Rabu, 31 Oktober 2018

Tanya Jawab (Masjid Nurul Islam Lintau Tanah Datar Sumbar, 28.9.2018) - Ustadz Abdul Somad, Lc., MA





HUKUM QURBAN UNTUK ORANG SUDAH MENINGGAL

Pertanyaan :
Apa hukum qurban untuk orang sudah meninggal

Jawaban :
"ini dua juta setengah untuk ambo, dua juta setengah untuk bini den, dua juta setengah untuk anak den, dua juta setengah untuk amak den.. amak sudah meninggal dunia, apa hukumnya berqurban untuk orang yang sudah meninggal dunia?" Pahalanya sampai.. mana dalilnya? mana dalilnya? Nabi memotong qurban, "Allahumma haza an Muhammad wa ali Muhammad.. Ini qurban kupotong untuk Muhammad dan untuk keluarga Muhammad" Waktu itu Khodijah sudah meninggal.. itulah dalil qurban sampai pada orang meninggal dunia.. kalau ada diantara bapak ibu mengatakan tak percaya, "saya tak percaya sampai.." Mana minta nama lengkapnya nanti kalau dia meninggal saya qurban, kalau tak sampai cape-cape kasih kabar.."

CPNS LULUSNYA NYOGOK PAKAI ORANG DALAM

Pertanyaan :
Bagaimana menurut ustadz, CPNS yang lulusnya nyogok pakai orang dalam.. pakai itu ini.. terima tiap bulan

Jawaban :
Duit gajinya haram, SPPD Keluar Kotanya haram, duit tunjangannya haram, duit pensiunnya haram.. "Ustadz ngomong gitu kan karena ustadz tak PNS?" "saya PNS" "ustadz lulus?" "Lulus.." "Pakai nyogok?" "Ndaak" "Jadi gimana..?" "Lama SK saya turun.. dua tahun.." "Mau turun.. turun.. mau tidak.. tidak.. saya bilang. Ikut tes 2008.. 2010 baru turun.." kata emak saya, "tak usah kau menyogok nanti kau makan haram.. aku tak mau cucu, anak menantuku makan haram, rejeki tak berpintu.. kalau memang Allah kasih rejeki, dikasihnya kau rejeki dari situ.. kalau tidak dari yang lain dia kasihkan"
Jadi Ibu pesankan ke anak-anak.. "kukandung kau sembilan bulan sepuluh hari, dua tahun kau kususukan, meregang nyawa aku melahirkan engkau Nak.. aku tak ingin kau makan haram, anak binimu jangan kasih makan haram"
Pak Haji tak PNS, bisa dia bangun mesjid, bisa dia bangun rumah makan.. Bapak PNS payah, bangun rumah sendiripun payah.. Jangankan bangun rumah Allah Ta'ala, rejeki tak berpintu.. kita minta rejeki ni "Wabarakatan rezki.." Jangan kita pukul standar harus PNS, kadang kita yang merusak anak-anak kita.. katanya "Kamu harus PNS, kalau tidak PNS bukan anakku" Akhirnya dia menyogok dengan segala cara untuk jadi PNS.. Nauzubillah

APA ADA PERSAMAAN ANTAR A SHOLAT DI MESJID, MUSHOLA, SURAU

Pertanyaan :
Apakah ada persamaan antara sholat berjamaah di mesjid, mushola dengan surau..

