Selasa, 11 September 2018

Tanya Jawab (Masjid Nurul Iman Duren Sawit, 3.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

02 Feb - 03-2-18 - Tanya Jawab (Masjid Nurul Iman Duren Sawit, 3.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA




Pertanyaan
Ustadz Somad, bagaimana cara memberi tahu suami yang suka lihat gambar yang kurang senonoh, punya group WA khusus

Jawaban
"Mass.. kata pak Ustadz, laki-laki yang sudah nikah itu matanya nunduk. "siapa yang diantara kamu mampu menikahlah karena setelah menikah menundukkan pandangan" Mas kok matanya jelalatan? dijawabnya, "katamu kalau sudah nikah nundak kan?" "iyaa.." "aku dari tadi nunduk lihat WA" "artinya menundukan pandangan mas.. matamu itu mesti kau jaga, karena nanti semua itu akan ditanya., "Mulut kami kunci, tangan kami buat bicara, kaki kami buat bersaksi"  semua akan ditanya, "pendengaran, penglihatan, hati, semua akan ditanya."

Tiba-tiba seorang anak hpnya ditangkap oleh guru, true story kisah nyata.. tempat nama dan lokasi tidak boleh disebut menjaga kode etik jurnalistik, akhirnya ditangkap hp si anak.. diperiksa oleh guru, setelah diperiksa banyak sekali ditemukan yang tidak layak, akhirnya orang tua anak dipanggil.. "Ini hp kamu ya?" "bukan pak, ini punya bapak saya"

Pertanyaan
Suami istri punya hak dan kewajiban, bagaimana jika suami tidak memenuhi semua kewajiban sebagai suami, apa kewajiban saya sebagai istri juga bisa berkurang?

Jawaban
Ini namanya mau ganti rugi, karena suami ibu tidak memenuhi kewajiban bukan melegitimasi membenarkan ibu mencari pembenaran untuk tidak melaksanakan kewajiban.. Ibu tetap tunaikan kewajiban, maka dia akan menanggung dosanya. Kewajiban suami itu apa? Kasih makan, kasih pakaian, kasih tempa tinggal, kasih pendidikan, kasih perhatian.. kali lima ini dia beri, dia adalah pria yang sholeh, gentleman.. kalau tidak? maka dia akan dituntut dihadapan Allah Subhana Wa Ta'ala. 

Dan laki-laki sudah di ikat, "jika saya tidak memberikan nafkah kepada Istri 3 bulan lamanya saya tinggalkan berturut-turut atau menyakiti fisiknya, maka istri saya melapor ke Pengadilan Agama lalu hakim menjatuhkan talak satu maka jatuhlah talak satu kepadanya"
Ibu-ibu punya hak, tiga bulan dia tidak ada.. ibu bisa lapor, "saya mau lapor tapi saya masih cinta, pak ustadz?" "Pilih cinta atau lapor?" "Saya pilih cinta" "tahankan"

Pertanyaan
Apa hukumnya oper kredit rumah dengan bank konvensional?

Jawaban
Beralihlah ke Bank Syariah, ustadz sendiri? saya Bank Mandiri Syariah.. Gaji saya ditransfer BRI Syariah.. bersyariah, maka menabung begitu juga.. "aah saya simpan dirumah saja pak ustad?" "nanti hilang.. mending ke Bank Syariah.." Saya mau nabung ke bank pak ustadz"  "Mau syariah?"  "kalau dirumah saya kuatir pak ustadz.." "pencuri?" "Ndak.. istri saya pak ustadz"
Jadi jangan lagi pakai konvensional, akadnya disana (di Bank Syariah) akad Murobahah permodalan syariah

Pertanyaan
Ustadz Abdul Somad, nama tak saya sebutkan.. semoga ustadz panjang umur.. Aamiin.. Untuk Aqiqah kambing jenis jantan atau betina?

Jawaban
Asal jangan bencong.. kambing jantan boleh, kambing betina boleh. Untuk qurban juga begitu, mengapa lebih utama kambing jantan? Saya baca di kitab fikih, sudah saya tulis di buku "33 Tanya Jawab Qurban" silahkan download gratis 33 Tanya Jawab Qurban dalam bentuk Pdf, nanti cetak bagikan ke Jamaah. Mengapa kambing jantan lebih utama? Ternyata kambing jantan dagingnya lebih enak, dan kambing betina kalau dipotong nanti dia tidak produktif.. kan betina ini akan punya anak, makanya kambing jantan jual potong.. jantan jual potong.. betina biarkan banyak, kambing jantan cukup satu ekor.. hmm.. kambing betina banyak, karena disana ada.. 

Jadi dulu ceritanya Presiden Soeharto membawa para Mentri, Gubernur, Bupati, Kepala Daerah melihat meninjau tempat peternakan sapi Tapos, sampai disana lalu guide mengatakan, "ini sapi jantan.. ini sapi betinaaa.." lalu banyak sekali, "Loh sapinya, sapi jantannya sedikit ya?" "Iyaa.. karena dia tidak perlu banyak, sapi betina yang perlu banyak." Lalu kemudian laki-laki banyak tersenyum, ibu-ibu menyikut, "mas mau jadi sapi ya?"

Pertanyaan
Minta amalan untuk mendidik anak agar menjadi anak sholeh

Jawaban
Robbi habli minal sholihin.. berikan aku anak yang sholeh, Robbi habli minal sholihin.. Robbi habli minal sholihin.. minta anak yang sholeh, waktu sedang hamil banyak-banyak baca Quran dan sholawat. Ada kyai-kyai yang mengatakan banyak-banyak baca surah Yusuf, nanti anak nya seperti Nabi Yusuf Alaihis Salam.. begitu Ibu hamil dia baca surah Yusuf, dia bayangkan anak akan lahir ganteng bermata biru rambut hitam, rambut pirang putih.. begitu anak lahir.. hitam.. Kata kyai anak saya akan seperti Nabi Yusuf? Sifatnya! bukan bentuknya.. mana mungkin bapaknya hitam, emaknya jelek, anaknya ganteng?

Pertanyaan
Cara berpuasa Daud apakah boleh dengan puasa senin kamis?

Jawaban
Jawabannya dua, yang pertama jangan dicampur.. kalau mau puasa, paling sikit minim 13, 14, 15. Yang lebih tinggi dari itu adalah puasa senin kamis. Senin..Kamis.. Senin..Kamis.. Senin..Kamis.. Senin..Kamis.. delapan hari. Yang lebih banyak lagi adalah puasa Nabi Daud Alaihis Salam 15 hari. Kalau dicampur nanti hitungannya kacau. Aaa ini pilihannya, tiga, delapan, lima belas. Kalau saya campur pak Ustadz? Boleh.. Boleh kalau mau dicampur.. Kalau mau puasa terus? Boleh.. namanya puasa Dahar. Syaumud Dahri.. 

Diantara sahabat Nabi yang melaksanakan puasa Dahar adalah Sayyidatina Aisyah Radhiallahu Anha bin Abdulah Ibnu Umar ibnu Khatab ini melaksanakan puasa Dahar. Tapi kalau berefek kepada badan, nanti lemas atau berkunang-kunang.. baik tidak usah.

Pertanyaan
Assalamualaikum Pak Ustadz, Walaikum salam warahmatullahi wabara katuh.. Pak Ustadz perkenalkan nama saya Mr. Limbad.. woaaasli nampaknya.. saya termasuk pengagum Mr. Limbad.. Masya Allah.. Apa Hukumnya rambut Gimbal?

Jawaban
Nabi Sallahu Alahis Wasalam sebagaimana yang diriwayatkan oleh guru saya, syekh kami dulu.. katanya.. panas.. Mekah itu panas, sangat panas.. maka Nabi itu kepalanya ditutupi oleh tiga.. Yang pertama rambutnya.. rambut nabi itu dari depan itu panjang sampai ketengkuk belakang, lalu dipotong disini (pas ditengkuk) .. jadi panjang.. untuk apa? untuk menutupi kulit kepala, karena kalau tidak ditutup panas. Setelah ditutup oleh rambutnya kebelakang, baru penutup kedua qolansuwah, pakai topi, setelah ditutup itu baru yang ketiga imamah, sorban.. Jadi kepala Nabi itu ditutupi oleh tiga.. rambutnya sendiri tebal, kemudian qolansuwah topi, kemudian baru imamah sorban. 

Jadi masalah Rambut tebal, apakah dia.. itu hukumnya Mubah! kalau diperintahkan (disebut) wajib, kalau perintahnya tidak kuat (disebut) Sunnat, kalau dilarang (disebut) haram, laranganya tidak kuat (disebut) makruh, tidak disuruh tidak dilarang (disebut) mubah. Oleh sebab itu rambut gimbal rambut yang tebal.. tebal dia, atau panjang selama tidak menimbulkan mudorot ya tidak apa-apa.. hukumnya mubah. Tapi kalau sampai dia menimbulkan mudorot.. mudorotnya apa? ya banyak mudorotnya.. misalnya istrinya bangun pagi, bingung dia membedakan mana sumbu kompor mana rambut.. insya Allah kalau sudah terbiasa nggak lah.. tidak ada mudorotnya ya tidak apa-apa. Kita doakan Mr Limbad dan kita semua istiqomah.. Aamiin.. Jadi hukum aslinya mubah selama tidak ada di dalamnya mudorot..

Pertanyaan
Bagaimana hukumnya sholat di mesjid yang terdapat kuburan?

Jawaban
Ada kuburan di samping.. ada kuburan di samping.. ada kuburan di belakang.. ada kuburan di depan.. apa hukumnya sholat di mesjid tersebut? Boleeh! tapi ada yang mengatakan tak boleh sholat di mesjid yang ada kubur? Coba lihat bunyi haditsnya baik-baik.. "Allah melaknat Yahudi dan Nasrani.. Allah menjadikan kubur Nabi mereka sebagai tempat ibadah" Ini ada Nabi.. meninggal.. lalu mereka bangun tempat ibadah diatasnya. Ada orang sholeh meninggal.. mereka bangun mesjid diatasnya persis.. meninggal Abdul Somad.. lalu diratakan tanahnya dibangun mesjid diatasnya.. mesjid As Shomadiyah.. itu nggak boleh.. Nggak boleh itu.. 

Naah.. Maka Nabi sedang menyindir perbuatan orang Yahudi dan Nasrani, di tempat yang bernama Habasyah.. tempat Hijrah yang pertama, karena sahabat banyak bercerita disana tempat-tempat begini, kata nabi seperti bunyi hadits diatas.. makanya musti dibedakan tiga masalah, sholat menghadap kubur, sholat di mesjid yang kelilingnya ada kubur, sholat ditempat yang dirubah dari kubur menjadi tempat ibadah. Maka yang tidak boleh itu adalah merubah kubur menjadi tempat ibadah. Adapun sholat di mesjid yang ada kubur, tapi disamping kuburnya ada jalan, ada dinding.. maka itu hukumnya boleh.. Apa referensinya, kami mau baca kitabnya.. Al-Bayan limaa Yughsyalu al-Adzhan ditulis oleh Syeikh Ali Jum`ah Mufti Mesir, masih hidup sampai sekarang

Pertanyaan
Apa perlu wudhu ketika kita habis mandi Junub?

Jawaban
Nggak perlu wudhu. Sebelum mandi junub, wudhu duluan.. "kalau kamu bangun tidur jangan masukkan tanganmu ke dalam tempat air karena tidak tau tadi malam tangannya tadi malam nginap di hotel mana.." maka cuci tangan dulu setelah bersih, barulah kemudian kumur-kumur, masukkan kehidung, setelah bersih lalu kemudian wudhu basuh muka, tangan, kepala basahi, supaya jangan sampai kaget kulit kepala, setelah itu mandi.. abis itu dia tidak berwudhu, maka dia sudah wudhu duluan.. dan hadats kecil otomatis.. automaticly hilang dengan hadats besar.

Tapi saya rasanya nggak nyaman pak ustadz, abis itu saya wudhu lagi? ya boleh.. memperbaharui wudhu hukumnya sunnat. Saya wudhu saya nggak batal pak ustadz, tapi rasanya batal, ga batal? batal, ga batal? kalau yakin nggak batal ya ga batal "keyakinan tidak bisa dihilangkan dengan keraguan" tapi saya tetap merasa ragu pak ustadz? kalau kamu sholat, lalu kamu ragu wudhumu batal atau tidak.. jangan batalkan sholatmu, sampai kau dengar suara atau kau cium bau"  Selama tidak kau dengar suara, tidak tercium bau jangan kau batalkan berarti wudhumu tak batal, karena memang ada yang tak bersuara tapi baunya luar biasa..


Pertanyaan
Saya sudah punya hutang sudah 13 tahun, sampai sekarang belum terselesaikan malah semakin terlilit, padahal saya sudah berusaha semaksimal mungkin namun belum lunas, apa yang harus saya lakukan pak Ustadz?

Jawaban
Usaha, kerja, tawakal, doa.. datangi orang yang meminjamkan itu, beri aku masa tangguh.. Saudara-saudaraku yang memberikan pinjaman kepada dia, "kalau saudaramu dalam kesulitan, tunggu sampai dia lapang.." tunggu sampai dia lapang, dulu kamu janjinya kapan? 1 januari 2018.. Nah ini sudah.. tunggu sampai dia lapang, yang paling bagus lagi, "wa-an tashaddaquu khayrun lakum.. kalau kau sedekahkan itu lebih baik" tapi yang menghafal ayat ini yang memberikan pinjaman, bukan yang minjam.. jangan nanti kita nagih, "kapan kau bayar?" kau jawab, "wa-an tashaddaquu khayrun lakum" Sekarang banyak orang salah hafal ayat, entah gagal paham atau menikmati gagal paham.. kalau orang gagal paham bisa kita paham, tapi sebagian orang ada yang hidup dari gagal paham, ini yang susah kita memahamkan, jadi gimana? antukkan kepalanya ke dinding..

Adapun yang minjam, kau terbuka transparan, hati saudaramu itu kau mohonkan doa.. "owh frend, kawan, ya akhi.. saya sedang terlilit masalah, begini.. begini.." lalu kata kawan, "stop jangan kau ceritakan, aku tak sanggup mendengarnya.. meleleh air mataku, stop!" "jadi nggak usah bayar? "Tetap bayar.." cuma kita reschedule ulang lagi" Oke.. yaa.. dah.. lalu kemudian engkaupun berusaha mohon kepada Allah, datang sahabat minta tolong doanya apa Ya Rasulullah.. ada delapan, "Allohumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali” (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas, Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia).

ikuti.. Allohumma inni.. a’udzubika.. minal hammi.. wal hazani.. wall ‘ajzi.. wal kasali.. wal jubni.. wal bukhli.. wal ghalabatiddaini.. wa qahrirrijali..

Pertanyaan
Bagaimana menyikapi hijab perbatasan mahram dilingkungan keluarga

Jawaban
Cukup pakai jilbab panjang, yang kira-kira kalau tangan diturunkan.. tertutup .. tidak kelihatan, lalu kemudian.. "sesungguhnya perempuan kalau sudah sampai usia menstuasi haid tak boleh nampak kecuali wajah, telapak tangan.." Wajah boleh telapak tangan dan punggung tangan boleh, adapun bapak yang buat rumah dua ruang tamu, ruang tamu laki-laki dan ruang tamu perempuan.. bagus mantap. Tapi kalau tidak karena keterbatasan, maka tetap menjaga aurat.

Anak-anak gadis yang pakai cadar, bagus.. saya berpegang pada cadar tidak wajib, tapi yang bercadar bagus, apalagi yang cantik sampai-sampai supir angkot oplet nabrak tiang listrik.. bagus pakai cadar..

Pertanyaan
Apa yang harus kita lakukan jika sudah terlanjur melewati orang yang sedang sholat?

Jawaban
Nggak mungkin mundur lagi kan? Bagi kita yang sedang sholat kalau ada orang yang mau lewat maka kita kasih sutroh tempat sujud, kalau ada yang mau lewat (halangi dengan tangan), cuma kadang orang kita belum ngaji, begitu kita begini (julurkan tangan untuk menghalangi orang lewat).. eeh dia salaman.. salam pak ustadz.. "lebih baik engkau tegak selama 40 tahun dari pada engkau melewati orang sholat" tapi hanya sebatas ini (batas sutrah) kalau lewat di depannya ya tidak apa-apa, jangan dia lewat.. eeh..ehh.. jangan lewat depan sana..

Alhamdulilah


IG @sabyanmedia
Download, Copy Paste Gratis Artikel Tanya Jawab Ustadz Abdul Somad
di Blog channelsabyanmedia blogspot
Sedia MP3 Ceramah Ustadz Abdul Somad Terbaru Full 2018
dalam Flashdisk, Memory card atau MP3 Player 16GB
Order by Wa 0882-1559-3874





#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad













Tidak ada komentar:

Posting Komentar