marah sama Quran.. suruh amendemen tu Quran.. ini orang beraninya marah sama saya saja.. 

Jadi kalau kau nikahi anak gadisnya, walinya siapa? Wali Hakim.. wali Hakim itu siapa? Pak KUA. Nikahnya dimana? ya dikantor KUA lah.. "Pak KUA tolong kau nikahkan kami.." "Dengan apa?" "Dengan seperangkat alat sholat dan kitab suci Al Quran." "Aku nikahkan engkau, sebagai aku Wali Hakim KUA dengan si Fulan binti Fulan dengan mahar seperangkat alat sholat dan kitab suci Al Quran tunai.." "SAH!" Habis itu? ya bulan madu..

Pertanyaan : 
Apa hukumnya sholat di tempat wudhu? Hah.. sholat ditempat wudhu..!? atau melebihi batas suci?

Jawaban : 
Kalau tempat itu bernajiz sholatnya batal karena tempat sholat bagian dari yang tiga.. suci badan, suci pakaian, suci tempat. Yang tiga zhohir, yang satu batin.. Yang batin itu yang mana? Suci hati.. jagalah hati jangan kau nodai.. kata Aa Gym. Oleh sebab itu kalau ini suci baru.. ditempat wudhu itu suci? (Ya) suci.. ini ada keran air, lalu ada tempat wudhu.. suci.. yang tempat najiz itu mana? kalau ada tempat eek dan ook (tempat buang air besar) nah itu baru najiz

Pertanyaan : 
Bagaimana jika saya punya rejeki yang cukup untuk umroh, sedangkan hutang-hutang riba saya KPR, KTA, Kartu kredit masih besar, jangka waktunya masih lama.. apa boleh (untuk berangkat ibadah umrah) bagaimana hukumya?

Jawaban
Melepaskan diri dari riba wajib, sedangkan melaksanakan ibadah haji dan umroh wajib.. sama-sama wajib, tapi ada yang wajibnya segera.. mana yang di dahulukan? Dahulukan yang segera.. maka kau selesaikan dulu dengan riba..riba..riba..riba..riba ini.. nanti Allah akan berikan engkau rejeki yang melimpah ruah insya Allah.. Aamiin.. Disitulah letak iman.. duit haram kau bawa.. Labaika Allah huma labaik.. Labaika Allah huma labaik.. apa kata Malaikat, "La la baik wala sakdaek.." kau tak dapat haji mabrur, kau tak dapat umrah makbullah.. Zaduka haram, karena kau berangkat dengan uang haram.. Bersihkan, jangan lagi sampai kena riba-riba.. anak yang masih hijau bersih disuap makan riba..riba..riba..riba.. kotor otaknya, sepiring nasi berubah menjadi setetes darah, masuk kejantungnya, disemburkannya naik ke otak, darah masuk ke otak.. ubun-ubun kotor, pelaku dosa.. gara-gara apa? Makan riba. Anak-anak berdoa, "Ya Allah.. selamatkan papah Ya Allah, selamatkan ayah Ya Allah.." tapi doa tidak dikabulkan.. Kenapa? Lidah makan haram.. lidah yang makan haram, diharamkan Allah mengabulkan doa dari lidah yang makan haram.. kecuali lidahnya dua, satu untuk doa.. satu untuk makan..

Pertanyaan : 
Pak Ustadz, saya mau nanya.. gimana hukumnya kawin satu darah?

Jawaban : 
Sama-sama golongan "O" ya boleh.. dengar baik-baik, "jangan kau nikahi 
1. Ibumu, 
2. Saudari perempuanmu, 
3. Bibimu.. adik ayahmu atau kakak ayahmu, 
4. Bibimu dari pihak ibumu.. adik ibumu atau kakak ibumu, 
5. Saudara laki-lakimu punya anak.. Keponakanmu, 
6. Saudari perempuanmu punya anak.. Keponakanmu.. 
Itulah tidak boleh kau nikahi.. macam tak ada orang lain saja? oowh pagar makan tanah lapang.. bukan pagar makan tanaman.. 
7. Ibu yang pernah menyusukanmu.. engkau nyusu ketetangga, tapi masih manusia bukan sapi, lima kali kenyang.. makanya ibu-ibu yang punya anak kecil jangan sembarangan, jangan ada anak orang disusukannya.. jangan ada anak orang disusukannya.. lima kali kenyang, dia akan menjadi anakmu. 
8. Saudari sesusuanmu.. kau nikah dengan janda, janda itu punya anak gadis.. tiba-tiba kau nikah dengan ibunya, setelah dhuhul berhubungan ibunya meninggal.. anaknya tidak boleh kau nikahi, karena kau pernah nikah dengan ibunya. Tapi kalau belum sempat dhuhul belum berhubungan, boleh.. "Aku terima nikahnya.."  terus kumat darah jantungnya mati ibunya.. terus setelah dua tahun kemudian ketemu anaknya, boleh (kau nikahi anak itu).. 
9. Kau gabung antara dua, kau nikah dengan kakaknya abis itu kau nikahi juga adiknya.. tak boleh.. kecuali kalau kakaknya meninggal.. kau boleh ambil adiknya, namanya ganti tikar atau ganti guling? terserahlah (mau disebut ganti) tikar atau ranjang terserah.. 

Itu saja yang tak boleh kau nikahi, lain dari pada itu boleh.. asal manusia saja.. sesama laki dan perempuan, karena Allah hanya menciptakan mahluk hanya dua, Adam dan Hawa.. bukan Adam dan Asep..


Pertanyaan : 
Saat pak Ustadz jelaskan tentang LGBT, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad Sallahu Alaihis Salam mengasingkan laki-laki yang memakai hinai.. Ada seorang laki-laki memakai hinai.. lalu kemudian diasingkan dia.. Apakah.. owh tunggu.. (diteruskan baca pertanyaannya) Saat pak Ustadz jelaskan tentang memelihara hukum jenggot, dijelaskan bahwa untuk membedakan umat Yahudi,muslim, kristen.. Nabi Muhammad Sallahu Alaihis Salam mensunnahkan untuk memakai hinai sehingga rambutnya.. Eh.. pertanyaannya tak ada.. mohon penjelasannya pak ustadz..

Jawaban
Oke begini saya jelaskan.. ketika Nabi sedang duduk tiba-tiba datang seorang laki-laki tangannya berhinai.. tradisi di Arab yang memakai hinai di tangan hanya perempuan, sedangkan laki-laki tidak ada.. beda dengan tradisi di kampung kami di Sumatera kalau nikah laki-laki juga pakai hinai. Di Bogor juga pakai hinai? Tidak Pak Ustadz.. Aah kalau di tempat kami pakai, tapi bukan bencong.. Adapun di Arab kalau yang pakai hinai hanya perempuan, kalau ada laki-laki yang pakai itu berarti dia agak keperempuan-perempuanan, kata Nabi.. asingkan dia ke tempat yang namanya Naqi' .. tempat pemakaman namanya Baqi'.. tempat pengasingan rehabilitasi LGBT namanya Naqi'. Itu langkah preventif sebelum tertangkap melakukan hubungan sex, kalau sudah tertangkap.. "kalau kamu tertangkap, menangkap melakukan perbuatan umat Nabi Luth Alaihis Salam.. Sodomi, kaum Sodom.. yang pelakunya dan korbannya sama-sama keek.. (hukum mati)"

Saat pak Ustadz jelaskan tentang memelihara hukum jenggot, dijelaskan bahwa untuk membedakan umat.. "bedakan diri kamu dengan orang Yahudi dan orang Nasrani.." karena orang Yahudi itu jenggotnya panjang, kumisnya panjang.. bentuk wajahnya sama, sama-sama pakai jubah, sama-sama pakai sorban, kumisnya panjang, jenggotnya panjang.. lalu bagaimana cara membedakannya? "Potong kumis, panjangkan jenggot" Maka ketika lihat orang kumisnya pendek (ucapkan) Assalamualaikum.. karena yang kumisnya pendek itu berarti muslim.. udah itu aja penjelasannya..

Adapun jenggot laki-laki dipakai hinai, tadi kasusnya hinai pada tangan.. adapun pada jenggot.. maka Bapaknya Abu Bakar, namanya Abu Khuafah.. ketika tahun ke-8 dia datang, semuanya putih (jenggotnya) makanya Nabi suruh celup pakai hinai.. aah kamipun dulu waktu di Mekah, dibeli hinai dalam bentuk tepung, kami kasih air, kami pasang di kepala.. maksudnya biar supaya rambut pirang.. pasang di kepala.. pasang.. tutup pakai kain, besok buka.. (tetap) hitam.. rupanya yang bisa dipakai hinai kalau sudah putih, baru dia berubah, makanya Habib Umar bin Hafiz waktu datang ke Jakarta, kita lihat (jenggotnya) aah itu dikasih hinai. Hinai itu apa? Pacar.. daun pacar..

Pertanyaan : 
Saya mau tanya apa perbedaan Sufi dengan Sunni?

Jawaban : 
Sunni diambil dari kata Sunna, orang yang mengikuti sunnah Nabi disebut Sunni atau nama lainnya ahlul sunnah wal jama'ah. Sufi diambil dari Shofa.. Shofa bukan tempat tidur-tiduran, Shofa artinya suci.. Sufi artinya orang yang suci, apanya? orang yang hatinya suci.. disucikan dari apa? Hasad.. dendam kesumat.. busuk hati.. dengki.. iri.. sirik.. semuanya bersih, makanya orang yang selalu mengkaji masalah kesucian hati seperti Imam Abu Hamid Al Ghazali, Imam Al Khusairi, Imam Juned al Bagdadi, Qut al-Qulub kitabnya   Abu Thalib al-Makki, maka ini semua mereka disebut dengan Sufi.. mengkaji tentang kesucian hati

Pertanyaan : 
Ustadz, ayah kandung saya sudah tidak pernah sholat Jumat selama lima tahun.. Mudah-mudahan ayahnya dibukakan pintu hidayah insya Allah.. Aamiin.. tapi ayah saya tetap melaksanakan sholat fardu dan bersedekah, bagaimana hukumnya pak ustadz?

Jawaban
"Siapa yang meninggalkan sholat jumat tiga kali karena menyepelekan agama, Allah mengunci pintu hatinya" di kunci Allah.. hukuman diatas hukuman bukan sakit, bukan mati, bukan miskin, bukan melarat.. apa dia? Hati yang terkunci, "hati terkunci, telinga tersumbat, mata tertutup.." Nauzubillah..

Pertanyaan : 
Ustadz apa tips pendapat supaya syiar Islam semangat agama hidup kembali?

Jawaban : 
Datang pengajian.. ini insya Allah hidup, sebanyak ini tidak juga hidup.. apa namanya? Allahu Akbar.. kalau setelah pengajian tetap down lagi, pergi kerumah sakit Ummi, untuk apa? untuk melihat orang sakit.. "Ustadz Somad, ini saudara-saudara kita yang sedang cuci darah. Alatnya sebesar kulkas.. darah dari dalam badan dikeluarkan melalui selang masuk kedalam alat, duduk selama lima jam.. sakitnya? saya nggak nanya.. nggak sampai hati nanya.. hanya berdoa saja tadi, sampai keluar dari situ tadi, "Ya Allah selama ini aku tidak bersyukur.. buang pinggang sebesar telur ayam yang selama ini selalu mencuci darah.. lima jam duduk menunggu, berapa lama? ada yang seminggu dua kali. Maka melihat mereka bangkit semangat beribadah, aku kenapa tidak bersyukur sehat? aah pergi kesana, kalau security nanya.. "mau lihat siapa mas, ruangan berapa?" "semua yang disini mau kutengok.. semua yang ada di rumah sakit ini mau kulihat semuanya" iyalah pak saya temani, kata security..

Pertanyaan : 
Ditengah kondisi umat yang semakin hari semakin banyak yang tidak peduli pada ajaran islam, contohnya di kampung saya.. dulu mesjid kami selalu ramai, ada kegiatan-kegiatan ke agamaan sekarang mesjid sepi jarang lagi ada kegiatan, tokoh pemerintah dan tokoh agamapun sepertinya kurang peduli.. mohon tanggapan pak ustadz solusinya..

Jawaban
Pilih pemimpin yang peduli pada agama, maka dia akan kirim kan imam-imam, dai-dai bisa diangkat.. seratus anak hafal Al Quran.. bukan anak, seratus pemuda hafal Al Quran diangkat menjadi guru agama di kota Jambi.. PNS diangkat, bisa.. itukan tergantung eeemmh.. (tanda tangan pemimpin daerah) selama tanda tanganmu masih laku, pakailah dia menolong agama Allah Subhana Wa Ta'ala.. eeemh.. ke atas berdiri mesjid, eeemh.. (kebawah) berdiri Pom bensin

Pertanyaan : 
Bolehkan menjadi wali untuk anak adik yang lahir diluar nikah?

Jawaban : 
Anak pertama ini MBA.. Married By Accident.. hamil tiga bulan dinikahkan.. efek dari nikah setelah hamil itu ada empat.. Anak itu kalau lahir tidak boleh memakai bin binti bapaknya, pakai bin binti ibunya.. kalau si bapak mati, anak tidak dapat harta warisan.. mereka tidak ada hubungan nasab, kalau si anak mau nikah.. si bapak tidak bisa jadi wali.. karena dia ada setelah akad.. sebelum akad.. kalau anak pertamanya laki-laki, maka anak kedua ketiga perempuan.. anak pertama itu tidak bisa mewalikan adik-adiknya.. kenapa begitu? karena dia tidak ada hubungan nasab.. hubungan anak kalau sudah akad, setelah akad baru dia muncul. Ini anak adanya setelah akad atau sebelum akad? sebelum akad.. itu sama dengan mencoblos sebelum hari "H" 

Pertanyaan : 
Saya minjam uang di koperasi simpan pinjam, sesuai dengan jumlah uang tabungan saya, bagaimana hukumnya pak ustadz?

Jawaban
Koperasi berbunga.. semua yang berbunga haram, walaupun bunganya satu persen. Pinjam sejuta bayarnya sejuta seratus.. itu riba.. maka kau mesti pergi ke Bank Syariah


Alhamdulillah..

Jika dibutuhkan silahkan di copy paste gratis

Tersedia juga,
Ceramah Ustadz Abdul Somad Terbaru MP3 dikemas dalam Flashdisk 16GB bonus kabel OTG harga Rp.135 ribu
Ceramah Ustadz Abdul Somad Terbaru MP3 dikemas dalam Memory Card 16GB bonus Card Reader harga sama Rp.135 ribu
Ceramah Ustadz Abdul Somad Terbaru MP3 dikemas dalam MP3 Player+Memory Card 16Gb bonus Headset+Card Reader harga Rp.160 Ribu 
* Garansi tukar produk jika terima rusak

Isi full MP3 Ceramah Ustadz Abdul Somad dari Januari 2018 sampai dengan bulan ini.
Order By WA ke 0882 1559 3874
IG @sabyanmedia






#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar