Minggu, 02 September 2018

Tanya Jawab (Masjid Agung Sunda Kelapa, 2.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

02 Feb - 02-2-18 - Tanya Jawab (Masjid Agung Sunda Kelapa, 2.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA




Pertanyaan :
Putus amal seseorang kecuali tiga, ilmu yang bermanfaat, shodaqoh jariyah, hadits riwayat Muslim.. iza matal insan, bukan iza mata ibnu adam, yang bunyi teks nya iza matal insaan.. kalau manusia meninggal.. inqoto'a putus amalnya kecuali tiga.. shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, yang ketiga anak sholeh yang mendoakan.. Pertanyaannya, status hadits tersebut karena item tiga.. item (maksudnya) diskon all item.. dibelinya semua kain baju hitam.. status hadits tersebut karena item tiga seolah hanya anak biologis saja yang diterima, sedangkan diluar itu tidak diterima.. padahal banyak diantara kita dianjurkan doa untuk meninggal walaupun bukan orang tua

Jawaban :
Saya tidak ada hubungan dengan orang yang meninggal di Baqi di kota Medinah al Munawaroh, kalau saya berdoa di Baqi doa saya sampai apa nggak? Sampai!
ASSALAMU ’ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIINA WAL MUSLIMIIN. YARHAMULLOOHUL MUSTAQDIMIINA MINNAA WAL MUSTA’KHIRIIN. WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN. WA AS ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH. bagi yang hafal baca itu, bagi yang tak hafal gerak-gerakan saja mulut .. Sampai (doanya)

Tapi katanya disini yang sampai cuma tiga.. Hadits ini bukan batasan.. ini hadits bukan batasan, hadits ini mau menceritakan amal mu yang dulu putus, engkau rajin baca Yasin.. setelah mati putus. Ada orang mati baca Yasin? Nggak Ada! engkau rajin (baca) Qulhu, setelah meninggal dunia putus.. tapi ada amalmu yang tak putus, mana dia? Ilmu yang kau ajarkan ini kalau kau mati meninggal dunia, murid-murid jama'ah mengamalkan maka nggak putus.. 

Apalagi? Shodaqoh.. kau bangun mesjid, setelah kau mati meniggal dunia, orang tetap sholat di dalamnya zikir baca quran, maka tetap mengalir (pahalanya). Amalmu yang ketiga apa? Anakmu.. anak itu amal kita? Iya.. saya nggak paham pak Ustadz, masak anak itu amal kita? Istrimu hamil kan karena kau beramal.. memangnya kalau kau lihat dia, hamil dia? kan tidak.. itu maknanya, hadits ini bukan batasan bahwa hanya tiga yang sampai, tapi mau menceritakan bahwa ada tiga amalmu.. amalmu dulu sampai.. anakmu itu dulu adalah amalmu, makanya beramallah yang baik supaya anakmu baik


Pertanyaan :
Syukron pak Ustadz.. Afwan. Kalau dikatakan syukron (jawablah) afwan. Jazakumullah khairon khosiron.. Waiyakum. Semoga Allah memberikan kamu balasan yang banyak pak Ustadz.. Waiyakum.. kamu juga, ini disebut orang syukron .. (cuma senyum).. gak papa juga sih..
Ada dosa besar ada dosa kecil, ada pahala besar ada pahala kecil, di akhirat kelak kita akan ditimbang berat mana antara amal baik dan amal buruk. Pertanyaan, adakah dalam Quran hadits menjelaskan mengenai satuan dosa dan pahala sehingga bisa ditimbang untuk menentukan berat yang mana antara dosa dan amal baik?

Jawaban :
Ulama mengambil itjihad dari Quran dan Hadits serta pemahaman salafus sholeh bahwa kalau di sebutkan hukumannya maka itu dosa besar, itu kode etiknya.. salah satu.. kalau disebutkan hukumannya maka itu dosa besar. Pezina perempuan dan pezina laki-laki cambuk lah dia seratus kali, disebutkan hukumannya maka itu dosa besar. Siapa yang memelihara anjing, bukan anjing untuk berburu atau menjaga, maka satu hari pahalanya dikurangi sebesar bukit Uhud, maka itu dosa besar. Tapi kalau tidak ada disebutkan itu dosa kecil.. menurut satu pemahaman. 

Tapi ada satu ulama mengatakan tidak begitu, yang dilihat bukan dosa besar kecilnya tapi dilihat dimana dilakukan. Kesalahannya mungkin kecil.. kecil kesalahannya lalu mungkin orang menganggap itu tidak salah, tapi karena disaksikan oleh alam semesta menjadi besar, contoh ada orang ngupil.. kira-kira orang ngupil itu dosa nggak? Nggak! ngupil nggak dosa, orang hidungnya dia sendiri tapi diliput oleh tujuh stasiun TV Swasta, bisa menjadi besar.. begitu juga orang yang berbuat dosa dihadapan Allah Subhana Wa Ta'ala.
Maka pesan Imam Al Hasan Basri, kalau kau mau buat dosa carilah tempat kira-kira Allah tidak melihatmu


Pertanyaan :
Apakah kita wajib mensholati orang yang menganut aliran kepercayaan?

Jawaban :
Mereka yang menganut aliran kepercayaan bukan muslim, maka orang non muslim tidak dilaksanakan fardu kifayah. Kalau dia bersyahadat, ada saksinya.. maka dia muslim sepenuh hati, tidak pernah ingkar, tidak kufur, tidak kafir, tidak murtad.. maka kita laksanakan empat.. dimandikan, dikafankan, disholatkan, dikuburkan di pemakaman kaum muslimin. Tapi kalau tidak maka kita tidak punya kewajiban. Lalu kita hantar kemana? serahkan pada keluarganya.. tak ada keluarganya pak ustadz? campakkan kesungai..


Pertanyaan :
Apa hukumnya orang islam yang tidak mau menyelesaikan waris secara hukum islam, karena orang tua almarhum berwasiat untuk membagi waris secara sama rata

Jawaban :
Siapa yang tidak pakai hukum waris yang sudah ditetapkan Allah (maka) Kafir, Dzolim, Fasik.. tapi ini kan wasiat pak Ustadz? wasiat hanya berlaku pada hukum yang sesuai dengan hukum Allah, adapun wasiat yang tidak sesuai maka wasiatnya batal.. Nanti kalau aku mati tolong kuburkan di tepi sungai dibawah pohon bambu yang angin bertiup sepoi-sepoi.. ini mau mati apa piknik? oleh sebab itu maka kalau dia bertentangan dengan hukum Allah maka wasiat itu batal. Nanti kalau aku mati bagi rata harta ini, maka batal wasiat itu, tetap dibagi menurut hukum Farait hukum Islam, anak laki-laki dapat bagian dua kali anak perempuan.

Tapi boleh dibagi rata, anak perempuan 1 orang, anak laki-laki dua orang, peninggalan bapaknya 1Milyar, mau mereka bagi rata 333 juta, apakah boleh merek bagi rata? Menurut fatawa asabaqa as islamiah, yang dibimbing oleh Syeh Doktor Abdullah bal Faqih.. Boleh.. kalau cukup tiga syarat, pertama ketiga adik kakak ini aqil baliqh, kalau ada salah satu diantara ketiga belum aqil baliqh tidak bisa, kedua bahwa kelebihan harta itu dia ikhlaskan sebagai tabaruqh sumbangan sosial jangan diungkit-ungkit, yang ketiga mereka tau jatah bagiannya masing-masing. Kalau tau jatah bagiannya masing-masing maka boleh dibagi rata tapi kalau tidak nanti dia akan kecewa setelah tau bagiannya. kemarin kamu bagi berapa? saya cuma dapat 300 juta, owh.. coba kemarin pakai hukum farait kamu bisa dapat 600 juta.. Masak? mungkin dia tak terlalu kecewa, istrinya kecewa..


Pertanyaan :
Amalan doa apa yang membuat saya cepat mendapatkan pekerjaan?

Jawaban :
Sholat hajat, usholi sunatal hajat.. hajatnya apa? hajat mau cepat kerja, perlu disebutkan? Nggak usah.. nanti orang tau.. usholi sunatal hajat supaya cepat kerja lilahi ta ala.. tidak usah dalam hati saja.. Allahu Akbar.. Iftitah - Fatehah - Ayat.. Ayatnya? terserah.. maksud ayat terserah pak ustadz? terserah apa yang kau hafal itu yang kau baca.. abis itu waktu sujud kau minta kepada Allah, minta sepanjang-panjangnya, berapa lama pak ustadz? terserah berapa lama.. karena Nabi ketika sholat malam, sampai syaidatuna Aisyah mencubit tangan Nabi.. lalu Nabi bertanya setelah selesai sholat, " kenapa kau cubit tanganku wahai Aisyah?" "kusangka kau sudah sakratul maut ya Rasullah.." kata Aisyah. Lamanya berdoa, minta.. 
Allah itu tidak aka menyia-nyiakan, melihat tangan hambanya naik lalu balik tangan itu dalam keadaan hampa kosong, tetap berdoa. Sulitkah bagi Allah memberikan anak kepada ibu Ibrohim alahis salam.. Tidak! istri yang sudah di vonis mandul, semua berkata Sarah tidak akan mempunyai anak, apa terjadi? 99 tahun umur Ibrahim tetap Allah berikan.. Allah hanya ingin melihat munajat Ibrahim.. "Inama Amruhu Idza Arada Sya'ian An Yaqula Lahu Kun Fayakun" tetap berdoa jangan pernah berhenti berdoa, sekarang banyak orang selesai sholat tak lagi mau berdoa.. "kau kenapa tidak berdoa?" "Hallah yang lama saja belum dikabulkan, ngapain lagi berdoa..?" Jangan pernah (seperti itu) terus berdoa..


Pertanyaan :
Saya pernah mendengan setan paling banyak berkeliaran di pasar serta keramaian, dan di jaman sekarang pasar hadir juga dalam bentuk online, dan keramaian hadir juga dalam bentuk sosmed, apakah setan itu mengikuti perkembangan jaman?

Jawaban :
Dunia setan jauh lebih canggih dari pada dunia manusia, nama komunitasnya Jin.. Jin ini terbagi dua, ada jin muslim.. ada jin kafir.. yang jin kafir ini namanya setan. Setan..setan..setan.. induknya Iblis.. yang tak mati-mati tu Iblis, setan ada juga yang mati.. (hanya) umurnya panjang.. jangan bacakan inalillahi wa ina lillahi rojiun.. Nah maka dunia mereka jauh lebi canggih. Pesawat mereka jauh lebih cepat, mobil mereka jauh lebih.. itu dialog antara Isa daud dengan jin muslim, judul bukunya Hiwar Syahafiy Ma'a Jinni Muslim.. buku itu tidak terkenal sama sekali di Mesir, saya sampai di Kairo.. saya lihat buku itu di emperan di bawah kaki lima.. tapi di tempat kita Best Seller.. menunjukkan orang kita suka sekali dengan jin-jin


Pertanyaan :
Saya terlalu sering iri hati dan banyak riba, apakah itu membuat dosa saya.. tidak terkabul (doa) dan bagaimana cara menghindarinya?

Jawaban :
Iri hati bahasa Arabnya Hasad, orang yang hasad itu disebut dengan Hasid.. "takutlah kamu perbuatan hasad.. sesungguhnya penyakit hasad memakan amal.. amal.. amal kebaikanmu sebagaimana api memakan kayu bakar.. Amal susah sebagaimana mengumpulkan kayu bakar di gurun pasir.. susah.. tiba-tiba datang api membakar kayu bakar, lima menit berubah menjadi arang, arang dihembus menjadi abu.. debu dihembus hilang tak bermakna.. Haai Abdul Somad jangan kau hasad nanti pahala ceramahmu hilang.. Haai Abdul Somad jangan kau hasad nanti pengajian Quranmu hilang, nauzubillah.. mudah-mudahan kita bersih dari hasad, insya Allah


Pertanyaan :
Kiamat nanti ayat dalam  Al Quran akan hilang, apakah Al Quran dalam bentuk Aplikasi atau digital juga akan hilang?

Jawaban :
Kalau aplikasi dalam bentuk digital nggak nunggu kiamat, mati lampu hilang semua.. hilang semua.. sama hape-hape nya hilang semua


Pertanyaan :

Kapan dikatakan tempat sholat itu sebagai Masjid, saya mendapat pengetahuan jika sertifikat tanah bangunannya masih atas nama seseorang maka tidak bisa disebut masjid, namun jika sudah diwakafkan ke umat maka baru disebut masjid?

Jawaban :
Buka kitab fikih sunnah sayyid tabiq, sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kalau ada sebuah tanah, lalu seorang yang punya tanah mengatakan kau adzan disana, dilaksanakan sholat berjama'ah maka itu secara otomatis sudah menjadi tanah wakaf. Maka tanah itu tanah wakaf. Hanya saja secara hukum Nasional kenegaraan supaya secepatnya diukur di BPN Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, setelah diukur keluarlah sertifikatnya lalu kemudian dijadikan wakaf ke kantor KUA terdekat.

"Abang mau kemana mas?"
"Saya mau ke KUA.."
"Jangaan.."
"Mau ngurus tanah wakaf!"

Tanah wakaf serahkan, ada Wakif yang berwakaf.. ada Maukob Alai yang menerima wakaf.. ada Maukob Bih tanah yang diwakafkan.. ada siroth Ijab Kabul. "aku wakafkan tanah ini untuk bangunan mesjid karena Allah lillah hi Ta'ala." "Aku terima.." maka disebut dia dengan tanah wakaf. Kenapa diurus? Negara Republik Indonesia ambil penting perkara wakaf ini karena banyak orang-orang dulu yang berwakaf, tanah itu dulu tidak ada yang laku karena tempat jin buang anak.. Diapun mewakafkan tanah itu karena tidak laku itu.. Akhirnya tanah itu sekarang 1 meter 15 juta.. anaknya datang.. tapi kalau sudah diurus wakafnya maka clear selesai. Supaya jangan ada konflik antara Yayasan dengan pewakaf, uruslah segera.. Saya yakin yang mau pulang ini mau mengurus tanah wakaf secepatnya.. daah.. jangan.. gak papa .. saya bercanda.. gak papa..


Pertanyaan :
Apakah sholat tahyatul mesjid harus dilakukan dalam ruang utama mesjid, atau bisa juga dilakukan disisi kiri kanan mesjid atau pelataran mesjid?

Jawaban :
Yang dimaksud mesjid itu mana? Mana yang dimaksud dengan mesjid? Ada seorang berpemahaman bahwa semua yang berada dibawah atap mesjid adalah mesjid. Jika begitu pemahamannya, maka jika mesjid ini disampingnya ada ruangan kamar penerimaan tamu lalu ada kamar mandi didalam, berarti semua yang kecing di kamar mandi dosa besar.. karena kencing dalam mesjid..

Lalu yang dimaksud mesjid itu mana? Tempat yang biasa dipakai lumrah tempat sholat inilah mesjid, makanya perempuan yang berhalangan haid boleh di emperan mesjid.. tapi bukan berarti saya mengatakan yang diemperan sedang haid semua.. ini karena penuh, maka usahakan masuk mesjid, kecuali mesjidnya digembok dipinggir jalan.. Musafir.. sholat tahyatul mesjid dia, nah itu tidak apa-apa karena alasan darurat


Pertanyaan :
Mengapa informasi mengenai Dajjal hanya ada di Quran, tapi tidak ada informasinya sedikitpun.. kenapa hanya ada di hadits, kenapa tidak ada dalam quran? kalau gitu saya tidak percaya kalau hanya ada di hadits, saya hanya percaya quran aja.. orang yang gak percaya hadits cuman percaya quran nanti dia nggak sholat? karena tidak ada dalam quran itu sholat pakai takbiratul ihram, baca iftitah, baca al fatehah, baca ayat, pakai ruku', pakai itidal, pakai sujud, duduk diantara dua sujud, pakai tasyahud.. naik turun telunjuk.. nggak ada..
Saya nggak percaya nih, karena tidak ada dalam quran.. ya sudah nggak usah sholat pakai quran aja.. 

Maka Allah turunkan Al Quran dan ada penjelasannya, disebutkan tentang hari kiamat.. penjelasan tentang tanda-tandanya dijelaskan dalam hadits Nabi. "Kami turunkan Al Quran ini kepada Muhammad supaya kau jelaskan kepada manusia, apa yang diturunkan kepada mereka.. Engkau jelaskan. Itulah yang disebut dengan hadits Nabi Muhammad Sallalahu Alaihis wasallam, yang dikumpulkan oleh para Sahabat sampai ke Tabi'in.. lalu datanglah ulama-ulama pengumpul.. Muhammad bin Ismail bin Ibrohim bin Muhiro bin Bardisbah al Bukhori, meninggal tahun 256 Hijrah.. itulah nama kitabnya "Shohih al Bukhori.. 7275 hadits.

Apakah hanya Shohih Bukhori saja? banyak kitab-kitab lain, ada Shohih Muslim, Sunan Tirmidzi, Sunan An Nasai, Sunan Ibnu Majah, Sunan Mustadrak Al-Hakim, Musnad Ahmad, Musnad Abi Dawud At Tirmidzib, banyak lagi kitab-kitab


Pertanyaan :
Jika setiap muslim pada akhirnya akan masuk surga, walaupun ada yang transit di neraka.. sedangkan orang yang terlahir sebagai non muslim, jika orang tersebut sampai mati masih dalam keadaan non muslim, orang tersebut pasti masuk neraka.. karena ada orang yang terlahir sebagai non muslim lebih berat perjuangannya untuk menjadi muslim dibandingkan orang yang sejak lahir muslim kebetulan ikut orang tuanya. Bagaimana melihat sisi keadilan dari Allah terhadap kejadian ini?

Jawaban :
Disitulah letak keadilan Allah Subhana wa Ta'ala.. Kalau engkau berusaha dengan pikiranmu, engkau berjihad, kau cari.. maka engkau lebih utama daripada mereka-mereka yang bapak-ibunya muslim. Terlahir sebagai non Muslim di Sulawesi Utara sana, lalu kemudian mencari.. mencari.. mencari.. tinggalkan mobil dinas, tinggalkan rumah dinas, tinggalkan titel, tinggalkan jabatan rektor.. Akhirnya menjadi muslim bersyahadat.. Ustadz Yahya Walone.. Maka dia lebih dulu masuk surga daripada Abdul Somad. Ustadz Yahya Walone itu bersih sebersih-bersihnya, diulang dari nol tak ada dosanya sama sekali, sedangkan Abdul Somad ini Lapendos.. Laki-laki penuh dosa.

Ada lagi terlahir di Tapanuli Utara, non muslim.. akhirnya dia mencari.. mencari.. mencari.. dan setelah itu dia menemukan dan dia bersyahadat, itulah ustadz Nababan.. yang namanya bisa dibaca dari kiri, bisa dibaca dari kanan.. Nababan.. nababaN..
Akhirnya sampai suatu hari sayapun ceramah disalah satu mesjid, selesai ceramah.. kamipun sarapan pagi, pas sarapan pagi diperkenalkan, "ustadz Somad.. ini ustadz Nababan.. Eeh.. itu yang selalu saya sebut..


Pertanyaan :
Kepada Ustadz Abdul Somad semoga selalu dalam lindungan Allah Subhana wa Ta'ala. Aamiin..
Ustadz, saya seorang pebisnis.. suatu hari saya pernah.. "Owh ini panjang ceritanya, kalau diawali dengan suatu hari biasanya.." Suatu hari saya pernah membuka usaha dengan menggunakan modal dari teman-teman, pada waktu menjalani bisnis.. saya ditipu rekan bisnis hingga mengalami bangkrut pak ustadz.. saat ini pemodal menuntut dikembalikan modalnya padahal dia tau saya kena musibah karena ditipu. Pertanyaan apakah itu termasuk hutang yang wajib dilepaskan sedangkan saya tidak mampu?

Jawaban :
Wajib kau lunasi tapi orang yang memberikan pinjaman ini Allah menegur dia.. apa kata Allah? "wa-in kaana dzuu ‘usratin.. Kalau dia dalam kesulitan.. Hai kawan-kawan, Hai yang dulu meminjamkan modal.. dia sekarang dalam kesulitan.. fanazhiratun ilaa maysaratin.. berikan dia sampai lapang rejekinya.." berikan dia sampai lapang.. kemarin perjanjiannya sampai kapan? sampai Februari 2018.. tunggu sampai 2019. Yang paling mantap ini ayat yang ketiga.. "wa-an tashaddaquu khayrun lakum.. kalau kau sedekahkan itu lebih baik" Hai sahabat-sahabat yang pernah meminjamkan kalau kalian sedekahkan itu lebih baik. Ayat ini di hafal oleh orang yang memberi pinjaman.. bukan yang minjam.. jangan nanti datang kawan nagih, "kapan ente bayar?" (dikatakan pada dia) "wa-an tashaddaquu khayrun lakum.."


Pertanyaan :
Apakah sah sholat berhimpit karena tak cukup lagi dan shaf pun tak lurus?

Jawaban :
Shaf mesti lurus..lurusnya shaf bagian kesempurnaan dari sholat.. tiba-tiba lagi thawaf di Masjidil Haram.. (adzan berkumandang..) ga dapat (tempat sholat) sama sekali, akhirnya berhimpit-himpit.. maka berlaku hukum darurat.. darurat tak terelakkan sama sekali.. tapi ditempat kita tak berlaku hukum darurat, melimpah ruah.. saya dibelakang nih ga dapat.. kenapa lambat datang? apalagi hari jumat.. tadi saya lewat jam 11 sudah ada sahabat-sahabat yang datang.. cepat datang.. orang yang datang pada saat pertama dapat qurban seperti seekor unta, datang saat kedua seperti berqurban seekor sapi, datang saat ketiga seperti berqurban seekor kambing, datang saat keempat seperti berqurban seekor ayam, datang saat kelima seperti berqurban sebutir telur ayam.. ini dia naik khotib baru dia naik keatas? jangankan telur ayam, telur puyuhpun tak dapat..


Pertanyaan :
Apakah ada hari yang tidak dianjurkan untuk memotong rambut atau memotong kuku?

Jawaban :
Ada tak hari yang dilarang tak boleh memotong rambut, tak boleh memotong kuku.. menurut Mahzab Syafi'i dalam beberapa kitab mahzab Syafi'i.. perempuan yang sedang halangan tak boleh motong rambut tak boleh motong kuku, tapi kalau rambut itu gugur atau kuku itu patah tak perlu dia simpan lalu dibawanya mandi nanti.. (diambilnya) lalu digumpal-gumpal, simpan.. "kenapa?" "nanti mau tak bawa mandi.. saya tanya langsung ke Syekh saya di Al Azhar, namanya Syekh Said Askar.. jumpa saya di jalan.. "Assalamualaikum Syekh.." "Walaikumu salam" "kalau rambutnya gugur atau kukunya patah dipegangnya kemudian dipakainya mandi.." "Tidak perlu" kata Syekh Said Askar, karena ini seperti sampah saja yang gugur.. Yang gugur mandi biarkan gugur tak perlu air itu di saring pula.. biarkan saja gugur, tapi jangan motong..

Lalu kemudian anjuran, bukan larangan.. "kalau kalian melihat bulan Dzulhijah kemudian kalian mau berkurban maka tahanlah rambut, tahanlah kuku jangan potong.. dimulai dari tanggal 1 Dzulhijah sampai dengan 10 Dzulhijah, setelah motong.. baru (boleh untuk potong rambut atau kuku).. tapi itu bukan larangan, itu Sunnah..

Ada lagi larangan (yang lain?) .. Ada, ketika Ihram.."La baik kallah humma umrah.. sejak bertalbiah itu, ahh itu tak boleh.. jangan cabut bulu hidung.. tak boleh.. jangan memotong kuku.. tak boleh


Pertanyaan :
Apa hukum seorang photographer memotret acara lamaran waktu menikahnya masih beberapa bulan kedepan? apa bisa disamakan dengan foto pra wedding yang disepakati haram dilakukan?

Jawaban :
Lihat posenya dulu.. posenya ramai-ramai dengan keluarga, pakaiannya menutup aurat.. ya ga papa.. tapi kalau posenya macam sudah menikah tiga tahun yang lalu.. lalu kemudian memakai.. karena saking buru-burunya pakaian-pakaian yang belum selesai dijahitpun dipakai.. ada yang kurang dijahit dibawah, ada kain yang kurang.. tinggi 170, kain (cuma) 70.. keatas kurang, kebawah kurang.. maka janganlah.. sedangkan kita minta kepada Allah.. selamat dalam agama, badan sehat, ilmu bertambah, rejeki yang berkah.. Tak ada berkahmu saudaraku.. padahal banyak pekerjaan, walaupun kau photographer banyak yang bisa kau lakukan lebih baik banyak manfaat, bisa berkah kau bawa pulang kau kasih ke anak istrimu


Pertanyaan :
Semoga Allah selalu menjaga Ustadz.. Aamiin.. Saya mau bertanya, dalam Kitab Fikih Al Fiqhul Wadhih .. Fiqhul wadhih fiqhul yang jelas, sunanu husli sunnah mandi.. dijelaskan dalam mandi besar tidak diperkenankan.. Maaf.. tak boleh telanjang bulat.. Ada telanjang yang tak bulat? Mohon penjelasannya pak Ustadz..

Jawaban :
Ada Quran.. Ada hadits.. ada Itjima.. ada Qiyas.. larangan tentang mandi telanjang ini adab.. adab islam itu amat sangat baik, karena kita dijaga..inna alaikum la faizin kiraman katibin ya'lamuna ma ta alun.. itu adab, itu dalil bagi orang yang mengatakan mandi, baik mandi besar, mandi kecil, mandi biasa, mandi junub kita menutup aurat.. 

adapun dalil orang yang mengatakan nanti kalau ada ustadz yang ceramah , "boleh aja nggak papa, selama ada dinding nutup apa salahnya?" itu ceritanya begini.. ketika Nabi Musa Alaihis salam sedang mandi, dia nggak mau gabung sama Yahudi yang lain.. Yahudi disini mandi rame-rame.. maaf.. telanjang.. Nabi Musa sendirian mandi, lalu apakata orang Yahudi? Tengok tu Musa tidak mau mandi sama kita karena dia kena penyakit.. maaf.. maaf.. maaf.. hernia.. tengok tu Musa tidak mau (gabung) mandi, Musa gak mau mandi sama kita karena dia kena penyakit.. lalu kemudian kuasa Allah, batu tempat Nabi Musa mandi itu bergeser, digeser Allah batu itu jalan sendiri.. saat ini Nabi Musa nggak sadar dia sedang mandi, akhirnya mereka semua melihat.. Owh.. ternyata Musa tidak sakit dia sehat wal afiat. Nabi Musa mandi di balik batu itu dalam keadaan telanjang atau pakai pakaian? Telanjang! tapi dibalik batu.. itu dalil mereka yang mengatakan, boleh mandi telanjang kalau dibalik kamar mandi lah..
Tapi kalau mau adab.. bagus pakai basahan..


Pertanyaan :
Ustadz, saya dulu pernah bernadzar puasa beberapa tahun lalu, tapi saya lupa jumlahnya.. 
Emang orang kalau sudah dapat lupa.. makanya dicatat.. tulis.. 
Tapi saya lupa harus membayarnya.. dst..dst..

Jawaban :
Prediksilah berapa, mungkin sekitar tiga atau lima.. aah buatlah lima, makanya kalau antara tiga atau lima.. yang tiga itu wajib, yang dua itu sunnah. Puasa itu puasa apa yang wajib pak Ustadz? Puasa Ramadhan.. Puasa Qodho puasa mengganti.. Puasa Nadzar.. nah laksanakanlah.. ini nadzar mesti wajib.. Ya Allah kalau nanti aku lulus CPNS, aku akan puasa.. tapi kalau aku tak lulus, sampai mati aku tak mau puasa.. diancamnya Allah subhana wa Ta'ala.. awas tengok..awas tengok..


Pertanyaan :
Apa perbedaan orang mualaf dan orang yang baru hijrah?

Jawaban :
Dia muslim, bapaknya islam, emaknya islam.. tapi selama ini dia tak mau tau sama islam.. makannya tak jelas, sholatnya tak jelas, tapi setelah mendengar pengajian.. akhirnya dia berazam.. aku taubat! Nah itulah hijrah. Hijrah itu zaman now.. istilah anak-anak jaman sekarang aja itu.. inilah hijrah ku.. adapun.. istilahnya itu taubat.. taubat nashusa.. terserahlah mau pakai kata hijrah, mau pakai kata taubat.. 
Sedangkan mualaf (itu) non muslim masuk islam, bershahadat.. seperti kami kemarin malam di mesjid Darul Amin dikota Sampit, ada seorang anak muda ganteng bershahadat masuk islam.. nah itu mualaf

Bagaimana membersihkan.. aah ini mesjid tadi diumumkan berapa banyak mualaf tadi, mudah-mudahan saudara kita ini istiqomah dalam ibadah.. Aamiin.. Hanya saja jangan sampai saudara-saudara kita yang mualaf ini setelah mereka shahadat dikasih kain sarung (terus) pergi.. abis mualaf kasih kain sarung terus pergi.. Memangnya kain sarung bisa menjaga iman? maka dibuatkanlah persatuannya namanya Mualaf Center.. Center artinya pusat, bukan senter yang buat nyari durian di tanah itu.. Mualaf Center.. Pusat Persatuan Mualaf.. diundang mualaf-mualaf yang sudah sukses untuk memberikan motivasi-motivasi kepada mereka


Pertanyaan :
Bagaimana membersihkan harta kedua orang tsb setelah mualaf?

Jawaban :
Kalau dia non muslim masuk islam.. dulu dia misalnya tukang riba.. maka dia seluruh hartanya bersih.. aah itulah enaknya mualaf.. tapi kalau orang islam, maka seluruh harta pencariannya dulu dia cari yang haram .. itu musti.. modal-modalnya saja diambil, adapun yang dia putar tu mesti dia serahkan.. dicampakkan kelaut? Jangan.. diserahkan ke lembaga yang dinikmati orang banyak.. fakir miskin.. panti jompo.. orang-orang terlantar.. serahkan..

"Ini aku serahkan kepada engkau sekian puluh juta.. "
"Uang apa ini pak?"
"Ambil sajalah tak usah kau tanya-tanya.. aku sudah mau sakit hati, kau tanya juga lagi.."


Alhamdulillah

Sudah di upload ke youtube dengan link channel sabyan media dengan judul "02 Feb - 02-2-18 - Tanya Jawab (Masjid Agung Sunda Kelapa, 2.2.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA -  Format MP3"
hhtp://bit.ly/youtubesabyanmedia

IG @sabyanmedia
#UstadzAbdulSomad #CeramahUstadzAbdulSomad
#UstadSomad #ceramah #VidmateDownload
#CeramahUstadSomad #CeramahAgama
#UstadAbdulSomadLcMa #CeramahAbdulSomad
#DownloadCeramahUstadzAbdulSomad


Tidak ada komentar:

Posting Komentar