Jawaban :
Kalau di tampee itu ada sholat lima waktu berjamaah namanya masjid, kalau disitu ada sholat jumatnya namanya mesjid Jami, kalau tidak ada sholat jumatnya namanya mesjid .. ambo ulang sekali lagi.. kalau ada sholat berjamaahnya namanya masjid, tapi kalau ada sholat jumatnya namanya mesjid jami.. jadi sabananyo masjid, surau, langgar, mushola.. itu masjid.. makanya masuk dalam.. "ushali sunatan tahyatal surau.. ushali sunatan tahyatal langgar.. orang jawa di langgar tak mati.." Langgar, surau, mushola, itu mesjid.. sedangkan yang ada sholat jumat mesjid jami.. itu istilah kita saja, surau.. langgar.. mushola.. Islamic Centre.. Mesjid Besar.. Mesjid Jami.. Mesjid Raya.. Mesjid Agung.. itu istilah kita saja, dalam fiqih cuman ada dua.. kalau ada sholat berjamaah (disebut) masjid, kalau ada sholat jumatnya (disebut) mesjid Jami.. pahalanya sama-sama 27.. laki-laki yang sholeh sholat di mesjid, laki-laki yang sholat di rumah laki-laki sholehah.. 
Tapi di Lintau terbalik.. yang perempuan (didalam) mesjid, yang laki-laki diluar mesjid.. untuk acara Tabligh Akbar.. kenapa perempuan di buat dalam mesjid? untuk menjaga kehormatan.. perempuan disuruh duduk didalam untuk menjaga kehormatan.. sekarang terbalik laki-laki di dalam, perempuan pula di luar.. Nauzubillah

BAGAIMANA HUKUM 3 HARI, 7 HARI, 40 HARI KEMATIAN

Pertanyaan :
Segala sesuatu ibadah yang tidak pernah di lakukan Rasulullah bid'ah, setiap bid'ah adalah sesat.. dan setiap yang sesat tempat nya di neraka.. iko ndak bertanyo kok? Bagaimana dengan hukum 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari kematian?

Jawaban :
Nampat tamo saya liat di quran, ado ndak quran menyuruh awak membaca doa 40 hari.. Ndak ado, hadits Nabi.. Ndak juga ado.. jadi siapa yang berfatwa? Namanya Imam Atho.. alif tho ain hamzah Atho.. Imam Atho.. bukan Atuk.. dari kalangan Tabi'in.. Nabi, Sahabat, Tabi'in.. kecek Imam Atho.. orang yang meninggal dunia, dia itu seperti orang yang terhanyut terombang-ambing, dia perlu pegangan.. maka dianjurkan berkirim doa 7 hari sampai 40 hari.. maka siapa yang punya duit banyak, diundangnya sahabat, kerabat, tetangga, anak yatim.. dia kasih makan, berdoa maka masih ada dalilnya, dari kalangan salaf.. namanya Imam Atho..
Tapi mewajibkan diri, miskin, susah, kemalangan, ngutang kacang ijo untuk menjamu tamu.. kasihan.. Yang miskin-miskin tak usah buat, cukup dengan doa "Allahumma firlahu warhamhu wa`afihi wa`fu`anhu" tapi yang kaya-kaya, sediakan nasi kotak.. tapi supaya jamaah jangan sampai takut (buat) kata sambutan, "Jamaah sekalian ini bukan harta warisan, ini bukan harta ngutang, ini adalah sedekah saya sebagai anaknya yang kaya.. apa kalian tak tau kalau saya ini kaya hah.. hah.. hah.. makan.. makan.. makan.."
Sampai tak sedekah itu untuk orang mati? Sampai.. Mana dalilnya? "Ummi mataz.. emakku mati" Kata sahabat Nabi, namanya Sa'ad.. "Afa ata sadaku anha.. kalau aku bersedekah apakah pahalanya sampai?" "Sedekah.." kata Nabi.. "Ayu sadako atu afdhol.. apa sedekah yang paling afdol?" "Memberi Air.." sedekah yang paling afdol memberi air, karena di Arab susah air.. tapi di Lintau tak usah lagi sedekah air karena air sudah banyak.. di Tanah Datar jangan lagi sedekah air.. Jadi sedekah apa? Sedekah gulai.. ayam? terserahlah..

PEMIMPIN SEPERTI APA YANG HARUS DIJADIKAN PANUTAN

Pertanyaan :
Berdasarkan sudut pandang islam, pemimpin negara seperti apa yang harus dijadikan panutan?

Jawaban :
aah.. mancing-mancing aja.. ikolah jamaah tu.. saya memakai prinsip LUBER.. Langsung, Umum, Bebas, Rahasia.. Mari wujudkan Pilkada Pileg, Pilpres 2019 Aman, Damai, Sejahtera.. Pertama jangan sebarkan ujaran kebencian, yang kedua jangan sebarkan Hoax, yang ketiga jangan ada Money Politic.. Money duit, Politic duit politik.. seratus ribu, coblos.. kalau dapat 100 ribu jangan diambil duitnya.. tapi ni maksa.. ambillah.. ambil duitnya jangan coblos orangnya.. saya tidak mau nanti datang telpon dari Lintau.. "asalamualaikum.." "walaikumsalam.." "ustadz Somad?" "betul.." "Iku ada orang ngasih seratus ribu.." "Haraaam" "kalau sejuta?" "Aaa tu banyak tu.." mau seratus ribu, mau sejuta tetap haram.. ambil duitnya, jangan makan.. antarkan ke sekolah, fakir miskin, anak yatim.. niatnya bukan niat shodakoh.. tapi mengembalikan uang umat kepada umat.. balikan..

Datang calon-calon itu nanti membawa karpet, "Ini karpet satu gulung tolong pilih saya.. nanti kalau saya terpilih, saya tambah.. ini Dp ya.. tapi kalau saya kalah, saya minta duit pulang balik" "Paak.. kami akan memilih bapak dengan tiga syarat, tanda tangan materai enam ribu dan kontrak politik.. kalau bapak duduk nanti disana, tolong perjuangkan tiga.. yang pertama, keluarkan Perda Zakat semua PNS, ASM, Perusahaan potong atas 2,5%. Yang kedua, kalau bapak duduk diatas tolong keluarkan Perda Pendidikan Umum, Sekolah Umum SMP, SMA masukkan lima pelajaran Agama.. Quran Hadits, Aqidah Ahlak, Bahasa Arab, Sejarah Islam, Fiqih.. gurunya dari mana? dari IAIN Batu Sangkar.. angkat mereka jadi PNS.. kalau Pusat tak mau mengangkat mereka jadi PNS, tidak ada quota dari BKN.. angkat mereka dapat dari Honda.. apa itu Honda? Honorer Daerah.. buatkan mereka menjadi.. masyarakat.. gajinya dari mana? Dari Baznas.. Badan Amil Zakat Nasional.. potong atas.. Yang ketiga, keluarkan Perda berbusana Muslimah.. "sanggup bapak? kami pilih.. bapak tak sanggup, kami cari orang lain" gitu.. mudah-mudahan kita diberi pemimpin Adil, adil dimasa yang akan datang.. 

Gunakan telinga.. dengar baik-baik track record orang ini bagaimana.. gunakan mata.. tengok baik-baik.. tapi kadang mata berbohong berdusta, nampak kayu di tepi sungai.. nampaknya bengkok setelah ditarik ternyata lurus.. betapa mata menipu.. ada yang tak bisa ditipu.. Hati Nur cahaya.. Nuraini.. hati yang dipenuhi cahaya, maka sholat sunnat istiqarah.. "ushali sunatal istiqarah politik lillahi ta'ala.." sama waktu mau nikah dulu, bapak kan mau nikah calonnya ada dua, ada tiga.. diadakan fit n proper test tinggal dua, abis tu sholat istiqarah.. "ah hala istiqarah?" "hala buya.." "Ma nampak?" "duo-duonya nampak.." ulang lagi.. sholat istiqarah..
Sholat istiqarah, tentukan pilihan.. tanggal 17 April 2019 yang akan dipilih enam.. DPR kota, DPR Kabupaten, DPR Provinsi, DPR Pusat, DPD, Presiden wakil Presiden.. berikan suara Anda jangan sampai Golput.. anda yang pengajian, Coblos.. anda yang sudah sholat, nyoblos.. kalau anda tidak mencoblos, ingat.. yang mabuk nyoblos.. yang narkoba nyoblos.. jangan heran anggota DPR nya pecandu narkoba, karena yang memilihnya orang sakau.. kita tidak tinggal di kerajaan, kita tinggal di negara Demokrasi.. suara terbanyak, suara Tuhan.. One man One Choice, One man One vote.. satu orang satu pilihan.. ikut berkontribusi, mudah-mudahan umat kita menjadi cerdas dimasa akan datang

PENJELASAN ALLAH BERSEMAYAM DI ATAS ARSY'

Pertanyaan :
Ustadz mohon penjelasan Allah bersemayam di atas Arsy'

Jawaban :
"Allah bersemayam di atas Arsy" Kalau Allah diatas.. Allah diatas.. batal lah ayat.. dua ayat batal.."Walam yakun lahu kufuwan ahad.. Allah tak sama dengan mahluk.." ayat yang satu lagi,  "Laisa kamitslihi syaiun.. Allah tak sama dengan mahluk.." lalu apa makna "Allah diatas" itu? Allah Berkuasa.. itu maknanya, lengkapnya baca buku saya "37 Masalah Populer.." owh.. Buya Somad mau jual buku ya.. Buka Playstore.. play store, tulis.. 37 Masalah Populer.. enter.. gratis, download gratis

PEJELASAN HADITS UMAT ISLAM DIBAGI JADI 73 GOLONGAN

Pertanyaan :
Mohon Penjelasan tentang hadits Nabi, umatku akan terbagi menjadi 83 golongan.. kau salah dah.. 73.. tambahnya 10..

Jawaban :
Umat akan terpecah menjadi 73 golongan, Yahudi 71, Nasrani 72.. islam 73.. haditsnya shohih.. Yang masuk surga itu mana? "Orang yang mengikut Aku dan sahabat Ku" apakah kita ini mengikut Nabi dan sahabat Nabi? Yaa.. Nabi sholat, kita sholat.. Nabi puasa, kita puasa.. Nabi Zakat, kita Zakat.. Nabi Haji, kita haji.. Nabi menuntut ilmu, kita menuntut ilmu.. kita tidak aliran sesat, kita Ahlus-Sunnah wal Jama'ah, kita termasuk golongan yang selamat diantara 73 golongan.. harus yakin itu..

HUKUMNYA PEREMPUAN TIDAK MENUTUP AURAT

Pertanyaan :
Apa hukumnya seorang perempuan tidak menutup aurat

Jawaban :
Ini pertanyaannya pasti bukan dari orang Lintau.. karena apa, karena disini perempuan semuanya menutup aurat.. entah malamnya dia wallahualam.. Jilbabnya dari ujung rambut sampai ujung tangan, kalau diturunkan ujung jilbabnya.. turun kebawah, tangannya masuk kedalam.. aah.. tangannya masuk.. Seandainya jilbabnya tidak panjang, lengannya panjang.... tertutup.. ini boleh nampak (punggung tangan) perempuan tu yang boleh nampak itu mana? dari mulai kening sampai ke dagu.. telinganya mulai paku telinga.. (tangan) tapak tangan boleh nampak.. itu syarat.. wajah boleh nampak, telapak tangan boleh nampak.. 

Kalau ada yang bercadar, bagus.. jangan ejek perempuan bercadar.. lebih 20 hadits tentang perempuan bercadar zaman Nabi..  kalau ada perempuan yang bercadar, bagus.. tapi saya tak mewajibkan bercadar.. Banyak orang mengejek bercadar.. nampak perempuan bercadar diejek, perempuan  pakai celana pendek dia diam.. ini otaknya berkudis.. nampak perempuan bercadar diejek, "haai.. ninja ni yee.." nampak orang tak pakai baju, dia diam.. ini berarti tak betul.. ini setan, dia tak digoda setan karena dia sudah jadi setan.. oleh sebab itu maka yang menutup aurat bagusnya bercadar, bagus.. jangan pakai sempit, pertama tertutup kecuali wajah dan telapak tangan, yang kedua.. maka jangan (pakai pakaian) sempit.. ini sempit sampai menjerit paha kita.. tolong.. tolong.. dokter sudah ngasih tau jangan pakai celana sempit.. dipakai celana sempit.. itu di Amerika dipakai untuk senam aerobic di ruang tertutup..
<break sedekah kotak amal lewat> 
Laki-laki yang membiarkan anak gadisnya, istrinya.. keluar rumah pakai baju you can see.. you kamu, can bisa, see menengok.. kamu bisa menengok ketiak bini saya.. owh elok ketiak tu begitu (diangkat) ketiak hitam.. macam leher unta.. nengok ketiak 3 hari kita tak lalu makan.. nauzubillah.. "Tidak masuk surga dayus.." "siapa dayus itu Ya Rasulullah?" "orang yang tak ada rasa cemburu kepada mahramnya.." bininya keluar rumah pakai celana sempit.. 
Pertama tutup semua kecuali wajah dan tapak tangan, kedua jangan sempit, yang ketiga jangan transparan macam plastik pembungkus apel, yang keempat jangan bersuara mendayu-dayu mendesah-desah.. anak gadis bersuara tegas.. "Asalamualaikum.." "WALAIKUMSALAM.." "dimana ini?" "LINTAU.." "Asalamualaikum.." "walaikumsalam.." "hallo.." "SALAH SAMBUNG"

APAKAH BATAL WUDHU JIKA BERSENTUHAN DENGAN SUAMI

Pertanyaan :
Apakah batal wudhu kita bersentuhan dengan suami?

Jawaban :
"Suami siapa?" laki-laki perempuan yang tidak mahram kalau bersentuhan.. mahram yang dimaksud disini artinya bersahwat.. laki-laki dengan perempuan suami istri itu mahram.. mahram karena nikah, tapi kalau masalah mahram syahwat.. dia bersyahwat.. "Bapak bersyahwat nengok binikan?" ada orang nengok bininya tak bersyahwat, nengok bini orang baru bisa berysahwat..

Tiga mahzab.. menurut mahzab Syafi'i bersentuhan batal.. mahzab Syafi'i bersentuhan batal. Mahzab Hanafi tak batal, "kamu menyentuh perempuan.." "menyentuh" disitu makna mahzab Hanafi bukan menyentuh kulit.. (tapi maksudnya) maaf..maaf.. maaf.. jima.. menyentuh disitu jima.. bahasa Al Quran itu tidak porno, bahasanya halus.. "menyentuh" kata dia maknanya jima baru batal, kalau sekedar menyentuh tak batal.. jima baru batal.. Hanafi. Hanafi (jima) batal.. 

Syafi'i batal.. Hanafi tak batal.. pertengahan Maliki.. (kalau) bersyahwat batal, tak bersyahwat tak batal.. Perti pakai mahzab Syafi'i, Nu pakai mahzab Syafi'i.. asal bersentuhan batal.. Muhammadiyah pakai mahzab Maliki.. bersyahwat batal, tak bersyahwat tak batal.. "Jelas?" tak juga jelas, minum.. orang kurang minum dehidrasi kurang cairan payah nangkap..

HUKUMNYA MENGANGSUR KREDIT TIAP BULAN

Pertanyaan :
Saya sudah terlanjur berkecimpung dengan riba, ingin segera melunasinya namun terkendala jumlah belum mampu saya lunasi.. jadi saya belum mengikuti prosedur dengan bayar per bulan, jadi saya tetap prosedur bayar perbulan.. bagaimana hukumnya pak ustadz? 

Jawaban :
Ini bukan nanya, ini nawar.. Bagi saudaraku  yang terjebak riba, pinjam duit 100 juta.. kau bayar lunasi dua bulan.. bayar.. tebus.. ada yang bisa dijual.. tanah..jual.. tapi bukan itu untuk cari makan, itu sebagai tambahan.. jual tutupi ini.. pub.. dari pada kau makan haram..
"tak bisa pak ustadz, kalau saya jual motor saya itulah tempat saya cari makan" Maka lunasi sampai habis, taubat nashuha.. mudah-mudahan diampunkan Allah Subhana Wata'ala.. karena kalau dia jual, dia mati (tak bisa buat usaha lagi).. kalau dia jual tanahnya, tanah cuma tanah rumah abis itu dia kost nyewa, dia mati.. kita kalau antara dua.. masuk hutan pilihannya dua, mati dengan makan babi.. pilih mana? jangan pilih mati, makan babi.. masuk dalam hutan.. mati atau makan babi.. tak boleh pilih mati, ambil babi.. aah kasih kecap.. tak boleh pilih mati.. pilih babi.. tapi sementara ada pisang, kalau sudah ada yang bawa pisang tinggalkan babi.. artinya kalau sudah ada bank syariah, tinggalkan bank konvensional.. 

Ada tiga bank yang berubah menjadi bank syariah.. pertama bank Aceh Syariah.. sudah.. Yang kedua bank NTB Syariah.. sudah.. saya dapat kabar waktu saya ceramah di Banda Aceh.. yang ketiga yang akan berubah menjadi bank syariah adalah Bank Nagari Sumatera Barat.. Allahu Akbar.. kita urutan ketiga, Minang Kabau adalah islam.. kalau sudah disebut Minang Kabau.. Islam.. Minang Kabau tidak islam, hilang Minangnya tinggal Kabaunya.. ini negeri ulama, prestasi ulama.. Haji Abdul Malik Karim Amrullah, Doktornya tiga.. dari University Kebangsaan Malaysia, dari Universitas Al Azhar Kairo, dari Universitas Sutomo Beragama.. Tiga Doktornya (beliau berasal) dari Bumi Minang Kabau.. Dalam sejarah Al Azhar Kairo.. ayahnya dapat Doktor, anaknya dapat Doktor.. dua-duanya dapat Doktor Honoris Causa hanya ada di Bumi Minang Kabau.. Yang pertama ayahnya Karim Amrullah, yang kedua anaknya Haji Abdul Malik Karim Amrullah.. dua-duanya dapat gelar Doktor dari Al Azhar.. orang Indonesia yang bisa menjadi Imam di Masjidil Haram Syeh Ahmad Khatib Al Mingkabawi.. Ahmad Khatib Minang Kabau meninggal 1916, menjadi Imam di Masjidil Haram.. puncak prestasi umat islam.. menjadi Mukhti..

Saya kuliah di Maroco, tempatnya Darul Hadits.. tempat belajar hadits, dipanggil saya sama Syeh dosen saya.. "dari mana?" "dari Indonesia ya Syeh.." "Indonesia? ada di Indonesia itu ulama besar namanya syeh Muhammad Yasin Al Fadani.. kenal kamu?" "saya tahu, syeh Muhammad Yasin Al Fadani.. Fadani.. (artinya) Padang.. bergelar Husni dunia, ahli sanad dunia meninggal 1990, jabatan terakhirnya Rektor di Darul Ulum Mekah Al Mukaromah.. Menjadi orang Minang Kabau prestasi.. prestasi bidang bisnis ekonomi.. prestasi bidang agama.. makanya menjadi orang Minang Kabau beban mentalnya luar biasa.. orang Minang Kabau pandai mengaji.. orang MInang Kabau taat beragama.. kalau tidak, maka.. entahlah..

Alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar